1.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi dan bagian suatu paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan gagasan utama paragraf
tersebut
Soal :
Bacalah paragraf berikut!
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi
Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.
Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan
dilindungi tersebut. Survei menggunakan metode sampling di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton
Utara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. tujuan
survei satwa endemik Sulawesi
B. survei
satwa endemik Sulawesi
C. metode
survei satwa endemik
D. tempat
survei satwa endemik
Kunci : B
Pembahasan :
Gagasan utama
atau gagasan pokok merupakan pernyataan umum yang terdapat pada kalimat utama.
Kalimat tersebut bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci:
Di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua
satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo.(menyurvei dua satwa Sulawesi). Kata yang merujuknya: Aktivitas itu
.... (kalimat kedua); Survei menggunakan
…. (kalimat ketiga)
2.
Indikator
SKL : Menentukan
persamaan isi berita
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan berita, siswa dapat menentukan persamaan isi
berita tersebut
Soal :
Bacalah kutipan berita berikut
kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks
berita I
Sekitar 7.000 hektar hutan mangrove hancur di
kawasan Laguna Segara Anakan, Kabupaten Cilacap, Jawa tengah. Kasus itu
terjadi sejak tahun 1984 sehingga menghancurkan berbagai biota laut dan
tempat pemijahan puluhan jenis ikan. Bahkan, kondisi tersebut ikut mengancam
ekosistem perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
|
Teks berita II
Warga pendatang dari Ciamis, Jawa Barat, membabati
mangrove. Bahkan mereka menggarap tanah timbul menjadi areal pertanian.
Penebangan liar juga dilakukan guna memanfaatkan kayu mangrove sebagai
material bahan bangunan. Hal itu menyebabkan hutan mangrove semakin terancam kepunahan.
|
Kesamaan
informasi teks berita tersebut adalah ….
A. upaya
penyelamatan hutan mangrove
B. pemanfaatan
biota di hutan mangrove
C. terancam
punahnya hutan mangrove
D. penanaman
kembali hutan mangrove
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah
keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi
beberapa berita, kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita
tersebut.
Kata-kata yang
dirujuk:
Teks I: Kondisi tersebut ikut mengancam ekosistem
perairan selatan Jawa dan kepunahan hutan mangrove.
Teks II: Hal itu menyebabkan hutan mangrove semakin terancam kepunahan.
3.
Indikator
SKL : Menentukan
perbedaan penyajian berita
Indikator
Soal : menentukan
perbedaan penyajian berita tersebut
Soal :
Perbedaan penyajian kedua kutipan berita tersebut
adalah …
A. Teks
berita I diawali dengan apa,
sedangkan berita II diawali dengan di
mana
B. Teks
berita I diawali dengan apa,
sedangkan berita II diawali dengan siapa
C.
Teks berita I diawali dengan kapan, sedangkan berita II diawali
dengan siapa
D. Teks
berita I diawali dengan kapan,
sedangkan berita II diawali dengan apa
Kunci : B
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W
+ 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when
(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa
penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam
penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan
kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I:
Peristiwa apa? Sekitar 7.000 hutan
mangrove hancur
Teks berita II: Siapa yang terlibat dalam peristiwa
tersebut? Warga pendatang dari Ciamis
4.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan
keistimewaan tokoh
Soal :
Bacalah paragraf berikut dengan saksama kemudian
kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Riana Helmi dalam usianya yang belum genap 18 tahun,
tepatnya 17 tahun 11 bulan, dianggap dokter termuda di Indonesia. Remaja
kelahiran Banda Aceh itu diwisuda sebagai dokter
dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Riana menyelesaikan kuliah
dalam waktu tiga tahun enam bulan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sangat
memuaskan, yaitu 3,67 dan dengan waktu kuliah tercepat dibandingkan mahasiswa kedokteran di mana pun. Meskipun
begitu, ia tetap gadis yang rendah hati, ramah, dan tidak sombong dengan
prestasi yang diraihnya.
Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi biografi tersebut adalah ….
A. Lulus
dokter sebelum usia 18 tahun
B. Menjadi
mahasiswa kedokteran di UGM
C. Remaja
Banda Aceh kuliah di kedokteran
D. Remaja
kelahiran Banda Aceh diwisuda
Kunci : A
Pembahasan :
Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan tidak semua orang memilikinya.
Dalam hal ini, Riana Helmi lulus menjadi
dokter sebelum usia 18 tahun.
5.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan sifat tokoh yang
dapat diteladani
Soal :
Sifat yang baik untuk
diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A.
tinggi hati dan
ramah
B.
rendah hati dan
ramah
C.
sombong dan rendah
hati
D.
tinggi hati dan
sombong
Kunci : B
Pembahasan :
Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku
baik yang layak ditiru.
Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B)
yang merupakan teladan dan patut dicontoh.
6.
Indikator
SKL : Menentukan
kalimat fakta/opini dalam iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menentukan kalimat fakta/opini
Soal :
Perhatikan iklan berikut!
1)
Bahasa Inggris itu MUDAH dan MURAH
2)
Hanya 500 ribu sampai bisa
3)
Tersedia tiga level
4)
Untuk semua level, gratis pengulangan
5)
Lokasi di Jalan Pantai Indah Tanjung
Pinang
Kalimat opini pada iklan tersebut ditandai nomor ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 4
C. 3 dan 4
D. 3 dan 5
Kunci : A
Pembahasan :
Pendapat=opini adalah pikiran
atau anggapan seseorang terhadap sesuatu. Orang yang satu dengan yang lain
dapat berbeda pendapat bergantung pada pandangan, pendirian, atau penilaiannya.
Data pendukung kata mudah dan murah pada kalimat Bahasa
Inggris itu MUDAH dan MURAH dan kata hanya
pada kalimat Hanya 500 ribu sampai bisa.
7.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi teks biografi/iklan
Indikator Soal : Disajikan sebuah iklan siswa dapat menentukan maksud salah satu
kalimat dalam iklan tersebut.
Soal :
Hati-hati berkendaraan. Patuhi aturan
nyaman di jalan. Kesadaran kita keselamatan semua. Begitulah harapan warga kota.
Maksud kalimat
kedua pada iklan tersebut adalah …
A. Seharusnya
kita sadar akan aturan lalu lintas sehingga harapan warga terpenuhi.
B. Kalau
kita menaati aturan lalu lintas, akan selamatlah warga kota.
C. Seharusnya
semua orang menaati aturan lalu lintas agar selamat.
D. Kalau
kita mematuhi aturan lalu lintas, di jalan akan nyaman.
Kunci : D
Pembahasan :
Penjelasan teks iklan tersebut dapat diketahui
dengan memahami makna kalimat tersebut. Makna kalimat kedua
tersebut adalah D.
8.
Indikator
SKL : Menyimpulkan
isi paragraf
Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan isi paragraf tersebut
Soal :
Sepeda memiliki
magnet bagi banyak orang. Bukan hanya anak-anak yang menggemari sepeda, para
remaja, orang dewasa usia produktif hingga orang-orang yang sudah beranjak tua
senang bersepeda. Bahkan, kini sepeda sudah menjadi bagian dari gaya hidup
masyarakat perkotaan.
Simpulan isi
paragraf tersebut adalah …
A. Sepeda
dapat dijumpai di mana pun.
B. Sepeda
sebagai alat transportasi modern.
C. Sepeda
bermanfaat bagi kesehatan masyarakat
D. Sepeda
digemari oleh berbagai lapisan masyarakat.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan
merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat,
alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.
Bukti data:
Sepeda memiliki magnet bagi banyak orang. (kalimat pertama); …
anak-anak ..,
para remaja, orang dewasa …
orang-orang yang beranjak tua senang bersepeda (kalimat kedua); sepeda menjadi gaya
hidup masyarakat perkotaan (kalimat
ketiga)
9.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah grafik, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi
grafik tersebut.
Soal :
Cermati grafik
pertumbuhan ekonomi dan pengangguran di Indonesia berikut!

Penjelasan yang tepat berdasarkan grafik tersebut adalah
...
A. Angka
pengangguran paling banyak terjadi pada tahun 2004
B. Tingkat
pertumbuhan ekonomi pada tahun 2003 dan 2005 sebanding,
C. Tahun
1997 pertumbuhan ekonomi dan jumlah pengangguran seimbang.
D. Pertumbuhan
ekonomi sebanding dengan angka pengangguran tahun 1999.
Kunci : B
Pembahasan :
Menurut grafik batang tersebut, pada tahun 2003
tingkat pertumbuhan ekonomi sebanding dengan
2005.
10.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah tabel, siswa dapat menentukan simpulan isi tabel tersebut
Soal :
Perhatikan tabel berikut!
Jumlah buku di Perpustakaan Gemar
No.
|
Jenis
|
Judul
|
Eksemplar
|
1
|
Cerita anak-anak
|
42
|
134
|
2
|
Novel remaja
|
38
|
80
|
3
|
Roman
|
19
|
42
|
4
|
Dongeng
|
64
|
70
|
Jumlah
|
163
|
326
|
Simpulan isi tabel tersebut adalah …
A. Buku
cerita anak-anak terbanyak judulnya.
B. Novel
remaja setiap judul berjumlah 80 buku.
C. Jumlah
terbanyak adalah buku cerita anak-anak.
D. Jumlah jenis
semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya.
Kunci : D
Pembahasan :
Simpulan yang sesuai dengan keadaan tabel tersebut
bahwa jumlah jenis semua buku lebih banyak daripada jumlah judulnya. Pilihan A
dan C hanya mengemukakan sebagian dari tabel tersebut (buku cerita anak),
sedangkan pilihan D bersifat penafsiran yang belum tentu kebenarannya.
11.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah bagan, siswa dapat menentukan pernyataan sesuai isi bagan
tersebut
Soal :
|
Perhatikan bagan berikut!

Pernyataan yang sesuai dengan isi bagan
tersebut adalah …
A. Kedudukan wakil ketua sejajar dengan bendahara.
B. Seksi acara bertanggung jawab kepada sekretaris.
C. Sekretaris dan bendahara memiliki kedudukan yang sama.
D. Jika dibandingkan ketua, kedudukan wakil ketua lebih tinggi.
Kunci : C
Pembahasan :
Menurut bagan tersebut kedudukan sekretaris sama
dengan bendahara.
12.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
isi grafik, tabel, bagan, denah
Indikator Soal : Disajikan sebuah denah, siswa dapat menentukan perjalanan yang
paling efektif
Soal :




U
↑
Perjalanan
yang paling efektif menuju stadion olahraga dari sekolah adalah dari …
A. Jalan
Mars ke barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.
B. Jalan
Mars ke selatan menuju kantor pos lalu ke ke barat ke Jalan Merkurius.
C. Sekolah ke Jalan Mars,
ke barat ke Jalan Bumi lalu ke utara ke Jalan Merkurius.
D. Jalan
Matahari melewati rumah sakit di Jalan Venus lalu ke barat ke Jalan Merkurius.
Kunci : A
Pembahasan :
Rute paling
efektif adalah rute terdekat berdasarkan denah dengan melalui Jalan Mars ke
barat ke Jalan Matahari lalu ke selatan ke Jalan Merkurius.
13.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan sebuah puisi, siswa dapat :
- menentukan
tema puisi tersebut.
Soal :
Bacalah puisi berikut kemudian jawablah soal nomor
13 dan 14!
Gempa Bumi
Bumi bergoyang tanah bergetar
Rumah-rumah roboh
Orang-orang berlarian
Gempa
bumi
Bila
datang harus waspada
Bila
ada harus siaga
Larilah
keluar rumah
Gempa
bumi
Tak
dapat dihindari
Berdoalah
kepada Tuhan
Agar engkau dilindungi
Tema kutipan
puisi tersebut adalah ….
A. korban
bencana alam
B. lokasi
bencana alam
C. waspada
gempa bumi
D. pertanda
datang bencana
Kunci : C
Pembahasan :
Data pendukung:
bila datang harus waspada; bila ada harus siaga; larilah keluar
14.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : menentukan larik
bermajas pada puisi tersebut
Soal :
Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat
pada larik ….
A. pertama
bait pertama
B. kedua
bait pertama
C. keempat
bait kedua
D. ketiga
bait ketiga
Kunci : A
Pembahasan :
Data pendukung: bumi
bergoyang tanah bergetar. Larik
ini menggunakan majas personifikasi.
15.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik puisi
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan puisi siswa dapat menentukan perbedaan
pesan kedua puisi tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Puisi 1
|
Puisi 2
|
Terima
kasih Tuhan
untuk
burung yang berkicauan di pohon
memuji
kebesaran-Mu
untuk
bunga yang merekah
dan untuk embun yang bersinar di atasnya untuk
matahari yang cerah
udara
yang sejuk
untuk
semua karunia-Mu
terlalu
indah bagi umat-Mu
Terima
kasih Tuhan untuk kehidupan ini
|
Jangankan
biarkan limbah mengalir
ke
sungaiku yang jernih
ke
pantaiku yang tenang
ke lautku
yang riang
di sana
ada dermaga dan angin
tempat
nelayan menggenggam harapan
tempat
camar sebelum pulang
jangan biarkan limbah merusak semuanya
|
Perbedaan pesan
kedua puisi tersebut adalah ….
|
Puisi
1
|
Puisi
2
|
A
|
Mari,
kita tingkatkan kepedulian!
|
Ajakan
bersyukur kepada Tuhan YME
|
B
|
Ajakan
bersyukur kepada Tuhan YME
|
Harapan
menjaga kelestarian lingkungan
|
C
|
Harapan
menjaga kelestarian alam
|
Mari,
kita tingkatkan kepedulian kepada sesama!
|
D
|
Jangan
menyia-nyiakan kesempatan!
|
Isi
waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat!
|
Kunci : B
Pembahasan :
Data pendukung: dicantumkannya alasan mengapa kita
harus bersyukur kepada Tuhan dan jangan biarkan limbah merusak semuanya.
16.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan cerpen, siswa dapat:
·
menentukan latar (waktu,
tempat, suasana) cerpen tersebut.
Soal :
(1)“Aku
tak ingin kehilangan sahabat, Airin. Banyak yang menghentikan surat mereka,
ketika tahu aku lumpuh.”
(2)“Mana
mungkin aku begitu...!” Mata Airin terasa panas oleh gumpalan air yang mendesak
keluar. Ia terharu melihat keadaan Dayu, sementara semangatnya tetap berkobar
walaupun dengan kondisi seperti itu. “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku
akan tambah sayang padamu setelah bertemu.”
(3)“Sudahlah,”
Dayu memegang tangan Airin. “Kenalkan, ini Pamanku.”
(4)Airin
mendorong kursi Dayu, berjalan di atas pasir putih yang lembut. Matahari hampir
mencelupkan tubuh emasnya ke laut yang tampak kecoklatan karena langit mulai
redup. Rambut Airin yang cepak tak bisa berkibar-kibar seperti rambut Dayu.
Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. di
tengah laut
B. di
pantai
C. di
rumah Dayu
D. di
jalan
Kunci : B
Pembahasan :
Latar dalam cerita tersebut adalah di pantai. Hal
ini didukung oleh bagian (4) cerita tersebut, yaitu … berjalan di atas pasir putih ... Matahari hampir mencelupkan tubuh
emasnya ke laut …
17.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : bukti perwatakan tokoh
cerpen tersebut
Soal :
Bukti tokoh Airin penyayang terdapat pada bagian ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
Kunci : B
Pembahasan :
Bukti bahwa Airin memiliki watak penyayang adalah
pada pernyataan “Mana mungkin aku
begitu...!” … “Aku tetap sahabatmu, Dayu. Bahkan aku akan tambah sayang padamu
setelah bertemu.”
18.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam cerpen tersebut
Soal :
Pengarang menggambarkan watak tokoh dengan cara ….
A. Percakapan
tokoh lain
B. Ucapan
tokoh itu sendiri
C. Langsung
oleh pengarang
D. Reaksi
tokoh terhadap masalah
Kunci : B
Pembahasan :
Penggambaran watak tokoh diberikan melalui ucapan
langsung dan sikap tokoh. (Seperti yang ditunjukkan pada bagian (2) dalam
cerita tersebut).
19.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita
pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan amanat
kutipan cerita tersebut.
Soal :
Cermatilah kutipan cerita anak berikut!
“Apa?! Pengemis? Tak ada
sedekah yang kuberikan .... Usir dia! ” teriak
Nyi Endit. Tapi ternyata yang dimaksud dengan pengemis itu telah
berada di dalam ruangan itu. “Nyi Endit, kau memang benar-benar manusia
kejam!” kata pengemis tua itu. “Mau apa kau pengemis busuk!
Pergi kau dari tempatku ini!” dengan gusar Nyi Endit membentak.
Namun pengemis itu tetap
diam tak beranjak dari tempatnya. Kemudian ia berkata, “Tak mau memberikan
sedekah pada manusia melarat macam aku? Hm ... sungguh terkutuk hidupmu Nyi
Endit! Kau tega berpesta pora di tengah-tengah rakyat kelaparan dan sekarat
karena darahnya setiap hari kau hisap. Betul-betul kau lintah darat terlaknat!”
Amanat cerita
tersebut adalah …
A. Berusahalah
untuk saling memahami keadaan orang lain.
B. Berikanlah
sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
C. Janganlah
menjadi orang yang hanya pandai meminta sesuatu.
D. Berbuat
baiklah kepada orang lain meskipun orang itu
menyakiti kita.
Kunci : B
Pembahasan :
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan penulis
melalui ceritanya. Dalam kutipan cerpen tersebut, pengarang menyampaikan pesan
secara implisit melalui percakapan tokoh agar orang
yang mampu mau memberikan sedekah kepada orang yang layak menerimanya.
20.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak
Indikator Soal : Disajikan kutipan cerita anak, siswa dapat menentukan konflik
kutipan cerita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan cerita berikut!
Tapi juga siang
itu, Luki tidak datang.Cemas betul hati Budi dan Iwan. Semula Budi sudah siap
hendak melontarkan caci makinya begitu Luki melompat masuk. Akan disikatnya
habis-habisan sahabatnya itu karena melalaikan janjinya seenaknya.
Tapi sekarang,
segala kata-kata itu lenyap musnah dari benaknya. Tidak tahu dia ke mana
perginya. Tidak pula akan sanggup dikumpulkannya kembali. Sebagai gantinya,
timbul perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
Konflik dalam
kutipan cerita tersebut adalah …
A. Sampai
siang Luki belum juga datang.
B. Budi
melontarkan caci maki kepada Luki.
C. Luki
tidak menepati janjinya kepada Budi.
D. Saat
tokoh mulai mencemaskan sahabatnya.
Kunci : D
Pembahasan :
Konflik dalam sebuah cerita merupakan bagian yang
menunjukkan adanya pertentangan dalam cerita tersebut. Biasanya konflik terjadi
karena adanya benturan (ketidakserasian), baik dengan dirinya atau dengan tokoh
lain. Awalnya tokoh Budi dan Iwan kesal dengan Luki yang ingkar janji, tetapi
setelah berpikir lama akhirnya tokoh mencemaskan keadaan Luki. Hal ini bahkan
menjadi konflik dalam diri Budi dan Iwan.
Kata yang
dirujuk: Sebagai gantinya, timbul
perasaan cemas dan gelisah. Mengapa dia tidak datang? Mengapa? Mengapa?
21.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel
Indikator Soal : Disajikan dua kutipan novel, siswa dapat menentukan perbedaan karakteristik novel
tersebut.
Soal :
Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel 1
|
Novel 2
|
Perkakas
rumah dan pakaian yang ditinggalkan Si Mina sehelai demi sehelai pindah ke
rumah gadai.
Apabila
Bertes tidak mabuk dan pikirannya tenang,
terasalah olehnya kemiskinan yang dideritanya itu. Ia pun menyesal dan
menyalahkan Si Inem seorang perempuan yang pembantah.
|
Pangeran
Purbaya bersama dua istri dan seorang
anaknya telah bersembunyi di dalam suatu jurang yang tidak berapa dalamnya.
Dengan sangat duka citanya, ia duduk termenung di atas sehelai permadani
kecil. Sebuah pelita kecil yang terletak di sudut memberi
cahaya yang samar-samar.
|
Perbedaan
karakteristik kedua kutipan novel tersebut adalah….
Pilihan
|
Novel
1
|
Novel
2
|
A
|
Latar tempat
tidak jelas
|
Latar tempat
jelas
|
B
|
Penggambaran watak tokoh langsung
digambarkan oleh pengarangnya
|
Penggambaran watak tokoh berdasarkan
pembicaraan tokoh lain
|
C
|
Menggunakan sudut pandang orang
pertama pelaku utama
|
Menggunakan sudut pandang orang ketiga
sebagai pengamat
|
D
|
Terdapat tiga tokoh utama
|
Terdapat empat tokoh utama
|
Kunci : A
Pembahasan :
Perbedaan karakteristik kedua kutipan novel tersebut
terletak pada penggambaran latar tempatnya. Pada novel 1 latar tempat tidak
jelas, sedangkan pada novel 2 penggambaran latar tempatnya jelas
22.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi unsur intrinsik drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama, siswa dapat:
-menentukan
suasana kutipan drama tersebut.
Soal :
Ibu : Maaf, saya menggangu. Apa ada yang
melihat Samsudin?
Hani
: Samsudin?
Ibu : Anak
saya.
Hani
: Oh,
si Sam. Ada apa?
Ibu
: Sejak
siang belum pulang. Padahal belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah
saatnya makan malam. Dia belum pulang juga.
Hani
: Apa
tadi habis dimarahi?
Didi : Tadi dia bermain di lapangan, Bu!
Suasana yang tergambar dalam
kutipan drama tersebut adalah ….
A.
mencemaskan
B.
menyedihkan
C.
mencekam
D.
menakutkan
Kunci : A
Pembahasan :
Suasana pada kutipan drama tersebut tergambar dari tokoh Ibu yang mencemaskan anaknya yang belum pulang, padahal hari sudah
malam.
23.
Indikator
SKL : Mengidentifikasi
unsur intrinsik drama
Indikator
Soal : - menentukan latar (waktu,
tempat) drama tersebut
Soal :
Latar waktu dalam drama tersebut adalah ….
A. pagi
B. siang
C. sore
D. malam
Kunci : D
Pembahasan :
Latar waktu tersirat dalam
kalimat Sejak siang belum pulang. Padahal
belum makan siang, mandi sore, dan sekarang sudah saatnya makan malam. Dia
belum pulang juga. Ini mengindikasikan waktu malam hari.
24.
Indikator
SKL : Menulis
catatan pengalaman pada buku harian
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi pengalaman pribadi, siswa dapat menentukan
kalimat dalam buku harian sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Pada hari ini 17
Agustus 2012, Dea berbahagia karena menerima hadiah dan piala dari gubernur. Ia menang lomba baca puisi sebagai juara I
tingkat SMP se-Jakarta.
Kalimat catatan
harian yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Aduh
betapa malunya aku menerima hadiah dan piala dari gubernur. Aku juara I lomba
baca puisi antarsiswa.
B. Aku
menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan lomba baca puisi
se-Jakarta. Aku sangat senang menerima ini semua.
C. Aku
memenangkan lomba baca puisi sebagai juara I tingkat SMP se-Jakarta. Aku
menerima hadiah dan piala.
D. Tanggal
17 Agustus 2012, aku menerima hadiah dan piala dari gubernur karena memenangkan
lomba baca puisi. Aku juara I tingkat SMP se-Jakarta. Betapa bahagianya aku.
Kunci : D
Pembahasan :
Pelaku: Dea: peristiwa: Dea mengikuti lomba baca puisi,
menjadi juara I, ia mendapat hadiah dan piala dari gubernur.
Bahasa ekspresi: menggunakan kata ganti aku dan sesuai data tersebut.
25.
Indikator
SKL : Menulis
isi pesan singkat sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan isi
pesan singkat sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan mandat kepada
wakilnya untuk melaksanakan
kegiatan bakti sosial
dalam rangka menyambut Ramadan. Wakil Kepala sekolah menugaskan para wali kelas
untuk menginformasikan hal tersebut kepada siswa-siswanya.
Isi pesan
singkat yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …
A. Kepala
sekolah menugasi para wali kelas untuk
melaksanakan kegiatan bakti sosial demi
kepedulian terhadap sesama.
B. Wali
kelas harap menginformasikan kepada siswanya supaya melaksanakan bakti sosial
untuk menyambut bulan suci Ramadan.
C. Kepala
sekolah mengaharapkan semua siswa turut menyambut bulan suci Ramadan dengan
mengadakan bakti sosial.
D. Wali
kelas mengumpulkan barang apa saja untuk disumbangkan kepada orang-orang yang
membutuhkan bantuan.
Kunci : B
Pembahasan :
Pesan singkat paling sesuai dengan ilustrasi yang
diberikan terdapat pada pilihan (B).
26.
Indikator
SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan 5 – 6 kalimat
laporan yang belum tersusun secara padu, siswa dapat menyusunnya menjadi
paragraf laporan yang padu.
Soal :
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 –
3 jam.
(2)
Pulau-pulau itu seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
(3)
Teluk Dalam adalah ibukota Kabupaten Nias Selatan.
(4)
Pelabuhan ini
menghubungkan pulau-pulau kecil
di sekitarnya.
(5)
Untuk menuju ke sana, bisa naik mobil dari Gunungsitoli.
(6)
Teluk Dalam juga mempunyai pelabuhan kecil.
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan
susunan ….
A. (3),(5),(1),(6),(4),(2)
B.
(3),(6),(4),(5),(2),(1)
C.
(1),(5),(6),(4),(2),(3)
D.
(1),(6),(4),(2),(3),(5)
Kunci : A
Pembahasan :
(7)
Kata yang dirujuk
sebagai penanda keterpaduan antarkalimat (3) Teluk Dalam adalah …; (5) Untuk menuju ke
sana …; (1) Perjalanan akan memakan …; (6) … mempunyai pelabuhan kecil; (4)
Pelabuhan ini ….; (2) Pulau-pulau itu
seperti Pulau Asu dan Pulau Batu.
27.
Indikator
SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan di sekolah, siswa dapat menulis pengumuman yang
tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi
kegiatan berikut!
SMP Pinang Ranti akan mengadakan peringatan
Hari Ibu, 22 Desember 2010. Peringatan
tersebut akan diisi dengan upacara dilanjutkan berbagai lomba. Sebagai ketua
panitia adalah Ibu Dra. Dinda S.S. Agar informasi ini sampai kepada seluruh
warga sekolah, ketua panitia membuat pengumuman untuk dipasang di tempat papan
pengumuman.
Pengumuman yang tepat sesuai ilustrasi
tersebut adalah ....
A.
Diumumkan kepada para siswa, guru, dan karyawan bahwa pada tanggal
22 Desember 2010 diadakan peringatan Hari Ibu.
Oleh karena itu, kita
harus mengadakan upacara dan berbagai lomba.
Tolong, semua panitia
untuk menyiapkan segala sesuatunya. Terima kasih.
B.
Dalam rangka peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2010, SMP
Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal
tersebut, kami mohon kepada warga sekolah untuk menyiapkan segala sesuatunya demi
kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian
semuanya, kami sampaikan terima kasih.
C.
Dalam rangka peringatan Hari Ibu, SMP Pinang Ranti akan mengadakan
kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal
tersebut, maka kami mohon kepada seluruh panitia untuk berpartisipasi demi
kelancaran peringatan tersebut.
Atas perhatian Bapak
dan Ibu, kami sampaikan terima kasih.
D.
Dengan ini kami umumkan bahwa dalam rangka peringatan Hari Ibu,
SMP Pinang Ranti akan mengadakan kegiatan upacara dan berbagai lomba.
Sehubungan dengan hal
tersebut, kami mohon kepada seluruhnya untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Atas perhatiannya, kami sampaikan terima
kasih.
Kunci : B
Pembahasan :
Pengumuman harus sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berdasarkan ilustrasi, pengumuman
yang paling tepat terdapat pada pilihan (B).
28.
Indikator
SKL : Menulis laporan/pengumuman/resensi
Indikator Soal : Disajikan data buku dilengkapi keunggulan dan kekurangan buku, siswa dapat menulis
paragraf resensi yang tepat.
Soal :
Perhatikan data buku berikut!
Judul : Budidaya Ikan Nila
Penulis:
Sahar Erizal
Penerbit:
PT Swadaya
Keunggulan:
- Memotivasi pembaca untuk beternak
ikan nila
- Berdasarkan pengalaman pribadi
- Bahasa lugas dengan kalimat
pendek-pendek
Kelemahan:
- Ilustrasi gambarnya kurang
Paragraf resensi
yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
A. Tujuan
penulis buku ini ingin membuat pembaca
termotivasi beternak ikan nila. Siapa pun yang membaca buku ini akan
termotivasi karena buku ini juga dilengkapi ilustrasi gambar. Buku karya Sahar
Erizal yang diterbitkan PT Swadaya ini perlu dibaca oleh setiap pelajar.
Meskipun kalimatnya pendek-pendek, tidak menjadi masalah. Hal ini karena
dukungan gambar dengan ilustrasi jelas.
B. Pembaca
digiring untuk mencapai kehidupan yang sukses. Buku karangan Sahar Erizal ini
juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Hanya sangat disayangkan,
penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca. Meskipun
begitu, buku ini laris di pasaran karena banyak yang memerlukan.
C. Buku
yang berjudul Budidaya Ikan Nila ini isinya memotivasi pembaca untuk
membudidayakan ikan nila. Buku karya Sahar Erizal yang diterbitkan oleh PT Swadaya
ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Meskipun ilustrasi gambar kurang,
tetapi bahasa yang digunakan lugas. Oleh karena itu, pembaca tidak terganggu
memahami isinya. Apalagi kalimat yang digunakan pendek-pendek.
D. Buku
secara garis besar menjelaskan bagaimana membudidayakan ikan nila. Buku ini
disarankan dibaca oleh mereka yang ingin beternak ikan nila. Selain itu, buku
ini dilengkapi ilustrasi gambar. PT Swadaya yang berhasil menerbitkan buku ini
sungguh beruntung. Para peminat ikan nila tentu akan merasa terbantu dengan
adanya buku ini. Oleh karena itu, buku ini layak dibaca.
Kunci : C
Pembahasan :
Keunggulan dan kelemahan tergambar pada resensi.
Kelemahan dikemukakan dengan cara dibungkus kelebihan. Meskipun ilustrasi
gambar kurang, tetapi bahasa yang digunakan lugas.
29.
Indikator
SKL : Menulis
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat pribadi yang bagian pembuka, isi, atau
penutupnya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat
Soal :
Bacalah kutipan surat
pribadi berikut!
Kak Desis yang
kurindukan,
[ ....]
Kak Desis, aku
ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Sudah empat
bulan Kakak tidak pulang kampung. Aku tahu kalau Kakak saat ini sibuk
mengerjakan tugas-tugas sekolah. Jika tidak ada kesibukan lagi, orang tua kita
mengharapkan Kakak bisa datang ke Bandung. Ibu sangat kangen pada Kakak, begitu
juga aku dan adik.
Cukup sekian surat
dariku, balasan surat dari Kakak sangat aku nantikan.
Nuning
Kalimat pembuka
surat yang tepat adalah ...
A.
Dengan datangnya
surat ini, saya memberitahu kepada Kakak bahwa keadaan keluarga di rumah kangen
sama Kakak. Kapan Kakak pulang kampung?
B.
Halo Kak Desis, apa
kabar? Mengapa Kak Desis jarang pulang kampung? Apa Kakak masih punya
kesibukan? Bagaimana kabar Kakak di Jakarta?
C.
Melalui surat ini,
saya berharap keadaan Kakak di Jakarta sehat-sehat saja sehingga Kakak bisa
pulang ke Bandung. Kabar Kakak aku tunggu.
D.
Hai, Kak Desis, apa
kabar? Aku sampaikan bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal
afiat. Begitu juga doaku untuk Kakak.
Kunci : D
Pembahasan :
Kalimat kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk
kalimat pembuka, yakni Kak Desis, aku
ingin menyampaikan kepada Kakak bahwa Ibu sangat kangen pada Kakak. Jadi,
kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Hai, Kak Desis, apa kabar? Aku sampaikan
bahwa keadaan keluarga di Bandung dalam keadaan sehat wal afiat. Begitu juga
doaku untuk Kakak.
30.
Indikator
SKL : Menulis
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan kutipan surat dinas yang bagian penutupnya dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya
Soal :
Bacalah kutipan surat berikut!
Yth. Pengurus OSIS SMP Setia Hati
di Brebes
Dengan hormat,
Sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Bakti
Sosial, kami mengharap kehadiran Saudara
pada
hari,tanggal : Selasa , 17 Juli 2012
waktu : Pukul 14.00
tempat : Ruang OSIS
acara :
Persiapan Bakti Sosial
[... ]
Bagian penutup surat
tersebut yang tepat adalah …
A.
Demikian surat permohonan
ini kami sampaikan semoga dapat dikabulkan.
B.
Besar harapan kami,
permohonan ini ditindaklanjuti. Sekian dan terima kasih.
C.
Mengingat pentingnya acara
tersebut, harap hadir tepat waktu.
D.
Demikian surat pemberitahuan
ini disampaikan.
Kunci : C
Pembahasan :
Penutup surat disesuaikan dengan pernyataan
sebelumnya dan menggunakan kalimat efektif.
31.
Indikator
SKL : Menulis
surat pribadi/surat dinas/surat pembaca
Indikator Soal : Disajikan surat pembaca yang dirumpangkan, siswa dapat
melengkapinya.
Soal :
Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Kami merasa terganggu dengan rusak dan
kotornya taman serta jalur hijau di depan sekolah kami. Setiap hari ada petugas
kebersihan dari dinas kebersihan kecamatan yang menyapu sampah. Akan tetapi,
sampah yang disapu dan diangkut hanyalah sampah-sampah yang berada di pinggir
jalan. Sampah yang menumpuk di taman tidak pernah dipedulikan. Petugas sekolah
sudah berupaya membersihkannya, tetapi sampah
tidak lama menumpuk kembali.
[…]
Kalimat yang tepat untuk
melengkapi kutipan surat pembaca tersebut adalah…
A.
Kami siap kok membantu
merawatnya. Asal ada jalinan kerja sama yang jelas.
B.
Apakah tidak ada petugas
yang menangani lagi jalur hijau dan taman tersebut? Terus terang kami merasa
terganggu. Terima kasih.
C.
Melalui surat pembaca ini,
kami mohon kepada dinas pertamanan dan dinas kebersihan untuk merawat kembali
dan membersihkan setiap hari taman dan jalur hijau tersebut. Terima kasih.
D.
Kalau memang tidak mau lagi
merawatnya, dibuang saja sisa-sisa pagar besi dan dimatikan saja
pohon-pohonnya. Sekali lagi tolong pada instansi terkait agar peduli pada
keluhan kami. Terima kasih.
Kunci : C
Pembahasan : Melengkapi kalimat rumpang pada surat
pembaca disesuaikan pada kalimat sebelum.
32.
Indikator
SKL : Menulis
rangkuman
Indikator Soal : Disajikan sebuah bacaan yang terdiri atas dua paragraf, siswa dapat menentukan rangkuman bacaan tersebut.
Soal :
Pemerintah perlu melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik
Negara (PLN). PLN tidak boleh monopoli penyediaan listrik. Seruan itu datang
dari kalangan pengusaha yang merasa terpukul dengan krisis listrik.
Pihak swasta yang hendak memiliki
pembangkit listrik sendiri hendaknya diberikan kemudahan perizinan. Jika hal
itu dilakukan maka krisis listrik yang merugikan konsumen dapat teratasi.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat
adalah …
A.
Krisis listrik sangat
merugikan para pengusaha. Hal itu sangat merugikan konsumen.
B.
Pemerintah perlu mereformasi PLN dan memberi
pihak swasta kemudahan perizinan.
C.
Pemerintah hendaknya
mempermudah perizinan supaya kerugian konsumen dapat teratasi.
D.
Pengusaha menyerukan agar
pemerintah melakukan reformasi pada PT Perusahaan Listrik Negara.
Kunci : B
Pembahasan :
Rangkuman dapat dilakukan dengan menggabungkan
gagasan-gagasan utama dari paragraf-paragraf yang ada pada bacaan tersebut.
Gagasan utama paragraf pertama: perlunya reformasi di PLN.
Gagasan utama paragraf kedua: pemberian kemudahan perizinan pihak swasta
33.
Indikator
SKL : Menulis
teks berita sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi peristiwa tertentu, siswa dapat menentukan teks berita yang tepat.
Soal :
Perhatikan ilustrasi peristiwa berikut!
Hari Senin, 19
Maret 2012 di jalan poros
Makassar
– Jeneponto di Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai puting beliung.
Tiang listrik ambruk disertai keluar bunga api. Diiperkirakan puting beliung
ini sampai bulan April.
Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah
…
A. Hujan
deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk di jalan poros
Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto,
Sulawesi Selatan, pada hari Senin yang lalu. Puting beliung akan melanda kembali di wilayah Sulawesi
Selatan pada April mendatang.
B. Puting
beliung terjadi di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan
Bangkala, kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3) dan mengakibatkan
tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api. Peristiwa ini diperkirakan
masih akan melanda seluruh wilayah
Sulawesi hingga April mendatang.
C. Di jalan
poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala, Kabupaten
Jeneponto, Sulawesi Selatan terjadi hujan deras disertai angin kencang.
Peristiwa ini menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan bunga api
hingga April mendatang.
D. Hujan
deras disertai angin kencang menyebabkan tiang listrik ambruk dan mengeluarkan
bunga api di jalan poros Makassar – Jeneponto di Desa Allu, Kecamatan Bangkala,
Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Senin (19/3). Puting beliung
diperkirakan masih akan melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan hingga
April mendatang.
Kunci : D
Pembahasan :
Tubuh berita disusun dengan bahasa singkat, jelas,
dan padat. Informasi yang sesuai fakta dalam ilustrasi, yaitu hujan deras
disertai puting beliung.
34.
Indikator
SKL : Menulis slogan sesuai konteks
Indikator Soal : Dilustrasi kegiatan sekolah, siswa dapat menentukan slogan
yang sesuai ilustrasi tersebut
Soal :
Bacalah ilustrasi berikut!
OSIS SMP Tunas
Bangsa memperingati Hari Bumi dengan cara yang berbeda. Pada tanggal 22 April
2011 setiap siswa wajib menanam satu pohon di lingkungan sekolah. Tujuan
menanam tersebut agar lingkungan sekolah nyaman dan bebas polusi udara.
Slogan yang
sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
A. Hari ini
menanam besok merawat.
B. Sepotong
tanaman untuk masa depan.
C. Tanam
pohon sekarang segar udara kemudian.
D. Segera
rawat pohon lingkungan akan nyaman.
Kunci : C
Pembahasan :
Isi sesuai dengan ilustrasi. Tujuannya meningkatkan
kepedulian terhadap sesama, bahasa berciri slogan.
35.
Indikator
SKL : Menulis
iklan sesuai konteks
Indikator Soal : Disajikan ilustrasi, siswa dapat menentukan penulisan iklan baris yang sesuai ilustrasi
tersebut.
Soal :
Perhatikan ilustrasi berikut!
Mobil akan dijual dengan spesifikasi sebagai berikut.
· Mobil
BMW 318 tahun 2011
· Warna
mobil hitam
· Dari
tangan pertama
· Aksesorisnya
lengkap
· Harga
boleh ditawar
· Yang
berminat hubungi nomor 012-8883508
Kalimat iklan baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut
adalah ...
A.
BU. Mbl BMW 318’
11. htm mls. tgn I. full aks. nego. hub 012-8883508.
B.
Mobil dijual. BMW
318 ’11. hitam mulus. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
C.
BU. Akan dijual
mobil BMW 318 ’11. hitam mulus. tgn I. hub
012-8883508.
D.
BMW 318 ’11 dijual
karena butuh uang. full aks. nego. hubungi 012-8883508.
Kunci : A
Pembahasan : Data sesuai ilustrasi, berciri iklan baris.
36.
Indikator
SKL : Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan beberapa kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak, siswa
dapat menentukan susunan yang tepat.
Soal :
Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Petunjuk menanam pohon pisang
(1)
Lubang diamkan selama 2 hari.
(2)
Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.
(3)
Timbunlah pohon pisang dengan tanah lalu
disiram.
(4)
Setelah itu masukkan bibit pohon pisang
ke dalam lubang.
(5)
Lubang yang sudah siap, isilah dengan pupuk kompos.
Susunan petunjuk yang tepat berdasarkan
kalimat-kalimat tersebut adalah…
A. (2),
(4), (5), (1), (3)
B. (2),
(5), (1), (4), (3)
C. (5),
(1), (4), (3), (2)
D. (5),
(3), (4), (1), (2)
Kunci : B
Pembahasan :
Petunjuk disusun secara runtut dengan menganut
kelogisan berpikir yang antara lain ditandai dengan penanda kohesi. Kata kunci:
Siapkan lubang ukuran 1x1x 1/2 meter.
37.
Indikator
SKL : Menyusun
petunjuk melakukan sesuatu
Indikator Soal : Disajikan petunjuk melakukan sesuatu yang beberapa kalimatnya
dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
dengan tepat.
Soal :
Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk membuat
tape singkong
(1)
Kupaslah singkong lalu dicuci.
(2)
[…]
(3)
Cuci kembali
kemudian tiriskan.
(4)
Rebuslah singkong sampai setengah
matang.
(5)
Rebusan singkong taburi dengan ragi
sebagai bahan fermentasi.
(6)
[…]
(7)
Tape singkong siap untuk dinikmati.
Kalimat yang
tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A. (2)
Potong singkong dengan ukuran kecil.
(6) Bungkus dengan plastik
atau daun dalam suhu 200C.
B. (2)
Keriklah singkong yang sudah dicuci untuk menghilangkan lendirnya.
(6) Tutup rebusan singkong sampai rapat
dan diamkan selama 48 jam.
C. (2)
Jemur singkong sampai kering.
(6) Ratakan ragi yang ada pada singkong
sampai ke dalam-dalamnya.
D. (2)
Potong singkong dengan ukuran kecil.
(6) Tutup rebusan singkong sampai rapat
dan diamkan selama 48 jam.
Kunci : B
Pembahasan :
Melengkapi
petunjuk dilakukan dengan cara mencermati kalimat petunjuk sebelum dan sesudah
kalimat petunjuk yang dirumpangkan atau dikosongkan. Cari kalimat yang
berkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudah dirumpangkan.
38.
Indikator
SKL : Menulis
teks pidato
Indikator Soal : Disajikan teks pidato yang penulisan kata sapaannya tidak tepat, Siswa dapat
memperbaikinya.
Soal :
Perhatikan kutipan teks pidato berikut!
Anak-anakku
semua yang berbahagia,
Anda-anda
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
Perbaikan kata
sapaan yang tepat pada kutipan naskah pidato tersebut adalah …
A. Anak
semua yang berbahagia,
Anda-anda
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
B. Anak-anakku yang berbahagia,
Kalian
sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan diri untuk menerima estafet
kepemimpinan.
C. Semua yang berbahagia,
Anak-anak sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan
diri untuk menerima estafet kepemimpinan.
D. Anak yang berbahagia,
Kalian sebagai generasi muda hendaknya mempersiapkan
diri untuk menerima estafet kepemimpinan.
Kunci : B
Pembahasan :
Kata sapaan anak-anak
sudah menunjukkan jamak, maka tidak perlu lagi diikuti kata semua. Kata Anda kurang tepat penggunaannya.
39.
Indikator
SKL : Menulis
teks pidato
Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf
bagian pembuka, isi, atau penutup teks pidato yang tepat.
Soal :
Bacalah ilustrasi berikut!
SMP Harapan melaksanakan pelantikan
Ketua OSIS yang baru terpilih. Erwan sebagai Ketua OSIS SMP Harapan yang baru
terpilih memberikan pidato sambutan.
Bagian pembuka
pidato yang tepat berdasarkan llustrasi tersebut adalah …
A. Pada
kesempatan yang baik ini, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME karena kita
masih dilimpahi kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan acara pelantikan
Ketua OSIS SMP Harapan.
B. Saya
berharap dalam kepemimpinan saya ke depan, saya tetap mohon dukungan dari semua
pihak. Dengan demikian, akan tercipta situasi yang kondusif dan semua program
yang telah direncanakan dapat terlaksana.
C. Demikian
sambutan saya pada awal saya terpilih sebagai Ketua OSIS yang baru. Saya
menyampaikan ribuan kata maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati
Bapak dan Ibu Guru serta teman-teman.
D. Bapak
dan Ibu yang kami hormati, puji syukur
kita panjatkan kepada Tuhan karena kita dipertemukan dalam situasi yang
berbahagia ini. Tujuan kami datang adalah ingin menyampaikan bingkisan.
Kunci : A
Pembahasan :
Pembuka pidato berisi ucapan puji syukur yang sesuai
ilustrasi, yaitu tentang pelantikan Ketua OSIS. Jawaban yang
tepat A.
40. Indikator SKL : Menulis
rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah /daftar pustaka
Indikator Soal : Disajikan
tema karya ilmiah, siswa dapat menentukan rumusan
masalah karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema.
Soal :
Tema
karya ilmiah:
Pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah.
Rumusan masalah
karya ilmiah yang tepat berdasarkan tema tersebut
adalah …
A. Kapan
cahaya matahari berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?
B. Bagaimana
pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan kecambah?
C. Adakah
tanaman yang dalam pertumbuhannya tidak memerlukan cahaya matahari?
D. Mengapa
cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman?
Kunci : B
Pembahasan : Rumusan masalah berisi pertanyaan. Rumusan
masalah cirinya singkat, jelas, dan terarah serta dikemukakan secara ilmiah.
Rumusan masalah tidak boleh keluar dari topik yang diteliti atau dibahas. Rumusan
masalah menggunakan kata tanya yang memerlukan penjelasan, jawaban panjang dan
mendetail (bagaimana, mengapa, apakah, ...)
41. Indikator SKL : Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka
Indikator Soal : Disajikan simpulan karya ilmiah, siswa dapat menentukan saran Berdasarkan simpulan
karya ilmiah.
Soal :
Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Kepedulian
siswa terhadap lingkungan sekolah menjadikan siswa mencintai lingkungan
sekolahnya. Dengan demikian prestasi
belajar dapat ditingkatkan. Kenyamanan lingkungan sekolah yang diciptakan dan
dipelihara siswa secara tidak langsung berkontribusi bagi peningkatan gairah
belajar siswa.
Saran yang tepat
berdasarkan simpulan karya ilmiah tersebut adalah …
A. Kepedulian
siswa terhadap lingkungan sekolah harus terus dipertahankan.
B. Lingkungan
sekolah tidak perlu dipelihara oleh siswa serta seluruh warga
sekolah.
C. Sudah
seharusnya siswa menjaga lingkungan sekolah. Kalau bukan siswa siapa lagi?
D. Lingkungan
sekolah yang nyaman dapat menjaga siswa berbuat yang tidak diinginkan.
Kunci : A
Pembahasan : Saran dalam karya tulis adalah pendapat atau
anjuran yang disampaikan, merujuk pada hasil penelitian. Kata kunci: ... Kenyamanan lingkungan sekolah yang
diciptakan dan dipelihara siswa secara tidak langsung berkontribusi bagi
peningkatan gairah belajar siswa.
42. Indikator SKL :
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikan
yang tepat.
Soal :
Cermatilah kalimat berikut!
Kepada para siswa siswi yang akan
mengikuti lomba futsal mohon berkumpul di lapangan.
Kalimat tersebut
akan efektif bila dihilangkan kata ….
A.
siswa siswi
B. kepada dan para
C. kepada dan yang
D. para dan yang
Kunci : B
Pembahasan :
Penggunaan kata kepada
dan para tidaklah tepat. Kata para menyatakan jamak. Kedua kata ini
seharusnya dihilangkan dari konteks paragraf tersebut.
43. Indikator SKL :
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan beberapa penggunaan huruf kapital salah dalam kalimat, siswa dapat menentukan
perbaikan yang tepat.
Soal :
Perhatikan kalimat berikut!
Mantan
atlet bulu tangkis yang kini menjadi ketua harian klub PB Jaya Raya, Retno
Kustiyah, meraih penghargaan bintang jasa
utama dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Perbaikan penulisan huruf kapital pada kalimat tersebut yang tepat
adalah ...
A.
Mantan atlet bulu tangkis
yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih
Penghargaan Bintang Jasa Utama dari
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
B.
Mantan atlet bulu tangkis
yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih
Penghargaan Bintang Jasa Utama dari
presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
C.
Mantan atlet bulu tangkis
yang kini menjadi Ketua Harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih
penghargaan Bintang Jasa Utama dari
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
D.
Mantan atlet bulu tangkis
yang kini menjadi ketua harian Klub PB Jaya Raya, Retno Kustiyah, meraih
penghargaan Bintang Jasa Utama dari
presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Kunci : C
Pembahasan :
Sesuai kaidah EYD, huruf kapital
digunakan untuk nama jabatan dalam organisasi yang yang diikuti nama orang dan
nama penghargaan.
44.
Indikator
SKL : Menyunting
kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
Indikator Soal : Disajikan beberapa penggunaan tanda baca salah dalam paragraf,
siswa dapat menentukan perbaikan yang tepat
Soal :
Perhatikan paragraf berikut!
Kedelai
termasuk bahan pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti: tahu, tempe,
susu dan lain-lain. Makanan dari bahan dasar kedelai banyak disukai orang, karena tidak
mengandung kolesterol.
Perbaikan penulisan tanda baca yang tepat terdapat dalam paragraf ...
A.
Kedelai termasuk bahan
pangan yang bisa dibuat berbagai jenis seperti: tahu, tempe, susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan
dasar kedelai banyak disukai orang
karena tidak mengandung kolesterol.
B.
Kedelai termasuk bahan
pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe, susu dan lain-lain. Makanan dari bahan
dasar kedelai banyak disukai orang,
karena tidak mengandung kolesterol.
C.
Kedelai termasuk bahan
pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe, susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan
dasar kedelai banyak disukai orang,
karena tidak mengandung kolesterol.
D.
Kedelai termasuk bahan
pangan yang bisa dibuat berbagai jenis, seperti tahu, tempe, susu, dan lain-lain. Makanan dari bahan
dasar kedelai banyak disukai orang
karena tidak mengandung kolesterol.
Kunci : D
Pembahasan :
Sesuai dengan
kaidah EYD. Penggunaan tanda baca (.) dan penggunaaan tanda baca (,).
45. Indikator SKL :
Melengkapi pantun
Indikator Soal : Disajikan pantun yang larik sampiran/isinya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya
dengan tepat
Soal :
Perhatikan kutipan pantun berikut!
Memakai cincin dari batu
Semangka di sawah dibelah dua
[…](1)
[…](2)
Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut
adalah ….
A. (1)
Hidup ini harus saling membantu
(8) Supaya
hidup lebih bermutu
B. (1)
Datang ke ladang membawa pedang
(2) Melihat rusa belang di dada
C. (1) Jika
tak pandai memakai waktu
(2) Maka
sia-sialah hidupnya
D. (1) Tiga
ditambah empat tujuh
(2)
Tujuh bilangan ganjil
Kunci : C
Pembahasan :
Sesuai syarat pantun dan data pada ilustrasi. Syarat
pantun bersajak abab; baris pertama dan kedua sampiran, sedangkan baris ketiga
dan keempat merupakan isi.
46. Indikator SKL :
Melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi tersebut
dengan pilihan kata yang tepat
Soal :
Perhatikan kutipan puisi berikut!
Ibu,
Dengan
apa kubalas […](1)
Dengan
uang beribu-ribu
Ah,
Itu
sesuatu yang tabu
Apakah
aku harus […](2)
Di
atas pangkuanmu
Ya,
ini mungkin lebih seru
Kata yang tepat untuk melengkapi kutipan puisi
tersebut adalah …
A. (1) semua
(9) menuntut
B. (1)
kasihmu
(2)
berdoa
C. (1)
jasamu
(2)
bersimpuh
D. (1) air
matamu
(2) restu
Kunci : C
Pembahasan : Diksi (pilihan kata) membulatkan makna
puisi. Sesuai data pada kutipan puisi, pilihan jawaban yang tepat C.
47. Indikator SKL :
Melengkapi puisi
Indikator Soal : Disajikan puisi yang lariknya dirumpangkan, siswa dapat melengkapi puisi
dengan larik bermajas.
Soal :
Bacalah puisi berikut!
Buku.
Katanya
kau gudangnya ilmu
Aku
tak tahu
[…]
Dengan
wajah berbalut debu
Kau
sendiri gudang dalam gudang
Larik bermajas
yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah …
A. Di
lemari bertumpuk-tumpuk
B. Ilmu apa
yang tersembunyi
C. Kau
termenung di sudut lemariku
D. Buku
mana yang akan kubaca
Kunci : C
Pembahasan :
Kita dapat
melengkapi puisi rumpang dengan memperhatikan larik sebelum dan sesudah bagian
yang dirumpangkan. Kau termenung di sudut
lemariku sesuai
dengan larik di atasnya dan larik bawahnya Dengan wajah berbalut debu.
48.
Indikator
SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya tidak tepat, siswa
dapat menentukan perbaikan yang tepat.
Soal :
Cermatilah kutipan naskah drama berikut!
Putri : Kenapa harus pink, sih? (sedih menahan
isak) (1)
Vince : Mungkin karena cerah, Put?
Harap :
Menurut gue sih dipilih pink karena
warna merah dan biru sudah diambil Superman!
Putri :
Dan hitam sudah dipakai sama Batman, gitu kan? (sambil mencubit Harap, abang keduanya itu)
Perbaikan
petunjuk lakuan yang tepat untuk Putri pada dialog (1) adalah ….
A. (tertawa)
B. (melamun)
C. (tersenyum)
D. (penasaran)
Kunci : D
Pembahasan : Petunjuk lakuan disesuaikan dengan isi
kalimat dialog pelaku.
49.
Indikator
SKL : Melengkapi naskah drama
Indikator Soal : Disajikan kutipan drama yang petunjuk lakuannya dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Perhatikan kutipan naskah drama berikut!
Suasana
pos ronda masih sepi. Lampu 15 watt yang berada di tengahnya sudah menyala
sejak pukul 18.00. Sisa hujan yang baru beberapa saat berhenti masih menetes di
daun pisang. Suaranya mendominasi keadaan.
Madi : (Datang menjinjing kentongan dan senter)
Tumben amat gini hari masih sepi.
Wahab : […]
Di, kamu sudah datang?
Madi : udah,
Mas. Sepi sekali, ya?
Wahab : Maklum
habis hujan.
Madi : iya,
hujan hari ini benar-benar seharian.
Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan
naskah drama tersebut adalah ….
A. Keluar
dari rumahnya
B. Keluar
dari dalam pos ronda
C. Muncul dari
balik pagar bambu
D. Sambil
pergi meninggalkan pos
Kunci : C
Pembahasan :
Dalam konteks drama tersebut, digambarkan Wahab
baru sampai di pos ronda. Petunjuk
lakuan yang paling tepat adalah muncul dari balik
pagar bambu.
50.
Indikator
SKL : Melengkapi
naskah drama
Indikator
Soal : Disajikan
kutipan drama yang dialognya dirumpangkan, siswa
dapat melengkapinya dengan tepat.
Soal :
Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Satilawati : Tidak ada sebab yang
lain?
Ishak : (malu-malu) Tentu
ada. Engkau cantik.
Satilawati : [...](1)
Ishak : Itu yang akan
kuceritakan kepadamu sekarang. Aku dalam bahaya.
Satilawati : Bahaya apa?
Ishak : Aku mungkin
dipandang pengkhianat oleh rakyat.
Satilawati : Karena apa/
Ishak : [...](2)
Satilawati : Romanmu itu,
maksudmu?
Ishak : Ya, Hari Ketiga
Nippon di Indonesia.
Satilawati : Mengapa? Sudah
diterbitkan, bukan?
Ishak : Ya, semua hartaku
telah habis kujual untuk menerbitkan buku ini. Rugi semata.
Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah
drama tersebut adalah ...
A.
(1) Akan ke mana engkau
pergi?
(10)
Karena aku mengarang.
B.
(1) Tetapi mengapa?
(2) Karena wajahku.
C.
(1) Tapi mengapa engkau
pergi?
(2) Karena karanganku.
D.
(1) Engkau akan ke mana?
(2) Aku mengarang.
Kunci : C
Pembahasan :
Melengkapi dialog dalam naskah drama harus
memperhatikan dialog sebelum dan sesudahnya. Hal ini dimaksudkan agar dialog
yang dimasukkan pada bagian yang rumpang menjadi padu.
No comments:
Post a Comment