Pembahasan UN Bahasa Indonesia Paket II Kelas 9 SMP 2013/2014_5

 on Wednesday, April 2, 2014  

      5. Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
   Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan hal yang  dapat diteladani pada tokoh tersebut.
Soal                 :

Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!

Ali Sadikin (biasa disebut Bang Ali) lahir di Sumedang, Jawa Barat, 7 Juli 1927. Beliau meninggal di Singapura, 20 Mei 2008 pada umur 82 tahun. Ali Sadikin adalah seorang letnan jenderal KKO-AL (Korps Komando Angkatan Laut) yang ditunjuk oleh Presiden Soekarno menjadi Gubernur Jakarta pada tahun 1966. Ia dikenal sebagai gubernur yang tegas dan disiplin.

Salah satu usaha mencapai keadilan sosial adalah menciptakan kesempatan setiap warga memperoleh derajat pelayanan kesehatan yang layak. Sampai akhir masa jabatan sudah ada 243 Puskesmas.


Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ...
A.           taat dan tegas
B.            ramah dan taat
C.            sopan dan ramah
D.           tegas dan disiplin

Kunci              : D


Pembahasan  : Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat/perilaku baik yang layak ditiru. Di antara empat pilihan, hanya pilihan (D) yang merupakan teladan dan patut dicontoh. Seperti terdapat pada kalimat “Ia dikenal sebagai gubernur yang tegas dan disiplin.”
Pembahasan UN Bahasa Indonesia Paket II Kelas 9 SMP 2013/2014_5 4.5 5 Hand Wednesday, April 2, 2014       5.  Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan    Indikator Soal : Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat mene...


No comments:

Post a Comment