Sejarah Peradaban Lembah Sungai Nil SMP 2014/2015

 on Tuesday, September 30, 2014  

Image : Sungai Nil

Mesir merupakan satu-satunya kebudayaan tertua di Benua Afrika. Hal ini disebabkan Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang subur, sehingga rakyat mudah untuk membangun sebuah peradaban.

1.        Sistem Pemerintahan
Mesir merupakan sebuah kerajaan yang dipimpin raja yang bergelar Firaun. Pemerintahan yang dipimpinnya mempunyai ciri khas berikut :
a.      Raja memerintah sekehendak hatinya
b.      Seluruh kekuasaan di tangan raja
c.       Rakyat tunduk sepenuhnya terhadap perintah raja

Sejak tahun 3400 SM, Mesir diperintah oleh 30 dinasti yang berbeda. Mesir terdiri dari 3 zaman, yaitu Kerajaan Mesir Tua, yang berpusat di Memphis, Kerajaan Mesir Pertengahan di Awaris dan 
Kerajaan Mesir Baru di Thebe.

a.      Mesir Tua
Periode Mesir Tua berlangsung antara tahun 3400-3160 SM. Pusat pemerintahan Mesir Tua berada di Memphis. Kerajaan Mesir Tua disebut juga zaman Piramida karena banyak dibangun piramida-piramida terkenal di masa itu.
Kerajaan Mesir Tua runtuh sejak tahun 2500 SM karena terjadi perpecahan dan kekacauan.

b.      Mesir Pertengahan
Periode Mesir Pertangahan berlangsung antara tahun 2160-1788 SM. Keporakporandaan Kerajaan Mesir Tua dapat disatukan kembali pada masa pemerintahan Raja Sosantres III. Mesir Pertangahan mampu mengadakan ekspansi kerajaan sampai dengan Nubia (Ethiopia), Kemunduran kerajaan ini disebabkan oleh penyerbuan yang dilakukan oleh Bangsa Hyksos.

c.       Mesir Baru
Periode Mesir Baru berlangsung antara tahun 1500-1100 SM. Kerajaan Mesir Baru ditandai dengan tampilnya Mesir sebagai Kerajaan Imperiumdengan menyatukan sebagian besar wilayah Timur Tengah dan Asia Barat termasuk Palestina dan Syria. Kemunduran kerajaan ini disebabkan oleh penaklukan bangsa Assyria yang selanjutnya diserahkan ke Persia.

2.        Sistem Kepercayaan
Masyarakat Mesir menganut kepercayaan yang bercorak politeisme. Mereka menyembah dewa-dewa. 
Mesir juga mengenal kepercayaan yang bercorak totemisme.
3.        Hasil Kebudayaan
a.      Mengenal tulisan hieroglif (huruf berupa gambar)
b.      Mumi, merupakan gambaran kemampuan rakyat Mesir dalam mengawetkan jenazah.
c.   Mengenal kalender berasarkn peredaran matahari. Mereka juga mengenal adanya tahun kabisat
d.      Piramida
e.      Spink
Sejarah Peradaban Lembah Sungai Nil SMP 2014/2015 4.5 5 han doko Tuesday, September 30, 2014 Image : Sungai Nil Mesir merupakan satu-satunya kebudayaan tertua di Benua Afrika. Hal ini disebabkan Lembah Sungai Nil merupakan dae...


No comments:

Post a Comment