PENJABARAN SKL KE DALAM KISI-KISI SOAL IPA-BIOLOGI
N0
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
|
INDIKATOR SKL
|
MATERI
|
PREDIKSI INDIKATOR SOAL UN 2014
|
No Butir Soal
|
9
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
|
22. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi
tubuh manusia dan lingkungannya.
|
Bahan kimia dan dampaknya
·
Bahan kimia
makanan
·
Bahan kimia RT
|
·
Disajikan beberap
bahan kimia makanan, peserta didik dapat dapat mengidentifikasi bahan pemanis
sesuai pernyataan tersebut
·
Disajikan pernyataan tentang komposisi bahan kimia yang
terdapat pada produk makanan peserta didik dapat mengidentifikasi bahan kimia
sintetis yang terdapat pada produk tersebut
·
Disajikan pernyataan tentang kotoran tertentu yang
melekat pada pakaian, peserta didik
dapat menjelaskan cara menghilangkan kotoran tersebut dengan menggunakan
bahan kimia rumah tangga tertentu
|
22
|
23. Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya
bagitubuh manusia
|
·
Zat adiktif/
Psikotropika
·
Jenis dan
Pengaruh fisik/fisiologi/psikis
·
Golongan
psikotropika
·
Usaha menghindari
dari narkoba
|
·
Disajikan beberapa pernyataan yang berhubungan dengan
akibat mengkonsumsi narkotika, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh
fisiologi akibat mengkonsumsi zat narkotika tertentu
·
Disajikan beberapa pernyataan yang berhubungan dengan
perilaku dan narkoba, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku
mengindar dari narkoba yang tepat
·
Peserta didik dapat memberi contoh golongan
zat adiktif
|
23
|
||
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk
hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
24. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
|
·
Ciri-ciri makhluk
hidup
|
·
Peserta didik
dapat memberikan salah satu contoh ciri makhluk hidup
·
Disajikan gambar
yang menunjukkan ciri makhluk hidup, peserta didik dapat mengidentifikasi
jenis ciri makhluk hidup tersebut
·
Disajikan
gambar makhluk hidup yang memiliki ciri tertentu, peserta didik dapat
menentukan ciri makhluk hidup sesuai dengan ciri yang ditunjukkan oleh gambar
|
24
|
25. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
·
Pengelompokkan makhluk hidup:
·
Kingdom plantae (lumut, tumbuhan paku, tumbuhan
biji)
·
Kingdom animalia (avertebrata dan vertebrata)
|
·
Disajikan
beberapa gambar hewan, peserta didik dapat menentukan kelompok hewan berdasar
ciri/kekerabatan yang dimiliki
·
Disajikan
beberapa gambar tanaman, peserta didik dapat mengelompokkan tanaman tersebut
berdasarkan ciri yang dimilikinya
·
Disajikan beberapa gambar tanaman, peserta didik dapat
mengelompokkan berdasar kedekatan ciri yang dimiliki
|
25
|
||
11
|
Mendeskripsikan komponen ekosistem, interaksi antar
makhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
26. Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
·
Interaksi makhluk
hidup dalam ekosistem
·
Rantai makanan
·
Jaring makanan
|
·
Disajikan gambar
jaring makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang menduduki
konsumen tertentu
·
Disajikan gambar
jaring makanan peserta didik dapat menentukan hewan yang menduduki konsumen
tingkat tertentu
·
Disajikan
gambar tentang rantai makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup
yang menduduki tingkat trofik tertentu
|
26
|
27. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
·
Pencemaran dan
kerusakan lingkungan serta usaha mengatasinya
|
·
Disajikan gambar
kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk mencegah
kerusakan yang lebih parah
·
Diasajikan gambar
kerusakan suatu lahan tertentu peserta didik dapat menjelaskan usaha yang
tepat untukm menghindari kerusakan/kerugian yang lebih besar
·
Disajikan
pernyataan tentang dampak bahan tertentu yang mengakibatkan kerusakan
lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk mengurangi dampak
kerusakan yang lebih besar
|
27
|
||
28. Menjelaskan hubungan antara kepadatan
populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/
kasus.
|
Kepadatan penduduk dan kualitas lingkungan
|
·
Disajikan
data berupa gambar histogram/grafik tentang pertumbuhan penduduk, peserta
didik dapat memprediksi kualitas lingkungan dari pertumbuhan penduduk
tersebut.
·
Disajikan data dalam bentuk histogram/grafik tentang pertumbuhan penduduk
dan luas daerah di beberapa daerah, peserta didik dapat memprediksi daerah
yang memiliki resiko kualitas lingkungan paling buruk
·
Disajikan
data berupa histogram/grafik tentang kepadatan penduduk di beberapa daerah,
peserta didik dapat memprediksikan daerah yang memiliki tingkat kebutuhan air
bersih paling sedikit
|
28
|
||
12
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
29. Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
·
Sistem Peredaran Darah:
·
Peredaran darah
·
Penyakit sistem peredaran darah
|
·
Disajikan beberapa nama penyakit yang berhubungan
dengan sistem peredaran darah, peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit
yang berhubungan dengan pembuluh darah
·
Disajikan gambar peredaran darah pada
manusia, peserta didik dapat menentukan urutan proses peredaran darah
besar/kecil
·
Peserta
didik dapat menyebutkan pembuluh arteri yang banyak mengandung karbondioksida
|
29
|
30. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
berperan pada proses pencernaan.
|
· Sistem
Pencernaan
·
Alat pencernaan
·
Enzim pencernaan
|
·
Disajikan gambar
sistem pencernaan, peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada
bagian yang ditunjuk
·
Peserta didik
dapat menjelaskan bagian pencernaan yang berperan menghasilkan kelenjar
tertentu
·
Disajikan
contoh gejala/ciri penyakit/infeksi yang menyerang pada sistem pencernaan,
peserta didik dapat menyebutkan bagian yang mengalami infeksi pada sistem
pencernaan sesuai dengan ciri tersebut
|
30
|
||
31. Menjelaskan system pernapasan pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
· System
pernapasan pada manusia
·
Alat pernapasan
·
Mekanisme pernapasan
·
penyakit
|
· Disajikan
gambar alat pernapasan, siswa dapat
menentukan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan
· Disajikan data
mekanisme pernapasan, siswa dapat menentukan mekanisme pernapasan dada/perut
· siswa dapat
menentukan penyakit
pada system organ pernapasan
|
31
|
||
· Sistem gerak pada manusia
·
Rangka
·
Sendi
·
Otot
·
penyakit
|
· Disajikan gambar tentang kelainan pada
tulang, siswa dapat menjelaskan
penyebab terjadinya kelainan tersebut.
· Siswa dapat menentukan penyakit
yang berhubungan dengan tulang.
· Disajikan gambar salah satu jenis otot, siswa
dapat menentukan jenis otot tersebut.
|
32.
|
|||
33. Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada
manusia/ penyakit yang berhubungan
dengannya. |
·
Sistem ekskresi dan Sistem reproduksi pada
manusia
|
· Disajikan
gambar alat reproduksi wanita,
siswa dapat menentukan salah satu fungsi bagian alat reproduksi tersebut
·
Disajikan gambar alat reproduksi pria, siswa dapat menentukan salah satu fungsi bagian alat reproduksi yang
ditunjuk
· Disajikan
gambar alat ekskresi pada manusia, siswa dapat menentkan salah satu fungsi
bagian yang ditunjuk
|
33.
|
||
34. Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada
manusia.
|
· System
saraf pada manusia
· Alat
indera
|
· Disajikan gambar alat
indra, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang
ditunjuk
· Disajikan
gambar organ mata, siswa dapat
menentukan fungsi bagian yang di tunjuk
· Disajikan gambar system saraf, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian
yang ditunjuk
|
34.
|
||
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
|
35. Menjelaskan struktur dan fungsi
jaringan/organ pada tumbuhan.
|
· struktur dan fungsi jaringan/organ pada
tumbuhan
|
· Disajikan gambar penampang melintang salah
satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
· Siswa dapat menentukan organ
tumbuhan yang mengalami modifikasi menjadi organ lain
· Disajikan gambar penampang melintang salah
satu organ pada tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang
ditunjuk.
|
35.
|
36. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap
pengaruh lingkungan luar.
|
· respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar
|
· Siswa dapat menentukan bentuk respon yang
dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh rangsang
dari lingkungan luar
· Siswa dapat menentukan bentuk respon yang
dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan
luar.
· Siswa dapat menentukan bentuk respon yang
dilakukan oleh jenis tumbuhan tertentu apabila ada pengaruh dari lingkungan
luar
|
36.
|
||
37. Menjelaskan proses fotosintesis melalui
percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
· percobaan-percobaan fotosintesis
|
· Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan
dari salah satu tahapan tersebut
· Disajikan gambar tentang tahapan percobaan Sach, siswa dapat menjelasakan tujuan
dari salah satu tahapan tersebut
· Disajikan gambar percobaan Ingenhousz siswa dapat menjelaskan
proses yang terjadi pada percobaan tersebut
|
37.
|
||
14
|
Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan
lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
38. Memberi contoh adaptasi makhluk
hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
· adaptasi makhluk hidup/seleksi alam
|
· Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk
hidup, siswa dapat menentukan macam adaptasi tertentu
· Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk
hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
· Disajikan beberapa contoh adaptasi makhluk
hidup, siswa dapat menentukan contoh bentuk adaptasi tertentu
|
38.
|
39. Menginterpretasi proses persilangan
berdasarkan hukum Mendel.
|
· persilangan berdasarkan hukum Mendel
|
· Disajikan pernyataan/data persilangan dihibrid dominasi penuh, siswa dapat
menentukan perbandingan genotip/fenotip F2
· Disajikan pernyataan/data persilangan
monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu
berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
· Disajikan pernyataan/data persilangan
monohibrid intermedier, siswa dapat menentukan jumlah/persentase individu
berfenotip tertentu pada F2 dari hasil persilangan F1
|
39.
|
||
40. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
|
· pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan
manusia.
|
· Siswa dapat memberi contoh salah satu
mikroba yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
· Siswa dapat menjelaskan manfaat dari salah
satu produk bioteknologi konvensional
· Siswa dapat memberi contoh jenis mikroba
yang dimanfaatkan dalam produk bioteknologi konvensional
|
40.
|
No comments:
Post a Comment