Pengertian dan Contoh PROSA

 on Tuesday, July 15, 2014  


A. Pengertian Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme (rhythm) yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin “prosa” yang artinya “terus terang“. Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.prosa juga dibagi dalam dua bagian, yaitu prosa lama dan prosa baru.

Prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi    
           budaya barat.

·       Prosa lama mempunyai bentuk-bentuk sebagai berikut :
-        Hikayat, bentuk sastra lama yang berisi cerita kehidupan para dewa, peri, pangeran atau putri kerajaan, serta raja-raja yang mempunyai kehidupan luar biasa dan gaib.
-        Sejarah atau tiambo, salah satu bentuk prosa lama yang isi ceritanya diambil dari suatu peristiwa sejarah yang pernah terjadi.
-        Dongeng. bentuk sastra lama yang bercerita tentang sesuatu kejadian yang luar biasa dan penuh khavalan, tentang dewa-dewa, peri-peri, putri-putri cantik, dan sebagainya. Fungsi dongeng haruslah sebagai penghibur. Oleh karena itu, dongeng disebut juga cerita pelipur lara.
Prosa Baru (Modern) merupakan pancaran dari masyarakat baru. Karya-karya prosa yang dihasilkan oleh masyarakat baru Indonesia mulai fleksibel dan bersifat universal, ditulis dan dilukiskan secara lincah serta bisa dinikmati oleh lingkup masyarakat yang lebih luas
 
·       Bentuk-bentuk prosa baru, antara lain sebagai berikut :
-        Roman berisi cerita tentang kehidupan manusia yang dilukiskan seeara terperinci atau detail. Berdasarkan isinya, roman dapat dibagi menjadi roman sejarah, roman sosial, roman jiwa, roman tendens.
-        Cerpen singkatan dari Cerita pendek; adalah karangan pendek yang berbentuk naratif. Cerpen mengisahkan sepenggal kehidupan manusia yang penuh pertikaian, mengharukan atau menyenangkan, dan mengandung kesan yang tidak mudah dilupakan.
-        Novel, karangan imajinatif yang mengisahkan sisi utuh atas probematika kehidupan manusia atau beberapa orang tokoh.
-        Otobiografi, berisi kisah cerita tentang pribadi si pengarang sendiri, mengenai pengalaman hidupnya sejak kecil hingga dia dewasa.
-        Biografi, berisi suatu kisah atau cerita tentang pengalaman hidup seseorang dari kecil hingga dewasa atau bahkan sampai meninggal dunia yang ditulis oleh orang lain.
-        Essay, karangan yang berupa kupasan tentang suatu hasil karya sastra, kesenian, atau bidang kebudayaan yang dilakukan oleh seorang ahli di bidangnya.
-        Kritik: kupasan tentang satu karya sastra, kesenian, serta bidang kebudayaan yang ditulis oleh seorang ahli dengan menekankan pada fakta yang objektif.

Prosa biasanya dibagi menjadi empat jenis:
* prosa naratif,
* prosa deskriptif,
* prosa eksposisi,
* dan prosa argumentatif.

Adapun unsur-unsur instrik dalam prosa :
-        Tema adalah tentang apa prosa tersebut berbicara
-        Amanat atau pesan yaitu nasehat yang hendak disampaikan kepada pembaca
-        Plot atau alur adalah rangkaian peristiwa yang membentuk cerita
-        Perwatakan atau karakteristik atau penokohan adalah cara-cara pengarang menggambarkan watak pelaku
-        Sudut pandang adalah cara pengarang menempatkan diri. Sudut pandang orang pertama adalah pengarang sebagai pelaku dan sudut pandang orang ketiga adalah pengarang tidak menjadi pelaku
-        Latar atau seting adalah gambaran atau keterangan mengenai tempat, waktu, situasi atau suasana berlangsungnya peristiwa
-        Gaya bahasa adalah corak pemakaian bahasa


Contoh bentuk dari Prosa :
1.      Perafrasakan kutipan puisi berikut ini ke dalam bentuk prosa

LINGKUNGAN SEKITARKU

Lingkungan ku ...............
Saat kau tercemar
Aku lupa membersihkannya
Saat kau kotor
Aku tidak membersihkannya
         
          Lingkungan ku ............
          Kau menjadi berpolusi karena manusia
          Kau menjadi kotor karena kami
          Semua ulah itu kesalahan kami
Lingkungan hidupku ..............
Maafkanlah perbuatan kami
Maafkan pula kelalaian kami
Mulai saat ini
Kami pasti akan menjagamu

Perubahan ke dalam bentuk Prosa :
         Pandangan mataku ke arah tempat aku berada tak seperti dulu pemandangan yang asri dan indah lagi, sepanjang perjalanan banyak ku temukan sampah yang tidak ada pada tempatnya meskipun ada pada tempatnya terlihat kumuh dan kotor terutama di jalan raya dan sungai padahal daerah yang sering ditemui banyak orang dan digunakan untuk beraktivitas setiap hari, tetapi tidak ada satupun yang sadar akan lingkungan yang telah tercemar. Kini aku tersadar untuk bertindak mungkin kemarin aku lupa membersihkan dan merawat lingkungan ku sendiri.

          Kenapa baru sekarang aku sadar untuk peduli terhadap lingkungan? Padahal lingkungan tercemar karena ulah siapa? jika bukan manusia yang tak pernah tahu setiap waktu manusia perlahan – lahan menghancurkan lingkungannya sendiri seperti asap kendaraan, limbah pabrik menjadi polusi dan terjadi secara terus menerus mencemari lingkungan. Manusia telah membuat kesalahan untuk kehidupannya sendiri. Namun masih ada kesempatan bagi kita sebagai manusia makhluk sosial terhadap alam. Karena kehidupan berlangsung secara alamiah, memulai untuk memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat.
Pengertian dan Contoh PROSA 4.5 5 han doko Tuesday, July 15, 2014 A. Pengertian Prosa Prosa  adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme ( rhythm ) yang dimilikinya ...


No comments:

Post a Comment