PAKET III
SOAL
PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN 2013/2014
1.
Indikator UN : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal :
Bacalah
paragraf berikut!
Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan ini bisa tercapai jika masing-masing mau bekerja sama. Namun peningkatan kunjungan wisatawan tidak boleh mengganggu tujuan utama daerah konservasi. Wisatawan selama ini didominasi pelancong manca negara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. target jumlah wisatawan
B. jumlah kunjungan wisatawan
C. peningkatan kunjungan wisatawan
D. dominan pelancong manca negara
Kunci : A
Pembahasan :
Gagasan utama/gagasan
pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan
utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir
paragraf. Kalimat utama tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung
Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. (jumlah kunjungan
wisatawan). Target ini …. (kalimat kedua)
2.
Indikator UN: Menentukan persamaan isi
berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan
isi berita tersebut.
Soal :
Bacalah
kutipan teks berita berikut!
Teks
Berita I
|
Teks
Berita II
|
Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk
dalam tahap mengkhawatirkan. Diperkirakan pencemaran udara itu akan semakin
parah karena jumlah kendaraan terus bertambah. Saat ini Badan Pengendali
lingkungan hidup (BPLH) kota Bekasi sedang memeriksa tingkat pencemaran.
Beberapa di antaranya berada di Jalan Raya Ahmad, Jalan Cut Mutiah, dan Jalan
Siliwangi.
|
Sejumlah warga Desa Krebet Sengrong, Bulu Lawang, Malang mengeluhkan pencemaran udara
akibat sisa pembakaran pabrik gula di wilayah itu. Pencemaran udara itu
sampai tingkat yang mengkhawatirkan. Akibat pencemaran udara tersebut,
sejumlah warga terpaksa menggunakan masker pada pagi hari. Selain udara di
pagi hari, air warga juga kadang tercemar. Hal itu terjadi setiap kali musim giling tebu yang dilakukan pabrik gula.
|
Persamaan isi kedua kutipan teks
berita tersebut adalah ….
A.
proses pencemaran udara
B.
tempat pencemaran udara
C.
tingkat pencemaran udara
D.
penyebab pencemaran udara
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan,
pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita,
kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk
dalam tahap mengkhawatirkan.
Teks II: Pencemaran udara itu sampai tingkat yang
mengkhawatirkan.
3.
Indikator UN: Menentukan perbedaan penyajian
berita
Indikator
Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa
dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
Tiga pekerja pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi,
Jepang resah. Sistem pendinginnya tercemar radiasi dosis tinggi. Mereka
menjadi korban saat berusaha memulihkan daya listrik reaktor nomor tiga. Dua
dari mereka harus dirawat di dua rumah sakit. Demikian informasi dari Badan
Keselamatan Nuklir Jepang, Kamis (24/3)
|
Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi
mengandung radioaktif. Bahan kadarnya melebihi batas aman bagi bayi.
Pemerintah Tokyo menegaskan bayi tidak diperkenankan minum dari air kran.
Sebagaimana warta AFP pada Rabu (23/3), pemerintah menyarankan untuk
menghindari penggunaan air kran dalam membuat minuman bagi bayi.
|
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah …
|
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
A.
|
diawali dengan unsur berita bagaimana
|
diawali dengan unsur berita mengapa
|
B.
|
diawali dengan unsur berita siapa
|
diawali dengan unsur berita bagaimana
|
C.
|
diawali dengan unsur berita siapa
|
diawali dengan unsur berita apa
|
D.
|
diawali dengan unsur berita di mana
|
diawali dengan unsur berita kapan
|
Kunci : C
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W
+ 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when
(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Ada juga dalam bahasa
Indonesia dikenal singkatan ASDAMBA (A=apa, S=siapa, D=di mana,
A=apabila/kapan, M=mengapa, dan Ba=bagaimana). Selain itu, terdapat istilah
ADIKSIMBA (A=apa, Di=di mana, K=kapan, Si=siapa, M=mengapa, Ba=bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus
mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis
berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak
lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I:
Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Tiga pekerja
pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi, Jepang resah.
Teks berita II: Peristiwa apa? Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi mengandung
radioaktif.
4.
Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan
keistimewaan tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah
kutipan biografi
tokoh berikut!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei
1882. Beliau terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Saat
genap berusia 40 tahun ia berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara.
Perjalanan hidupnya diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan
bangsanya. Selain ulet di bidang wartawan, ia juga aktif pada organisasi sosial
dan politik. Pada 25 Desember 1912 bersama Douwes Dekker, ia mendirikan
Indiche Partij dan mendaftarkannya kepada pemerintah kolonial Belanda untuk
memperoleh status badan hukum. Pendirian organisasi tersebut dihalang-halangi
oleh pemerintah Belanda.
|
Keistimewaan
tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
A.
Ki Hajar Dewantara
mendirikan Indische Party.
B. Ki Hajar Dewantara terlahir dari keturunan raden mas.
C. Ki Hajar Dewantara seorang wartawan dan tokoh politik.
D. Ki Hajar Dewantara pada usia 40 tahun mengganti namanya.
Kunci : C
Pembahasan : Keistimewaan seorang tokoh dapat dilihat
dari tidak semua orang dapat memilikinya.
Dalam hal ini, Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan dan tokoh politik.
5.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan
hal yang dapat diteladani pada tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan biografi berikut!
Seto Mulyadi atau biasa dikenal sebagai Kak Seto
lahir di Klaten, 28 Agustus 1951. Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa
acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Ia juga
menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Berawal dari kematian
adiknya saat berumur tiga tahun akibat penyakit campak membuat Seto mulai
menekuni dunia anak. Berbagai pengalaman pernah dirasakan yaitu menjadi
pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta.
|
Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A.
penyayang terhadap
sesama
B.
bekerja keras dalam
kehidupannya
C.
siap prihatin dalam
membawakan acara
D.
menjadi ketua
Komite Perlindungan An
Kunci : B
Pembahasan : Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B)
yang merupakan sifat teladan dan patut dicontoh.
6.
Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan sebuah iklan,
siswa dapat menentukan penjelasan isi salah satu kalimat pada iklan tersebut.
Soal :
Perhatikan
iklan berikut!
|
Penjelasan isi kalimat (3) pada iklan
tersebut adalah …
A. datang ke kelurahan di mana saja
B. datang ke kelurahan yang terdekat
C. datang ke kelurahan dalam satu tempat
D. datang ke kelurahan sesuai dengan KTP
Kunci : D
Pembahasan : Penjelasan
teks iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami makna kalimat tersebut.
Makna kalimat kedua tersebut adalah D
7.
Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan sebuah iklan pengumuman, siswa dapat
menentukan maksud iklan tersebut.
Soal :
Bacalah iklan pengumuman berikut!
Pengumuman
Panitia
pengadaan barang dan jasa Desa Jati Makmur akan mengadakan pelelangan umum
dengan ketentuan
Batas
Anggaran : Rp45.400.500,00
Rincian
Kegiatan : Pengadaan pupuk
Tempat : Kantor Kepala Desa
Jati Makmur
Waktu
Pendaftaran : 20 – 25 Maret 2013
Keterangan
lebih lengkap dapat dilihat di tempat pendaftaran.
Maksud iklan
tersebut adalah ….
A. menyampaikam kegiatan lelang pembelian pupuk
B. menginformasikan kegiatan lelang pembelian pupuk
C. menjelaskan tentang pelaksanaan lelang penjualan pupuk
D. menginformasikan kepada publik tentang lelang pengadaan pupuk
Kunci : D
Pembahasan : Maksud iklan tersebut dapat diketahui dengan memahami
makna kalimat tersebut. Makna kalimat pada
iklan pengumuman tersebut
adalah D.
8.
Indikator
UN:
Menentukan kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator
Soal:
Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat
fakta/opini yang terdapat pada iklan tersebut
Soal :
Perhatikan
iklan berikut!
|
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 4
C. 2 dan 4
D. 3 dan 5
Kunci : D
Pembahasan :
Fakta adalah
sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang
terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan. Fakta dalam iklan dapat berbentuk
frase atau kata.
Data pendukung
kata hijau, kuning,
biru
pada kalimat Tersedia dalam tiga warna: hijau, kuning, biru, dan kata ada pada kalimat Ada di PT Cepat Sehat, telepon 0815277557.
9.
Indikator UN: Menyimpulkan isi paragraf
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf,
siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut.
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
|
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah …
A. Kotagede berdiri sejak tahun 70-an.
B. Kotagede terkenal dengan peraknya.
C. Perhiasan dari perak sangat menawan.
D. Wisatawan mancanegara sering ke Kotagede.
Kunci : B
Pembahasan :
Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian
berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap
suatu objek.
Bukti data: Kotagede telah menjadi sentra kerajinan perak (kalimat
pertama) …Beragam kerajinan perak (kalimat kedua) … dihasilkan di Kotagede.
Sejak tahun 70-an, kerajinan perak Kotagede (kalimat keempat) ….
10.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal:
Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan penjelasan
yang sesuai
dengan isi grafik tersebut.
Soal :
Perhatikan grafik berikut!
Penjelasan yang sesuai dengan isi grafik
tersebut adalah …
A. Sate digemari siswa laki-laki dan perempuan.
B.
Pecel merupakan makanan yang sangat favorit.
C.
Siswa SMP Merah Putih
tidak menyukai mie dan pecel.
D. Siswa SMP Merah Putih yang menggemari soto hanya sedikit.
Kunci : D
Pembahasan : Grafik
adalah lukisan dengan gambar/garis untuk mengetahui naik turunnya suatu
keadaan. Isi suatu grafik dapat diketahui hubungan data (angka) yang ada pada
titik koordinasinya. Hubungan angka itu bisa naik dan menurun. Menurut grafik
batang tersebut, hanya sedikit siswa yang menggemari soto.
11.
Indikator UN: Mengidentifikasi isi
grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal: Disajikan sebuah tabel,
siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut
Soal :
Perhatikan
tabel berikut!
ZONA EROPA GRUP B
KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2013
TIM
|
P
|
M
|
S
|
K
|
Poin
|
Italia
|
4
|
3
|
1
|
0
|
10
|
Bulgaria
|
4
|
1
|
3
|
0
|
6
|
Republik Ceska
|
3
|
1
|
2
|
0
|
5
|
Armenia
|
3
|
1
|
0
|
2
|
3
|
Denmark
|
3
|
0
|
2
|
1
|
2
|
Malta
|
3
|
0
|
0
|
3
|
0
|
Keterangan:
P: jumlah pertandingan
M: jumlah kemenangan
S: jumlah seri
K: jumlah kekalahan
Simpulan isi tabel tersebut adalah …
A. Tidak ada tim yang kalah di dalam grup B zona Eropa.
B. Setiap kemenangan tim dalam grup B zona Eropa bernilai 1 poin.
C. Semua Negara dalam grup B zona Eropa bermain 4 pertandingan.
D. Pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 di grup B zona Eropa ada 6 negara.
Kunci : D
Pembahasan :
Penentuan simpulan dilakukan dengan menghubungkan
seluruh fakta dan data yang terdapat pada tabel tersebut dalam bentuk
pernyataan menyeluruh berupa pendapat
akhir seluruh isi. Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut adalah pada kualifikasi Piala Dunia 2014 di grup B zona Eropa ada 6
negara. Pilihan A, B, dan C tidak sesuai dengan isi tabel.
12.
Indikator
UN : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal:
Disajikan sebuah denah lokasi kegiatan, siswa dapat
menentukan letak lokasi kegiatan tersebut.
Soal :
Perhatikan
denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut letak lokasi
kegiatan adalah ….
A. sebelah selatan Jalan Sukagalih
B. sebelah timur Jalan Sukajadi
C. sebarang Jalan Dr. Junjunan
D. sebelah utara Jalan Sukagalih
Kunci : D
Pembahasan :
Menurut denah tersebut lokasi kegiatan berada di
sebelah utara Jalan Sukagalih.
13.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator
Soal:
Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang paling efektif.
Soal :
Perhatikan
denah berikut!
Arah perjalanan yang paling efektif dari rumah Athian ke Teater Kreatif adalah ….
A.
Jalan Keadilan, Jalan Damai lalu ke utara Jalan
Perjuangan
B.
Jalan Perjuangan, belok ke selatan ke Jalan Damai,
lalu belok ke barat
Jalan
Cinta Kasih
C.
Jalan Keadilan belok ke utara ke Jalan Perjuangan,
lalu ke selatan Jalan
Kebersamaan
D.
Jalan Perjuangan, belok ke barat Jalan Kebersamaan,
lalu belok ke timur
ke Jalan Cinta Kasih
Kunci : C
Pembahasan :
Rute paling efektif adalah rute terdekat
berdasarkan denah dengan melalui Jalan Keadilan belok
ke utara ke Jalan Perjuangan, lalu ke selatan Jalan Kebersamaan Mars
ke barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.
14.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi
Indikator
Soal:
Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan tema puisi tersebut
Soal :
Perhatikan puisi berikut !
Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
Gempa
bumi
Bila
datang harus waspada
Bila
ada harus siaga
Larilah
keluar rumah
Gempa
bumi
Tak
dapat dihindari
Berdoalah
kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi
Tema puisi
tersebut adalah ….
A. korban
bencana alam
B. lokasi
bencana alam
C. waspada
gempa bumi
D. pertanda
datang bencana
Kunci : C
Pembahasan :
Data pendukung:
bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar
15.
Indikator UN: Mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi
Indikator Soal: Disajikan sebuah puisi, siswa dapat menentukan larik
bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Perhatikan puisi berikut!
Si Jago Merah
Bila manusia teledor
Amarahmu memuncak
Melumatkan harta benda
Kerugian kan menimpa manusia
Sirnalah semua
Larik bermajas pada
puisi tersebut terdapat pada larik ….
- 1 dan 3
- 2 dan 3
- 3 dan 4
- 2 dan 4
Kunci : B
Pembahasan :
Data pendukung: amarahmu memuncak dan melumatkan harta benda. Kedua larik tersebut menggunakan
majas personifikasi.
16.
Indikator UN: Mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi
Indikator Soal: Disajikan dua puisi, siswa dapat menentukan perbedaan amanat kedua puisi tersebut.
Soal :
Perhatikan kedua
kutipan puisi berikut!
Puisi I
|
Puisi II
|
Engkau adalah teman sejati
Kau dengar semua keluhanku
Tentang sekolah, pekerjaan
Engkau tak kan kulupakan
|
Sahabat selalu setia
Seperti mentari yang tak pernah bosan menyinari
dunia
Sahabat membawa ketenangan
Ibarat bulan yang menyejukkan malam
|
Perbedaan amanat kedua
puisi tersebut adalah ….
|
Puisi I
|
Puisi
II
|
A
|
Jadilah teman sejati!
|
Jadilah sahabat yang setia!
|
B
|
Rahasia harus dijaga!
|
Sahabat harus memberi ketenangan!
|
C
|
Jadilah teman tempat curhat!
|
Sebagai sahabat harus setia!
|
D
|
Harus bisa menjaga rahasia sahabat!
|
Jadilah sahabat yang menyenangkan!
|
Kunci : A
Pembahasan :
Data pendukung: dicantumkannya kriteria teman sejati dan sahabat setia.
17.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan latar (waktu, tempat, suasana)
kutipan cerpen tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan cerpen berikut!
Bibirku tak sanggup lagi untuk berbicara sepatah
kata pun. Langsung kunon-aktifkan hp-ku.
Dan kulempar jauh dariku. Aku benar-benar tidak pernah menduga bahwa dia akan
pindah. Kabar ini sungguh membuatku kehilangan tulang-tulang rangka yang
menopang tubuhku. Badanku terasa sangat lemah, dan aku hanya bisa terduduk
lemas sambil menggigit guling yang ada di genggamanku.
“Sudahlah,” Dayu
memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
“Aku juga datang
dengan Papa, Mama, dan adikku. Ayo kita ke sana!”
Airin mendorong
kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir
mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai
redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Latar tempat
pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. tempat duduk
B. tengah rumah
C. kamar tidur
D. kursi beranda
Kunci : C
Pembahasan :
Latar tempat dalam cerita tersebut yaitu kamar tidur. Hal ini ditandai dengan kata
…terduduk lemas sambil menggigit guling.
18.
Indikator UN: Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan kutipan cerpen, siswa dapat menentukan bukti perwatakan tokoh cerpen tersebut.
Soal
Bacalah kutipan cerpen berikut!
(1)“Ma,
perut Amrin sakit sekali. Sebelah sini, Ma. “Aku menunjuk bagian lambung. (2)
Mama tampak lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama
lalu mengajakku ke dokter. (3) “Tapi Ma, hari ini kan Amrin ada ulangan
matematika jam pertma, masa Amrin tidak ikut.” (4) “Nanti ulangan susulan saja.
Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk rumah sakit
saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.
Bukti watak tokoh Mama penyayang ditandai dengan nomor ….
A.
(1) dan (3)
B.
(1) dan (4)
C.
(2) dan (3)
D.
(2) dan (4)
Kunci : D
Pembahasan :
Bukti bahwa tokoh Mama memiliki watak penyayang
adalah pada pernyataan “Mama tampak
lebih khawatir lagi, karena takut terjadi apa-apa denganku, Mama lalu
mengajakku ke dokter. “Nanti ulangan
susulan saja. Kalau tidak diobati sekarang, nanti makin parah. Kalau kamu masuk
rumah sakit saat ulangan umum minggu depan, bagaimana?” bujuk Mama.
19.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal: Disajikan
kutipan cerpen, siswa dapat menentukan cara pengarang menggambarkan watak tokoh
pada kutipan dalam cerpen tersebut
Soal
Bacalah kutipan cerita berikut!
Penggambaran watak tokoh Aku pada kutipan cerpen tersebut
melalui cara ....
A. dialog tokoh
B. perilaku tokoh
C. dialog antartokoh
D. diceritakan pengarang
Kunci : D
Pembahasan :
Penggambaran watak tokoh Seruni dilakukan dengan cara diceritakan pengarang. Seperti
yang ditunjukkan pada kalimat dalam kedua paragraph tersebut. (Aku menyukai Seruni sebagai sahabat yang
baik. …Yah, seruni itu sangat mandiri….)
20.
Indikator
UN: Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat kutipan cerita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan
cerita berikut!
|
Amanat kutipan cerita
tersebut adalah …
A. Setiap orang yang minta maaf harus dimaafkan.
B. Sesama manusia seharusnya saling menghargai.
C. Kita harus menjunjung tinggi adat istiadat tertentu.
D. Kita tidak boleh menyakiti hati orang tua, terutama ibu.
Kunci : D
Pembahasan : Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan
penulis melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang
menyampaikan pesan secara implisit melalui
percakapan tokoh agar kita tidak menyakiti hati orang tua, terutama ibu.
21.
Indikator
UN : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik pada kutipan
cerita tersebut.
Soal :
Bacalah
kutipan cerita berikut!
|
Konflik dalam
kutipan cerita tersebut adalah …
A. Suminah sangat kesal terhadap perbuatan Kang Sapar.
B. Suminah berhasil memerangi nafsunya atas rajukan Titin.
C. Suminah ragu akan memaafkan atau tidak perbuatan buruk anaknya.
D. Suminah akan memaafkan perbuatan buruk Kang Sapar jika pulang.
Kunci : C
Pembahasan :
Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang
menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi
karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh
lain. Awalnya tokoh Suminah tidak bisa memaafkan kesalahan Titin
(anaknya), hingga di dalam diri Suminah timbul konflik apakah seorang ibu harus
memaafkan anaknya yang tega menyakitinya. Namun akhirnya, suminah luluh oleh
rujukan Titin. Kata
yang dirujuk: “Titin benar”,
Suminah membatin. Tetapi, haruskah ada maaf untuk seorang anak, darah daging
sendiri yang tega menyakiti orang tuanya sendiri? Akhirnya, hati Suminah luluh juga oleh rajukan Titin.
22.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel
Indikator
Soal:
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan adat yang terdapat pada kutipan novel tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan novel berikut!
Adat
dalam novel tersebut adalah ....
A. Pernikahan tidak harus direstui oleh kedua orang tua.
B. Menikahkan anak secara paksa (jodoh dipilihkan orang tua).
C. Jika memilih jodoh harus yang sesuai dengan keinginan orang tua.
D. Pernikahan dengan gadis pilihan orang tuanya sebagai tanda bakti.
Kunci : D
Pembahasan: Adat yang
terdapat pada kutipan novel tersebut adalah pernikahan Aminuddin dengan gadis
pilihan orang tuanya merupakan tanda bakti seorang anak.
23.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi perbedaan
karakteristik dua novel
Indikator
Soal:
Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut.
Soal :
Bacalah kedua
kutipan novel berikut!
Novel I
|
Novel II
|
Akibat kebakaran, Baginda Sulaeman jatuh bangkrut dan hutang yang
menumpuk pada datuk Maringgih. Datuk Maringgih menagih hutangnya pada Baginda
Sulaeman. Baginda Sulaeman tidak mampu membayarnya. Dengan alasan itu, Datuk Maringgih langsung menawarkan bagaimana kalau Siti Nurbaya, putri
Baginda Sulaeman dijadikan teman hidup Datuk Maringgih. Dengan itu
hutangnya dianggap lunas.
|
Suparta sudah menjadi dokter dan bekerja di rumah sakit
di mana Ratna dirawat. Dokter Supartalah yang merawatnya. Betapa gembiranya
hati Suparta bertemu Ratna yang dicintainya. Sudah lama mencari tidak
ketemu-ketemu. Sejak hati ibunya lunak, Suparta terus mencari keberadaan Ratna.
Tapi tak kunjung bertemu.
|
Perbedaan karakterisik kedua kutipan novel tersebut adalah….
|
Novel I
|
Novel
II
|
A
|
sudut pandang orang pertama
|
sudut pandang orang ketiga
|
B
|
latar tempatnya jelas
|
latar tempatnya tidak jelas
|
C
|
bertema kelicikan/tipu daya
|
bertema pertemuan
|
D
|
penggambaran watak tokoh dengan cara dialog antartokoh
|
penggambaran watak dengan langsung oleh pengarang
|
Kunci : C
Pembahasan :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut
terletak pada tema. Pada kutipan novel I bertema kelicikan/tipu daya, sedangkan pada kutipan novel
II bertema pertemuan.
24.
Indikator
UN : Mengidentifikasi
unsur intrinsik novel
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan drama, siswa dapat menentukan suasana yang terdapat pada kutipan naskah drama
tersebut.
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
|
Suasana yang
tergambar dalam kutipan drama tersebut adalah ….
A.
tenang
B.
pamer
C.
ribut
D.
semangat
Kunci : D
Pembahasan :
Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari teriakan ketiga tokoh drama
tersebut.
25.
Indikator
UN : Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan naskah drama, siswa dapat menentukan
latar (waktu, tempat) yang terdapat pada kutipan naskah drama tersebut.
Soal:
Bacalah
kutipan naskah drama berikut!
Latar tempat kutipan
naskah drama tersebut tersebut adalah ….
A. di sekolah
B. di jalan raya
C. di dalam rumah
D. di halaman rumah
Kunci : C
Pembahasan :
Latar tempat pada kutipan teks drama tersebuat di dalam rumah. Hal itu tersirat
dalam kalimat Siska, hujan lebat tak kunjung reda, Alien, adik kta belum pulang. Ini mengindikasikan di dalam rumah.
No comments:
Post a Comment