Soal UAN SMP IPS & Kunci TA 2013/2014

 on Friday, April 25, 2014  

1.

Gambar 1, termasuk jenis peta ….
a. topografi
b. tematik
c. digital
d. kadaster

2. Tujuan memberikan inset pada peta adalah untuk memperjelas ….
a. letak garis bujur, baik bujur barat maupun bujur timur
b. posisi garis lintang, baik lintang utara maupun lintang selatan
c. arah mata angin baik utara, selatan, timur maupun barat
d. letak lokasi yang penting tetapi kurang jelas pada peta

3. Keuntungan letak geografis  Indonesia dilihat dari segi ekonomi adalah ….
a. mendatangkan devisa yang besar
b. memudahkan masuknya budaya asing
c. menjadi jembatan perdagangan internasional
d. memperkaya khasanah budaya bangsa

4. Perairan yang memisahkan Irian Jaya dengan Australia adalah laut ….
a. Arafura
b. Koral
c. Banda
d. Tasmania

5. Daerah penghasil LNG (Liquid Natural Gass) adalah daerah ….
a. Bangas dan Cepu
b. Arun dan Bontang
c. Lingga dan Singkep
d. Bintang dan Tarakan

6. Perhatikan jenis barang di bawah ini!
1. Batu pualam 4. Batu bara
2. Kaolin 5. Bauksit
3. Mangaan 6. Bijih besi

Menurut daftar di atas, yang tergolong barang tambang golongan C adalah nomor ….
a. 1, 2, 3
b. 1, 3, 4
c. 1, 4, 5
d. 1, 5, 6

7. Berdasarkan peta Gbr 2, usaha peternakan kuda terbesar di Indonesia ditunjukkan pada nomor ….

a. I
b. II
c. III
d. IV

8. Benua adalah ….
a. salah satu satelit bumi yang terdiri atas daratan dan perairan
b. daratan yang sangat luas dikelilingi oleh laut dan lautan
c. salah satu daratan luas yang tertutup salju abadi
d. perairan yang sangat luas tertutup salju sepanjang tahun

9. Perairan sekitar negara Jepang, kaya akan ikan sebab ….
a. tempat pertemuan arus oyasyiwo dan korasyiwo
b. letaknya dikelilingi oleh daratan yang sangat luas
c. laut sekitar Jepang tergolong jenis laut dalam
d. negara Jepang memiliki berbagai macam iklim

10. Salah satu bentuk kerjasama Indonesia-India dalam bidang kebudayaan adalah ….
a. India memberikan bantuan ketika Indonesia perang dengan Belanda
b. penduduk Indonesia yang berada di P. Bali penganut agama Hindu
c. para pemuda Indonesia membuka usaha industri di India
d. Indonesia-India sama-sama sebagai anggota Non Blok

11. Inggris dan Perancis dipisahkan oleh ….
a. Laut Utara
b. Selat St. George
c. Laut Baltik
d. Selat Inggris

12. Bentuk kerjasama Indonesia-Amerika Serikat dalam bidang ekonomi antara lain adalah ….
a. pemberian kredit ke Indonesia melalui IMF
b. pertukaran tenaga ahli dan para pelajar
c. pemberian bea siswa kepada pelajar dan mahasiswa
d. pembentukan usaha patungan dalam industri susu

13. Pantai timur Kanada merupakan daerah konsentrasi penduduk sebab ….
a. merupakan daerah nelayan yang ramai
b. beriklim sejuk dan daerahnya datar
c. merupakan daerah tambang emas dan intan
d. pantainya menarik wisatawan asing

14. Topografi negara Brasil terdiri atas ….
a. pegunungan – pantai – berawa-rawa
b. dataran rendah – fyord – pantai landai
c. dataran tinggi – dataran rendah – pantai
d. pantai landai – dataran rendah - gurun

15. Hasil peradaban Lembah Sungai Eufrat dan Tigris berupa ….
a. bangunan makam
b. sistem tata kota
c. tembok raksasa
d. huruf paku






16. Prasasti Canggal berhubungan dengan kerajaan ….
a. Mataram Kuno
b. Majapahit
c. Syailendra
d. Sriwijaya

17. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:
1. Masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia
2. Runtuhnya kerajaan Sriwijaya
3. Kerajaan Mongol bersekutu dengan Singhasari
4. Terjadinya perang saudara/perang Paragreg
5. Lahirnya kongsi-kongsi dagang bangsa Eropa

Berdasarkan pernyataan-pernyataan di atas, faktor penunjang runtuhnya Majapahit adalah nomor ….
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 1 dan 5

18. Media Islamisasi yang paling efektif dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat adalah ….
a. kegiatan perdagangan, peperangan, perkawinan
b. perkawinan, pertunjukkan wayang, kaligrafi
c. sekaten, kegiatan perdagangan, peperangan
d. pertunjukkan wayang, sekaten, kaligrafi

19. Penerapan sistem sewa tanah (Landrent) oleh Raffles di Indonesia banyak mengalami hambatan, karena ….
a. pengaruh kehidupan barat tidak dapat diterapkan di Indonesia
b. pemerintah Inggris memperkenalkan sistem tersebut secara paksa
c. masyarakat Indonesia pada saat itu belum mengenal tanaman perdagangan
d. pemerintah Inggris banyak turut campur dalam pemerintahan kerajaan

20. Pengaruh revolusi Perancis bagi dunia internasional adalah ….
a. menyebarnya politik ekspansi di Asia – Afrika
b. meluasnya pertentangan karena merebut daerah jajahan
c. mempercepat lahirnya persekutuan antara bangsa sedunia
d. merupakan benih lahirnya faham demokrasi

21. Kondisi yang memungkinkan bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaan, antara lain ….
a. Jepang menyerah kepada Sekutu
b. Sekutu segara datang ke Indonesia
c. Jepang segera memberi kemerdekaan
d. Hancurnya Pearl Harbour oleh Jepang

22. Arti penting KMB bagi bangsa Indonesia adalah ….
a. pemberian hadiah kemerdekaan kepada Indonesia
b. pengakuan kemerdekaan RI oleh Belanda
c. pengembalian kekuasaan Indonesia ke Belanda
d. penerimaan daerah jajahan Jepang ke Indonesia

23. Salah satu ciri pemerintahan Demokrasi Liberal adalah ….
a. presiden dipilih untuk seumur hidup
b. MPR dan DPR dipilih langsung oleh presiden
c. Undang-Undang yang berlaku UUDS 1950
d. kekuasaan tertinggi pemerintah di tangan presiden

24. Latar belakang lahirnya dekrit presiden 5 Juli 1959 adalah ….
a. Kekuasaan MPR berlebihan
b. Kegagalan Konstituante
c. Kesalahan program Pemilu
d. Kemampuan MPR dan DPR terbatas

25. Tanggal 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. Faktor penunjangnya adalah ….
a. kelompok pejuang mujahidin tidak bersatu
b. campur tangan Uni Soviet di Afganistan
c. adanya pengaruh glasnot dan perestroika
d. pemimpin Afganistan menguasai daerah Uni Soviet

26. Pembubaran Kabinet Dwikora yang kemudian diganti menjadi Kabinet Ampera merupakan realisasi dari ….
a. TRITURA ke-1
b. Pemilu tahun 1955
c. SUPERSEMAR
d. TRITURA ke-2

27. Contoh kebutuhan jasmani adalah ….
a. makanan, obat-obatan, pakaian
b. olahraga, ibadah, ilmu pengetahuan
c. obat-obatan, hiburan, perumahan
d. kesenian, makanan, ibadah

28. Benda substitusi adalah ….
a. benda-benda yang jumlahnya tidak terbatas
b. benda yang dalam penggunaannya saling mengganti
c. semua benda yang diperoleh tanpa pengorbanan
d. suatu benda yang cepat habis dipakai dalam produksi

29. Perhatikan gambar berikut!

Berdasarkan gambar di atas, kurva keseimbangan ditunjukkan pada nomor ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

30. Sistem ekonomi suatu negara yang memberikan kebebasan mutlak pada setiap individu disebut sistem ekonomi ….
a. sosialis
b. kapitalis
c. tradisional
d. demokrasi ekonomi

31. Sistem ekonomi statisme adalah ….
a. negara beserta aparatur ekonomi bersifat dominan, sehingga mematikan potensi unit-unit ekonomi di luar sektor negara
b. pemusatan kekuasaan ekonomi pada satu kelompok dalam bentuk monopoli dan monopsoni yang merugikan masyarakat
c. sistem yang melahirkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain, sehingga akan mempertahankan kelemahan ekonomi nasional
d. sistem ekonomi yang menumbuhkan potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap warga negara, sehingga dapat berkembang sepenuhnya di masyarakat

32. Peranan BUMN dalam perekonomian nasional adalah ….
a. melayani kebutuhan anggota, pegawai negeri, dan masyarakat
b. memberikan pelayanan masyarakat umum dan mencegah timbulnya monopoli
c. memberikan bimbingan dan pengarahan kepada para pengusaha kecil
d. menguasai seluruh kegiatan ekonomi yang potensial dan efektif secara layak

33. Tujuan kegiatan ekonomi rumah tangga negara adalah ….
a. memaksimumkan keuntungan dari modal
b. menambah kepuasan dari penghasilan
c. menyediakan semua kebutuhan masyarakat
d. meningkatkan kesejahteraan masyarakat

34. Dilihat dari segi usahanya, koperasi sekolah termasuk jenis koperasi ….
a. produksi
b. serba usaha
c. konsumsi
d. simpan pinjam

35. Uang mempunyai nilai nominal yaitu ….
a. angka yang tertera pada setiap mata uang
b. jumlah uang yang dapat ditabung di bank
c. nilai suatu bahan yang dijadikan mata uang
d. nilai uang yang dapat ditukar dengan barang

36. Perbedaan uang kartal dengan uang giral adalah ….
a. uang kartal secara umum dapat digunakan sebagai alat tukar, sedang uang giral sebagai alat pembayaran dalam bentuk surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank
b. uang kartal dapat diperjualbelikan secara umum, sedangkan uang giral sebagai alat pembayaran umum yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia
c. uang kartal memiliki nilai nominal tertinggi Rp 100.000,- sedang uang giral memiliki nilai nominal tertinggi di atas Rp 500.000,- dan kurang dari Rp 1000.000,-
d. uang kartal terdiri dari uang logam dan uang kertas, sedang uang giral terbuat dari logam yang bernilai nominal dan bernilai intrinsik

37. Harga jual produksi barang adalah ….
a. nilai suatu barang ditambah potongan harga dan biaya promosi
b. harga barang hasil produksi termasuk biaya produksi tidak langsung
c. harga yang diberikan oleh produsen atau pedagang kepada konsumen
d. nilai sejumlah barang yang diajukan oleh konsumen kepada produsen

38.
No
Macam-macam biaya
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Penyusutan
Administrasi
Promosi
Transportasi
Tenaga kerja
Sewa toko
Komisi penjual
Menurut tabel yang tersedia, unsur biaya penjualan adalah nomor ….
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5
c. 3, 4, 6, 7
d. 4, 5, 6, 7

39. Harga pokok 20 pasang meja kursi Rp 20.000.000,00. Jika laba yang diinginkan 25% dari harga pokok dan pembeli akan diberi potongan tunai 10% dari harga pokok, maka harga jual sepasang meja kursi adalah ….
a. Rp   11.150,00
b. Rp 115.000,00
c. Rp 1.100.500,00
d. Rp 1.150.000,00

40. Harga pembelian 1 lusin piring Rp 350.000,00, ongkos dan biaya lain-lain Rp 10.000,00. Harga pokok piring per unit adalah ….
a. Rp 20.000,00
b. Rp 25.000,00
c. Rp 30.000,00
d. Rp 35.000,00



Kunci IPS-2

1. Jawab: B

2. Jawab: D

3. Jawab: C

4. Jawab: A

5. Jawab: B

6. Jawab: A

7. Jawab: C

8. Jawab: B

9. Jawab: A

10. Jawab: B

11. Jawab: D

12. Jawab: A

13. Jawab: B

14. Jawab: C

15. Jawab: D

16. Jawab: A

17. Jawab: C

28. Jawab: B

29. Jawab: C

30. Jawab: D

31. Jawab: A

32. Jawab: B

33. Jawab: B

24. Jawab: B

25. Jawab: C

26. Jawab: D

27. Jawab: A

28. Jawab: B

29. Jawab: D

30. Jawab: B

31. Jawab: A

32. Jawab: B

33. Jawab: D

34. Jawab: C

35. Jawab: A

36. Jawab: A

37. Jawab: C

38. Jawab: C

39. Jawab: D

40. Jawab: C
Soal UAN SMP IPS & Kunci TA 2013/2014 4.5 5 Hand Friday, April 25, 2014 1. Gambar 1, termasuk jenis peta …. a. topografi b. tematik c. digital d. kadaster 2. Tujuan memberikan inset pada p...


No comments:

Post a Comment