PAKET - II
SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN FISIKA
TAHUN 2013/2014
Indikator SKL :
Menentukan besaran
pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta
Didik dapat menentukan besaran-besaran pokok yang digunakan untuk menurunkan
menjadi besaran turunan.
Soal:
1. Besaran
gaya diturunkan dari besaran pokok….
A. massa
dan panjang
B.
massa dan percepatan gravitasi
C.
massa, panjang dan waktu
D. jarak
dan percepatan gravitasi
Kunci: C
Pembahasan:
Besaran gaya
memiliki satuan: newton yang setara dengan kg m/s2. Satuan massa
adalah kg, m/s2 merupakan satuan dari besaran percepatan gravitasi, percepatan gravitasi
diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu. Jadi besaran gaya diturunkan
dari besaran pokok massa, panjang dan waktu
Indikator SKL :
Menentukan sifat-sifat
zat berdasarkan wujudnya atau penerapan
dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Soal :
Disajikan gambar
atau pernyataan, peserta didik dapt menyebutkan contoh penerapan perubahan
wujud sehari-hari
Soal:
2.
Perhatikan
gambar!
Perubahan wujud yang
dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dalam kehidupan sehari-hari, ditunjukkan
pada gambar nomor ….
A.
1. 2, dan 3
B.
2, 3, dan 4
C.
3 dan 1
D.
4 dan 2
Kunci : C
Pembahasan :
Gambar 1. Membuat es krim, kapur
barus adalah contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator SKL :
Menentukan konversi suhu pada termometer
Indikator Soal :
Peserta didik dapat
menentukan konversi suhu konversi suhu pada termometer.
Soal:
3. Pada suatu pengukuran suhu air menunjukkan 140 °F. Apabila
diukur menggunakan termometer Celcius , maka akan menunjukkan nilai ....
A.
21,6 °C
B.
60°C
C.
194,4°C
D.
252°C
Kunci: B
Pembahasan :
F = 140°F
C : …?
Jawab:
C = C/F x (F-32°)
= 5/9 x (140°-32°)
= 5/9 x 108°
= 60°C
Indikator SKL :
Menentukan besaran
kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Soal :
Melalui gambar, grafik, peserta
didik dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses
tertentu, jika parameter lain diketahui
Soal:
4.
Benda dipanaskan hingga melebur seperti pada
grafik.
Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgoC)
,kalor jenis air 4.200 J/(kgoC) ,dan kalor lebur es = 340.000 J/kg,
maka pada saat perubahan wujud
terjadi diperlukan kalor sebanyak …
A.
105 kJ C. 275 kJ
B.
2.10 kJ D. 170 kJ
Kunci: D
Pembahasan:
Q= m x l
= 0,5 kg x 340.000
J/kg
= 170.000J
= 170 kJ
Indikator SKL :
Menentukan jenis
gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menunjukkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
5. Perhatikan
gambar berikut!
Gerakan
yang dilakukan oleh buah apel tersebut adalah ....
A. gerak lurus beraturan
B. gerak lurus diperlambat
beraturan
C. gerak lurus tidak beraturan
D. gerak lurus dipercepat beraturan
Kunci: D
Pembahasan:
Benda
jatuh ke Bumi disebabkan adanya percepatan gravitasi bumi yang besarnya 9,8 m/s2. Dapat diartikan
setiap detiknya benda jatuh ke Bumi akan mendapat tambahan kecepatan sebesar
9,8 m/s.
Indikator SKL :
Menentukan besaran
fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Indikator Soal :
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya usaha, jika diketahui variabel
lain.
Soal:
6. Perhatikan
gambar!
Ani memindahkan benda dari lantai paling bawah
menuju lantai paling atas, jika percepatan gravitasi bumi di tempat tersebut 10
m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ani adalah sebesar ….
A. 150
joule
B. 450 joule
C. 1.500 joule
D.
4.500 joule
Kunci : B
Pembahasan :
Ep = m x g x h
= 30 kg x 10 m/s2 x 1,5 m
= 450 joule
Indikator SKL :
Menentukan penerapan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menentukan gaya minimal yang digunakan untuk mendorong benda pada bidang. miring.
Soal:
7.
Perhatikan gambar berikut!
Sebuah benda akan didorong ke atas melalui bidang miring seperti gambar.
Apabila gaya gesek pada bidang miring diabaikan,
maka besarnya gaya terkecil untuk mendorong benda tersebut adalah ….
A. 50 N
B. 200 N
C. 250 N
D. 1.250 N
Kunci : B
Pembahasan :
W = S =
500 N = 5 m
F
h F 2 m
F = 500 N x 2 m = 200 N
5 m
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
Indikator Soal :
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menentukan tekanan terbesar atau terkecil yang ditimbulkannya jika kedalaman
zat cair berbeda.
Soal:
8.
Perhatikan gambar berikut!
Hubungan tekanan
(P ) yang benar di titik-titik pada dasar bejana adalah…
a. P
di A > P di B > di C
b. P
di A< P di B < di C
c. P
di A = P di B = P di C
d. Pdi
A > P di B = P di C
Kunci : B
Pembahasan :
Tekanan di dalam zat cair makin ke
dalam makin besar, maka tekanan di titik C lebih besar daripada di titik B dan
tekanan di titik B lebih besar daripada di titik A.
Indikator SKL :
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Indikator Soal :
Disajikan gambar ayunan
atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan salah satu variabel,
jika variabel lain diketahui.
Soal:
9.
Perhatikan
gambar berikut!
Apabila waktu yang diperlukan untuk
bergetar dari A ke C = 2 sekon, maka periode
dan frekuensi getaran tersebut adalah....
a. 1 sekon, dan 0,5 Hz
b. 2 sekon, dan 50 Hz
c. 4 sekon, dan 0,5 Hz
d. 4 sekon, dan 0,25 m/s
Kunci :
D
Pembahasan :
Gerakan bolak-balik melalui titik setimbang disebut 1 getaran sempurna,
yaitu: A-B-C-B-A. Getaran A-C : ½
getaran dan waktunya : 2 s.
Waktu getaran 1/2 getaran = 2 detik, maka waktu 1 getaran penuh
(A-B-C-B-A) = 4 s
Periode getaran (T) adalah waktu
yang diperlukan setiap 1 getaran sempurna, yaitu: dari A-B-C-B-A = 4 s
Frekuensi getaran: jumlah getaran setiap sekon, atau kebalikan dari periode.
Jadi frekuensi= ¼ s = 0,25 Hz
Indikator SKL :
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal :
Peserta didik dapat menjelaskan penerapan bunyi dalam
kehidupan sehari-hari
Soal:
10.
Ketika
Ani menggetarkan penggaris plastik di atas meja, timbul getaran dengan periode
0,04 sekon. Jenis bunyi yang dihasilkan adalah,....
A.
|
infrasonik
|
B.
|
audiosonik
|
C.
|
ultrasonik
|
D.
|
supersonik
|
Kunci: B
Pembahasan:
Periode getaran (T) adalah waktu setiap satu getaran. Frekuensi
getaran (f) adalah jumlah getaran setiap satu satuan waktu. Jadi perioda
getaran berbanding terbalik dengan frekuensi getaran. Atau rumus: T= 1/f atau f
= 1/T.
T= 0,04 s, maka f = 1/0,04 s= 25
getaran, bias didengar oleh telinga manusia.
Jenis bunyi ditinjau dari
Frekuensi benda
bergetar yang bisa didengar bunyinya
oleh manusia memiliki
1. Infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang
dari 20 Hz, tidak bias didengar oleh telinga manusia tapi binatang tertentu
bias mendengarnya. Contoh: jengkerik, anjing dst.
2. Audiosonik adalah bunyi yang
memiliki frekuensi antara 20 sd
20.000 Hz Bunyi ini bisa didengar oleh
telinga manusia.
3. Ultrasonik
adalah bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20.000 Hz.Bunyi ini tidak bisa
didengar oleh telinga manusia. Binatang tertentu yang bias menangkap ultrasonic
antara lain kelelelawar.
Indikator SKL:
Menentukan sifat
cahaya, besaran besaran yang berhubungan denga cermin/lensa atau penerapan a optik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Disajikan gambar/stimulus, siswa dapat
menghitung salah satu besaran fisika
pada cermin jika
data yang diperlukan diketahui
Soal:
11. Sebuah benda terletak di depan cermin
seperti gambar.
Perbesaran dan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin tersebut adalah ....
A. 2 kali, maya terbalik
B. 3 kali, nyata terbalik
C. 4 kali, nyata terbalik
D. 6 kali, maya tegak
Kunci : B
Pembahasan.
Perbesaran bayangan = jarak
bayangan : jarak benda.
Jarak bayangan siadalah
...
Sifat bayangan diperbesar, dan
karena jarak bayangannya bernilai positif, bayangannya nyata.Bayangan nyata
pasti terbalik.
Indikator SKL:
Menjelaskan gejala listrik
statis dalam penerapan kehidupa sehari-hari
Indikator soal :
Siswa dapat
menentukan induksi listrik terhadap elektroscop
melalui gambar sebagai pilihan jawaban
Soal:
12.Gambar berikut ini yang
menunjukkan kedudukan daun elektroskop yang diberi muatan listrik secara
induksi adalah ....
Kunci : C
Pembahasan.
Jika sebuah elektroskop
didekatkan dengan berlawanan bermuatan, maka kepala elektroskop akan bermuatan
berbeda dengan muatan benda yang mendekatinya dan pada daun elektroskop akan
bermuatan yang sejenis dengan muatan benda yang mendekati sehingga daun
elektroskop membuka
Indikator SKL:
Menentukan besaran-besaran listrik
dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff)
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Disajikan gambar
rangkaian beberapa penghambat secara paralel-seri yang diketahui hambatannya masing-masing, siswa
dapat menentukan kuat arus pada titik
cabang atau pada salah satu cabang jika
ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
Soal:
13. Perhatikan rangkaian listrik berikut!
Kuat arus ( I)
yang mengalir sebesar ....
A.
0,5 A
B.
2,0 A
C.
2,4 A
D.
4,0 A
Kunci :B
Pembahasan.
Hambatan pengganti rangkaian
paralel adalah :
Kuat arus yang mengalir adalah :
Indikator SKL:
Menentukan besaran energi atau daya listrik dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator soal:
Siswa
dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis
alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
Soal:
14. Dalam sebuah rumah terdapat 6 lampu 40
watt, 3 lampu 60 watt dan sebuah TV 60 watt. Setiap hari dinyalakan 8 jam.jika
harga 1 Kwh Rp 250. Maka biaya yang harus dibayar selama 1 bulan ( 30 ) hari ….
A. Rp. 28800
B. Rp. 32000
C. Rp. 48000
D. Rp. 82800
Kunci :A
Pembahasan
Jumlah energi yang digunakan dalam 1
hari 6 x 40 w x 8 h = 1920 wh
3 x 60 w x 8 h = 1440 wh
1 x 60 w x 8 h = 480 wh
_______________________
3840 wh = 3,84 Kwh
Jumlah energi dalam 1 bulan = 3,84 Kwh x 30
= 115,2 Kwh
Biaya yang harus dibayar = 115,2 x Rp. 250 =
Rp. 28800
Indikator SKL:
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan
kutub-kutub yang dihasilkan
Indikator soal:
Disajikan gambar
pembuatan magnet dengan cara
menggosok siswa dapat
menentukan kutub-kutub magnet yang
dihasilkan dan sifatnya
Soal:
15. Perhatikan gambar !
Batang besi akan dibuat menjadi magnet
dengan cara seperti gambar.
Kutub-kutub magnet yang terjadi dan
sifat magnet yang terbentuk adalah ...
A. A = kutub utara, B = kutub
selatan, sementara
B. A =
kutub selatan, B = kutub utara, permanen
C. A =
kutub utara, B = kutub selatan, permanen
D. A = kutub selatan, B = kutub utara, sementara
Kunci:
D
Pembahasan
Pada
pembuatan magnet dengan cara menggosok, kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah
bagian yang pertama kena gosokan magnet memiliki kutub yang sama dengan kutub
yang menggosoknya dengan demikian A menjadi kutub selatan dan B menjadi kutub
utara dan bersifat sementara
Indikator SKL:
Menjelaskan
peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator.
Indikator soal:
Siswa dapat
menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
Soal:
16. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Jarak antar lilitan diperbesar
2. Diameter kawat diperbesar
3. Medan magnet diperkuat
4. Gerak magnet dipercepat
Untuk memperbesar ggl induksi dapat
dilakukan sesuai pernyataan nomor ....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
3 dan 4
Kunci
: D
Pembahasan
Faktor-faktor yang mempengaruhi GGL
induksi adalah :
1. Jumlah
lilitan, semakin banyak lilitannya maka GGL induksi semakin besar dan
sebaliknya semakin sedikit lilitannya maka GGL induksi semakin kecil
2. Kecepatan
gerak magnet, semakin cepat gerak magnet
GGL semakin besar dan sebaliknya
3. Kekuatan
gaya magnet, semakin kuat gaya magnet, GGL induksi semakin besar dan sebaliknya
Indikator SKL:
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bulan
terhadap matahari
Indikator
soal:
Disajikan
bebrapa pernyataan, siswa dapat
menentukan ciri-ciri meteor.
Soal:
17. Perhatikan sifat benda langit berikut!
1. Lintasannya sangat
lonjong.
2. Lintasannya berada
diantara planet Mars dan Yupiter
3. Dilihat dari bumi tampak
seperti bintang berpindah.
4. Ketika memasuki atmosfer
bumi terbakar dan berpijar
Sifat yang dimiliki meteor
ditunjukkan oleh sifat nomor.........
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
3 dan 4
Kunci :D
Pembahasan.
Meteor adalah benda langit yang
bergerak berterbangan tidak beraturan. Benda- benda tersebut mungkin berasal
dari serpihan asteroid, serpihan ekor komet atau pecahan benda-benda langit
lain. Karena mendapat pengaruh gaya gravitasi bumi, serpihan-serpihan benda
langit tersebut bergerak melesat ke arah bumi dan terbakar karena gesekan
dengan atmosfer. Timbullah nyala terlihat seperti bintang beralih.
Indikator SKL:
Mendeskripsikan atom, ion dan molekul serta
hubungannya dengan produk kimia sehari
hari
Indikator
soal:
Diberikan suatu data tentang kandungan kimia suatu bahan,
siswa dapat menentukan atom, ion atau molekul
Soal:
18. Cairan aki merupakan larutan asam
sulfat (). Berarti dilarutan tersebut
terdapat ion......
A.
+
B.
H +
C.
+
D.
+ +
Kunci : c
Pembahasan :
Pada
cairan aki atau asam sulfat terdapat satu ion positif H dan 2 ion negatif
Kunci : A
Indikator SKL:
Mendeskripsikan larutan
asam, basa atau garan
Indikator soal:
Diberikan
suatu data sifat-sifat atau ciri-ciri suatu zat, dapat menentukan zat yang
tergolong basa.
Soal:
19. larutan zat memiliki ciri-ciri sebagai
berikut :
1. Berasa pahit
2. Memiliki pH lebih dari 7
3. Mengubah warna kunyit menjadi kuning
terang
4. Mengubah lakmus merah menjadi biru
Ciri-ciri basa adalah ....
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 3 dan 4
C.
2, 3 dan 4
D.
1, 2 dan 4
Kunci : D
Pembahasan :
Ciri – ciri
larutan basa adalah
v
rasa pahit
v
dapat menghantarkan listrik
v
mengubah lakmus merah menjadi biru
v
pH nya lebih dari 7
Indikator SKL:
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus kimia
Indikator
soal:
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa dapat
membedakan cirri senyawa dan campuran
Soal:
20. Berikut adalah sifat – sifat
zat:
1. Berupa zat tunggal yang terdiri dari
beberapa atom tidak sejenis.
2. Sifat zat asalnya tidak berubah
setelah disatukan
3. Dapat diuraikan menjadi zat berbeda
dengan cara fisika
4. Unsur pembentuknya memiliki
perbandingan yang tetap.
Ciri senyawa dan campuran
secara berturut-turut ditunjukkan oleh sifat nomor....
A.
1, 2 dan 3, 4
B.
1, 4 dan 2, 3
C.
2, 3 dan 1, 4
D.
3, 4 dan 1, 2
Kunci : B
Pembahasan :
Senyawa
merupakan zat tunggal yang terdiri dari beberapa atom yang tidak sejenis, unsur pembentuknya memiliki perbandingan
tetap dan sifat senyawa
Campuran
merupakan suatu zat yang tersusun dari beberapa zat dan masing-masing zat masih
membawa sifat aslinya
Indikator SKL:
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika
zat tertentu serta perubahannya.
Indikator Soal:
Siswa dapat
memberikan contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
21. Perhatikan peristiwa
sehari-hari berikut!
1. Ibu Ani pandai sekali membuat ketupat
dari beras ketan
2. Ketika Ani memasak nasi,
karena kebanyakan air, maka nasi itupun
menjadi bubur
3. Daun-daun yang tadinya
subur, setelah musim kemarau menjadi kering dan
berguguran
4.Karena ada
pemadaman listrik dari PLN, maka es cream
di dalam kulkas
mencair
Perubahan fisika, dapat ditunjukkan pada
pernyataan nomor ….
A.
1, 2, 3, dan 4
B.
2, 3, dan 4
C.
3 dan 4
D.
4 saja
Kunci: D
Pembahasan:
·
Perubahan fisika
adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat yang jenisnya baru
Contoh: es cream
itupun menjadi cair
§
Perubahan kimia adalah
perubahan yang menghasilkan zat yang
jenisnya baru
Contoh:
Ø
Perubahan ketupat dari
beras ketan
Ø
Nasi menjadi bubur
Ø
Daun-daun mongering
sehingga menjadi kuning
No comments:
Post a Comment