Soal UKK Penjas Orkes Kurikulum 2013 Kelas VII SMP TA 2013/2014

 on Thursday, June 19, 2014  


Soal UKK Penjasorkes (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP
1. Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut . . . .
a. kebugaran jasmani c. daya tahan tubuh
b. ketahanan tubuh d. kekuatan tubuh

2. Latihan kebugaran jasmani berguna untuk meningkatkan . . . .
a. daya tahan tubuh
b. kelentukan persendian
c. kekuatan otot
d. daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, kelincahan.

3. Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh . . . .
a. tingkat kesehatan seseorang
b. kemampuan dalam melakukan aktivitas
c. derajat kebugaran jasmani
d. volume daya tahan yang tinggi

4. Seseorang yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang baik akan terhindar dari kemungkinan . . .
a. ketegangan otot c. pingsan akibat olahraga
b. cidera olahraga d. gangguan kesehatan

5. Untuk meningkatkan kekuatan, kelentukan dan daya tahan, seseorang harus berlatih selama . . . .
a. 4–6 minggu c. 6–8 minggu
b. 5–7 minggu d. 8–10 minggu

6. Kemampuan otot melakukan suatu ketahanan akibat suatu beban dinamakan . . . .
a. kekuatan c. kelenturan
b. daya tahan d. kelincahan

7. Kemampuan untuk melakukan perpindahan tempat dari satu tempat ke tempat yang lainnya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dinamakan . . . .
a. daya tahan c. kelenturan
b. kecepatan d. kelincahan

8. Kemampuan otot-otot untuk melakukan tugas gerak yang membebani otot dalam waktu yang cukup lama dinamakan . . . .
a. kecepatan c. daya tahan otot
b. kelenturan d. kelincahan

9. Kemampuan seseorang melakukan kerja dalam waktu yang relatif lama dinamakan . . . .
a. kecepatan c. daya tahan otot
b. kelenturan d. daya tahan paru-paru/kardiovaskuler

10. Kemampuan seseorang untuk menggerakkan anggota badan pada luas gerak tertentu pada suatu persendian dinamakan . . . .
a. kecepatan c. daya tahan otot
b. kelenturan d. kelincahan

11. Renang gaya dada dipopulerkan pada tahun 1875 oleh . . . .
a. Metthew Webb c. David Wilkie
b. Teofilo Lidefonco d. Richad Cavil

12. Renang gaya dada diajarkan di sekolah-sekolah sehingga gaya ini sering disebut gaya . . . .
a. backstroke c. batterfly
b. schooslag d. dollpin

13. Yang tidak termasuk gerakan renang gaya dada berikut ini adalah . . . .
a. kicking c. foot rotation
b. breathing d. hand rotation

14. Gaya renang yang hampir sama dengan gerakan kaki katak adalah . . . .
a. gaya bebas c. gaya punggung
b. gaya kupu-kupu d. gaya dada

15. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh seorang perenang untuk dapat berenang dengan cepat adalah . . .
a. mengurangi atau memperkecil hambatan
b. memperkecil daya dorongnya
c. menambah kekuatan kontinuitas
d. memperbanyak kibasan lengan

16. Nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk pria adalah . . .
a. 50 m dan 100 m c. 200 m dan 300 m
b. 100 m dan 200 m d. 400 m dan 800 m

17. Nomor renang gaya dada yang diperlombakan untuk wanita adalah . . . .
a. 100 m dan 200 m c. 300 m dan 400 m
b. 200 m dan 400 m d. 400 m dan 800 m

18. Posisi badan renang gaya dada adalah . . . .
a. sehorizontal mungkin dengan air
b. kepala masuk ke air kira-kira 70%
c. posisi badan lebih tinggi dari kaki
d. seluruh anggota badan sejajar

19. Yang tidak termasuk teknik gerakan renang gaya dada adalah . . . .
a. gerakan mengapung c. koordinasi gerakan
b. gerakan kaki d. pengambilan nafas

20. Posisi kaki renang renang gaya dada adalah . . . .
a. berdiri tegak c. kedua kaki dirapatka
b. kedua kaki dibuka lebar d. kedua lutut ditekuk

21. Pertolongan sementara yang diberikan kepada seseorang yang menderita sakit atau kecelakaan sebelum mendapat pertolongan dari dokter merupakan . . . .
a. hakekat P3K c. prinsip P3K
b. tujuan P3K d. sifat P3K

22. Memberikan perasaan ketenangan kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah, dan mengurangi bahaya yang lebih besar merupakan . . . .
a. tujuan pertolongan pertama c. manfaat pertolongan pertama
b. sifat pertolongan pertama d. fungsi pertolongan pertama

23. Pertolongan pertama pada kecelakaan untuk menolong jiwa seseorang sebelum mendapat penanganan lebih lanjut dari dokter merupakan . . . .
a. sifat pertolongan pertama c. tujuan pertolongan pertama
b. manfaat pertolongan pertama d, fungsi pertolongan pertama

24. Yang tidak termasuk tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama berikut ini adalah . . . .
a. hentikan pendarahan c. cegah dan atasi shock
b. cegah infeksi d. pergi ke dokter bila korban telah sadar

25. Salah satu prinsip atau sikap ketika melakukan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan adalah . . . .
a. berikan pertolongan menunggu dokter
b. cepat-cepat memindahkan korban
c. melihatkan luka kepada korban
d. bersikap tenang dan tidak panik

26. Alat yang dipergunakan untuk membalut luka yang sudah ditutup kasa steril adalah . . . .
a. kasa steril c. perban
b. pembalut segitiga d. plester

27. Pembalut yang biasanya digunakan untuk korban yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang lengan, luka di kepala atau cedera pada sendi lutut adalah . . . .
a. kasa steril c. perban
b. pembalut segitiga d. plester

28. Jenis obat untuk luka bakar adalah . . . .
a. salep minyak ikan c. minyak angin
b. balsem d. minyak kayu putih

29. Obat yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi adalah . . . .
a. betadin c. balsem
b. salep minyak ikan d. mentega

30. Gangguan keadaan umum yang disebabkan karena pembuluh darah kurang terisi sehingga pengaliran darah terganggu merupakan keadaan . . . .
a. pingsan c. mati suri
b. shock d. pendarahan

31. Suatu keadaan sangat gawat antara pingsan dan mati, di mana pernapasan dan peredaran darah sudah tidak mencukupi lagi merupakan keadaan . . . .
a. pingsan c. mati suri
b. shock d. pendarahan

32. Yang tidak termasuk tanda-tanda patah tulang berikut ini adalah . . . .
a. terasa sakit pada tempat patah tulang
b. tempat patah tulang membengkak
c. pemendekan pada tempat patah tulang
d. dapat digerakkan dengan bebas

33. Suatu tindakan yang dilakukan untuk menolong jiwa seseorang dengan jalan menimbulkan pernapasan yang spontan dan teratur disebut . . . .
a. pernapasan spontan c. pernapasan tidak teratur
b. pernapasan terhenti d. pernapasan buatan

34. Memberikan pernapasan buatan di mana korban dibaringkan telungkup, pipi rapat di atas lantai/tanah merupakan cara . . . .
a. Sylvester c. Mouth to Mouth
b. Schaffer d. Holger Nielson

35. Cara memberikan pernapasan buatan yang paling banyak digunakan dan merupakan cara yang cepat merupakan cara . . . .
a. Sylvester c. Mouth to Mouth
b. Schaffer d. Holger Nielson

36. Hidup tanpa gangguan masalah yang bersifat fisik maupun nonfisik dinamakan . . . .
a. hidup sehat c. hidup sejahtera
b. hidup damai d. hidup serba berkecukupan

37. Syarat utama seseorang dapat menikmati kebahagiaan dalam hidup ini adalah saat orang memiliki kesehatan secara . . . .
a. jasmani dan kesehatan c. jasmani dan rohani
b. rohani dan kesehatan d. kemewahan dan berkecukupan

38. Suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi kesehatan disebut . . . . .
a. makna pola hidup sehat c. tujuan pola hidup sehat
d. hakikat pola hidup sehat d. fungsi pola hidup sehat

39. Faktor-faktor tertentu yang mempengaruhi pola hidup sehat adalah . . . .
a. makanan dan istirahat teratur c. istirahat teratur dan rekreasi
b. rekreasi dan olahraga d. makanan dan olahraga

40. Pola hidup sehat menyangkut aturan untuk mencapai kesehatan . . . .
a. alamiah dan rohaniah c. kemewahan dan berkecukupan
b. jasmani dan kesehatan d. jasmani dan rohani

41. Pola untuk meraih kesehatan jasmani yang pertama adalah . . . .
a. rekreasi secara rutin c. mengatur pola makan
b. istirahat yang teratur d. olahraga yang teratur

42. Di bawah ini adalah manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan pola hidup sehat, kecuali . . . .
a. tidur dengan nyenyak c. merasa damai, nyaman dan tentram
b. belajar dengan baik d. memiliki harta yang berkecukupan

43. Di bawah ini adalah cara penerapan pola hidup sehat, kecuali . . . .
a. berolahraga dengan teratur
b. perbanyak mengkonsumsi buah-buahan
c. mengkonsumsi makanan bergizi dan mahal
d. hindari minuman beralkohol

44. Tanda-tanda umum gangguan kesehatan adalah . . . . .
a. lekas lelah c. nafsu makan meningkat
b. bersemangat d. banyak melakukan aktivitas

45. Di bawah ini adalah penyakit yang diakibatkan oleh pola hidup tidak sehat, kecuali . . . .
a. diabetes mellitus c. serangan jantung
b. mati suri d. stroke

46. Penyakit yang sangat darurat (emergency) untuk ditangani dan jika terlambat maka sangat mungkin penderita segera menemui kematian adalah penyakit . . . .
a. diabetes mellitus c. serangan jantung
b. maag d. stroke

47. Upaya pendidikan dan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, sadar, berencana, terarah, dan bertanggung jawab dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan dan membimbing untuk menghayati, menyenangi dan melaksanakan prinsip hidup sehat dalam kehidupan peserta didik sehari-hari disebut . . . .
a. usaha kesehatan masyarakat c. usaha kegiatan siswa
b. usaha kesehatan sekolah d. kegiatan pembiasaan di sekolah

48. Meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta derajat kesehatan peserta didik maupun warga belajar dan menciptakan lingkungan yang sehat merupakan . . . .
a. tujuan usaha kesehatan sekolah c. fungsi usaha kesehatan sekolah
b. makna usaha kesehatan sekolah d. sifat usaha kegiatan sekolah

49. Tiga program pokok (Trias) Usaha Kesehatan Sekolah adalah . . . .
a. pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pengembangan sekolah sehat
b. pendidikan kesehatan, pendayagunaan kesehatan, pembinaan sekolah sehat
c. pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan sekolah sehat
d. pendayagunaan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan sekolah sehat

50. Usaha Kesehatan Sekolah adalah wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik sedini mungkin, merupakan perpaduan dua upaya dasar yaitu . . . .
a. upaya pencegahan dan pendidikan c. usaha rehabilitasi dan kesehatan
b. upaya pendidikan dan rehabilitasi d. upaya pendidikan dan kesehatan
Soal UKK Penjas Orkes Kurikulum 2013 Kelas VII SMP TA 2013/2014 4.5 5 han doko Thursday, June 19, 2014 Soal UKK Penjasorkes (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) Kurikulum 2013 Kelas VII SMP 1. Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian t...


No comments:

Post a Comment