Peradaban di Asia Sejarah SMP

 on Monday, September 29, 2014  

A.    Peradaban Lembah Sungai Kuning (Huang Ho) Cina
Peradaban Cina kuno dimulai dari kehidupan Sungai Kuning (Huang Ho). Sungai Kuning memiliki wilayah subur yang dijadikan area bercocok tanam.

1.     Keadaan Alam
Bentang alam wilayah Cina terdiri dari daerah pegunungan dan sedikit tanah datar.

2.     Pemerintahan
Pemerintahan cina kuno terdiri dari sistem pemerintahan dinasti yang kekuasaannya didapat melalui usaha perebutan kekuasaan danmengalahkan penguasa sebelumnya.
a.     Dinasti Hsia
Dinasti Hsia merupakan dinasti tertua di Cina. Dinasti ini termasuk zaman Proto Sejarah karena tidak meninggalkan prasasti.
b.     Dinasti Shang
Sistem pemerintahan Dinasti Shang tidak diketahui secara pasti karena tidak ada peninggalan tertulis atas itu. Masyarakat pada Dinasti Shang memuja dan menyembah Dewa Shang-Ti. Masyarakat Dinasti Shang peryaca bahwa seluruh kehidupan dan kematian berasal dari Dewa Shang-Ti.
c.      Dinasti Chou
Dinasti ini didirikan oleh Chou Wu-Wang dan pemerintahannya diatur secara feodal. Ibukotanya di Changan. Pada masa ini lahirlah pemikir-pemikir yang mempengaruhi pandangan dalam menjalankan kehidupan masyarakat pada waktu itu.
d.     Dinasti Chin
Pusat pemerintahan ada di Han Tan. Raja terbesarnya Shih Huang Ti. Usaha-usaha yang dilakukan Kaisar Shih Huang Ti :
-           Menghapuskan sistem feodal
-           Membagi kerajaan menjadi beberapa provinsi
-           Menerapkan hukum sebagai kekuasaan tertinggi
-           Mempersatukan budaya Cina
-           Memulai pembangunan Tembok besar Cina
e.     Dinasti Han
Pusat pemerintahan berada di Chang-An. Dinasti Han merupakan dinasti terlama pertama di Cina. Kaisar terbesarnya adalah Han Wu Ti. Usaha-usaha yang dilakukan Kaisar Han Wu Ti :
-         Menghidupkan kembali sistem feodalisme dan ajaran Kong Fu Tse.
-         Memperluas wilayah ke Korea
-         Memajukan perdagangan
-         Membuat kertas dari kulit kayu
-         Membuka diri bagi masuknya agama Budha ke Cina
f.       Dinasti Sui
Raja terbesar dinasti ini adalah Sui Yang Ti. Usaha-usaha yang dilakukan Kaisar Sui Yang Ti :
-           Membuat ujian negara bagi calon pegawainya.
-           Membangun saluran raksasayang menghubungkan Sungai Huang Ho dengan Sungai Yang Tse Kiang guna memperlancar perdagangan.
-           Memperpanjang dan memperbaiki tembok besar Cina
g.     Dinasti Tang
Pendiri dan raja terbesar dinasti ini adalah Li Shih Min, yang bergelar Tang Tai Tsung. Pada masa ini, Cina mengalami masa keemasan karena dapat mempersatukan seluruh Cina bahkan sampai ke Kamboja, Persia dan Laut Kaspia. Usaha-usaha yang dilakukan Kaisar Tang Tai Tsung :
-         Melakukan politik ekspansi
-         Mengeluarkan undang-undang yang mengatur tentang pembagian tanah
-         Membagi kerajaan menjadi beberapa provinsi
-         Mengembangkan bidang kesusastraan
-         Mengembangkan seni kerajinan
-         Membangun pagoda-pagoda
-         Mengatur pemerintaha secara desentralisasi
h.     Dinasti Sung
Raja terbesarnya yaitu Raja Sung Jen Tsung. Pemerintahan Dinasti Sung terdiri dari Sung Utara dengan pusat di Chang-An dan Sung Selatan yang berpusat di Nanking. Usaha-usaha yang dilakukan :
-           Mengadakan perdamaian dengan bangsa Kitan dan bangsa Tangut
-           Mendirikan museum
-           Mengembangkan perdagangan dengan ekspor porselen.
-           Mengembangkan Neokonfusianisme
i.        Dinasti Yuan / Dinasti Mongol
Dinasti Yuan berasal dari Mongolia. Rajanya adalah Genghis Khan. Kekuasaan Genghis Khan dilanjutkan oleh Kubilai Khan Pada masa pemerintahannya, seorang musafir Barat bernama Marcopolo datang ke Cina dan diangkat sebagai gubernur di Nanking. Pada masa ini pula agama Kristen mulai memasuki Cina.
j.       Dinasti Ming
Dinasti Ming merupakan pemerintahan nasional pertama di Cina. Kaisar yang terkenal adalah Ming Cheng Tsu, yang lebih dikenal Yung Lo. Pada masa pemerintahannya, ibu kotanya dipindahkan dari Nanking ke Peking. Selain itu bangsa-bangsa barat juga mulai memasuki Cina.
k.     Dinasti Manchu
Kaisar terkemuka yaitu Kaisar Kang Shi. Dinasti Manchu berasal dari Manchuria. Dinasti ini menerapkan politik isolasi. Dalam perkembangannya Cina jatuh ke tangan Inggris setelah terjadinya Perang Candu.

3.     Filsafat
Di bidang filsafat, bangsa Cina mengalami perkembangan yang sangat cepat. Perkembangan tersebut terjadi pada masa Dinasti Chou.

4.     Kepercayaan
Bangsa Cina percaya pada banyak dewa. Mereka memuja dan menganggap dewa-dewa memiliki kekuatan lain.

5.     Kebudayaan
Perkembangan peradaban Cina kuno / Sungai Huang Ho sudah sangat maju. Bentuk perkembangan peradaban :
a.  Bangsa Cina Kuno telah mengenal sistem pertanian sejak zaman Neolithikum yaitu sekitar tahun 5000 SM. Pada zaman perunggu tanaman pertanian yang diprioritaskan antara lain padi, teh dan kacang. Selain itu, pada masa Dinasti Chin telah dikenal pupuk untuk menyuburkan tanah.
b.    Bangsa Cina sudah mengenal aksara sejak Dinasti Shang. Aksara Cina yang berbentuk pictograph ini termasuk jenis aksara ideograph (aksara lambang benda). Sekitar tahun 106 M, pada masa Dinasti Han ditemukan teknik pembuatan kertasyang dibuat dari campuran bubur kayu dan lem. Penemu kertas tersebut bernama Tsai Lun. Pada zaman Dinasti Tang ditemukan teknik cetak (untuk mencetak buku dan kalender).
c.      Sejak zaman dahulu, bangsa Cina sangat ahli membuat keramik (gerabah), porselen, kain sutra, kertas dari kayu, benda-benda perunggu dan mesiu.

B.     Peradaban Mesopotamia
Mesopotamia berasal dari kata meso yang berarti tengah danpotamis berarti sungai. Jadi, Mesopotamia diartikan sebagai daerah di antara dua sungai, yaitu Sungai Eufrat dan Sungai Tigris. Di wilayah Mesopotamia, pada masa dahulu telah lahir peradaban-peradaban besar di wilayah Mesopotamia.

1.     Bangsa Sumeria
Bangsa Sumeria mendiami wilayah Mesopotamia sejak tahun 3000 SM. Wilayah berada di muara Sungai Eufrat dan Tigris dengan pusat pemerintahan di Kota Ur.
Bangsa Sumeria menginggalkan kebudayaan  bernilai tinggi, antara lain :
a.   Telah mengenal tulisan yang hurufnya seperti paku, sehingga dikenal sebagai tulisan paku.
b.     Bangunan Ziggurat yang menggunakan bahan batu bata.
c.      Memiliki epos yang terkemuka, yaitu Epos Gilgamesh
d.     Mengenal tahun yang dihitung berdasarkan peredaran bulan.
e.     Mengenal lingkaran dengan hitungan 360 derajad
Kerajaan Sumeria mengalami keruntuhan yang disebabkan oleh serangan Kerajaan Akkaida.

2.     Kerajaan Akkaida
Mesopotamia dikuasai oleh bangsa Akkaida sekitar tahun 2800 SM setelah berhasil mengalahkan Sumeria. Kebudayaan Bangsa Akkaida meniru kebudayaan Bangsa Sumeria yang sudah maju, sehingga berkembang budaya baru yang disebut Sumeria Akkaida yang menggunakan bahasa Semit. Mereka memiliki cerita-cerita dongeng tentang kepulauan, seperti Adopa, Etani dan Gilgamesh.

3.     Kerajaan Babylonia Awal
Kerajaan Babylonia Awal terletak di tepi Sungai Eufrat, ibu kota Babylon. Kerajaan Babylonia Awal mencapai kenjayaan pada masa pemerintahan Raja Hamurabi. Raja Hamurabi dikenal sebagai pembuat undang-undang yang dikatakan sebagai undang-undang tertulis pertama di dunia. Sepeninggal Raja Hamurabi, Kerajaan Babylonia Awal mengalami kemunduran karena raja-raja penggantinya sangat lemah.

4.     Kerajaan Assyria
Bangsa Assyria merupakan rumpun Semit yang tinggal di hulu Sungai Eufrat dan Tigris. Kerajaan Assyria dibangun tahun 1300 SM. Kekuasaan Assyria dipegang oleh seorang raja dengan kekuasaan mutlak. Raja terkemuka adalah Ashurbanipal. Raja Ashurbanipal berhasil memperluas wilayahnya sampai ke Mesir.
Hasil budaya peradaban bangsa Assyria :
a.     Perpustakaan yang menyimpan papan-papan dari tanah liat
b.     Mengenal satrinimo dan astrologi
c.      Mengenal perhitungan 1 tahun yang terdiri dari 365 hari
d.     Mengenal huruf paku
Kerajaan Assyria mengalami kemunduran pada tahun 612 SM. Hal ini akibat serangan Bangsa Khaldea, Persia dan Babylonia

5.     Kerajaan Babylonia Baru
Kerajaan Babylonia Baru terletak di Lembah Sungai Eufrat. Pendukung Kerajaan Babylonia Baru adalah Bangsa Khaldea. Raja terbesar Kerajaan Babylonia Baru adalah Nebukadnezer.
Kerajaan Babylonia Baru mengalami kemunduran pada tahun 530 SM. Kemunduran kerajaan ini disebabkan oleh serangan Bangsa Media dan Persia pada tahun 539 SM.

6.     Kerajaan Persia
Kerajaan Persia terletak di sebelah timur Sungai Tigris. Kerajaan Persia didirikan oleh Raja Cyrus. Persia mencapai kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Darius Agung.
Kerajaan Persia mengalami kemunduran yang disebabkan oleh serangan Macedonia yang dipimpin oleh Iskandar Agung. Ia akhirnya dapat menguasai Persia.
Peradaban di Asia Sejarah SMP 4.5 5 han doko Monday, September 29, 2014 A.    Peradaban Lembah Sungai Kuning (Huang Ho) Cina Peradaban Cina kuno dimulai dari kehidupan Sungai Kuning (Huang Ho). Sungai Kuning...


No comments:

Post a Comment