KISI-KISI UAS GANJIL PAI KELAS VIII SMP TA 2014/2015

 on Thursday, December 4, 2014  

KISI-KISI NASKAH SOAL
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
JENJANG PENDIDIKAN :  SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ALOKASI WAKTU :  90 MENIT
MATA PELAJARAN :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI JUMLAH SOAL :  45 SOAL
KELAS :  VIII (DELAPAN) BENTUK SOAL : PILIHAN GANDA & URAIAN
NO MATERI POKOK KOMPETENSI DASAR INDIKATOR NOMOR BENTUK BOBOT KET.
URUT SOAL SOAL SOAL
1 Meyakini Kitab-kitab Allah 3.4  Memahami makna beriman kepada  1. Menjelaskan pengertian Iman kepada kitab-kitab Allah    1 PG mudah C1
  Mencintai Al-Quran        Kitab-kitab Allah Swt  2. Menjelaskan cara beriman kepada kitab-kitab Allah 2 PG sedang C2
    3. Menelaah dalil naqli (kandungan ayat) tentang nama-nama  3 PG sukar C4
        kitab Allah dan rasul yang menerimanya.      
    4. Menyebutkan isi pokok kitab-kitab Allah 4 PG sedang C1
    5. Menjelaskan isi pokok kandungan kitab Al-Quran 41 Uraian sukar C2
    6. Menentukan perbedaaan antara kitab dan suhuf 5 PG sedang C3
    7. Menyebutkan Nabi dan Rasul yang menerima kitab-kitab  6 PG mudah C1
        Allah swt          
    8. Menerapkan sikap dan perilaku yang mencerminkan iman  7 PG sedang C4
        kepada kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari      
                 
2 Lebih Dekat kepada Allah 3.6  Memahami Hikmah Salat Sunnah 1. Mengkategorikan salat sunnah berjamaah dan munfarid 8 PG sedang C2
  dengan Salat Sunnah        Berjamaah dan Munfarid 2. Menjelaskan macam-macam pengertian salat sunnah ber- 9 PG sedang C2
        jamaah dan munfarid          
    3. Menerapkan tata cara pelaksanaan salat sunnah gerhana 10 PG sukar C3
    4. Menerapkan tata cara pelaksanaan salat sunnah Idul Fitri 43 Uraian sedang C3
    5. Menjelaskan macam-macam salat sunnah mufarid (rawatib) 11 PG sedang C2
      6. Menelaah dalil naqli (kandungan ayat) terkait dengan salat 12 PG sukar C4
          sunnah berjamaah dan munfarid.        
      7. Menentukan waktu pelaksanaan salat sunnah berjamaah 13 PG sedang C3
          dan munfarid        
    8. Menjelaskan hikmah melaksanakan salat sunnah 14 PG mudah C2
                 
3 Jiwa Lebih Tenang dengan 3.7  Memahami Hikmah Sujud Syukur, 1. Menjelaskan pengertian sujud syukur 15 PG mudah C1
  Banyak Melakukan Sujud        Sujud Sahwi, dan Sujud Tilawah 2. Menentukan sebab-sebab dilakukannya sujud sahwi 16 PG sedang C3
    3. Menerapkan tata cara pelaksanaan sujud dalam kehidupan 17 dan 20 PG sedang C3
        sehari-hari          
    4. Menjelaskan tata cara pelaksanaan sujud sahwi 18 PG sedang C2
    5. Menjelaskan tata cara pelaksanaan sujud tilawah diluar salat 44 Uraian sedang C2
    6. Menyusun urutan yang benar tentang tata cara sujud syukur 19 PG sukar C5
    7. Menyebutkan hikmah dari melakukan sujud tilawah 21 PG sedang C1
                 
NO MATERI POKOK KOMPETENSI DASAR INDIKATOR NOMOR BENTUK BOBOT KET.
URUT SOAL SOAL SOAL
4 Ibadah Puasa Membentuk 3.8  Memahami Hikmah Puasa Wajib 1. Menafsirkan dalil naqli (kandungan ayat) tentang kewajiban 22 PG sukar C6
  Pribadi yang Bertakwa        dan Puasa Sunnah     berpuasa          
    2. Menentukan syarat-syarat sahnya puasa 23 PG sukar C3
    3. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa 24 PG sedang C1
    4. Menjelaskan orang-orang yang dibolehkan meninggalkan 25 PG mudah C2
        puasa        
    5. Menjelaskan waktu-waktu yang dilarang melakukan puasa 45 Uraian sedang C2
    6. Mengkategorikan orang-orang yang dibolehkan meninggal- 26 PG sukar C5
        kan puasa          
    7. Menerapkan pelaksanaan salah satu puasa wajib dalam 27 PG sedang C3
        kehidupan sehari-hari          
    8. Menjelaskan ketentuan puasa sunah 28 PG mudah C2
                 
5 Pertumbuhan Ilmu pengeta- 3.10  Memahami Sejarah Pertumbuhan 1. Menjelaskan kemajuan Islam pada masa Bani Umayyah 29 PG sedang C2
  huan   pada   Masa  Bani          Ilmu Pengetahuan sampai Masa 2. Mengkategorikan kemajuan Islam di bidang pemerintahan 30 PG sukar C5
  Umayyah          Umayyah dan Masa Abbasiyyah     pada masa Bani Umayyah           
    3. Menyebutkan para ilmuwan muslim dan bidang keilmuan 31 dan 32 PG sedang C1
        mereka dalam perkembangan ilmu pengetahuan pada masa        
        Bani Umayyah          
    4. menelaah penyebab runtuhnya Bani Umayyah 33 PG sukar C4
                 
6 Rendah Hati, Hemat, dan Memahami Makna Q.S al-Furqan/25:63 1. Menunjukkan bacaan Q.S Al-Furqan ayat 63 34 PG sedang C1
  Sederhana Membuat Hidup dan Q.S al-Isra/17: 27 serta Hadis 2. Menelaah makna yang terkandung dalam Q.S Al-Furqan:63  35 PG sukar C4
      3. Menjelaskan arti Q.S Al-Furqan ayat 63 36 PG sedang C2
      4. Menunjukkan bacaan Q.S Al-Isra ayat 27 37 PG mudah C1
      5. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Q.S Al-Isra:27 38 PG sukar C2
      6. Menerapkan contoh perilaku rendah hati, hemat dan seder- 39 PG sedang C3
          hana sebagai implementasi dari pemahaman Q.A Al-Furqan        
          ayat 63 dan Q.S Al-Isra ayat 27 serta hadis terkait      
      7. Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan 40 PG sedang C1
          alif lam Qamariyah dalam Q.S Al-Furqan:63 dan Al-Isra:27      
      8. Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif 41 Uraian sedang C1
          lam Qamariyah dalam Al-Quran      
                 
KISI-KISI UAS GANJIL PAI KELAS VIII SMP TA 2014/2015 4.5 5 Hand Thursday, December 4, 2014 KISI-KISI NASKAH SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ...


No comments:

Post a Comment