| KISI-KISI NASKAH SOAL | ||||||||
| ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL | ||||||||
| TAHUN PELAJARAN 2014/2015 | ||||||||
| JENJANG PENDIDIKAN | : SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) | ALOKASI WAKTU | : 90 MENIT | |||||
| MATA PELAJARAN | : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI | JUMLAH SOAL | : 45 SOAL | |||||
| KELAS | : VIII (DELAPAN) | BENTUK SOAL | : PILIHAN GANDA & URAIAN | |||||
| NO | MATERI POKOK | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | NOMOR | BENTUK | BOBOT | KET. | |
| URUT SOAL | SOAL | SOAL | ||||||
| 1 | Meyakini Kitab-kitab Allah | 3.4 Memahami makna beriman kepada | 1. Menjelaskan pengertian Iman kepada kitab-kitab Allah | 1 | PG | mudah | C1 | |
| Mencintai Al-Quran | Kitab-kitab Allah Swt | 2. Menjelaskan cara beriman kepada kitab-kitab Allah | 2 | PG | sedang | C2 | ||
| 3. Menelaah dalil naqli (kandungan ayat) tentang nama-nama | 3 | PG | sukar | C4 | ||||
| kitab Allah dan rasul yang menerimanya. | ||||||||
| 4. Menyebutkan isi pokok kitab-kitab Allah | 4 | PG | sedang | C1 | ||||
| 5. Menjelaskan isi pokok kandungan kitab Al-Quran | 41 | Uraian | sukar | C2 | ||||
| 6. Menentukan perbedaaan antara kitab dan suhuf | 5 | PG | sedang | C3 | ||||
| 7. Menyebutkan Nabi dan Rasul yang menerima kitab-kitab | 6 | PG | mudah | C1 | ||||
| Allah swt | ||||||||
| 8. Menerapkan sikap dan perilaku yang mencerminkan iman | 7 | PG | sedang | C4 | ||||
| kepada kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari | ||||||||
| 2 | Lebih Dekat kepada Allah | 3.6 Memahami Hikmah Salat Sunnah | 1. Mengkategorikan salat sunnah berjamaah dan munfarid | 8 | PG | sedang | C2 | |
| dengan Salat Sunnah | Berjamaah dan Munfarid | 2. Menjelaskan macam-macam pengertian salat sunnah ber- | 9 | PG | sedang | C2 | ||
| jamaah dan munfarid | ||||||||
| 3. Menerapkan tata cara pelaksanaan salat sunnah gerhana | 10 | PG | sukar | C3 | ||||
| 4. Menerapkan tata cara pelaksanaan salat sunnah Idul Fitri | 43 | Uraian | sedang | C3 | ||||
| 5. Menjelaskan macam-macam salat sunnah mufarid (rawatib) | 11 | PG | sedang | C2 | ||||
| 6. Menelaah dalil naqli (kandungan ayat) terkait dengan salat | 12 | PG | sukar | C4 | ||||
| sunnah berjamaah dan munfarid. | ||||||||
| 7. Menentukan waktu pelaksanaan salat sunnah berjamaah | 13 | PG | sedang | C3 | ||||
| dan munfarid | ||||||||
| 8. Menjelaskan hikmah melaksanakan salat sunnah | 14 | PG | mudah | C2 | ||||
| 3 | Jiwa Lebih Tenang dengan | 3.7 Memahami Hikmah Sujud Syukur, | 1. Menjelaskan pengertian sujud syukur | 15 | PG | mudah | C1 | |
| Banyak Melakukan Sujud | Sujud Sahwi, dan Sujud Tilawah | 2. Menentukan sebab-sebab dilakukannya sujud sahwi | 16 | PG | sedang | C3 | ||
| 3. Menerapkan tata cara pelaksanaan sujud dalam kehidupan | 17 dan 20 | PG | sedang | C3 | ||||
| sehari-hari | ||||||||
| 4. Menjelaskan tata cara pelaksanaan sujud sahwi | 18 | PG | sedang | C2 | ||||
| 5. Menjelaskan tata cara pelaksanaan sujud tilawah diluar salat | 44 | Uraian | sedang | C2 | ||||
| 6. Menyusun urutan yang benar tentang tata cara sujud syukur | 19 | PG | sukar | C5 | ||||
| 7. Menyebutkan hikmah dari melakukan sujud tilawah | 21 | PG | sedang | C1 | ||||
| NO | MATERI POKOK | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | NOMOR | BENTUK | BOBOT | KET. | |
| URUT SOAL | SOAL | SOAL | ||||||
| 4 | Ibadah Puasa Membentuk | 3.8 Memahami Hikmah Puasa Wajib | 1. Menafsirkan dalil naqli (kandungan ayat) tentang kewajiban | 22 | PG | sukar | C6 | |
| Pribadi yang Bertakwa | dan Puasa Sunnah | berpuasa | ||||||
| 2. Menentukan syarat-syarat sahnya puasa | 23 | PG | sukar | C3 | ||||
| 3. Menyebutkan hal-hal yang membatalkan puasa | 24 | PG | sedang | C1 | ||||
| 4. Menjelaskan orang-orang yang dibolehkan meninggalkan | 25 | PG | mudah | C2 | ||||
| puasa | ||||||||
| 5. Menjelaskan waktu-waktu yang dilarang melakukan puasa | 45 | Uraian | sedang | C2 | ||||
| 6. Mengkategorikan orang-orang yang dibolehkan meninggal- | 26 | PG | sukar | C5 | ||||
| kan puasa | ||||||||
| 7. Menerapkan pelaksanaan salah satu puasa wajib dalam | 27 | PG | sedang | C3 | ||||
| kehidupan sehari-hari | ||||||||
| 8. Menjelaskan ketentuan puasa sunah | 28 | PG | mudah | C2 | ||||
| 5 | Pertumbuhan Ilmu pengeta- | 3.10 Memahami Sejarah Pertumbuhan | 1. Menjelaskan kemajuan Islam pada masa Bani Umayyah | 29 | PG | sedang | C2 | |
| huan pada Masa Bani | Ilmu Pengetahuan sampai Masa | 2. Mengkategorikan kemajuan Islam di bidang pemerintahan | 30 | PG | sukar | C5 | ||
| Umayyah | Umayyah dan Masa Abbasiyyah | pada masa Bani Umayyah | ||||||
| 3. Menyebutkan para ilmuwan muslim dan bidang keilmuan | 31 dan 32 | PG | sedang | C1 | ||||
| mereka dalam perkembangan ilmu pengetahuan pada masa | ||||||||
| Bani Umayyah | ||||||||
| 4. menelaah penyebab runtuhnya Bani Umayyah | 33 | PG | sukar | C4 | ||||
| 6 | Rendah Hati, Hemat, dan | Memahami Makna Q.S al-Furqan/25:63 | 1. Menunjukkan bacaan Q.S Al-Furqan ayat 63 | 34 | PG | sedang | C1 | |
| Sederhana Membuat Hidup | dan Q.S al-Isra/17: 27 serta Hadis | 2. Menelaah makna yang terkandung dalam Q.S Al-Furqan:63 | 35 | PG | sukar | C4 | ||
| 3. Menjelaskan arti Q.S Al-Furqan ayat 63 | 36 | PG | sedang | C2 | ||||
| 4. Menunjukkan bacaan Q.S Al-Isra ayat 27 | 37 | PG | mudah | C1 | ||||
| 5. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Q.S Al-Isra:27 | 38 | PG | sukar | C2 | ||||
| 6. Menerapkan contoh perilaku rendah hati, hemat dan seder- | 39 | PG | sedang | C3 | ||||
| hana sebagai implementasi dari pemahaman Q.A Al-Furqan | ||||||||
| ayat 63 dan Q.S Al-Isra ayat 27 serta hadis terkait | ||||||||
| 7. Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan | 40 | PG | sedang | C1 | ||||
| alif lam Qamariyah dalam Q.S Al-Furqan:63 dan Al-Isra:27 | ||||||||
| 8. Mengidentifikasi hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif | 41 | Uraian | sedang | C1 | ||||
| lam Qamariyah dalam Al-Quran | ||||||||
KISI-KISI UAS GANJIL PAI KELAS VIII SMP TA 2014/2015
on Thursday, December 4, 2014 Labels: 2014/2015, KELAS 8 SMP, kisi-kisi, PAI, UAS I
No comments:
Post a Comment