Soal dan Pembahasan UN B. Indonesia Kelas 9 SMP TA 2015/2016

 on Thursday, March 10, 2016  

SOAL SESUAI DENGAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL
DAN PEMBAHASANNYA

Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks

1.      Bacalah paragraf berikut!
Dalam kehidupan sehari-hari manusia bergantung pada sarana komunikasi. Kegiatan apa pun yang dilakukan manusia pasti menggunakan sarana komunikasi. Sarana komunikasi yang digunakan manusia ada yang sederhana maupun yang modern. Kebudayaan manusia tidak akan bisa maju seperti sekarang ini tanpa adanya sarana komunikasi.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A.     Ketergantungan manusia pada sarana komunikasi.
B.     Sarana komunikasi untuk manusia.
C.     Sarana komunikasi bagi pertukaran kebudayaan
D.     Meningkatkan sarana komunikasi modern.

Kunci jawaban: A
Pembahasan :
Gagasan utama adalah pokok persoalan yamg menjadi inti pembicaraan/ permasalahan sebuah paragrafGagasan utama atau gagasan pokok terdapat dalam kalimat utama, kecuali pada paragraf deskripsi atau narasi. Kalimat utama tersebut biasanya terdapat pada awal, tengah, atau akhir paragraf dan merupakan pernyataan yang bersifat umum. Pokok persoalan yang dikemukakan dalam paragraf tersebut adalah ketergantungan manusia terhadap sarana komunikasi. Semua kegiatan manusia bertumpu pada saranakomunikasi. Kata kunci: manusia bergantung pada sarana komunikasi, terdapat pada awal paragraf.

2.      Perhatikan paragraf berikut!
(1) Salah satu bagian sepeda motor yang penting adalah ban. (2) Para pengendara seringkali kurang memperhatikan hal itu. (3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara juga ditentukan oleh kondisi ban. (4) Oleh sebab itu, para pengendara perlu memperhatikan kondisi ban secara berkala.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor...
A.   (1)                      C. (3)
B.   (2)                      D. (4)
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung gagasan utama. Kalimat utama terletak di awal, di tengah, atau di akhir paragraf. Ciri kalimat utama adalah pernyataan yang bersifat umum. Bila kalimat utama terdapat di akhir bisa juga merupakan simpulan dari kalimat-kalimat sebelumnya. Biasanya ditandai dengan kata seperti Jadi..., Oleh sebab itu..., Memang ...
Menentukan persamaan isi berita
Menentukan perbedaan penyajian teks berita

Bacalah kutipan berikut kemudian kerjakan dua soal berikut!
  Teks berita I
Selasa, (26/10) hujan deras mengakibatkan sejumlah perumahan di kota Tangerang terendam banjir. Banjir itu ketinggiannya bervariasi, mulai 20 cm hingga 1,5 meter. Jalan Raya Hasyim Ashari, Cileduk yang merupakan jalan penghubung Tangerang dengan Jakarta, akibat banjir terputus sejak dini hari kemarin.
 
                    









Teks II
Banjir selain memutuskan arus transportasi juga merendam ratusan rumah di Kompleks Cileduk Indah I dan Cileduk II. Sejak semalam, turun hujan mengakibatkan Kali Angke meluap. Air luapan itu kemudian menyebabkan banjir di Cileduk, Tangerang.
 
  









1.      Kesamaan informasi teks berita tersebut adalah ….
A.     Waktu banjir
B.     Korban banjir
C.     Wilayah banjir
D.     Penyebab banjir.

Kunci jawaban : D
Pembahasan:
Kesamaan informasi pada teks berita didasarkan pada isi berita yang berpedoman dari ADIKSIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana). Kedua teks tersebut menjelaskan penyebab banjir, yaitu hujanturun

2.      Perbedaan penyajian kutipan kedua berita tersebut adalah ….
A.     Teks berita I diawali dengan kapan, teks berita II diawali apa
B.      Teks berita I diawali dengan apa, teks berita II diawali bagaimana
C.     Teks berita I diawali dengan bagaimana, teks berita II diawali di mana
D.     Teks berita I diawali dengan di mana, teks berita II diawali mengapa.

Kunci jawaban: A
Pembahasan :
sebuah berita dibangun dari unsur ADIKSIMBA (apa,di mana, kapan, siapa, mengapa,dan bagaimana). Teks I diawali dengan waktu (Selasa, 26/10, kapan), teks II diawali dengan sebuah peristiwa ata kejadian, apa

Mengidentifikasi isi teks biografi/ iklan


Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soal berikut.
B.J. Habibie, lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pare pare, Sulawesi Selatan. Kegiatannya mengerjakan sesuatu dan gemar membaca. Habibie dan putra-putra Indonesia yang bekerja di Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) menciptakan CN-235 dan N-250. B.J. Habibie antara lain mendapat kehormatan dari Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar, Jerman Barat tahun 1983.
 
                                                                                





1.    Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi  tersebut adalah ….
A.   Pencipta pesawat terbang CN-235 dan N-250
B.   Bekerja di IPTN
C.  Pegawai Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar, Jerman Barat.
D.  Terlahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan

Kunci jawaban : A
Pembahasan : Sesutu dikatakan istimewa apabila tidak biasa dilakukan kebanyakan orang. Hal istimewa yang yang dimiliki tokoh B.J. Habibie adalah mampu menciptakan pesawat CN-235 dan N-250.

2.    Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah ….
A.   Mengerjakan sesuatu bersama-sama dan gemar menulis
B.   Mengerjakan sesuatu dan gemar membaca                  
C.  Tidak berbuat apa-apa tetapi gemar membaca.
D.  Gemar berbicara dan mengerjakan sesuatu dengan teman.

Kunci jawaban: B
Pembahasan: Sesuatu yang bisa diteladani adalah tindakan positif yang dilakukan oleh tokoh. Sifat positif yang dimiliki B.J. Habibie adalah berbuat sesuatu dan gemar membaca.



3.      Perhatikan iklan berikut!
Hemat listrik perilaku bijak!(1)
Matikan lampu di siang hari!(2)
Nyalakan lampu seperlunya(3)
Gunakan listrik dengan hemat!(4)
Maksud isi kalimat (3) dari iklan tersebut adalah….
A.     Diajak menggunakan listrik dengan bijak.
B.     Dianjurkan menyalakan lampu yang diperlukan saja.
C.     Dianjurkan lampu hanya dihidupkan pada malam hari.
D.     Diharapkan selalu berusaha menghemat pemakaian listrik.

Kunci jawaban: B
Pembahasan :
Maksud isi kalimat adalah apa yang dikehendaki atau yang ingin disampaikan melalui kalimat tersebut. Maksud dari kalimat “Nyalakan lampu seperlunya” adalah menyalakan lampu pada saat diperlukan saja.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan
1.      Perhatikan teks iklan berikut!
Kalimat fakta pada teks iklan tersebut adalah...
A.     SEGA-CELL dilengkapi kamera 2.0 Mega Pixels
B.     Manjakan diri dalam harmoni warna alam dengan CEGA-CELL
C.     SEGA-CELL diciptakan untuk mendekatkan Anda dengan ketenangan suasana
D.     SEGA-CELL membebaskan diri dari beban kesibukan sehari-hari

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Fakta merupakan pernyataan yang tak terbantah lagi kebenarannya. Kalimat yang berisi fakta merupakan kalimat yang ditulis berdasarkan kenyataan, peristiwa, suasana yang benar-benar terjadi dan bersifat objektif. Dalam teks iklan penawaran produk, kalimat fakta merupakan spesifikasi dari produk yang diiklankan tersebut. Sedangkan opini kemungkinan kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif.

2.      Cermati iklan berikut!
(1)   Belajar lebih efektif dan menyenangkan
(2)   Telah hadir VCD Pembelajaran Aktif
(3)   Harga terjangkau
(4)   Tersedia di Toko Senang Belajar 0321- 3355100
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor...
A.     (1) dan (2)
B.     (2) dan (4)
C.     (1) dan (3)
D.     (3) dan (4)

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Opini kebenarannya relatif karena dipengaruhi unsur pribadi yang bersifat subjektif. Jadi kalimat opini pada soal tersebut adalah nomor (1) dan (3).

Menyimpulkan isi paragraf

1.      Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pertumbuhan penduduk Indonesia saat ini mencapai 1,49 persen. Dengan pertumbuhan tetap saja, hal itu akan membawa konsekuensi kebutuhan beras Indonesia pada 2035 mencapai 47.84 juta ton. Untuk memenuhi kebutuhan beras itu, diperlukan penambahan 5,3 juta hektar sawah baru dari 13 juta hektar sawah yang ada sekarang. Jika tidak bisa memperluas sawah, maka perlu peningkatan produktivitas padi sehingga kebutuhan beras terpenuhi.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
A.     Pertumbuhan penduduk Indonesia mencapai 1,49 persen.
B.     Diperlukan upaya yang tepat agar kebutuhan beras terpenuhi.
C.     Peningkatan produktivitas padi di Indonesia sudah terpenuhi.
D.     Untuk peningkatan beras perlu penambahan 5,3 juta hektar sawah.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan:
Jawaban B merupakan simpulan yang tepat karena merupakan pendapat akhir dari uraian berupa informasi.
Jawaban A hanya membahas pertumbuhan penduduk Indonesia.
Jawaban C tidak sesuai dengan isi  bacaan
Jawaban D hanya membahas alternatif penambahan jumlah sawah

2.      Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Zaman sekarang anak dituntut untuk cerdas. Apalagi anak-anak sekarang dengan mudah mendapatkan dukungan teknologi. Dampaknya pun menjadi beragam baik yang bisa membangun maupun yang merusak. Namun, kecerdasan tidak harus pada bidang akademik saja. Anggapan hanya anak yang berprestasi akademik akan sukses harus segera dihilangkan.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah
A.     Anak-anak sekarang lebih cerdas karena dukungan teknologi.
B.     Kecerdasan anak-anak sangat didukung oleh berbagai faktor.
C.     Anak yang cerdas dipastikan akan sukses dalam hidupnya.
D.     Kesuksesan seseorang tidak hanya tergantung pada kecerdasan otak.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Jawaban D merupakan simpulan yang tepat karena merupakan pendapat akhir dari uraian berupa informasi.
Jawaban A hanya membahas dukungan teknologi.
Jawaban B dan C tidak sesuai dengan isi bacaan.

Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah

1.      Perhatikan bagan berikut!
















Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah … .
  1. Dewan Direksi terdiri atas Direktur Utama, Sekretaris Korporasi, Kepala SPI dan Deputi Direktur.
  2. Direktur  SDM dan Keuangan terdiri atas Deputi Direktur Keuangan Korporasi dan Deputi Direktur SDM dan Umum.
  3. Direktur Produksi dan Pengembangan dibantu oleh Deputi Direktur Produksi dan Diputi Direktur Manajemen Resiko.
  4. Dewan Komisaris membawahi langsung Deputi Direktur SDM dan Umum, Deputi Direktur Manajemen Resiko.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan    :
Jawaban B sesuai dengan isi bagan. Jawaban lain tidak sesuai dengan isi bagan.

2.      Perhatikan bagan berikut!









Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan tersebut adalah…
  1. Media massa televisi banyak digemari daripada radio.
  2. Media massa cetak yang banyak beredar di masyarakat adalah surat kabar.
  3. Radio dan televisi merupakan media massa elektronik.
D.     Untuk mencari informasi perlu adanya media massa.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Radio dan televisi merupakan media massa  elektronik. Jawaban lain tidak sesuai dengan isi bagan tersebut.

3.      Perhatikan grafik berikut!
Produksi Sayuran Nasional (Ribu Ton)
Simpulan isi grafik tersebut adalah ...
A.     Produksi sayuran nasional meningkat dari tahun ke tahun.
B.     Penurunan produksi sayuran nasional pada tahun 2010.
C.     Ekspor produksi sayuran nasional tertinggi pada tahun 2009.
D.     Ada pemicu produksi sayuran nasional mengalami penurunan.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan    :
Jawaban A merupakan jawaban yang tepat karena sesuai  dengan isi grafik. Jawaban lain tidak sesuai dengan isi grafik tersebut.


4.      Perhatikan grafik berikut!
Perkembangan Impor BBM (juta kiloliter)
Simpulan isi grafik tersebut adalah ….
A.     Perkembangan Impor BBM sejak tahun 2006 hingga sekarang mengalami naik turun.
B.     Selama lima tahun terakhir impor BBM terus mengalami penurunan.
C.     Impor BBM mengalami naik turun puncaknya terjadi pada tahun 2008.
D.     Sejak tahun 2006 hingga 2010 impor BBM mengalami fluktuasi.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Jawaban C merupakan jawaban yang tepat karena jawaban C merupakan simpulan yang tepat atas isi grafik dan lebih lengkap daripada jawaban A dan D. Jawaban B tidak sesuai dengan isi grafik.

5.      Cermati tabel berikut!
Pendapatan Negara 2009 – 2011 (dalam Miliar Rp.)
No.
Penerimaan
2009
2010
2011
1.
Pajak dalam negeri
619.922,2
743.325,9
839.540,3
2.
Pajak perdagangan Internasional
18.670,4
22.561,4
23.118,0
           
Pertanyaan berikut yang jawabannya terdapat dalam tabel tersebut adalah
A.     Siapa yang mengeluarkan penerimaan pendapatan negara?
B.     Dari mana sumber pajak dalam negeri yang terbesar di tahun 2010?
C.    Berapa pendapatan negara dari pajak dalam negeri dari tahun 2010?
D.    Mengapa nilai pajak dalam negeri dan pajak perdagangan internasional tidak sama?

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Jawaban C merupakan jawaban yang tepat karena jawaban C sesuai dengan isi tabel. Jawaban A,B,dan D tidak sesuai dengan isi tabel

6.      Perhatikan tabel berikut!
Kebutuhan, Produksi, Impor Garam Nasional  
                          
Tahun
Kebutuhan
(Juta Ton)
Produksi
(Juta Ton)
Impor
(Juta Ton)
2008
2,74
1,20
1,63
2009
2,86
1,27
1,74
2010
2,87
0,02
1,91
Pertanyaan yang sesuai dengan  isi tabel tersebut adalah ...
A.     Berapa kebutuhan garam masyarakat?
B.     Berapa ekspor garam Indonesia pada tahun 2010?
C.     Berapa daerah yang memproduksi garam pada tahun 2009?
D.     Berapa selisih kebutuhan dan produksi garam pada tahun 2008?

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Jawaban D merupakan jawaban yang tepat karena kalimat tanya pada D bisa dijawab dengan isi tabel. Kalimat tanya pada A,B, dan C tidak bisa dijawab dari isi tabel.

7.      Perhatikan denah berikut!

1











     
    
 Perjalanan yang paling efektif ke Kampus Krida Nusantara dari Gerbang TolBuah batu adalah ...
A.   Fly Over Paso Pati, Jalan Buah Batu, belok ke Jalan Soekarno Hatta (By Pass), berputar di Bunderan Cibiru, ke Jalan, masuk ke Jalan Cipadung, Gerbang Tol Buah Batu, sampai lokasi.
B.   Gerbang Tol Buah Batu, Jalan Buah Batu, belok ke Jalan Soekarno Hatta (By Pass), berputar di Bunderan Cibiru, ke Jalan Fly Over Pasopati, masuk ke Jalan Cipadung, sampai lokasi.
C.   Jalan Buah Batu, belok ke Jalan Soekarno Hatta (By Pass), berputar di Bunderan Cibiru, ke Jalan Fly Over Pasopati, masuk ke Jalan Cipadung, Gerbang Tol Buah Batu sampai lokasi.
D.   Gerbang Tol Buah Batu, Jalan Buah Batu, belok ke Jalan Soekarno Hatta (By Pass), berputar di Bunderan Cibiru, ke Gerbang Tol Cileunyi, masuk ke Jalan Manisi, sampai lokasi.

Kunci Jawaban : B
Pembahasan:
Jawaban B merupakan jawaban yang tepat karena merupakan perjalanan yang paling efektif.

8.      Perhatikan denah berikut!












Farhan Maulana tinggal di Perumahan Anggrek.  Hari Minggu dia akanmengikuti latihan gabungan PMR di PMI
Perjalanan yang ditempuh Titin Malikawati yang paling efektif adalah
A.     Jln. Melati, Jln. Anggrek, Jln. Mawar, Jln. Kamboja
B.     Jln. Anggrek, Jln. Sedap Malam, Jln. Kamboja
C.     Jln. Kenanga, Jln. Raya Flora, Jln. Tanjung
D.     Jln. Sedap Malam,  Jln. Raya Flora, Jln. Kamboja, Jln. Kenanga

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Jawaban C merupakan jawaban yang tepat karena merupakan perjalanan yang paling efektif.


            Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan dua soalberikut!

Pelangi indah warnamu
Merah kuning hijau
Gambaran keagungan pelukismu
          Pelangi penuh warna
          Hiasi alam angkasa
          Senyum penghuni dunia

1.      Tema puisi tersebut adalah ....
A.     keindahan                  C.   kehidupan
B.     kesedihan                  D.   Kesejahteraan

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Jawaban A merupakan jawaban yang tepat karena puisi di atas melukiskan keindahan pelangi, bukan kesediahan, bukan kesejahteraan, bukan kehidupan, karena kehidupan masih belum spesifik.

2.      Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ....
A.     kagum                       C.   tegang
B.     haru                          D.   Sendu

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Jawaban A merupakan jawaban yang tepat karena puisi di atas melukiskan suasana kagum atas keindahan pelangi, bukan suasana: haru, tegang, atau sendu.

      Pesan yang terdapat pada  kutipan puisi tersebut adalah ....
A.     menceritakan anak
B.     mengajak bersyukur
C.     mengajak mengamen
D.     menjelaskan seseorang

Kunci Jawaban : B
Pembahasan:
Jawaban B merupakan jawaban yang tepat karena puisi di atas mengajak kita bersyukur atas anugerah yang diberikan Tuhan.

Bacalah  puisi berikut, lalu jawablah dua soal berikut!

Ranting kering di tanah tak bertebing
Daun pucat tanpa warna
gemulai gerak
Diiringi gending angin
tak bertepi

Sawah pecah-pecah
merekah di atas tanah
Sungai menetes
satu satu tak tentu

3.      Tema puisi tersebut adalah … .
A.     kesengsaraan            C.   kepanasan
B.     kekeringan                D.   kejadian

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Tema puisi di atas yaitu kekeringan. Hal itu tergambar pada objek-objek yang menggambarkan kekeringan, yaitu ranting, daun, sawah, dan sungai.

4.      Suasana puisi tersebut adalah …
A.     pasrah                       C.   resah
B.     sunyi                         D.   penyesalan

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
Suasana pada  puisi di atas yaitu suasana resah karena kekeringan.

Bacalah puisi berikut!

                  ANDAI KUTAHU
Karya Pasha (Ungu)
Andai kutahu
Kapan tiba ajalku
Ku kan memohon
Tuhan tolong panjangkan umurku

Andai kutahu
Kapan tiba masaku
Ku kan memohon
Tuhan jangan kau ambil nyawaku

Aku takut akan semua dosa-dosaku
Aku takut dosa yang terus membayangiku
Andai kutahu
Malaikat-Mu kan menjemputku
Izinkan aku mengucap kata taubat pada-Mu
            …
           
5.  Amanat puisi tersebut  adalah …
A. sewaktu-waktu kita bisa bertaubat
B. kita harus menyesali dosa yang telah kita   perbuat
C. bertobatlah sebelum ajal menjemput
D. janganlah takut berbuat dosa karena bisa bertaubat

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Amanat puisi di atas ialah kita harus bertobat sebelum ajal menjemput.

Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/
cerita anak

Bacalah kutipan cerpen berikut lalu kerjakan tiga nomor soal berikut!

  (1)Mei Mei berteriak-teriak girang sambil melompat-lompat, “Hujan saljuuuuuuuuuuu...”
  (2)Mei Mei menangkap awan-awan kecil yang berjatuhan. Ibunya menghampiri anaknya, memeluknya. Mereka menari-nari berputar-putar di bawah hujan salju.
   (3)Aku dan Arai bersandar kelelahan. Di bawah hujan salju yang memesona. Pertikaian kami telah berakhir dengan damai.
   (4)“Arai, kita memerlukan tabungan itu.”
   (5)“Aku tak punya banyak waktu, Kal ...”
   (6)“Nanti kujelaskan. Ikuti saja rencanaku, percayalah ....”
   (7)Aku menatap mata Arai dalam-dalam. Dia memang aneh tapi aku tahu tak ada bibit culas dalam dirinya. Di luar kami lihat Tagem berjalan gontai memasuki toko. Di ambang pintu ia berteriak,”Puik Tagem!”.

1.      Latar  cerpen tersebut adalah ...
A.     di pekarangan rumah pada musim salju
B.     di dalam rumah pada musim salju
C.     di dalam rumah pada musim hujan
D.     di dalam sebuah toko pada musim salju

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Latar pada cerpen tersebut yaitu di pekarangan rumah pada musim salju. Hal itu tergambar pada  perilaku tokoh cerita yang menari-nari berputar-putar di bawah hujan salju.

2.      Bukti tokoh Mei  berwatak periang terdapat pada bagian ...
A.     (1)                             C.   (3)
B.     (2)                             D.   (4)

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Bukti tokoh Mei berwatak periang adalah perilaku tokoh Mei berteriak-teriak girang.

3.      Pengarang menggambarkan watak aku yang cepat mengambil keputusandengan cara ...
A.     pembicaraan tokoh lain
B.     perkataan tokoh sendiri
C.     percakapan tokoh-tokoh lain
D.     penggambaran langsung pengarang

Kunci Jawaban: B
Pembahasan:
Pengarang menggambarkan watak aku yang cepat mengambil keputusandengan perkataan tokoh sendiri. Hal tersebut terlihat dari dialog  tokoh aku,” Nanti kujelaskan ...”

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan tiga nomor soal berikut!

(1) “Apakah kau ingat padaku?” tanya Faiz sambil memegang pundak Lisa. (2) Lisa hanya menggelengkan kepalanya. (3) Faiz melepaskan tangannya dari pundak Lisa, ”Maafkan kalau aku membuatmu takut.”(4)Lisa pura-pura tak mendengar, ia menyibukkan diri dengan mengatur bantal-bantal agar dapat duduk di tempat tidur dengan nyaman. Ia tidak ingin Faiz tahu jika ia sudah ingat semuanya. (5) “Sekarang kau istirahat saja. Selamat malam,” ujar Faiz.

4.      Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah ....
A.     rumah sakit               C.   kamar tidur
B.     ruang tamu                D.   ruang kelas

Kunci Jawaban: C
Pembahasan:
       Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut yaitu di kamar tidur. Hal tersebut teergambar dari kalimat “...ia menyibukkan diri dengan mengatur bantal-bantal agar dapat duduk di tempat tidur.”

5.      Bukti watak tokoh Lisa pembohong pada kutipan cerpen tersebut ditandainomor ....
A.     (1); (2)                      C.   (2); (4)
B.     (1); (3)                      D.   (3); (5)

      Kunci Jawaban : C
      Pembahasan:
      Bukti watak tokoh Lisa pembohong terlihat pada nomor (2) Lisa hanya menggelengkan kepalanya, dan (4) Lisa pura-pura tak mendengar.

6.      Cara penggambaran watak tokoh Lisa dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...
A.     melalui dialog antartokoh
B.     melalui penggambaran fisiktindakan
C.     melalui penceritaan oleh pengarang
D.     melalui penceritaan oleh tokoh lain

Kunci Jawaban : B
       Pembahasan:
Pengarang menggambarkan watak tokoh Lisa dalam kutipan cerpen tersebut yaitu melalui penggambaran tindakan tokoh Lisa.





Mengidentifikasi perbedaan karaktristik
dua novel

1.      Bacalah dua kutipan novel berikut!

Novel 1
    Setelah lengkaplah sekalian, Baginda Diatas pun berangkatlah ke Deli mengantarkan menantunya itu. Sebab dia sendiri pergi, supaya dapat ia menceritakan kepada anaknya, apa sebabnya maka yang lain yang diambil mereka itu. Ya, siapakah orang yang mau mengambil orang celaka? Bukankah sudah dikatakan Datu, bahwa Mariamin itu anak yang membawa celaka? Kalau Aminuddin mendengar keadaan itu, tentu ia akan menurut kehendak orang tuanya

Novel 2
    Sejak itu, pintu kamarku sudah tertutup. Sekali waktu saja, Everdine menjengukku. Sahabatku yang karib itu tak jadi berangkat ke Perancis, karena ayahnya sakit keras. Ia membatalkan kepergian, sambil menunggu saat pendaftaran berikutnya.
    Aku iri melihat kebebasan yang ia punyai, tapi tak bisa berbuat apa-apa. Everdine adalah orang Eropa, buatku tentu bukan cerminan.

Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah …
A.     novel 1, ketidakharmonisan keluarga, novel 2, keterikatan pada adat istiadat
B.     novel 1 pertikaian keluarga, novel 2 sebuah persahabatan
C.     novel 1, kehidupan keluarga besar, novel 2, emansipasi wanita
D.     novel 1, ketidakharmonisan keluarga, novel 2, emansipasi wanita

Kunci Jawaban: D
        Pembahasan:
        Novel 1 berisi ketidakharmonisan keluarga, ketidaksukaan seseorang kepada menantunya. Novel 2 berisi emansipasi wanita yang tidak dapat dimiliki oleh tokoh aku sebagaimana dimiliki oleh tokoh Everdine.

Bacalah kedua kutipan novel berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal berikut.

Kutipan I
Bagaimana tidak begitu? Cobalah kaupikir! Aku harus duduk dengan orang, yang bukannya tiada kusukai saja, tetapi orang yang memutuskan pengharapan yang kuamalkan siang dan malam, yang menceraikan aku dengan kekasihku.

Kutipan II
Masih pusing karena gocohan tadi, gemetar ketakutan ia mencari cangkulnya. Ia nyaris tak sadar apa yang ia lakukan. Ia hanya tahu bahwa di dekatnya, di atasnya, ada sosok tuan yang mengancam. “Mana cangkulmu, kerbau? Cari lekas...!”
“Saya, Juragan...”

2.      Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah ...


Kutipan I
Kutipan II
A.
Perpisahan
Percintaan
B.
Kebencian
Penindasan
C.
Kekerasan
Percintaan
D.
Penindasan
Persahabatan


Kunci Jawaban: B
        Pembahasan:
Kutipan 1 berisi kebencian kepada seseorang yang menceraikan tokoh aku  dengan kekasihnya.
Kutipan 2 berisi ketakutan kepada sosok tuan yang mengancam dan menindasnya.
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama

Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan seksama kemudian kerjakan soal nomor 23 dan 24!
Setelah tiga hari Dian berlibur di desa kakeknya, ayahnya mengajak ke ladang. Pagi itu sekitar pukul 08.00, di rumah sederhana milik kakek Santun.

Dian     : (berdiri) Apa yang kita bawa ke ladang,
              Kek?
Kakek   : (tersenyum bangga) Wah... Wah... Cucuku
               tidak perlu ikut. Ladang kita cukup jauh dari
              sini.
Ayah    : (menegur dengan ramah) Hus! Di sini tidak
  ada lapangan golf. Kalau mau ikut, ikutlah.
  Biar cucumu ikut. Memang ia perlu
  mengenal seluk beluk perladangan. Maklum
  anak-anak sekarang, terutama yang tinggal
  di kota hampir tidak pernah melihat
  langsung keadaan ladang sawah.
Dian     : Dian pernah sekali ke Cibodas. Di sana ada
  kebun teh. Apa kakek mempunyai kebun
 teh?
Kakek   : Oh, tidak. Kita hanya mempunyai kebun
  kopi.
Dian     : (senang) Nah, itu lebih bagus, Kek. Harga
  kopi lebih mahal daripada harga teh.

Dari arah dapur nenek datang membawa cerek berisi kopi hangat dan sebuah bungkusan berisi singkong.


1. Suasana dalam kutip drama tersebut adalah....
      A. senang               C. risau
      B. tegang               D. Haru

Kunci Jawaban: A
PEMBAHASAN:
Dalam kutipan drama tersebut, Dian, Kakek, dan Ayah tempak berbincang santai dalam suasana yang menyenangkan
Kata kunci: Kakek : (tersenyum bangga) wah...
Dian : (senang) Nah, itu lebih bagus, Kek.

2. Latar pada kutipan naskah drama tersebut
     adalah....
A.     pagi hari di rumah
B.     pagi hari di ladang
C.     siang hari di kebun teh
D.     siang hari di lapangan golf

KUNCI JAWABAN: A
PEMBAHASAN:
Latar kutipan naskah drama tersebut adalah pagi hari di rumah. Kata kunci: Pagi itu sekitar pukul 08.00, di rumah sederhana milik kakek Santun.

Menulis catatan pengalaman pada buku harian

1Perhatikan ilustrasi berikut!

Jumat pagi, Pak Rino baru saja membagikan hasil ulangan harian mata pelajaran bahasa Indonesia. Nadya yang sudah belajar sungguh-sungguh mendapat nilai yang semurna. Akan tetapi, Lusi sahabatnya mendapat nilai sebaliknya. Lusi kelihatannya sangat kecewa. Melihat hal itu, Nadya berusaha menghibur dan kelihatannya berhasil.

Penulisan catatan harian Nadya sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
A.     Hari ini, aku senang sekali karena nilai ulangan bahasa Indonesiaku bagus. Lusi, sahabatku mendapat nilai buruk. Aku berusaha menghiburnya. Untungnya dia mau mendengarkanku.
B.     Aku mendapat nilai ulangan yang bagus sekali hari ini. Aku telah belajar habis-habisan malam sebelumnya. Pak Rino dan Lusi, temanku sangat bangga karenanya.
C.     Pak Rino, guru bahasa Indonesiaku sangat bangga, karena aku mendapat nilai yang sempurna. Aku sangat senang. Lusi sahabatku langsung memberi ucapan selamat dan memberi semangat kepadaku.
D.     Lusi, sahabatku, langsung marah-marah kepadaku saat aku menerima hasil ulanganku hari ini. Ia kesal karena nilainya tidak berbeda jauh dariku. Ia kurang puas dengan penilaian dari Pak Rino, guru kami.

Kunci Jawaban: A
PEMBAHASAN:
Sesuai ilustrasi: Nadya mendapat nilai bagus, Lusi mendapat nilai buruk, Nadya menghibur Lusi, dan tampaknya berhasil.
Menulis pesan singkat sesuai konteks

1Bacalah ilustrasi berikut!
Hari itu, ayahmu akan pergi ke Manado. Ketika itu seluruh anggota keluarga tidak ada di rumah. Ibu sedang di pasar, sedangkan anak-anak masih di sekolah. Ayahmu menitipkan kunci rumah kepada tetangga. Sesuai kebiasaan keluarga, jika salah satu anggota keluarga pergi dan tidak ada yang menunggu di rumah, mereka cukup menulis pesan.

Isi pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut adalah ...
A.     Ayah berangkat ke Manado, kunci rumah akan ayah titipkan.
B.     Kunci rumah ayah titip ke tetangga, jika ayah berangkat ke Manado.
C.     Ayah mau berangkat, Ibu tidak ada di rumah kunci rumah ayah titip kepada anak.
D.     Ayah ke Manado, tidak ada orang di rumah, kunci rumah ayah titipkan ke tetangga.

Kunci Jawaban: D
PEMBAHASAN:
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis isi pesan singkat adalah sebagai berikut: 1) jelas, baik nama yang dituju, isi pesan, maupun pengirim pesan; 2) singkat isinya; dan 3) diletakkan di tempat yang mudah dijangkau oleh pandangan mata penerima.
Pesan singkat yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah jawaban D karena jelas isinya.
Menulis laporan/pengumuman/resensi

1Perhatikan data buku berikut ini!
Judul buku        : Mengungkap Misteri Otak Tengah
Penulis             : dr. Arman Yurisaldi S.
Keunggulan      : Isi buku ini sangat bagus.
  Membahas tentang otak manusia
  dari sisi anatomi sampai
  membentuk generasi yang cerdas.
  Pembahasan juga sangat mudah
  dipahami ditunjang dengan gambar.
Kelemahan       : Tidak dilengkapi glosarium

Paragraf resensi yang tepat adalah....
A.     Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yurisaldi S. Dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya.
B.     Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yurisaldi S. Dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sampai cara membentuk generasi cerdas dan kreatif.
C.     Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini sangat tepat sebagaimana isi yang dikandungnya. Dimulai dari penjelasan anantomi secara menyeluruh sampai pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif. Buku karya dr. Arman Yurisaldi S. Dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus walau tidak dilengkapi dengan glosarium
D.     Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yurisaldi S. Dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang diandungnya. Akan tetapi, buku ini tidak dilengkapi glosarium.

KUNCI JAWABAN: B
PEMBAHASAN:
Resensi buku adalah ulasan mengenai sebuah buku. Resensi buku memuat isi ringkas buku secara garis besar, kelebihan, dan kelemahan buku, serta penilaian terhadap buku yang diulas.

2. Bacalah ilustrasi berikut!
Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan mengatakan, selesai Ujian Nasional siswa-siswi kelas IX akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/Sinka Island. Siswa yang berminat supaya mengisi formulir yang ada pada wali kelas masing-masing. Setelah diisi, formulir diserahkan kepada Pak Mansyur beserta biaya sebesar Rp60.000,00 paling lambat tanggal 3 April 2011.


Pengumuman yang tepat adalah ...
A.     Siswa kelas IX yang akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/Sinka Island diharap mengambil formulir pada wali kelas. Setelah diisi, formulir harap diserahkan kepada Bapak Mansyur dengan menyertakan biaya transportasi sebesar Rp60.000,00. Peyerahan formulir paling lambat tanggal 3 April 2011
B.     Siswa-siswi kelas IX yang akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk supaya segera isi formulir, daftarkan diri, dan serahkan biaya transportasi sebesar Rp60.000,00 kepada Pak Mansyur secepatnya.
C.     Kita akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/ Sinka Island. Daftarkan segera diri Anda dengan menyerahkan formulir yang telah diisi beserta biaya transportasi Rp60.000,00 kepada Pak Mansyur.
D.     Teluk Mak Jantuk/Sinka Island? Siapa takut? Ke situ kita berekreasi. Daftarkan diri Anda sekarang juga. Isi formulir, serahkan beserta biaya transportasi Rp60.000,00 kepada Bapak Mansyur.

Kunci Jawaban: A
PEMBAHASAN:
Sesuai dengan ilustrasi bahwa selesai Ujian Nasional siswa-siswi kelas IX akan berekreasi ke Teluk Mak Jantuk/Sinka Island. Siswa yang berminat supaya mengisi formulir yang ada pada wali kelas masing-masing. Setelah diisi, formulir diserahkan kepada Pak Mansyur beserta biaya sebesar Rp60.000,00 paling lambat tanggal 3 April 2011
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca

1Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Yuli, tahun ini saya bermaksud berlibur ke rumahmu di Yogyakarta. Rencana itu tanggal 27 Juni 2011. Aku akan naik kereta Senja Utama dan turun di Stasiun Tugu. Kamu mau kan menjemputku? [...]
Sebelumnya, kusampaikan terima kasih atas balasan suratmu

Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah...
A.     Kuharap kakakmu mau menjemputku.
B.     Semoga Tuhan senantiasa bersama kita.
C.     Kutunggu balasan suratmu, ya!
D.     Semoga orang tuamu sehat selalu, ya!

Kunci jawaban: C
PEMBAHASAN:
Bagian yang dirumpangkan dalam surat tersebut adalah bagian penutup surat. Pada bagian penutup biasanya juga berisi penekanan akan isi surat itu.Kutunggu balasan suratmu, Ya! Merupakan penekanan dan dipertegas lagi dengan bagian akhir yaitu Sebelumnya, kusampaikan terima kasih atas balasan suratmu.

2Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Anita yang terkasih,
            [...] Aku dan keluarga juga sehat selalu di sini. Aku selalu ingat akan masa-masa indah persahabatan kita. Kuharap surat ini sebagai penyambung komunikasi kita, ya. Kuingin kamu mau membalas suratku ini.
                                                            Yuli

Kalimat pembuka surat yang tepat adalah ...
A.     Kuharap kamu saat ini  baik-baik saja.
B.     Kumohon kamu sudah lebih besar sekarang.
C.     Kuyakin saat surat ini datang kamu masih di sekolah.
D.     Kukira kita sudah lama tidak berkirim surat, ya.

Kunci Jawaban: A
PEMBAHASAN:
Bagian pembuka surat pribadi berisi menanyakan kabar dan memberi kabar kepada si penerima surat.
Terdapat kata/kalimat yang dirujuk dengan kata sesudahnya, yaitu kuharap kamu saat ini baik-baik saja dirujuk dengan aku dan keluarga juga sehat selalu di sini.

3. Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Alumni SMP Citra Nusantara sering berkunjung di sekolah saat proses belajar mengajar berlangsung. Sebagai orang tua siswa saya sangat khawatir dengan kondisi ini. Kehadiran para alimni tersebut tentu sangat mengganggu para siswa yang sedang belajar. [...]

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah ...
A.     Pihak sekolah mohon segera mencari solusi terbaik terhadap waktu berkunjung para alumni pada jam-jam sekolah.
B.     Pihak sekolah membuat larangan para alumni yang berkunjung di sekolah pada jam-jam istirahat.
C.     Para alumni dilarang masuk halaman sekolah saat proses belajar mengajar berlangsung.
D.     Para alumni dihimbau kesadarannya tidak perlu berkunjung ke sekolah saat pelajaran.

Kunci Jawaban: A
PEMBAHASAN:
Surat pembaca memiliki isi yang bermacam-macam. Surat pembaca tersebut berisi kekhawatiran orang tua siswa atas kunjungan para alumni pada saat jam-jam sekolah.Bagian yang dirumpangkan dari surat pembaca tersebut merupakan bagian penutup, yang secara logis berisi saran. Saran agar pihak sekolah mencari solusi terbaik terhadap waktu berkunjung para alimni pada jam-jam sekolah, merupakan saran yang paling masuk akal/logis.









4.Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Orang tua/wali siswa
Kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri Pamona Selatan
Di Pamona Selatan

Dengan hormat,
Kami informasikan beberapa kegiatan sekolah selama bulan Ramadhan tahun 2011.
(1)     Tanggal 31 Juli Dzikir bersama di halaman sekolah.
(2)     Tanggal 1 s.d. 3 Agustus 2011 pesantren klat bagi siswa. Bagi siswa nonmuslim melaksanakan kegiatan sesuai agamanya.
(3)     Tanggal 15 Agustus 2011 buka bersama di sekolah.
[...]

Kalimat penutup surat untuk melengkapi bagian rumpang dalam surat dinas tersebut adalah ...
A.     Mohon Bapak/Ibu, orang tua/wali siswa memahami seluruh isi dan kegiatannya terima kasih.
B.     Demikian informasi ini kami sampaikan. Atas kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.
C.     Demikian pemberitahuan kami. Semoga orang tua murid paham isinya.
D.     Mohon menjadikan perhatian bersama-sama terima kasih.

Kunci jawaban: B
PEMBAHASAN:
Bagian penutup surat resmi disesuaikan dengan isi surat. Selain itu, hendaknya menggunakan bahasa yang efektif dan kata-kata baku. Opsi jawaban A. C. dan D tidak efektif

Text Box: Menulis rangkuman


1.      Bacalah kutipan bacaan berikut!
Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional pada namanya wajib melepaskan embel-embel tersebut. Peraturan yang mewajibkan hal itu berlaku mulai Agustus 2010.
Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien. Padahal kelangsungan hidup mereka bergantung pada rumah sakit.

Rangkuman bacaan terseut yang tepat adalah ...
A.     Kewajiban melepaskan kata internasional pada rumah sakit untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien.
B.     Sejumlah rumah sakit menggunakan kata tambahan internasional wajib melepaskan embel-embel tersebut.
C.     Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien rumah sakit berlabel internasional.
D.     Pelepasan kata internasional pada sejumlaah rumah sakit penting karena kelangsungan hidup pasien ada pada rumah sakit itu.

Kunci Jawaban : A
Pembahasan:
Rangkuman adalah penyajian bentuk singkat suatu karangan asli dengan tetap mempertahankan urutan karangan asli secara proposional (seimbang).
Inti dari paragraf pertama bacaan di atas berbicara tentang kewajiban rumah sakit melepaskan kata internasional. Sedangkan paragraf kedua berbicara tentang  tujuan pelepasan kata tambahan tersebut untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan pasien. Oleh karena itu, rangkuman bacaan tersebut adalah kewajiban melepaskan kata internasional pada rumah sakit untuk menghindari kesesatan interpretasi pasien.

2.      Bacalah kutipan bacaan berikut!
Dalam sebulan terakhir, ledakan tabung gas elpiji, terutama yang berkapasitas 3 kilogram, terjadi di mana-mana. Korban berjatuhan gara-gara insiden itu. Bebererapa hari lalu, ledakan itu muncul di Jakarta. Kali terakhir, ledakan tabung gas terjadi di Malang.
Total, sudah ada 33 kasus ledakan. Kita tidak bisa menganggap enteng lagi insiden itu. Sebab, sudah ada delapan orang yang tewas sebagai tumbal tabung berwarna hijau muda tersebut. Belum lagi, mungkin sudah ada ratusan orang yang menderita luka bakar serius gara-gara ledakan tabung gas itu. Kasus di Malang, misalnya, Ismiati beserta dua anaknya harus dibawa ke rumah sakit karena sekujur tubuhnya melepuh. Tragis.
Di sejumlah daerah, orang-orang takut terhadap tabung gas itu. Tabung tersebut sudah menjadi seperti monster. Karena trauma mendalam, ada yang memutuskan kembali menggunakan kayu bakar. Ada juga yang balik kucing menggunakan minyak tanah.

Rangkuman bacaan di atas adalah ....
A.     Ledakan tabung gas elpiji telah berulang kali menelan korban dan membuat warga di sejumlah daerah trauma
B.     Ledakan tabung gas elpiji menjadi insiden berulang kali dan menyebabkan warga ketakutan
C.     Ledakan tabung gas elpiji yang telah berulang kali membuat warga lain cemas
D.     Ledakan tabung gas elpiji menjadi insiden berulang kali yang menelan korban dan membuat warga di sejumlah daerah kembali menggunakan kayu bakar dan minyak tanah

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Rangkuman adalah penyajian bentuk singkat suatu karangan asli dengan tetap mempertahankan urutan karangan asli secara proposional (seimbang).
Inti dari paragraf pertama bacaan di atas adalah ledakan tabung gas elpiji terjadi di mana-mana. Sedangkan paragraf kedua berisi tentang  jumlah korban yang cukup banyak. Paragraf ketiga berisi tentang ketakutan untuk menggunakan tabung gas elpiji. Rangkuman bacaan tersebut adalah ledakan tabung gas elpiji menjadi insiden berulang kali yang menelan korban dan membuat warga di sejumlah daerah kembali menggunakan kayu bakar dan minyak tanah.

Text Box: Menulis teks berita sesuai konteks


Berita adalah laporan mengenai peristiwa atau kejadian tertentu. Berita dapat dijumpai di berbagai media cetak maupun elektronik. Sebuah berita bersifat aktual, baru dan menarik. Struktur sebuah berita yang baik menyangkut enam unsur pokok, yaitu pertanyaan  apa, siapa, kapan, di mana, mengapa dan bagaimana (5 W + 1 H) yang terangkum dalam kepala berita, badan dan ekor berita.

1.      Perhatikan ilustrasi berikut!
Tanggal 31 Juli 2011 warga kota Semarang menyemarakkan acara Dugderan pukul 06.00. Acara  pawai budaya anak TK sampai SMP di pusatkan di Simpang Lima. Pukul 13.00 pawai kendaraan hias dari Balai Kota ke Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung Jawa Tengah. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini mengawali bulan Ramadhan.

Paragraf berita yang tepat untuk ilustrasi tersebut adaalah ...
A.   Semarang, 31 Juli 2011 Dugderan dilaksanakan mulai pukul 06.00. Acara itu untuk mengawali bulan Ramadhan tahun ini dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini diisi dengan pawai budaya menuju Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung, Jawa Tengah.
B.   Acara budaya Dugderan di Semarang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2011. Kegiatan yang mengawali bulan Ramadhan tahun ini dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Dugderan tahun ini diisi dengan pawai budaya.
C.  Semarang (3/7) Walikota Semarang memimpin langsung acara budaya Dugderan. Kegiatan budaya ini diisi dengan pawai budaya siswa TK hingga masyarakat umum. Kegiatan dimualai pukul 06.00 dan secara resmi dibuka pukul 13.00.
D.  Semarang (31/7), Dugderan mengawali bulan Ramadhan dilaksanakan mulai pukul 06.00, dengan acara pawai budaya siswa TK, SD, dan SMP yang dipusatkan di Simpang Lima. Kegiatan inti dilaksanakan pukul 13.00 yang dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini diisi dengan pawai kendaraan hias dari Balai Kota ke Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung, Jawa Tengah.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Teks berita berisi tentang fakta-fakta yang objektif. Teks berita disusun dengan struktur segitiga terbalik. Maksudnya, dimulai dari hal-hal yang paling penting untuk diketahui pembaca. Oleh karena itu, teks berita yang baik adalah teks berita yang memenuhi unsur 5 W + H dengan mendahulukan unsur yang menjawab pertanyaan apa. Dengan demikian, teks berita yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah sebagai berikut.
Semarang (31/7), Dugderan mengawali bulan Ramadhan dilaksanakan mulai pukul 06.00, dengan acara pawai budaya siswa TK, SD, dan SMP yang dipusatkan di Simpang Lima. Kegiatan inti dilaksanakan pukul 13.00 yang dipimpin langsung oleh Walikota Semarang. Kegiatan ini diisi dengan pawai kendaraan hias dari Balai Kota ke Masjid Kauman dan berakhir di Masjid Agung, Jawa Tengah.

2.      Perhatikan gambar berikut!











Teks berita sesuai gambar tersebut adalah …
A.     Telah terjadi kebakaran hebat di sebuah ruko. Api berasal dari ruko di lantai dasar. Orang-orang sibuk memadamkan api. Mobil pemadam datang 30 menit kemudian. Lima ruko di lantai dasar sudah habis terbakar.
B.     Sebuah kapal penyeberangan terbakar di pelabuhan. Petugas pelabuhan dan masyarakat bekerja bahu-membahu memadamkannya. Asap pekat dari buritan kapal tersebut menyulitkan proses pemadaman.
C.     Sebuah truk yang akan menaiki kapal penyeberangan terbakar. Kejadian tersebut diakibatkan kelalaian supir. Tutup bensin truk tersebut terbuka. Bensin berceceran dan kebetulan supir membuang puntung rokok.
D.     Asap tebal membumbung ke angkasa. Masyarakat mulai berkerumun. Mereka memperbincangkan apa yang terjadi. Ada yang mengira bakaran sampah. Ada juga yang berpendapat lain.

Kunci Jawaban: A
Pembahasan:
Menyusun teks berita dengan ilustrasi gambar, hal utama yang harus diperhatikan adalah peristiwanya atau kejadiannya apa. Sesuai dengan ilustrasi gambar tersebut, hal yang penting diketahui oleh pembaca adalah ada peristiwa kebakaran. Supaya pembaca tertarik untuk membaca, maka berita tersebut biasanya dengan menggunakan ungkapan yang provokatif. Dengan demikian, teks berita yang tepat sesuai dengan ilustrasi gambar tersebut adalah sebagai berikut.
Telah terjadi kebakaran hebat di sebuah ruko. Api berasal dari ruko di lantai dasar. Orang-orang sibuk memadamkan api. Mobil pemadam datang 30 menit kemudian. Lima ruko di lantai dasar sudah habis terbakar.

Text Box: Menulis slogan sesuai konteks



1.      Perhatikan ilustrasi berikut!
Untuk membudayakan gemar membaca, sekolah mengadakan lombah membuat sinopsis buku fiksi dan membuat rangkuman buku nonfiksi. Agar memacu motivasi peserta, panitia membuat slogan.

Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
A.   Membaca untuk mengisi waktu
B.   Membaca itu sangat penting
C.   Pengetahuan diperoleh dari membaca
D.   Sinopsis dilombakan membaca dibudayakan

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan, organisasi, golongan, daerah, partai politik, kegiatan dan lain-lain.
Slogan untuk memotivasi agar peserta mengikuti lomba menulis sinopsis atau rangkuman adalah sinopsis dilombakan membaca dibudayakan.Kalimat tersebut disamping menarik dan menggugah emosi pembaca, juga sesuai dengan tujuan kegiatan tersebut yaitu membudayakan gemar membaca.


2.      Perhatikan ilustrasi berikut!
Untuk meningkatkan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan, OSIS SMPNegeri 3 Kundur Utara mengadakan lomba kebersihan kelas.

Slogan yang tepat untuk kegiatan tersebut adalah ....
  1. Jika semuanya bersih, hati ini bersih.
  2. Ikuti lomba kesehatan sekolah kita.
  3. Hijau lingkunganku, hijau sekolahku.
  4. Lingkungan bersih, nyaman di hati.

Jawaban: D
Pembahasan:
Slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan, organisasi, golongan, daerah, partai politik, kegiatan dan lain-lain.
Slogan merupakan perkataan atau kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat. Di samping sesuai dengan tujuan dan ilustrasi, agar slogan dapat menarik, pembuat slogan dapat menggunakan perulangan bunyi vokal. Sehingga, slogan yang tepat untuk ilustrasi di atas adalah lingkungan bersih, nyaman di hati.

Text Box: Menulis Petunjuk Melakukan Sesuatu



1.      Perhatikan petunjuk membuat mainan terjun payung berikut!
1)     Gabungkan ujung benang, kemudian kaitkan batu atau boneka!
2)     Ikatkan benang sepanjang 30 cm ke semua lubang pada plastik!
3)     Buatkan lingkaran pada plastik sampul buku!
4)     Lemparkan ke udara, tampaklah orang terjun!
5)     Gunting plastik sesuai pola, kemudian beri lima luang untuk benang pada pinggirnya!
   
   Urutan yang tepat adalah....
A.     (3), (2), (5), (4), (1)
B.     (3), (1), (4), (2), (5)
C.     (3), (5), (2), (1), (4)
D.     (3), (2), (5), (1), (4)

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
Petunjuk melakukan sesuatu merupakan wacana yang berisi penjelasan suatu proses pembuatan sesuatu atau penggunaan sesuatu.  Wacana ini termasuk berjenis wacana eksposisi. Dalam wacana eksposisi proses menggunakan pilihan kata yang konkret (dengan ukuran, arah, batas yang jelas) dan struktur kalimat perintah..
Urutan petunjuk melakukan atau menggunakan sesuatu harus jelas, logis, dan mudah diikuti. Kalimat petunjuk melakukan sesuatu atau menggunakan sesuatu biasanya menggunakan kalimat perintah.
Menyusun petunjuk dengan sistematis harus memperhatikan dan memperkirakan kalimat-kalimat sebelumnya. Karena antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya harus berhubungan. Agar menjadi susunan yang padu, urutan petunjuk membuat mainan terjun payung yang benar adalah (3), (5), (2), (1), (4),

2.      Perhatikan petunjuk membuat sate ayam berikut!
(1)   Iris-iris daging ayam sesuai selera 
(2)   Tusuki 4-5 potong daging dengan tusukan (sate)
(3)    …
(4)   Lalu bakar  sate  sampai setengah matang
(5)   Lumuri bumbu sekali lagi sate tersebut
(6)   
(7)   Sate ditata dan diberi bumbu kecap/kacang di atasnya

Petunjuk yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah ...
A.     (3) Lumuri bumbu sate sebelum dibakar.
(6) Bakar seluruh bagian sate sampai merata.
B.     (3) Taburi sate dengan bumbu sebelum dibakar.
(6) Kemudian bakar sampai seluruhnya terbakar.
C.    (3) Lumuri sate dengan bumbu sebelum dibakar.
(6) Setelah itu bakar kembali sampai seluruh bagian matang.
D.    (3) Masukkan bumbu sampai meresap ke dalam sate.
(6) Masukkan kembali ke dalam bara sampai merata.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan:
       Petunjuk melakukan sesuatu merupakan wacana yang berisi penjelasan suatu proses pembuatan sesuatu atau penggunaan sesuatu.  Wacana ini termasuk berjenis wacana eksposisi. Dalam wacana eksposisi proses menggunakan pilihan kata yang konkret (dengan ukuran, arah, batas yang jelas) dan struktur kalimat perintah..
       Menyusun petunjuk dengan sistematis harus memperhatikan dan memperkirakan kalimat-kalimat sebelumnya. Karena antara kalimat yang satu dengan kalimat lainnya harus berhubungan. Untuk melengkapi petunjukmembuat sate ayam yang dirumpangkan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah dengan memasukkan kalimat (3) lumuri sate dengan bumbu sebelum dibakar dan (6) setelah itu bakar kembali sampai seluruh bagian matang.
Text Box: Menulis Teks Pidato



1.      Perhatikan ilustrasi berikut!

      Menjelang Ujian Nasional untuk siswa kelas IX, kepala sekolah memberikan sambutan. Dalam pidato sambutan tersebut, kepala sekolah menyampaikan selamat menempuh ujian dan berdoa untuk kemudahan menjawab soal-soal bagi murid-muridnya.

Bagian penutup pidato sambutan Kepala Sekolah yang tepat adalah ...
A.     Mari kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Pemurah karena kita bertemu dalam acara pembekalan pengarahan menjelang ujian nasional ini.
B.     Kegiatan ujian nasional memang rutin kita lakukan setiap tahun. Namun, mengingat selalu ada hal-hal yang baru berkaitan dengan ujian nasional, makanya kalian diberi pengarahan.
C.     Kegiatan pembekalan pengarahan menjelang ujian nasional untuk kelas IX ini bertujuan untuk mempersiapkan kalian semua menghadapi ujian nasional.
D.     Demikian yang dapat saya sampaikan, sekali lagi selamat menempuh ujian nasional dan semoga diberi kemudahan mengerjakan soal dan suskes untuk kalian.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
      Pidato adalah bentuk penyajian lisan yang disampaikan dalam suatu acara, hal, atau peristiwa tertentu. Dalam menyusun teks pidato ada tiga bagian yang harus diperhatikan yaitu bagian pendahuluan, isi dan penutup.
Bagian penutup pidato biasanya berupa kesimpulan dan harapan. Ungkapan yang menunjukkan kesimpulan biasanya menggunakan kata-kata demikianlah, mengakhiri, inilah dan sebagainya. Ungkapan yang menunjukkan harapan dan doa biasanya menggunakan kata-kata semoga, harapan kami, dengan harapan dan sebagainya. Dengan demikian, bagian penutup pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah demikian yang dapat saya sampaikan, sekali lagi selamat menempuh ujian nasional dan semoga diberi kemudahan mengerjakan soal dan suskes untuk kalian.

2.      Perhatikan ilustrasi berikut!

      Tim sepak bola SMP Nusantara menjadi juara I dalam kejuaraan sepak bola antarpelajar se-Kabupaten Jombang. Tim diterima kepala sekolah pada upacara bendera hari Senin.

Paragraf pembuka pidato kepala sekolah sesuai dengan kegiatan tersebut adalah ...
A.     Hari ini kita akan kedatangan saudara-saudara kita yang telah berjuang. Perjuangan mereka harus kita hargai. Kita sambut mereka dengan rasa suka cita.
B.     Perjuangan mereka tak akan ada apa-apa tanpa doa kita semua. Saya mengajak seluruh peserta upacara untuk mendoakan mereka. Semoga mereka sukses.
C.     Perjuangan yang tanpa mengenal lelah pasti akan berhasil. Buah perjuangan mereka kini sudah diraih. Hal ini hendaknya dijadikan contoh untuk kita semua.
D.     Peserta upacara, marilah kita bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita. Di hadapan kita telah hadir para pahlawan pengharum nama sekolah ini. Mereka berhasil menjadi yang terhebat dalam kejuaraan futsal. Mari kita sambut mereka.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan:
Pidato adalah bentuk penyajian lisan yang disampaikan dalam suatu acara, hal, atau peristiwa tertentu. Dalam menyusun teks pidato ada tiga bagian yang harus diperhatikan yaitu bagian pendahuluan, isi dan penutup.
Bagian pembuka pidato biasanya berupa ungkapan ajakan untuk bersyukur kepada Tuhan dan ungkapan terima kasih.  Ungkapan yang menunjukkan bersyukur biasanya menggunakan kata-kata marilah kita bersyukur, alhamdulillah, dan sebagainya. Ungkapan terima kasih biasanya disampaaikan pada semua yang telah berjasa. Dengan demikian, bagian pembuka pidato yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah marilah kita bersyukur atas nikmat yang diberikan kepada kita. Di hadapan kita telah hadir para pahlawan pengharum nama sekolah ini. Mereka berhasil menjadi yang terhebat dalam kejuaraan sepak bola. Mari kita sambut mereka.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka

1.      Tema: Meningkatkan prestasi belajar
Rumusan masalah yang tepat sesuai tema tersebut adalah...
  1. Siapa sajakah yang prestasi belajarnya meningkat?
  2. Kapan kita dapat meningkatkan prestasi belajar?
  3. Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar?
  4. Apakah dengan belajar dapat meningkatkan prestasi?

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN:
Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah yang dikemukakan dalam karya ilmiah merupakan rangkaian pertanyaan yang diuraikan dari tema. Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas.
Kata kunci  : kata tanya yang digunakan adalah kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban yang panjang dan mendetail. (bagaimana, mengapa, dll.)

2.      Perhatikan simpulan karya ilmiah berikut!
Hasil penelitian membuktikan bahwa penderita flu burung meningkat. Hal itu disebabkan masyarakat kurang menjaga kebersihan kandang ayam, bebek, angsa, atau burung mereka.

Saran yang tepat berdasarkan simpulan tersebut adalah… .
A.   Sebaiknya  masyarakat ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.
B.   Pemerintah dan masyarakat harus sepakat untuk menjaga kebersihan
C.   Sebaiknya kandang unggas dibersihkan setiap saat.
D.   Seharusnya pemerintah turut peduli terhadap kesehatan masyarakat

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN:
Saran dalam sebuah karya ilmiah hendaknya sejalan dengan simpulan karya ilmiah. Saran dapat disampaikan dalam bentuk kalimat anjuran atau kalimat perintah larangan.
Dalam simpulan tertulis masyarakat kurang menjaga kebersihan kandang...,maka saran yang tepat Sebaiknya  masyarakat ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.

3.     Identitas buku
      Judul Buku      : Cerita Pendek Indonesia Mutakhir
      Penulis            : Pamusuk Eneste
      Penerbit          : Gramedia
      Tahun Terbit    : 1983
      Kota Terbit      : Jakarta

     Penulisan daftar pustaka yang tepat terhadap data buku tersebut adalah …
A.     Pamusuk, Eneste. 1983. Jakarta: Gramedia. Cerita Pendek Indonesia Mutakhir.
B.     Eneste, Pamusuk. Cerita Pendek Indonesia Mutakhir. Gramedia. Jakarta: 1983.
C.     Eneste, Pamusuk. 1983. Cerita Pendek Indonesia Mutakhir. 1983. Gramedia: Jakarta.
D.     Eneste, Pamusuk. 1983. Cerita Pendek Indonesia Mutakhir. Jakarta: Gramedia.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN      :
Daftar pustaka adalah daftar buku yang digunakan sebagai rujukan dalam menulis buku atau karya ilmiah yang terdapat di bagian akhir dan disusun secara alfabetis (menurut urutan abjad). Daftar pustaka disusun dengan urutan (1) nama pengarang diakhiri tanda titik (.), bila nama pengarang lebih dari satu kata, penulisannya kata yang terakhir lebih dulu diberi tanda koma, misalnya, Pamusuk Eneste maka ditulis Eneste, Pamusuk; (2) tahun terbit diakhiri tanda titik (.); (3) Judul buku diakhiri tanda titik (.), dan dicetak miring. (4) Nama kota penerbit diakhiri tanda titik dua (:), (5) nama penerbit diakhiri tanda titik (.)
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

1.      Cermati kalimat berikut!
Banyak anak-anak senang karena layang-layang mereka bisa naik ke atas.
Perbaikan kalimat tersebut sehingga menjadi kalimat efektif adalah...
A.     Banyak anak-anak senang, layang-layang mereka bisa naik ke atas.
B.     Anak-anak senang karena layang-layang mereka bisa naik.
C.     Anak-anak senang karena layang-layang bisa naik ke atas.
D.     Banyak anak-anak senang karena layang-layang mereka bisa ke atas.

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Kalimat efektif adalah kalimat yang dadat mengungkapkan gagasan pemakainya secara tepat dan dapat dipahami secara tepat. Ciri kalimat efektif adalah (1) menyatakan gagasan yang logis; (2) bermakna tungal / tidak ambigu; (3) menggunakan kata yang konseptual, lugas, dan baku; (4) gramatikal (mengikuti kalimat bahasa Indonesia); (5) dinyatakan dengan bentuk kata yang benar; (6) tidak menggunakan kata-kata yang mubazir; (7) ditulis dengan kaidah tata tulis yang benar.
Kalimat pada soal tersebut menggunakan kata-kata yang mubazir, Banyak anak-anak dan naik ke atas. Yang tepat Banyak anak atau Anak-anak dannaik.

2.      Cermati kalimat berikut!
Pada hari senin yang lalu gubernur jawa timur berkata, “ dalam memperingati sumpah pemuda bangsa indonesia harus meningkatkan rasa persatuan,”
Perbaikan pemakaian huruf kapital pada kalimat tersebut yang tepat adalah ...
A.     Pada hari senin yang lalu Gubernur Jawa Timur berkata, “ Dalam memperingati sumpah pemuda Bangsa Indonesia harus meningkatkan rasa persatuan,”
B.     Pada hari Senin yang lalu Gubernur Jawa Timur berkata, “ Dalam memperingati Sumpah Pemuda bangsa Indonesia harus meningkatkan rasa persatuan,”
C.     Pada hari Senin yang lalu gubernur Jawa Timur berkata, “ Dalam memperingati Sumpah Pemuda Bangsa Indonesia harus meningkatkan rasa persatuan,”
D.     Pada hari senin yang lalu Gubernur Jawa Timur berkata, “ dalam memperingati sumpah pemuda Bangsa Indonesia harus meningkatkan rasa persatuan,”

KUNCI JAWABAN : B
PEMBAHASAN :
Pemakaian huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama (1) kata pada awal kalimat; (2) unsur-unsur nama orang; (3) petikan langsung; (4) nama geografi; (5) nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang, nama instansi, atau nama tempat; (6) nama Tuhan, termasuk kata ganti untuk Tuhan dan kitab suci; (7) nama bangsa, suku, dan bahasa; (8) huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah; (9) nama gelar kehormatan, keturunan, dan keagamaan yang diikuti nama orang; (10) nama negara, lembaga pemerintahan dan ketatanegaraan, serta nama dokumen resmi; (11) semua kata di dalam nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan kecuali kata di, ke, dari, dan, yang, untuk yang tidak terletak pada posisi awal; (12) unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan; (13) penunjuk hubungan kekerabatan yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan; (14) kata ganti Anda.
Kata Kunci : Pada ( awal kalimat); Senin (nama hari); Gubernur Jawa Timur ( nama jabatan diikuti nama tempat); Dalam (petikan langsung); Indonesia ( nama bangsa); Sumpah Pemuda (peristiwa sejarah)

3.      Cermati kalimat berikut!
Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga kursi meja dan lemari
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah...
A.     Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga kursi, meja dan lemari.
B.     Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga; kursi, meja dan lemari.
C.     Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga: kursi, meja, dan lemari.
D.     Kita sekarang memerlukan perabot rumah tangga, kursi, meja, dan lemari.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Tanda titik dua (:) digunakan pada akhir suatu pernyataan lengkap jika diikuti rangkaian atau pemerian.  Tanda koma (,) digunakan diantara unsur-unsur dalam suatu pemerian. Tanda titik (.) digunakan pada akhir kalimat yang bukan pernyataan atau seruan.
           
4.      Pelatih sepak bola Benni Dolo dipercayakan sebagai pelatih PSSI. Dalam waktu dekat, seleksi pemain dilakukan dan selama uji coba yang sedianyadilaksanakan di berbagai kota di Indonesia, Benni Dolo menetapkan strategi 442.
Perbaikan kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A.     sepanjang, rencananya
B.     rencana, akan
C.     seleksi, rencana
D.     seleksi, telah

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Pilihan kata itu harus dikaitkan dengan makna yang kita maksud. Bentuk kata yang sama, misalnya, dapat bermakna lain kalau kita kemukakan dalam konteks yang berbeda.

Melengkapi pantun

1.      Perhatikan pantun berikut!
Buah cempedak buah durian
      Pergi ke pekan naik sepeda
      […] (1)
      […] (2)

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah …
A.     (1)  Jangan ragu berbuat baik
(2)   Senyum saja sudah ibadah
B.     (1)  Pikir dulu sebelum bertindak
(2)   Menyesal kemudian tiada guna
C.    (1)  Supaya tidak sesal kemudian
            (2) Diperlukan selalu sikap waspada
D.    (1)  Mari kita jalin silaturahmi
(2) Untuk menambah sanak saudara

KUNCI JAWABAN   : C
PEMBAHASAN :
Menulis pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan ilustrasi. Melengkapi isi pantun rumpang, cermati  rima pantun.
Kata kunci    : durian (kemudian); sepeda (waspada)


2.      Perhatikan  pantun berikut!
Perhatikan pantun berikut!
(1) Jalan-jalan ke pasar Jombang
(2) …
(3) Jika ingin selalu disayang
(4) …

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah:
A.   (2) Jangan lupa membawa payung
      (4) Rajinlah mengaji dan sembahyang
B.   (2) Membeli kain barang sehelai
      (4) Salat mengaji janganlah lalai
C.   (2) Jangan lupa bawa keranjang
      (4) Bawakan ibu buah-buahan
D.   (2) Membeli baju dan sepatu
      (4) Sayangilah ibu dan ayah

KUNCI JAWABAN   : B
PEMBAHASAN :
Menulis pantun harus mencermati ciri pantun. Pantun berima abab, larik 1-2 sampiran, larik 3-4 isi. Jumlah suku kata terdiri atas 8 – 12 suku kata. Menulis pantun sesuaikan dengan ilustrasi. Melengkapi isi pantun rumpang, cermati  rima pantun.
Kata kunci    sehelai (lalai)

Melengkapi puisi

1.      Cermati puisi berikut!
Denting jam tengah malam
 […]
 Tuk bersujud
 Kuagungkan Asma-Mu
 Mohon ampunan-Mu

     Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut  adalah ....
A.  Bangunkan diriku
B.  Terdengar nyaring
C.  Kusebut nama-Mu
D.  Tepat pukul tiga

KUNCI JAWABAN: A
PEMBAHASAN     :
Melengkapi puisi dengan larik bermajas, cari larik yang mengandung majas dan sesuaikan dengan makna larik sebelum dan sesudahnya. Jenis majas diantaranya adalah majas personifikasi yaitu majas perbandingan yang melekatkan sifat-sifat manusia ke benda selain manusia. Majas metafora adalah membandingkan dua hal yang mempunyai persamaan sifat, misalnya, sampah masyarakat, bunga bangsa. Majas hiperbola adalah pengungkapan yang berlebih-lebihan atau dibesar-besarkan, misalnya, cita-citanya setinggi langit.
Kata kunci : denting jam tengah malabangunkan diriku (majas personifikasi)

2.      Cermati puisi berikut!
Mentari mulai terbit
Ucapkan salam selamat pagi
Senandung burung
Bernyanyi riang
Terbang […]

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah....
A.     di rumput hijau             C. jalan setapak
B.     pinggir sawah             D. di angkasa raya

KUNCI JAWABAN: D
PEMBAHASAN:
Melengkapi puisi dengan pilihan kata, cari kata yang memiliki hubungan makna dengan larik-larik sebelum dan atau sesudahnya.
Kata kunci : terbang…(di angkasa raya)

Melengkapi naskah drama


1.      Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Rina     : Apa-apaan sih? Kok posterku disobek? (menahan marah)
Aji        :  […]
Rina     :  Maaf..maaf enak saja!
Aji        : (dengan amat menyesal)
Iya deh, aku ganti postermu. Tapi kamu mau maafin aku kan?
Rina     : Ya. Lain kali kamu jangan ceroboh.
Aji        : (dengan tersenyum) Oke, Bos!    

Dialog  yang tepat untuk melengkapi bagian  rumpang  kutipan drama tersebut adalah...
A.   Maafin aku Rina. Aku tidak sengaja.
B.   Maafin aku Aji. Aku tidak sengaja.
C.  Begitu saja kok kamu marah, Rin.
D.  Baiklah aku akan beli yang baru.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN                 :
Dialog drama yang rumpang, lengkapi dialog isinya sesuaikan dengan ilustrasi. Cermati  hubungan makna yang logis kalimat sebelum dan sesudah dialog yang dirumpangkan. Cermati tokoh / pelaku dalam drama untuk melengkapi dialog rumpang tersebut.
Kata kunci : tokoh yang bicara Aji (Maafin aku Rina); …maaf-maaf enak saja!


2.      Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
(1)   Hasan   : “Hadi apakah kau tahu, apa yang dikatakannya tentang dirimu bila tidak ada di hadapanmu?”
(2)   Hadi     : (...)
(3)   Hasan   : (tertawa) ”Ha...ha...ha...dengarkanlah Hadi” (menepuk punggung Hadi) ”Katanya, Si Hadi itu persis kerbau, Badannya besar, kuat tegap, tetapi bodoh...ha...ha....”
(4)   Hadi     : (matanya melotot) ”Kurang ajar! Benarkah ia berkata seperti itu, Hasan?”
(5)   Hasan  : ”Ya, Benar”
(6)   Hadi     : (kemarahannya memuncak, mukanya merah padam)

Petunjuk lakuan nomor (2) yang tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah...
A.     Berlari meninggalkan Hasan
B.     Menuju ke luar kelas tidak menghiraukan Hasan
C.     Menggeleng kepala dan menatap wajah Hasan
D.     Memelototi wajah Hasan dengan marah

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Petunjuk lakuan dalam teks drama artinya petunjuk berakting bagi pelaku drama. Petunjuk lakuan ini disebut juga teks samping, ditulis dalam tanda kurung.Menentukan lakuan hendaknya disesuaikan dengan dialog. Pada dialog (1) Hasan bertanya kepada Hadi, maka lakuan yang tepat yang dilakukan Hadi (2) adalah menggelengkan kepala dan menatap wajah Hasan.
Soal dan Pembahasan UN B. Indonesia Kelas 9 SMP TA 2015/2016 4.5 5 han doko Thursday, March 10, 2016 SOAL SESUAI DENGAN KISI-KISI UJIAN NASIONAL DAN PEMBAHASANNYA Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks 1.        Bacalah p...


No comments:

Post a Comment