KISI-KISI PENULISAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Jenis
Pendidikan :
Pendidikan Dasar Menengah Kurikulum
Acuan : Kurikulum 2013
Satuan
Pendidikan : SMP Alokasi
Waktu : 90 menit
Kelas/Semester : VII/1 Jumlah
soal : 50 soal
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam Bentuk soal : Pilihan ganda
No
|
Topik
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Nomor
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
Lebih Dekat dengan Allah Swt. yang Sangat Indah
Nama-Nya
|
3.1
Memahami makna al-asmau al-Husna: al-‘Alim, al-Khabir, as- Sam³’, dan
al-Basir.
|
1.
Menunjukkan pengertian
al-Asma‘u alHusna
2.
Menunjukkan makna al-Asma‘u
alHusna
3.
Menyebutkan dalil
naqli al-Asma‘u alHusna
4.
Menyebutkan makna al-Asma‘u
alHusna al-Bashir
5.
Menjelaskan
pengertian al-Asma‘u al-Husna al-‘Alim
6.
Menjelaskan
pengertian al-Asma‘u al-Husna al-Khabir
7.
Mencontohkan perilaku
yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-Husna:
al-Khabir
8.
Menjelaskan
pengertian al-Asma‘u al-Husna al-‘Alim, al-Khabir, as- Sam³’, dan
al-Basir).
9.
Mencontohkan perilaku
yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-Husna:
al-‘Alim
10.
Mencontohkan perilaku
yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-Husna:
al-Basir .
11.
Mencontohkan perilaku
yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-Husna: as-
Sami’
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
|
|
2
|
Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah,
dan Istiqamah
|
3.6
Memahami makna amanah sesuai kandungan Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis
terkait.
3.7
Memahami makna istiqamah sesuai kandungan Q.S. al- Ahqaf/46:13
dan
hadis
terkait.
|
1.
Menyebutkan perilaku
yang terdapat dalam isi kandungan Q.S. al-Baqarah/2:42
2.
Menjelaskan makna
jujur sesuai dengan Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis yang
terkait.
3.
Menunjukkan contoh
jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis
yang terkait.
4.
Menampilkan perilaku
jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Baqarah/2:42 dan hadis
yang terkait.
5.
Menyebutkan
pengertian amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan
hadis yang terkait.
6.
Menjelaskan makna amanah
sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan hadis yang
terkait.
7.
Menunjukkan contoh
perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27 dan
hadis yang terkait
8.
Menampilkan contoh
perilaku amanah sebagai implementasi dari Q.S. al-Anfal/8:27dan
hadis yang terkait.
9.
Menjelaskan makna istiqamah
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Ahqaf/46:13 dan hadis
yang terkait.
10.
Menampilkan contoh
perilaku istiqamah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-
Ahqaf/46:13 dan hadis yang terkait.
|
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
|
|
3
|
Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman
|
3.8
Memahami ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar.
|
1.
Menjelaskan
pengertian thaharah.
2.
Menunjukkan dalil
naqli tentang thaharah dari Aqluran
3.
Menunjukkan dalil
naqli tentang thaharah.dari Hadis
4.
Menunjukkan tata cara
bersuci dari hadas kecil berdasarkan syariat Islam.
5.
Menjelaskan ketentuan
bersuci dari hadas kecil berdasarkan syariat Islam.
6.
Menunjukkan ketentuan
bersuci dari hadas besar berdasarkan syariat Islam.
7.
Menjelaskan ketentuan
bersuci dari Najis besar berdasarkan syariat Islam
8.
Menjelaskan ketentuan
bersuci dari Najis sedang.
9.
Menjelaskan ketentuan
bersuci dari Najis kecil.
|
22
23
24
25
26
27
28
29
30
|
|
4
|
Indahnya Kebersaman dengan Berjamaah
|
3.9
Memahami ketentuan salat berjamaah.
|
1.
Menunjukkan arti hadis tentang salat
2.
Menunjukkan tata cara
salat wajib berjamaah.
3.
Menjelaskan
pengertian salat wajib berjamaah dan dasarnya.
4.
Menyebutkan keutamaan
salat berjamaah.
5.
Menjeaskan syarat sah
salat berjamaah.
6.
Menyebutkan pengertian
masbuk.
7.
Menyebutkan
pengertian muwafiq.
8.
Menyebutkan halangan
salat berjamaah.
|
31
32
33
34
35
36
37
38
|
|
5
|
Selamat Datang Nabi Muhammad saw. Kekasihku
|
3.12
Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Mekah.
|
1. Menceritakan masa awal kelahiran Nabi Muhammad saw.
2. Menceritakan masa awal kelahiran Nabi Muhammad saw.
3. Menceritakan masa kerasulan Nabi Muhammad saw
4. Menerangkan sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Mekah.
5. Menunjukkan perjuangan yang dilakukan Nabi Muhamad periode Mekah
6. Menunjukkan contoh perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad
saw. periode Mekah.
|
39
40
41
42
43
44
|
|
6
|
Dengan Ilmu Pengetahuan Semua Menjadi Lebih Mudah
|
3.3
Memahami makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/
58:11, serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
|
1.
Menyebutkan tentang
hukum Mad
2.
Mengidentifikasi
hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33
3.
Menyebutkan kandungan
arti Q.S. ar-Rahman/55:33
4.
Menyebutkan kandungan
arti Q.S. Mujadalah/58:11
5.
Menampilkan contoh
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33
6.
Menampilkan contoh
perilaku sebagai implementasi Q.S. al-Mujadalah/58: 11
|
45
46
47
48
49
50
|
|
No comments:
Post a Comment