Input Device
Perangkat input
(masukan) merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima input berupa data
atau perintah yang akan diolah didalam komputer. Input tersebut dapat berupa
signal input atau dapat juga berupa maintenance input. Signal input berupa data
yang dimasukan kedalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa
progam yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukan.
1.
KEYBOARD
Keyboard merupakan unit input yang paling
penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file.
Pada dasarnya terdapat
beberapa jenis tombol keyboard komputer, yaitu :
Ø Typewriter Key :
Salah satu bagian dari
keyboard yang berisi huruf, angka, serta tanda baca.
Ø Numeric Key :
Numeric key merupakan
bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk
memasukan data berupa angka dan operasi perhitungan.
Ø Function Key :
Bagian dari keyboard
yang terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda beda tergantung dari
progam komputer yang digunakan. Tombol ini dapat dipergunakansebagai perintah
khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
Ø Special Key :
Tombol ini terdiri dari
tombol Ctrl, Shift, dan Alt, berguna untuk fungsi spesifik. Misalnya, tombol
Shift untuk mengetik huruf kapital.
Mouse merupakan salah satu media input yang sangat populer akhir akhir
ini. Pengertian mouse bisa diartikan dengan tikus, dimana dengan adanya mouse,
maka pointer (penunjuk monitor) dapat digerakan kemana saja berdasarkan arah
gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Mouse memiliki sensor untuk
mengetahui kemana arah yang dikehendaki oleh usernya. Sensor ini diantaranya
adalah melalui bola dan cahaya.
Untuk mouse yang memiliki sensor dengan menggunakan bola, jika kita
membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat dibelakang mouse, maka akan
terlihat 2 pengendali gerak didalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat
bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah
horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah) .
Ada 3 tipe dasar mouse :
Ø Mekanis : Memiliki bola karet
didalam sisi bawah mouse dan berotasi
dalam segala arah. Sensor mekanisnya mendeteksi gerakan bola lalu sensornya
mengirimkan signal unttuk menggerakan kursor pada layar.
Ø Opto Mekanis : sama seperti mouse
mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi
gerakan bola.
Ø Optik : Mouse ini menggunakan
laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED. Tidak ada bola mouse dan
gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakan diatas permukaan atau alas
tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.
3.
TOUCHPAD.
Touchpad adalah sebuah alat input yang
biasanya digunakan pada laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui
stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula
touchpad digunakan sebagi pengganti mouse. Pada saat jari user atau ujung pena
menyentuh beberapa titik pada pad, tekanan tersebut menyebabkan perubahan
karakteristik listrik bahan pada titik tersebut. Lokasi titik tersebut
dideteksi dan dikomunikasikan ke komputer. Dengan memindahkan jari pada pad,
pengguna dapat mengintruksikan sofware untuk memindahkan kursor pada layar
denga aarah yang sama.
4.
LIGHT PEN.
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan
untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen
memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian
direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik
setiap baris per detik.
5.
JOY STICK DAN GAMES PADDLE.
Alat ini biasa digunakan pada permainan
(games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle
biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
6.
BARCODE READER
Barcode termasuk dalam unit masukan (input
device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku.
7.
WEBCAM (SINGKATAN DARI WEB CAMERA)
Webcam adalah sebutan bagi kamera
real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses
atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi
video call.
8.
SCANNER.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan
ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam
harddisk ataupun floppy disk.
9. KAMERA DIGITAL.
Kamera digital merupakan
salah satu perangkat input yang sedang marak akhir akhir ini. Fungsi dari
kamera digital sama seperti fungsi kamera pada umumnya, yaitu untuk mengambil
gambar, merekam gambar diam atau bergerak menjadi bit bit data kedalam file
komputer dan menyimpannya dalam sebuah media. perbedaan kamera digital dgn
kamera biasa adalah di media penyimpannya. pada kamera digital, gambar disimpan
dalam bentuk format digital di sebuah media penyimpan digital (memory card).
10.
MIKROPON DAN HEADPHONE
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam
atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk
mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat
berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan
mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
11. GRAPHICS PADS
Graphics pads ini merupakan input masukan
untuk menggambar objek pada monitor, dengan teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat gambar grafik yang tajam.
12. CARD READER
Alat ini berfungsi untuk membaca file yang
tersimpan dalam memory card baik itu dari handphone atau kamera digital
kemudian dipindahkan keberbagai media lainnya.
No comments:
Post a Comment