Prediksi dan Pembahasan UN Fisika SMP IPA TA 2013/2014

 on Monday, May 5, 2014  

PAKET - II
SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA PELAJARAN FISIKA
TAHUN 2013/2014

Indikator SKL   :
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dansatuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal    :
Peserta Didik dapat menentukan besaran-besaran pokok yang digunakan untuk menurunkan menjadi besaran turunan.
Soal:
1.      Besaran gaya diturunkan dari besaran pokok….
A.       massa dan panjang
B.        massa dan percepatan gravitasi
C.        massa, panjang dan waktu
D.       jarak dan percepatan gravitasi

Kunci: C
Pembahasan:
Besaran gaya memiliki satuan: newton yang setara dengan kg m/s2. Satuan massa adalah kg, m/s2 merupakan satuan dari besaran  percepatan gravitasi, percepatan gravitasi diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu. Jadi besaran gaya diturunkan dari besaran pokok massa, panjang dan waktu

Indikator SKL   :
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Soal    :
Disajikan gambar atau pernyataan, peserta didik dapt menyebutkan contoh penerapan perubahan wujud sehari-hari


Soal:
2.      Perhatikan gambar!

Perubahan wujud yang dimanfaatkan untuk kepentingan manusia dalam kehidupan sehari-hari, ditunjukkan pada gambar nomor ….
A.   1. 2,  dan 3
B.   2, 3,  dan 4
C.   3 dan 1
D.   4 dan 2

Kunci             : C
Pembahasan  :
Gambar 1. Membuat es krim, kapur barus adalah contoh pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator SKL   :
Menentukan konversi suhu pada termometer
Indikator Soal   :
Peserta didik dapat menentukan konversi suhu konversi suhu pada termometer.
Soal:
3.      Pada suatu pengukuran suhu air menunjukkan 140 °F.  Apabila diukur menggunakan termometer Celcius , maka akan menunjukkan nilai  ....
A.         21,6 °C
B.          60°C
C.        194,4°C
D.       252°C

Kunci: B

Pembahasan :
F = 140°F
C : …?
Jawab:
C = C/F x (F-32°)
= 5/9 x (140°-32°)
= 5/9 x 108°
= 60°C


Indikator SKL   :
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal    :
Melalui gambar, grafik, peserta didik dapat menentukan jumlah kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu,  jika parameter lain diketahui


Soal:
4.         Benda dipanaskan hingga melebur seperti pada grafik.

Jika kalor jenis es = 2.100 J/(kgoC) ,kalor jenis air 4.200 J/(kgoC) ,dan kalor lebur es = 340.000 J/kg, maka pada saat perubahan wujud terjadi diperlukan kalor sebanyak
A.    105 kJ                               C. 275 kJ            
B.     2.10  kJ                            D. 170 kJ            

Kunci:  D
Pembahasan:
Q= m x l
   = 0,5 kg x 340.000 J/kg
   = 170.000J
   = 170 kJ

Indikator SKL   :
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal    :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari



Soal:
5.      Perhatikan gambar berikut! 

  
Gerakan yang dilakukan oleh buah apel tersebut adalah ....
A.    gerak lurus beraturan
B.     gerak lurus diperlambat beraturan
C.     gerak lurus tidak beraturan
D.    gerak lurus dipercepat beraturan

Kunci: D
      Pembahasan:
      Benda jatuh ke Bumi disebabkan adanya percepatan gravitasi bumi yang  besarnya 9,8 m/s2. Dapat diartikan setiap detiknya benda jatuh ke Bumi akan mendapat tambahan kecepatan sebesar 9,8 m/s.

Indikator SKL   :
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
Indikator Soal    :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya usaha, jika diketahui variabel lain.


Soal:
6.   Perhatikan gambar!

Ani memindahkan benda dari lantai paling bawah menuju lantai paling atas, jika percepatan gravitasi bumi di tempat tersebut 10 m/s2, maka usaha yang dilakukan oleh Ani adalah sebesar ….
A.       150 joule
B.      450  joule
C.   1.500 joule
D.   4.500 joule

Kunci             : B
Pembahasan                :
Ep        = m x g x h
            =  30 kg x 10 m/s2 x 1,5 m
            = 450 joule
Indikator SKL   :
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal    :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gaya minimal yang digunakan untuk mendorong benda pada  bidang. miring.
Soal:
7.    Perhatikan gambar berikut!


Sebuah benda akan didorong ke atas melalui bidang miring seperti gambar. Apabila gaya gesek pada bidang miring diabaikan, maka besarnya gaya terkecil untuk mendorong benda tersebut adalah ….
A.         50 N                      
B.       200 N
C.      250 N
D.   1.250 N                      

Kunci              : B
Pembahasan    :
W = S = 500 N = 5 m
 F     h      F          2 m

F =  500 N x 2 m  =  200 N
            5 m

Indikator SKL   :
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
Indikator Soal    :
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tekanan terbesar atau terkecil yang ditimbulkannya jika kedalaman zat cair berbeda.
Soal:
8.         Perhatikan gambar berikut!


Hubungan  tekanan (P ) yang benar di titik-titik pada dasar bejana adalah…
a.       P di A > P di B  > di C
b.      P di A< P di B  <  di C
c.       P di A = P di B = P di C
d.      Pdi A  > P di B = P di C

Kunci             : B
Pembahasan  :
Tekanan di dalam zat cair makin ke dalam makin besar, maka tekanan di titik C lebih besar daripada di titik B dan tekanan di titik B lebih besar daripada di titik A.

Indikator SKL   :
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
Indikator Soal    :
Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta  didik dapat menentukan salah satu variabel, jika variabel lain diketahui.
Soal:
9.      Perhatikan gambar berikut!

Apabila waktu yang diperlukan untuk bergetar dari A ke C = 2 sekon, maka periode  dan frekuensi getaran tersebut  adalah....
a.       1 sekon, dan 0,5 Hz
b.      2 sekon, dan 50  Hz
c.       4 sekon, dan 0,5 Hz
d.      4 sekon, dan 0,25 m/s


Kunci             : D
Pembahasan              :
Gerakan bolak-balik melalui titik setimbang disebut 1 getaran sempurna, yaitu: A-B-C-B-A. Getaran  A-C : ½ getaran dan waktunya : 2 s.
Waktu getaran 1/2 getaran = 2 detik, maka waktu 1 getaran penuh (A-B-C-B-A) = 4 s
Periode getaran (T)  adalah waktu yang diperlukan setiap 1 getaran sempurna, yaitu: dari A-B-C-B-A = 4 s
Frekuensi getaran: jumlah getaran setiap sekon, atau kebalikan dari periode.
Jadi frekuensi= ¼ s = 0,25 Hz

Indikator SKL           :
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator Soal    :
Peserta didik dapat menjelaskan penerapan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
10.        Ketika Ani menggetarkan penggaris plastik di atas meja, timbul getaran dengan periode 0,04 sekon. Jenis bunyi yang dihasilkan adalah,....

A.
infrasonik

B.
  audiosonik

C.
ultrasonik

D.
supersonik

Kunci: B                                                                                                                              
Pembahasan:
Periode getaran  (T) adalah waktu setiap satu getaran. Frekuensi getaran (f) adalah jumlah getaran setiap satu satuan waktu. Jadi perioda getaran berbanding terbalik dengan frekuensi getaran. Atau rumus: T= 1/f atau f = 1/T.
T= 0,04 s, maka f = 1/0,04 s= 25 getaran, bias didengar oleh telinga manusia.
Jenis bunyi ditinjau dari

Frekuensi benda bergetar  yang bisa didengar bunyinya oleh manusia memiliki
1.      Infrasonik  adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz, tidak bias didengar oleh telinga manusia tapi binatang tertentu bias mendengarnya. Contoh: jengkerik, anjing dst.
2.      Audiosonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi  antara 20 sd 20.000 Hz  Bunyi ini bisa didengar oleh telinga manusia.
3.      Ultrasonik adalah  bunyi yang memiliki frekuensi   lebih dari 20.000 Hz.Bunyi ini tidak bisa didengar oleh telinga manusia. Binatang tertentu yang bias menangkap ultrasonic antara lain kelelelawar.

Indikator SKL:
 Menentukan sifat cahaya, besaran besaran yang berhubungan denga cermin/lensa atau penerapan a  optik dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Disajikan gambar/stimulus, siswa dapat menghitung salah satu  besaran fisika
 pada cermin  jika data yang diperlukan diketahui
Soal:
11. Sebuah benda terletak di depan cermin seperti gambar.

Perbesaran dan sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin tersebut adalah ....
A. 2 kali, maya terbalik
B. 3 kali, nyata terbalik
C. 4 kali, nyata terbalik
D. 6 kali, maya tegak

Kunci : B
Pembahasan.
Perbesaran bayangan = jarak bayangan : jarak benda.
Jarak bayangan siadalah ...

Sifat bayangan diperbesar, dan karena jarak bayangannya bernilai positif, bayangannya nyata.Bayangan nyata pasti terbalik.

Indikator SKL:
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupa  sehari-hari
Indikator soal :
Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroscop  melalui gambar sebagai pilihan jawaban
Soal:
12.Gambar berikut ini yang menunjukkan kedudukan daun elektroskop yang diberi muatan listrik secara induksi adalah ....


Kunci : C
Pembahasan.                       
Jika sebuah elektroskop didekatkan dengan berlawanan bermuatan, maka kepala elektroskop akan bermuatan berbeda dengan muatan benda yang mendekatinya dan pada daun elektroskop akan bermuatan yang sejenis dengan muatan benda yang mendekati sehingga daun elektroskop membuka


Indikator SKL:
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu  rangkaian   (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Indikator soal:
Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara paralel-seri  yang diketahui hambatannya masing-masing, siswa  dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah  satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan  diketahui.
Soal:
13. Perhatikan rangkaian listrik berikut!

Kuat arus ( I) yang mengalir sebesar ....    
A.                  0,5 A
B.                   2,0 A
C.                   2,4 A
D.                  4,0 A

Kunci :B
Pembahasan.
Hambatan pengganti rangkaian paralel adalah :


Kuat arus yang mengalir  adalah :



Indikator SKL:  
Menentukan besaran energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari                                       
Indikator soal:
Siswa dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening  listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
Soal:
    14. Dalam sebuah rumah terdapat 6 lampu 40 watt, 3 lampu 60 watt dan sebuah TV 60 watt. Setiap hari dinyalakan 8 jam.jika harga 1 Kwh Rp 250. Maka biaya yang harus dibayar selama 1 bulan ( 30 ) hari ….
      A. Rp. 28800
      B. Rp. 32000
      C. Rp. 48000
     D. Rp. 82800

      Kunci :A
     Pembahasan
     Jumlah energi yang digunakan dalam 1 hari   6 x 40 w x 8 h = 1920 wh
                                                                                 3 x 60 w x 8 h = 1440 wh
                                                                                  1 x 60 w x 8 h =   480 wh
                                                                                _______________________
                                                                                          3840 wh = 3,84 Kwh
   Jumlah energi dalam 1 bulan = 3,84 Kwh x 30 = 115,2  Kwh
   Biaya yang harus dibayar = 115,2 x Rp. 250 = Rp. 28800

   
Indikator SKL:
 Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan                             
Indikator soal: 
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan  cara menggosok  siswa  dapat  menentukan kutub-kutub  magnet yang dihasilkan dan sifatnya


Soal:
15. Perhatikan gambar  !
         Batang besi akan dibuat menjadi magnet dengan cara seperti gambar.
                  

         Kutub-kutub magnet yang terjadi dan sifat magnet yang terbentuk adalah ...
               A. A = kutub utara, B = kutub selatan, sementara
               B. A = kutub selatan, B = kutub utara, permanen
  C. A = kutub utara, B = kutub selatan, permanen
               D. A = kutub selatan, B = kutub utara, sementara
Kunci: D
Pembahasan
Pada pembuatan magnet dengan cara menggosok, kutub-kutub magnet yang terbentuk adalah bagian yang pertama kena gosokan magnet memiliki kutub yang sama dengan kutub yang menggosoknya dengan demikian A menjadi kutub selatan dan B menjadi kutub utara dan bersifat sementara

Indikator SKL:
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada   transformator.
Indikator soal: 
Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
Soal:
16. Perhatikan pernyataan berikut!
      1. Jarak antar lilitan diperbesar
      2. Diameter kawat diperbesar
      3. Medan magnet diperkuat
      4. Gerak magnet dipercepat
       Untuk memperbesar ggl induksi dapat dilakukan sesuai pernyataan nomor ....
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.    3 dan 4

Kunci : D
Pembahasan
Faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi adalah :
1.   Jumlah lilitan, semakin banyak lilitannya maka GGL induksi semakin besar dan sebaliknya semakin sedikit lilitannya maka GGL induksi semakin kecil
2.   Kecepatan gerak magnet, semakin cepat gerak magnet  GGL semakin besar dan sebaliknya
3.   Kekuatan gaya magnet, semakin kuat gaya magnet, GGL induksi semakin besar dan sebaliknya

Indikator SKL: 
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bulan terhadap matahari
  Indikator soal: 
  Disajikan bebrapa pernyataan,  siswa dapat menentukan ciri-ciri meteor.
Soal:
17. Perhatikan sifat benda langit berikut!
       1. Lintasannya sangat lonjong.
       2. Lintasannya berada diantara planet Mars dan Yupiter
       3. Dilihat dari bumi tampak seperti bintang berpindah.
       4. Ketika memasuki atmosfer bumi terbakar dan berpijar

       Sifat yang dimiliki meteor ditunjukkan oleh sifat nomor.........
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.    3 dan 4


Kunci :D
Pembahasan.
Meteor adalah benda langit yang bergerak berterbangan tidak beraturan. Benda- benda tersebut mungkin berasal dari serpihan asteroid, serpihan ekor komet atau pecahan benda-benda langit lain. Karena mendapat pengaruh gaya gravitasi bumi, serpihan-serpihan benda langit tersebut bergerak melesat ke arah bumi dan terbakar karena gesekan dengan atmosfer. Timbullah nyala terlihat seperti bintang beralih.

Indikator SKL:  
Mendeskripsikan atom, ion dan molekul serta hubungannya  dengan produk kimia sehari hari
Indikator soal: 
Diberikan suatu data tentang kandungan kimia suatu bahan, siswa dapat menentukan atom, ion atau molekul
Soal:
18. Cairan aki merupakan larutan asam sulfat (). Berarti dilarutan tersebut
     terdapat ion......
A.          +
B.         H  + 
C.          +
D.          +   +

Kunci : c
Pembahasan :
Pada cairan aki atau asam sulfat terdapat satu ion positif H  dan 2 ion negatif
               Kunci : A

Indikator SKL:  
Mendeskripsikan larutan asam,  basa atau garan
 Indikator soal:  
Diberikan suatu data sifat-sifat atau ciri-ciri suatu zat, dapat menentukan zat yang tergolong basa.
Soal:
 19. larutan zat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
        1. Berasa pahit
        2. Memiliki pH lebih dari 7
        3. Mengubah warna kunyit menjadi kuning terang
        4. Mengubah lakmus merah menjadi biru
        Ciri-ciri basa adalah ....
A.    1, 2 dan 3
B.     1, 3 dan 4
C.     2, 3 dan 4
D.    1, 2 dan 4

Kunci : D
Pembahasan :
Ciri – ciri larutan basa adalah
v  rasa pahit
v  dapat menghantarkan listrik
v  mengubah lakmus merah menjadi biru
v  pH nya lebih dari 7

Indikator SKL: 
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran termasuk rumus  kimia
 Indikator soal: 
Disajikan beberapa pernyataan,  siswa dapat membedakan cirri senyawa dan campuran  
Soal:                        
20. Berikut adalah sifat – sifat zat:
      1. Berupa zat tunggal yang terdiri dari beberapa atom tidak sejenis.
      2. Sifat zat asalnya tidak berubah setelah disatukan
      3. Dapat diuraikan menjadi zat berbeda dengan cara fisika
      4. Unsur pembentuknya memiliki perbandingan yang tetap.
      Ciri senyawa dan campuran secara berturut-turut ditunjukkan oleh sifat nomor....
A.                1, 2 dan 3, 4
B.                 1, 4 dan 2, 3
C.                 2, 3 dan 1, 4
D.                3, 4 dan 1, 2
Kunci : B
Pembahasan :
Senyawa merupakan zat tunggal yang terdiri dari beberapa atom yang tidak sejenis,  unsur pembentuknya memiliki perbandingan tetap dan sifat senyawa
Campuran merupakan suatu zat yang tersusun dari beberapa zat dan masing-masing zat masih membawa sifat aslinya

Indikator SKL:  
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu  serta  perubahannya.
Indikator Soal:
Siswa dapat memberikan contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari
Soal:
21. Perhatikan peristiwa sehari-hari berikut!
      1. Ibu Ani pandai sekali membuat ketupat dari beras ketan
2. Ketika Ani memasak nasi, karena kebanyakan  air, maka nasi itupun menjadi bubur
3. Daun-daun yang tadinya subur, setelah musim kemarau menjadi kering dan
    berguguran
 4.Karena ada pemadaman listrik dari PLN, maka es cream  di dalam kulkas
    mencair
         Perubahan fisika, dapat ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
A.    1, 2, 3, dan 4
B.     2,  3, dan 4
C.     3 dan 4
D.    4 saja
                 
Kunci: D
Pembahasan:
·      Perubahan fisika adalah perubahan yang tidak menghasilkan zat yang jenisnya baru
    Contoh: es cream itupun menjadi cair
§  Perubahan kimia adalah perubahan yang  menghasilkan zat yang jenisnya  baru
Contoh:
Ø  Perubahan ketupat dari beras ketan
Ø  Nasi menjadi bubur
Ø  Daun-daun mongering sehingga menjadi kuning
Prediksi dan Pembahasan UN Fisika SMP IPA TA 2013/2014 4.5 5 Hand Monday, May 5, 2014 PAKET - II SOAL PENGAYAAN UJIAN NASIONAL MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN 2013/2014 Indikator SKL    : Menentukan besaran pokok, b...


No comments:

Post a Comment