Pembahasan UN Bahasa Indonesia Paket II Kelas 9 SMP 2013/2014_4

 on Wednesday, April 2, 2014  

        4. Indikator UN  : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
     Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.

Soal                 :

Bacalah kutipan biografi tokoh berikut! 

Yohanes Surya lahir di Jakarta pada 6 November 1963. Ia mulai memperdalam fisika pada jurusan Fisika MIPA Universitas Indonesia hingga tahun 1986. Ia mengajar di SMAK I Penabur Jakarta hingga tahun 1988. Ia selanjutnya menempuh program master dan doktornya di College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat. Program masternya diselesaikan pada tahun 1990 dan program doktornya di tahun 1994 dengan predikat cumlaude. Setelah mendapatkan gelar Ph.D., Yohanes Surya menjadi Consultant of Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF (Continous Electron Beam Accelerator Facility) Virginia – Amerika Serikat (1994). Walaupun sudah punya Greencard (izin tinggal dan bekerja di Amerika Serikat), Yohanes Surya pulang ke Indonesia dengan tujuan ingin berbuat sesuatu untuk bangsanya. Beberapa tahun kemudian, ia dikenal pencetak juara olimpiade.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi  biografi tersebut adalah ….
A.      pencetak juara olimpiade
B.       meraih gelar doktor 1994
C.       mengajar di SMK Penabur
D.      Ia mahasiswa Fakultas MIPA UI

Kunci              : A


Pembahasan  : Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya.  Dalam hal ini, Yohanes Surya  sebagai pencetak juara olimpiade Fisika.
Pembahasan UN Bahasa Indonesia Paket II Kelas 9 SMP 2013/2014_4 4.5 5 han doko Wednesday, April 2, 2014         4.  Indikator UN  : Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan      Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat...


No comments:

Post a Comment