Pembahasan UAS 2 PKn Kelas 7 SMP 2019/2020

 on Sunday, May 5, 2019  

1.Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah …
c . untuk menunjukkan kepada dunia luarbahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
Alasan:
- Karena, Makna Proklamasi Kemerdekaan yaitu pernyataan bangsa Indonesia kepada diri sendiri maupun kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia telah merdeka, dan tindakan- tindakan yang segera harus dilaksanakan berkaitan dengan pernyataan kemerdekaan itu, telah dirinci dan mendapat pertanggungjawaban dalam Pembukaan UUD 1945. 

2.Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain adalah ...
a.bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain. 
Alasan:
-Karena, bangsa Indonesia yang berhasil memcapai kemerdekaan telah mempunyai derajat yang sama dengan bangsa-bangsa yang lain sehingga tidak ada lagi yang dapat melecehkan bangsa Indonesia karena kini mereka mempunyai hak yang sama sebagai bangsa yang merdeka.

3.Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. Hal tersebut meru­pakan pengakuan adanya …
b. nilai religius
Alasan:
- Karena, Nilai religius artinya negara Indonesia mengakui nilai-nilai religious kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap jerih payah yang mereka keluarkan untuk mengusir penjajah. Secara filosofis bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan Yang Maha Esa. 

4.Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama bangsa Indonesia disusun oleh wakil-wakil rakyat Indonesia yang duduk di BPUPKI yang bersidang dan berdiskusi serta mengambil keputusan dan atas kesepakatan bersama mengenai isi dari Undang-Undang Dasar 1945, oleh karena itu Undang-Undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama memiliki …
c. nilai pemersatu bangsa
Alasan:
Karena penetapan dan pengesahan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan penetapan dan pengesahan sebagai hasil kesepakatan bangsa Indonesia yang duduk di BPUPKI yang berasal dari berbagai daerah dan golongan yang ada. Ini merupakan wujud persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang senasib dan sepenanggungan sebagai bekas bangsa jajahan Belanda dan Jepang

5.Yang dimaksud nilai hak kodrat yang terdapat dalam Konstitusi pertama adalah …
a. hak yang merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Esa yang melekat pada manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social.
Alasan:
Karena hak kodrat ini bersifat mutlak, karenanya tidak dapat diganggu gugat, sehingga penjajahan sebagai pelanggaran terhadap hak kodrat ini tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan harus dihapuskan

6.Pokok Pikiran I yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pan­casila yaitu ...
c. Persatuan Indonesia;
Alasan
Pokok Pikiran Pertama, yaitu: “Negara melindungi sege¬nap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indo¬nesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewu-judkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Hal ini berarti bahwa negara menghendaki persatuan dengan menghilangkan faham golongan, mengatasi segala faham perseorangan. Dengan demikian Pokok Pikiran Pertama merupakan penjelmaan Sila Ketiga Pancasila.

7.Pokok Pikiran III yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Alasan:
Pokok Pikiran Ketiga yaitu: “Negara yang berke¬daulatan rakyat, berdasar atas kerakyatan dan permusyawaratan/perwakilan”. Hal ini menunjukkan bahwa sistem negara yang terbentuk dalam Undang-Undang Dasar haruslah berdasarkan atas kedaulatan rakyat dan berdasar permusyawaratan/perwakilan. Pokok Pikiran Ketiga merupakan penjelmaan Sila Ke¬empat Pancasila;


8.Pokok Pikiran IV yang terkand­ung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pan­casila yaitu...
b. Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
Alasan:
Pokok Pikiran Keempat yaitu: “Negara berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa menurut dasar kema¬nusiaan yang adil dan beradab”. Hal ini menunjukkan konsekuensi logis bahwa Undang-Undang Dasar ha¬rus mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain-lain penyelenggara negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur, dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur.



9.Berikut ini merupakan contoh sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan …
c. belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa;
Alasan:
Karena, Sikap positif berarti sikap yang mendukung terhadap sesuatu yang tujuannya baik. Sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemer-dekaan berarti menghargai perjuangan para pahlawan bangsa, dan sikap positif terhadap suasana kebatinan dan nilai-nilai Konstitusi pertama berarti menjunjung tinggi cita-cita kehidupan bernegara dengan tata hukum bernegara di dalam kehidupan negara yang didirikan pada pada tanggal 17 Agustus 1945. 

10.Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai Konstitusi Pertama adalah …
a. menjunjung tinggi hukum yang berlaku
Alasan:
Karena, Sikap positif bukan berarti sikap yang penurut, namun lebih dari pada itu, yaitu kreatif, kritis, mandiri dan berani membela kebenaran serta menjunjung tinggi prinsip- prinsip, asas-asas dan tujuan yang disepakati bersama. Inilah wujud sikap positif untuk mengisi kemerdekaan bangsa.
Pembahasan UAS 2 PKn Kelas 7 SMP 2019/2020 4.5 5 Hand Sunday, May 5, 2019 1.Makna Proklamasi Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah … c . untuk menunjukkan kepada dunia luarbahwa bangsa Indonesia adalah bangsa...


No comments:

Post a Comment