KISI-KISI ULANGAN AKHIR SEMETER GANJIL TAHUN 2014 / 2015 | |||||||
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | |||||||
Jenis Pendidikan | : Sekolah Menengah Pertama | Kurikulum | : KTSP | ||||
Kelas | : IX ( Sembilan) | Jumlah Soal | : PG = 40 + Essay = 5 | ||||
NO | Standar Kompetensi | Kompetensi dasar | Materi | Indikator | |||
Bentuk | No Soal | Bobot | |||||
- Siswa dapat : | |||||||
1 | Memahami Ajaran Al-Qur'an | 1.1. Membaca QS At-Tin dengan | QS. At Tin | - Membaca QS. Attin | mudah | 1 | PG |
surat At-Tin | tartil | - melanjutkan bacaan QS. Attin | mudah | 2 | PG | ||
1.2. Menyebutkan arti Qs At-Tin | - menyebutkan arti kata dalam QS. Attin | mudah | 3 | PG | |||
- menjelaskan makna QS. Attin | sedang | 4 | PG | ||||
1.3. Menjelaskan makna QS At-Tin | - menunjukkan makna QS. Attin | sedang | 41 | Uraian | |||
- menunjukkan makna QS. Attin | sedang | 5 | PG | ||||
2 | Memahami Ajaran Al-Hadits | 2.1. Membaca hadits tentang me- | Hadits Tentang | Siswa dapat : | |||
tentang menuntut ilmu | nuntut ilmu | menuntut ilmu | - membaca hadits tentang menuntut ilmu | mudah | 6 | PG | |
2.2. Menyebutkan arti hadits tentang | - mengartikan hadits tentang menuntut | mudah | 7 | PG | |||
menuntut ilmu | ilmu | ||||||
2.3. Menjelaskan makna menuntut | - perilaku yang mencerminkan sikap | sedang | 8 | PG | |||
ilmu seperti dalam hadits | menuntut ilmu | ||||||
- makna dan tujuan menuntut ilmu | sedang | 9 | PG | ||||
3 | Mengingkatkan keimanan | 3.1. Menjelaskan pengertian beriman | Iman kepada | siswa dapat : | |||
kepada hari akhir | kepada hari akhir | hari akhir | - menjelaskan arti iman kepada hari ahir | mudah | 10 | PG | |
3.2.Menyebutkan ayat A-Qur'an yg | - menunjukkan dalil tentang hari akhir | sedang | 11 | PG | |||
berkaitan dengan hari akhir | - menunjukkan ayat Al-qur'an yang ber- | mudah | 12 | PG | |||
kaitan dengan peristiwa hari akhir | |||||||
3.3. Menceritakan proses kiamat | - menyebutkan tanda-tanda kiamat sugra | mudah | 13 | PG | |||
Sugra dan kubro seperti terkan- | - menyimak peristiwa setelah hari akhir | sedang | 14 | PG | |||
dung dlm Al-Qur'an dan Hadits | - menjelaskan peristiwa-peristiwa yang | sedang | 42 | Uraian | |||
berkaitan dengan hari akhir | sedang | 15 | PG | ||||
- menjelaskan hikmah iman kepada hari | sedang | 16 | PG | ||||
4 | Membiasakan perilaku ter- | 4.1. Menjelaskan pengertian Qanaah | Qana'ah & Tasamuh | Siswa mampu : | |||
puji | dan tasamuh | - menjelaskan pengertian qanaah | mudah | 17 | PG | ||
- menunjukkan dalil sifat tasamuh | sedang | 18 | PG | ||||
4.2. Menampilkan contoh perilaku | - menunjukkan perilaku qanaah | sedang | 19 | PG | |||
qanaah dan tasamuh | - menampilkan perilaku tasamuh | sedang | 20 | PG | |||
4.3. Membiasakan perilaku qanaah | - pembiasaan perilaku tasamuh | sukar | 43 | Uraian | |||
dan tasamuh dlm kehidupan | - Pembiasaan perilaku tasamuh | sukar | 21 | PG | |||
sehari-hari | |||||||
5 | Memahami hukum Islam | 5.1.Menjelaskan tatacara penyembe | Penyembelihan | Siswa mampu : | |||
tentang penyembelihan | lihan hewan | hewan, Aqiqah dan | - menjelaskan tata cara penyembelihan | sedang | 22 | PG | |
hewan | Kurban | secara tradisional | |||||
5.2.Menjelaskan ketentuan aqiqah | - menjelaskan ketentuan aqiqah | mudah | 23 | PG | |||
dan kurban'' | - menjelaskan pelaksanaan aqiqah | sedang | 24 | PG | |||
- menunjukkan dalil naqli tentang qurban | sedang | 25 | PG | ||||
5.3.Memperagakan cara penyembe | - memperagakan cara qurban | sedang | 26 | PG | |||
lihan hewan aqiqah dan hewan | - memperagakan ketentuan hewan kurban | sukar | 27 | PG | |||
kurban' | - menunjukkan waktu pelaksanaan kurban | sedang | 28 | PG | |||
- menjelaskan fungsi kurban | mudah | 44 | Uraian | ||||
6 | Memahami hukum Islam | 6.1.Menyebutkan pengertian dan ke | Haji dan Umrah | Siswa mampu : | |||
tentang Haji dan Umrah | tentuan haji dan umrah | - menunjukkan dalil tentang haji | sedang | 29 | PG | ||
- Menyebutkan syarat-syarat haji | sedang | 30 | PG | ||||
- menjelaskan rukun haji | sedang | 31 | PG | ||||
- menyebutkan rukun umrah | mudah | 32 | PG | ||||
- menjelaskan perbedaan haji & umrah | sedang | 33 | PG | ||||
6.2. Memperagakan pelaksanaan | - menjelaskan pelaksanaan rukun haji | sedang | 34 | PG | |||
ibadah haji dan Umrah | - menjelaskan cara pelaksanaan haji | sukar | 45 | Uraian | |||
dengan cara qiran | |||||||
7 | Memahami sejarah perkem | 7.1.Menceritakan sejarah masuknya | Sejarah masuknya | Siswa mampu : | |||
bangan Islam di Nusantara | Islam di Nusantara melalui perda | Islam di Nusantara | - menjelaskan cara masuknya Islam | sedang | 35 | PG | |
gangan,sosial dan pengajaran | di Nusantara | ||||||
- menunjukkan jalur masuknya islam | sedang | 36 | PG | ||||
7.2.Menceritakan sejarah beberapa | di Nusantara | ||||||
kerajaan Islam di Jawa,Sumatera | - Menmyebutkan raja kejaraan Demak | mudah | 37 | PG | |||
dan sulawesi | - Menjelaskan cara masuknya islam di | sedang | 38 | PG | |||
Nusantara melalui | |||||||
- menceritakan kerajaan Banten | sukar | 39 | PG | ||||
- menceritakan kerajaan islam di | sukar | 40 | PG | ||||
Sulawesi |
KISI-KISI UAS I PAI KELAS IX SMP TA 2014/2015
Thursday, December 4, 2014 on Labels: 2014/2015, KELAS 9 SMP, kisi-kisi, PAI, UAS I
No comments:
Post a Comment