Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMP TA 2013/2014

 on Tuesday, May 6, 2014  

KISI-KISI PENULISAN SOAL PENGAYAAN UN 2014 PAKET 1

Jenjang Pendidikan         :  SMP / MTs
Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris
Kurikulum                 :  Standar Isi/KTSP 2006
Jumlah Soal               :  50 butir
Bentuk Soal               :  Pilihan Ganda

No.
K D
Bahan Kls/smt
Materi
Indikator soal
No. Soal
1
Membaca
Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
VIII
Greeting card
-   tujuan komunikatif
Disajikan sebuah greeting card tentang keberhasilan dalam suatu lomba, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang  tujuan komunikatif greeting card itu dengan tepat.
1
2
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima unruk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
VII
Short message
Informasi rinci

Diberikan teks pesan singkat di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci didalam pesan singkat tersebut dengan tepat.
2
3
Membaca
 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
VIII
Graduation  party  Invitation
-   Informasi rinci
Disajikan teks undangan pesta perayaan kelulusan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci di dalam teks undangan dengan tepat.
3
-   Informasi tersirat
Disajikan teks undangan pesta perayaan kelulusan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat di dalam teks undangan dengan tepat.
4
-   rujukan kata
Disajikan teks undangan pesta perayaan kelulusan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata di dalam teks undangan dengan tepat.
5
4
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
IX
Announcement at public places (tourist destination)
-gambaran umum teks
Disajikan teks pengumuman di tempat umum/wisata, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum teks pengumuman dengan tepat.
6
-informasi tertentu
Disajikan teks pengumuman di tempat umum/wisata yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tententu dalam teks pengumuman dengan tepat.
7
- informasi rinci
Disajikan teks pengumuman di tempat umum/wisata yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks pengumuman dengan tepat.
8
5
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
IX
Advertisement
-   Informasi tertentu
Disajikan teks iklan tentang kebutuhan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks pengumuman dengan tepat.
9
-  informasi rinci

Disajikan teks iklan yang sama tentang kebutuhan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks pengumuman dengan tepat.
10
-      Makna kata
Disajikan teks iklan yang sama tentang kebutuhan sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/phrasa dalam teks pengumuman dengan tepat.
11
6
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari

VII
Letter containing combination description and recount
-  Gambaran umum
Disajikan teks surat pribadi tentang perkenalan dan deskripsi diri, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi teks surat pribadi dengan tepat.
12
-  Informasi tertentu
Disajikan teks surat pribadi tentang perkenalan dan deskripsi diri yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks surat pribadi dengan tepat.
13
-    informasi tersirat
Disajikan teks surat pribadi tentang perkenalan dan deskripsi diri yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks surat pribadi dengan tepat.
14
-         informasi rinci
Disajikan teks surat pribadi tentang perkenalan dan deskripsi diri yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam teks surat pribadi dengan tepat.
15
7
Membaca
Merespon makna yang terdapat
dalam teks tulis fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat,
lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat
VII
Notice/ caution/
warning
Makna teks

Disajikan teks iklan tentang peringatan di tempat umum, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna teks notice dengan tepat.
16
8
Membaca
Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
VIII
Schedule: Train, Flight, School timetable
-   Informasi tertentu
Disajikan teks berbentuk jadwal pelajaran, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam teks jadwal pelajaran dengan tepat.
17
-   Informasi tersirat
Disajikan teks berbentuk jadwal pelajaran yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam teks jadwal pelajaran dengan tepat.
18
9
Membaca
 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
VII/2
Descriptive text (house)
-  gambaran umum
Disajikan teks esai pendek deskriptif tentang rumah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi esai deskriptif tersebut dengan tepat.
19
-     Pikiran utama paragraf
Disajikan teks esai pendek deskriptif tentang rumah yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraph dalam esai deskriptif tersebut dengan tepat.
20
-     Informasi tertentu
Disajikan teks esai pendek deskriptif tentang rumah yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai deskriptif tersebut dengan tepat.
21
-     Informasi rinci
Disajikan teks esai pendek deskriptif tentang rumah yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai deskriptif tersebut dengan tepat.
22
-     Informasi tersirat
Disajikan teks esai pendek deskriptif tentang rumah yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai deskriptif tersebut dengan tepat.
23
-     Makna kata/frasa
Disajikan teks esai pendek deskriptif tentang rumah yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa dalam esai deskriptif tersebut dengan tepat.
24
10
Membaca
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report

IX/1
Reports of animals
-  Pikiran utama paragraf

Disajikan teks esai report pendek tentang hewan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraph dalam esai report tersebut dengan tepat.
25
-  Informasi tertentu
Disajikan teks esai report pendek tentang hewan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai report tersebut dengan tepat.
26
-  Informasi rinci
Disajikan teks esai report pendek tentang hewan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai report tersebut dengan tepat.
27
-  Informasi tersirat
Disajikan teks esai report pendek tentang hewan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai report tersebut dengan tepat.
28
-  Rujukan kata
Disajikan teks esai report pendek tentang hewan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dalam esai report tersebut dengan tepat.
29
11
Membaca
 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
IX/1
Procedure (gadget/tools)
-    Informasi tertentu
Disajikan teks esai procedure tentang mengoperasikan alat/program, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai procedure tersebut dengan tepat.
30
-    Informasi rinci
Disajikan teks esai procedure tentang mengoperasikan alat/program yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai procedure tersebut dengan tepat.
31
-    Makna kata/frasa
Disajikan teks esai procedure tentang mengoperasikan alat/program yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa dalam esai procedure tersebut dengan tepat.
32
12
Membaca
 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative

VIII/2
Recount
 -   Gambaran umum
Disajikan teks esai recount tentang pengalaman yang menyenangkan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi esai recount  tersebut dengan tepat.
33
-      pikiran utama paragraf
Disajikan teks esai recount tentang pengalaman yang menyenangkan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraph dalam esai recount  tersebut dengan tepat.
34
-      Informasi rinci
Disajikan teks esai recount tentang pengalaman yang menyenangkan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dalam esai recount  tersebut dengan tepat.
35
-      Makna kata/frasa
Disajikan teks esai recount tentang pengalaman yang menyenangkan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa dalam esai recount  tersebut dengan tepat.
36
-      Pesan moral
Disajikan teks esai recount tentang pengalaman yang menyenangkan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai recount  tersebut dengan tepat.
37
13
Membaca
 Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
VIII/2
Narrative (fable) -   Gambaran umum
Disajikan teks esai naratif tentang hewan (fable), siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum isi esai naratif  tersebut dengan tepat.
38
-      Pikiran utama paragraf
Disajikan teks esai naratif tentang hewan (fable) yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama paragraf dalam esai naratif  tersebut dengan tepat.
39
-      informasi tertentu
Disajikan teks esai naratif tentang hewan (fable) yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tertentu dalam esai naratif  tersebut dengan tepat.
40
-      Informasi tersirat
Disajikan teks esai naratif tentang hewan (fable) yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dalam esai naratif  tersebut dengan tepat.
41
-      Pesan moral
Disajikan teks esai naratif tentang hewan (fable) yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pesan moral dalam esai naratif  tersebut dengan tepat.
42
14
Menulis
 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam behasa tulis secara akurat, lanacar da berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
IX/2
Rumpang teks
Naratif
-     Kata benda
Disajikan sebuah teks narrative sederhana dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
43
-     Kata sifat
Disajikan sebuah teks naratif sederhana yang sama dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata sifat yang tepat untuk melengkapinya.
44
-     Kata keterangan
Disajikan sebuah teks naratif sederhana yang sama dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata keterangan yang tepat untuk melengkapinya.
45
15
Menulis
 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam behasa tulis secara akurat, lanacar da berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks
IX/2
Rumpang teks
Procedure
-     Kata kerja
Disajikan sebuah teks prosedur sederhana dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata kerja yang tepat untuk melengkapinya.
46
-     Kata benda
Disajikan sebuah teks prosedur sederhana yang sama dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata benda yang tepat untuk melengkapinya.
47
-     Kata urutan waktu
Disajikan sebuah teks prosedur sederhana yang sama dengan tiga rumpang siswa dapat menentukan kata urutan waktu yang tepat untuk melengkapinya.
48
16
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive dan recount.
IX/2
Kata acak
(6-9 kata) menjadi kalimat dalam  konteks teks Descriptive
Disajikan sejumlah kata yang diacak, siswa dapat menentukan susunan kata-kata yang tepat untuk membuat kalimat sederhana berjenis deskriptif yang bermakna.
49
17
Menulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative dan report.
IX/2
Kalimat acak menjadi paragraph berbentuk teks report

Disajikan sejumlah kalimat yang diacak tentang sesuatu, siswa dapat menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf report yang padu dan bermakna.
50


Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMP TA 2013/2014 4.5 5 Hand Tuesday, May 6, 2014 KISI-KISI PENULISAN SOAL PENGAYAAN UN 2014 PAKET 1 Jenjang Pendidikan         :  SMP / MTs Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris ...


No comments:

Post a Comment