Soal UTS 2 Biologi Kelas 9 SMP Semester 2 TA 2015-2016

 on Thursday, February 25, 2016  

Soal UTS 2 Biologi Kelas 9 SMP Semester 2 TA 2015-2016



1.  Perhatikan daftar tumbuhan berikut ini !
1. Jambu                                2. Padi                                              3.Kelapa
4.  Nangka                             5. Alang-alang                                   6.  Sawo
        Tumbuhan yang memiliki bentuk tulang daun menyirip  adalah....
A.   1,2 dan 3                                      C. 1,2 dan 6
B.   1,4 dan 6                                      D. 2,3 dan 5

2.  Perhatikan daftar hewan berikut ini!
1. Kadal                   4. Udang
2. Burung                5. Lumba-lumba
3. Ular                      6. kura-kura
       Hewan yang termasuk kelompok reptil adalah nomor ?
A.   1,3 dan 6                                           C. 1,3 dan 5
B.   1,3 dan 4                                           D. 1,2 dan 3

3.  Perhatikan ciri beberapa organ berikut !
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzjhKPWweJx8-sR1O63iUYBQLZe1rQY_oF9UzB1t2kYG7D4EkSnak7w5ykfprD5-PGBn9TXU9mHIcHgKUZFYLjQfau7sCzOvPfGeWe6rfyNES2SH7ol7rsXlu6_0W3I_FYdbh1BIPjYb_Y/s400/ciri+dikotil.png


Ciri-ciri organ yang miliki oleh tumbuhan dikotil adalah …..
A.   1, 3 dan 4                                                            C. 1, 4 dan 6
B.   2, 3 dan 4                                                            D. 2, 3 dan 5




4.  Perhatikan gambar berikut!
Kelompok hewan yang memiliki
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtkaRw9RfF1mAQ8JGyTTiGLSzZLvFmfPvyuuHfI37q9fMdu_CA61V8mJILek54ejASnFylvkxEBV_PMOEi0rRZiH74u_YKZIv4ucBz4HR7ss7a3EdqE25ZwKVyfe07wZNubB05H6mTKTqT/s640/klasifik3.png

kekerabatan paling dekat adalah  …..
A.  1 dan 2
B.  2 dan 3
C. 3 dan 5
D. 4 dan 3

5.  Berikut ini adalah nama ilmiah dari beberapa jenis tumbuhan: Gnetum gnemon,  Durio zibethinus dan Zea mays. Kata-kata yang menunjukkan nama marga dari tumbuhan tersebut adalah ....
A.  Gnetum, Durio dan Zea                              C. Gnemon, zibethinus dan mays
B.  Durio, zibethinus dan mays                        D. Gnetum, zibethinus dan mays

6.  Perhatikan gambar berikut ini !
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhI2WJrLLi2l5pE0eIElLjsiUQ6qI4stL2VfxVGK-H7XM0dx2R1WjnVcOjxWsKHnqP9w220hZzjgXv92n5Y4G0-mxc-Ovf30E4HdUXl22w2GwF9AsDO8v6JhtMVKU-g0_w-3MVbUDSO6etq/s640/klasifikai2.png



Kelompok hewan yang kekerabatannya paling dekat adalah ....
A.   1 dan 2                                        C.  4 dan 3
B.  dan 4                                         D. 1, 2,dan 4


7.  Urutan tingkatan takson dari yang tinggi sampai yang rendah adalah...
A.  bangsa-divisi-suku-marga-jenis - kelas
B.  marga-divisi-suku-marga- jenis – kelas
C. marga-kelas-suku-bangsa-divisi – divisi
D. divisi-kelas-bangsa- suku – marga – jenis

8.  Amphibia adalah salah satu contohhewan bertulang belakang yang hidup di dua alam. Berikut yang bukan ciri Amphibi adalah ....

A. kulit halus
B.   kulit bersisik
C.   kaki belakang berselaput
D.   alat pernapasan insang saat masih berbentuk kecebong



9.  Berikut ini nama ilmiah dari beberapa makhluk hidup.
(1) Panthera leo                                                (3) Cavia cobaya
(2) Canis familiaris                               (4) Panthera tigris
Kekerabatan yang paling dekat di antara makhluk hidup tersebut adalah ….
A. 1 dan 2                                                                       C. 1 dan 4
B. 2 dan 3                                                                       D. 2 dan 4


10.      Perhatikan ciri-ciri berikut!
1.       Jumlah stomata banyak
2.       Memiliki daun yang lebar
3.       habitat dilingkungan dengan kandungan air di udara tinggi
Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri seperti ditunjukkan di atas adalah....
A.     Tropofit                                                    C. Xerofit
B.     Hidrofit                                                    D. Higrofit

11.      


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKlCUP4OiN-YvXjuh-BMVT-zlC92fefB5Rlw39xqCdyaHIin2GY_VcoBuciUFHBkqgzL6OGM6xbfM4ivJctEUwCPmgBFwtsh0Z1wHkkiw9HVj1gRmgE3DDw7rrVoeGjwm2DfGEVuE4d1od/s400/klas.png



Kelompok hewan yang bernapas dengan menggunakan paru-paru adalah ….
A.     1 dan 2                                                                C.  2 dan 3
B.     3 dan 4                                                                D.   4 dan 2

12. Perhatikan jaringan tumbuhan berikut!
1.    Jaringan palisade                      4.  Jaringan floem   
2.    Jaringan spons              5. Jaringan epidermis
3.    Jaringan xilem
Jaringan penyusun sistem pengangkut pada tumbuhan adalah….
A.   1 dan 2                             C. 3 dan 4
B.   2 dan 3                             D. 4 dan 5



Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHQGAEcGe6sjmxOJviVaDCpC0axMegcO61eo5txPzjSjT-AWtrVKDYuHxrR2lUheVH0aIIE5CUeKisxCt90tZMnn8besBmzDIXdvHtUgbIlBlCfmetm4orOvvxqgoULbXac4shYVVAmQDN/s1600/floem.png13. Perhatikan gambar penampang melintang  batang dikotil !
Fungsi bagian yang di tunjuk  oleh  huruf  X  adalah mengangkut….
A.   karbondioksida  ke seluruh organ  daun
B.   air dan mineral dari tanah ke daun  tumbuhan
C.   hasil fotosintesis dari seluruh tubuh tumbuhan
D.   oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan

14. Bagian daun yang berfungsi sebagai tempat  pertukaran gas adalah ....
A.   lentisel                                         C.  floem
B.   xylem                                            D.stomata

15. Perhatikan gambar penampang melintang akar berikut ini!
Bagian yang berfungsi untuk perluasan
penyerapan air adalah ........
A.   1                                        C .  2



B.   3                                        D.  4


80 Soalnya DISINI
Soal UTS 2 Biologi Kelas 9 SMP Semester 2 TA 2015-2016 4.5 5 Hand Thursday, February 25, 2016 Soal UTS 2 Biologi Kelas 9 SMP Semester 2 TA 2015-2016 1.    Perhatikan daftar tumbuhan berikut ini ! 1. Jambu                   ...


No comments:

Post a Comment