Nomor
26.
·
Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan ciri-ciri
makhluk hidup
·
Indikator soal : Disajikan gambar ciri-ciri mahluk hidup,
peserta didik dapat menentukan ciri yang benar
·
Soal
Perhatikan gambar berikut!
A.
berkembangbiak
B. memerlukan makanan
C. tumbuh dan berkembang
D. peka terhadap rangsang
·
Kunci Jawaban : C
Pembahasan
Gambar urutan metamorfosis pada katak dari telur sampai
dewasa merupakan ciri mahluk hidup yaitu
tumbuh dan berkembang
Nomor
27
·
Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
·
Indikator
soal : Disajikan beberapa
gambar hewan peserta didik dapat mengidentifikasi kelompok hewan tertentu
·
Soal :
Perhatikan
gambar berikut1
|
||||||||
|
||||||||
|
||||||||
|
||||||||
Kelompok hewan
yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah ….
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
3
dan 4
D.
4
dan 1
·
Kunci Jawaban : B
Pembahasan : hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat
adalah belalang dengan kupu-kupu, keduanya tergolong dalam kelompok serangga.
Nomor
28
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
·
Indikator
soal : Disajikan bagan
rantai makanan/jaring makanan peserta didik dapat menetukan akibat yang terjadi
bila salah satu komponen mengalami kepunahan
·
Soal :
Perhatikan jaring-jaring makanan pada ekosistem sawah berikut!
Kemungkinan yang akan terjadi
jika populasi tikus menurun karena diburu oleh para petani adalah... .
A.
populasi
padi meningkat, populasi ular menurun
B.
populasi
padi menurun, populasi elang meningkat
C.
populasi
padi meningkat, populasi ulat menurun
D.
populasi
elang meningkat, populasi ular menurun
·
Kunci Jawaban : A
Pembahasan : Dalam jarring-jaring makanan tersebut jika
tikus di populasinya menurun maka mengakibatkan gangguan dan ketidakseimbangan
dalam ekosistem, dimana tanaman padi akan meningkat populasinya, sementara ular
yang makananya tergantung pada tikus
maka populasinya akan menurun bahkan musnah.
Nomor
29
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
·
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan interaksi antar makhluk hidup (simbiosis)
·
Soal :
Contoh yang
menunjukkan pola interaksi antara dua mahluk hidup yang saling
menguntungkan adalah ….
A. ikan
remora dengan ikan hiu
B. bunga
rafflesia dengan tanaman inang
C. lebah
madu dengan bunga mangga
D. burung
jalak dengan kerbau
·
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Ikan remora dengan ikan hui merupakan simbiosis
komensalisme dimana ikan remora dapat makanan dari sisa-sisa ikan hiu,
sementara ikan hiu tidak rugi
Bunga rafflesia dengan tumbuhan inang adalah simbiosis
komensalisme
Lebah dengan bunga simbiosis mutualisme
Burung jalak dengan kerbau simbiosis komensalisme
Nomor
30
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan
kerusakan lingkungan
·
Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan usaha manusia
untuk mengurangi pencemaran
·
Soal :
Usaha yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah perkotaan untuk mengurangi tingkat
pencemaran udara adalah...
A. membatasi penggunaan kendaraan bermotor
B. menutup pabrik yang tidak bercerobong asap
C. menanam pohon
dipinggir jalan jalur hjau
D. membuat undang-undang anti pencemaran
·
Kunci Jawaban : C
Pembahasan : di daerah perkotaan yang tingkat pencemaran
udaranya tinggi akibat asap kendaraan bermotor perlu dilakukan usaha untuk
mengatasinya, salah satu usaha yang tepat dengan menanam pohon jalur hijau dan
membuat taman sebagai paru-paru kota .
Nomor
31
·
Kompetensi yang di uji : Mengidentifikasi usaha
manusia dalam melestarikan makhluk hidup
·
Indikator soal : Disajikan gambar tumbuhan langka, peserta
didik dapat menentukan usaha untuk melestarikannya
·
Soal :
Perhatikan
gambar berikut
Usaha yang dapat dilakukan
untuk melestarikan jenis tanaman tersebut adalah ….
A.
membangun suaka margasatwa
B.
membuati
kebun raya
C.
menyilangkan
jenis tanaman tersebut
D. menanfaatkan
untuk hiasan
·
Kunci Jawaban : B.
Pembahasan :
Tanaman Rafflesia
Arnoldi merupakan tanaman langka, diperlukan usaha untk melestarikannya
agar keberadaannya tidak punah maka perlu di lestarikan dengan mendirikan
tempat khusus seperti kebun raya
Nomor
32
·
Kompetensi yang di uji : Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan
lingkungan
·
Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan dampak dari
kepadatan pnduduk terhadap sumberdaya lingkungan
·
Soal :
Pertumbuhan
penduduk yang semakin tak terkendali memiliki dampak
terhadap sumber daya alam, yaitu....
A. meningkatnya
kriminalitas
B. munculnya kasus kelaparan
C. menipisnya sumber air bersih
D. sempitnya lapangan kerja
·
Kunci
Jawaban : C
Pembahasan : dampak pertumbuhan penduduk yang tak
terkendali di suatu daerah akan mengakibatkan berbagai masalah seperti : kebutuhan
air bersih, masalah lahan tempat
tinggal, kebutuhan udara bersih dan sebagainya.
Nomor
33
·
Kompetensi yang di uji : Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia
beserta fungsinya
·
Indikator soal : disajikan gambar peserta didik dapat
menentukan sendi dari gambar yang disajikan
·
Soal :
Perhatikan
gambar sendi berikut!
Nama sendi yang
di tunjuk oleh tanda K adalah ….
A.
sendi engsel
B.
sendi peluru
C.
sendi pelana
D.
sendi putar
·
Kunci Jawaban : A
·
Pembahasan :
Sendi yang di tunjuk adalah sendi engsel, terletak
pada siku dan lutut. Sendi yang lain adalah sendi peluru terdapat pada pangkal
paha dan pangkal lengan, sendi putar terletak pada tulang atlas yaitu
persendian antara leher dan tengkorak kepala.
Nomor
34
·
Kompetensi yang di uji : Menentukan jenis tulang/ sendi/otot pada alat gerak manusia
beserta fungsinya
Indikator soal : disajikan tabel ciri-ciri otot, peserta didik dapat
menentukan perbedaan otot pada manusia
·
Soal :
Perhatikan ciri-ciri otot, berikut!
No
|
Otot rangka
|
Otot polos
|
Otot jantung
|
1
|
Bentuk
silinder
|
Bentuk
gelendong
|
Bentuk
silinder bercabang
|
2
|
Berinti
satu
|
Berinti
banyak
|
Berinti
banyak
|
3
|
Warna
bening
|
Warna
bening
|
Warna
lurik-lurik
|
4
|
Bekerja
diatur otak
|
Bekerja
tidak diatur otak
|
Bekerja
secara otonom
|
Pada tabel di atas, yang menunjukkan perbedaan antara otot rangka, polos, dan
jantung adalah nomor ....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 1
·
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
No
|
Otot rangka
|
Otot polos
|
Otot jantung
|
bentuk
|
Bentuk
silinder
|
Bentuk
gelendong
|
Bentuk
silinder bercabang
|
Jimlah
inti
|
Berinti
banyak
|
Berinti
1
|
Berinti
banyak
|
Warna
|
Warna
lurik-lurik
|
Warna
bening
|
Warna
lurik-lurik
|
Cara
kerja
|
Bekerja
diatur otak
|
Bekerja
tidak diatur otak
|
Bekerja
secara otonom
|
Terdapat
/tempat
|
Menempel
pada rangka, maka disebut juga daging
|
Terdapat
pada saluran pencernaan, pembuluh darah, saluran ekskresi
|
Terdapat
hanya pada jantung
|
Nomor
35
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada
proses pencernaan
·
Indikator soal : Disajikan gambar alat pencernaan makanan,
peserta didik dapat menentukan organ penghasil enzim tertentu.
·
Soal :
Perhatikan gambar berikut
Enzim yang berfungsi mengubah protein menjadi pepton dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor :
....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
·
Kunci Jawaban : D
·
Pembahasan :
Dalam lambung dihasilkan 3 macam enzim yaitu pepsin
berperan mengubah protein menjadi pepton, enzin rennin mengubah/mengendapkan
casein susu dan asam klorida (HCl) berperan mengasamkan makanan dan membunuh
kuman yang masuk bersama makanan. Enzim lain yang berperan mengubah protein
adalah tripsin yang di hasilkan oleh pancreas, berfungsi mengubah
pepton/protein menjadi asam amino
Nomor
36
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit
yang berhubungan dengannya
·
Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan zat yang
berpengaruh pada proses pembekuan darah
·
Soal :
Seseorang yang kekurangan vitamin K akan mengalami kesulitan dalam proses pembekuan darahnya, sebab….
A.
trombosit
tidak dapat membentuk enzim
trombokinase
B.
trombosit
tidak dapat mengubah trombokinase
C.
fibrinogen
tidak dapat membentuk fibrin
D.
protrombin
tidak dapat membentuk trombin
·
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Pada proses pembekuan darah dibutuhkan mineral kalsium dan vitamin K, keduanya
berfungsi membantu pengubahan fibrinogen menjadi benang-benang fibrin sehingga
dapat menutup luka dan darah
tidak keluar dari tubuh
Nomor
37
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)
·
Indikator soal : Disajikan gambar nefron peserta didik dapat
menentukan bagian organ yang memiliki
fungsi tertentu.
·
Soal :
Perhatikan
gambar berikut
Bagian ginjal yang
berfungsi untuk filtrasi darah di tunjukkan oleh nomor
….
A. 1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
4 dan 1
·
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Bagian ginjal yang berfungsi untuk menyaring darah adalah
simpai Bowmann dan Glomerolus yang terdapat pada korteks ginjal. Pada gambar
nomor 1). Glomerolus, 2). Sipmai Bowmann, 3).anteri ginjal dan 4) adalah
tubulus halus
Nomor
38
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan sistem saraf pada manusia
·
Indikator soal : Disajikan data, peserta didik dapat menentukan urutan gerak refleks
·
Soal :
Perhatikan
nama-nama organ berikut!
1.
otot
2.
sumsum tulang belakang
3. saraf motorik
4. pusat saraf
5. alat indera
6. saraf sensorik
Urutan gerak refleks adalah … .
A. 6
Ã
5 Ã
1 Ã
3 Ã
2
B. 6Ã 4 Ã 2 Ã
1 Ã
3
C. 5 Ã 3 Ã
4 Ã
6 Ã
1
D. 5
Ã
6 Ã
2 Ã
3 Ã
1
·
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Gerak refleks adalah gerak yang tidak disadari oleh otak, sedangkan gerak
sadar/normal adalah gerak yang disadari oleh otak
Urutan gerak reflex : rangsang diterima oleh alat
indra diteruskan ke saraf sensorik kemudian ke konektor (sumsum tulang
belakang) terus ke saraf motorik terus ke otot
Rangsang
→ indra → saraf sensorik →
konektor (sumsum tulang belakang) → saraf motorik → otot
Urutan gerak normal/gerak sadar
Rangsang
→ indra → saraf sensorik →
konektor →otak → saraf motorik → otot
Nomor
39
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
·
Indikator soal : disajikan gambar penampang melintang batang, peserta didik
dapat menentukan bagian jaringan dengan fungsi tertentu
·
Soal :
Perhatikan
gambar penampang melintang batang dikotil berikut!
Fungsi
bagian yang bertanda X adalah mengangkut
….
- air dari tanah ke seluruh tubuh tumbuhan
- hasil fotosintesis dari seluruh tubuh
tumbuhan
- oksigen dari batang ke seluruh tubuh tumbuhan
- karbondioksida ke seluruh organ daun
·
Kunci Jawaban : B
·
Pembahasan :
Jaringan yang di tunjuk adalah pembuluh tapis atau floem
berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh
tumbuhan. Jaringan lain adalah pembuluh tapis merfungsi untuk mengangkut air
dan mineral dari dalam tanah ke daun.
Nomor
40
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
·
Indikator soal : disajikan tabel, peserta didik dapat nenentukan
hubungan antara jenis rangsang tumbuhan dan arah gerak
·
Soal :
Perhatikan tabel berikut!
No
|
Bagian tanaman
|
Jenis rangsangan
|
Arah
gerak
|
1
|
Ujung tanaman
|
Cahaya matahari
|
Menghindari
matahari
|
2
|
Ujung akar
|
Gaya tarik bumi
|
Ke arah pusat bumi
|
3
|
Sulur tanaman
|
Sentuhan
|
Membelit pada dahan
|
4
|
Daun putri malu
|
Sentuhan
|
Daun akan
menutup
|
Dari tabel di atas, bagian tanaman yang sesuai dengan jenis rangsang dan arah geraknya adalah . . . .
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
2 dan 4
D.
3 dan 4
·
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi
disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak
tigmonasti/seismonanti
Nomor
41
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan respons
tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
·
Indikator soal : disajikan gambar tumbuhan, peserta didik dapat menentukan contoh gerak yang dipengaruhi
datangnya rangsang
·
Soal :
Perhatikan
gambar berikut!
Peristiwa yang ditunjukkan oleh perubahan
dari gambar 1 ke 2 adalah ….
A. menutupnya
daun putri malu karena layu
B. menutupnya
daun putri malu akibat iritabilitas
C. akibat
kekurangan air dari dalam tanah
D. karena
suhu lingkungan lembab
·
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Gerak yang benar pada tabel adalah gerak ujng akar menuju kea rah pusat bumi
disebut gerak geotropism, dan gerak daun putrid malu yang disentuh akan menutup disebut gerak
tigmonasti/seismonanti
Nomor
42
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaan percobaan tentang
proses tersebut
·
Indikator soal : Disajikan gambar percobaan fotosintesis,
peserta didik dapat menyimpulkan hasil percobaan tersebut
·
Soal :
Perhatikan gambar proses fotosintesis berikut!
Gambar percobaan di atas menunjukkan bukti bahwa fotosintesis ....
A.
menghasilkan
amilum
B.
menghasilkan
oksigen
C.
memerlukan
oksigen dan air
D.
memerlukan
air dan amilum
·
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
|
Dalam proses fotosintesis selain dihasilkan zat makanan berupa
glukosa/amilum maka dihasilkan oksigen.
Rekasi kimia
fotosintesis :
Nomor
43
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya
·
Indikator soal : Peserta didik dapat menjelaskan tingkah laku
mahluk hidup dalam menghadapi bahaya
·
Soal :
Dalam
keadaan bahaya, cecak akan mengelabui
musuhnya dengan cara ….
A.
mengubah
warna tubuhnya
B.
memutuskan
ekornya
C.
mengeluarkan
cairan
D.
mengeluarkan
bau
·
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Dalam kondisi berbahaya maka cecak mengorbankan ekornya
untuk diputuskan, peristiwa ini merupakan cara adaptasi tingkah laku yang disebut ototomi, sementara hewan lain seperti bunglon dengan
cara mengubah warna tubuhnya., cumi-cumi dengan cara menyemprotkan tinta hitan.
Nomor
44
·
Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
·
Indikator soal : Disajikan contoh pesilangan dihibrida,
peserta didik dapat menentukan jumlah/perbandingan fenotip pada F-2
·
Soal :
Tanaman mangga berbuah besar dan berasa asam
( BBmm ) disilangkan dengan mangga yang berbuah kecil dan berasa manis (bbMM) menghasilkan F1 (BbMm) dengan
fenotip buah besar
rasa manis . Jika F1 disilangkan sesamanya, perbandingnan buah mangga yang besar dan berrasa manis adalah ...
A. 1/ 16
B. 2/ 16
C. 3/ 16
D. 9/ 16
·
Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
P1. : Besar, asam x
Kecil, manis
(BBmm) (bbMM)
Gamet: Bm bM
F1 : BbMm
Besar,Manis
100%
P2 :
Besar Manis x Besar Manis
(BbMm) (BbMm)
Gamet : BM BM
Bm Bm
bM bM
bm bm
F2 :
Keturunan kedua adalah :
|
BM
|
Bm
|
bM
|
bm
|
BM
|
BBMM
|
BBMm
|
BbMM
|
BbMm
|
Bm
|
BBMm
|
BBmm
|
BbMm
|
Bbmm
|
bM
|
BbMM
|
BbMm
|
bbMM
|
bbMm
|
bm
|
BbMm
|
Bbmm
|
bbMm
|
bbmm
|
Perbandingan
fenotip dan Genotip pada F2 adalah sbb
:
Perbandingan Genotip :
BBMM : BBMm
: BbMM : BbMm : BBmm : Bbmm : bbMM : bb
Mm : bbmm.
1
: 2 :
2 : 4
: 1 :
2 : 1
: 2 : 1
Perbandingan Fenotip :
Besar
Manis : 9
Besar Asam :
3
Kecil Manis :
3
Kecil Asam : 1
Nomor
45
·
Kompetensi yang di uji : Menginterpretasikan
hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
·
Indikator soal : disajikan hasil persilangan monohibrida,
peserta didik dapat menentukan rasio genotip induknya
·
Soal :
Tumbuhan Mirabilis jalapa
berbunga merah (MM)
disilangkan dengan yang berbunga putih (mm). Keturunan pertamanya (F1) menghasilkan tumbuhan dengan perbandingan fenotip merah : putih
= 1 : 1, maka genotip induknya adalah ….
A. MM
B. mm
C. Mm
D. mM
·
Kunci Jawaban : C
Pembahasan :
P1. : merah x putih
(Mm) (mm)
Gamet: M m
m m
F1. Keturunan kedua adalah
|
m
|
m
|
M
|
Mm
|
Mm
|
m
|
mm
|
mm
|
Perbandingan Genotif :
Mm
: mm
2 2
Nomor
46
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan
kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
·
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan salah satu
cara teknologi rreproduksi inseminasi buatan
·
Soal :
Untuk mendapatkan keturunan sapi yang unggul, seorang dokter hewan memasukkan
spermatozoid sapi unggul ke dalam rahim sapi betina. Proses yang
dilakukan oleh dokter tersebut
disebut....
A. kloning
B. bayi tabung
C. inseminasi buatan
D. transplantasi inti
·
Kunci Jawaban : C
·
Pembahasan : salah satu teknologi reproduksi untuk
mendapatkan bibit unggul dan keturunan yang baik adalah dengan cara kawin
suntik/inseminasi buatan, misalnya pada sapi. Selain itu bisa juga di lakukan
dengan cara kloning
Nomor
47
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
·
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan mikroorganisme
yang dimanfaatkan dalam pembuatan salah satu jenis makanan
·
Soal :
Bakteri yang yang membantu perubahan singkong menjadi tape adalah ....
A. Rizhopus, sp
B. Lactobacillus ,sp
C. Acetobacter xylinum
D. Saccharomyces cereviceae
·
Kunci Jawaban : D
·
Pembahasan :
Bioteknologi konvensional sering dipakai dalam
kehidupan sehari-hari di masyarakat, salah satunya adalah pembuatan tape dengan
batuan ragi (Saccaromyces cereviceae),
pembuatan tempe dengan bantuan jamur Rizhopus sp, untuk membuat yogurt dibantu oleh Lactobacillus
,sp. Sementara untuk membuat nata di coco dengan bantuan Acetobacter xylinum
Nomor
48
·
Kompetensi yang di uji : Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada
makanan
·
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan zat aditif
makanan untuk
tujuan tertentu
·
Soal :
Bahan makanan berikut yang termasuk jenis penyedap rasa adalah …
A. Aspartam, sakarin, MSG
B.
isoamil asetat, etil butirat, MSG
C. metil anthranilat, vesin, aspartame
D. natirum benzoate, MSG, karamel
·
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Zat aditif
alami untuk makanan
Pewarna : Antosianian : memberikan warna oranye,
merah dan biru.
Contoh : anggur, strobery, rasberi, bunga
Karotinoid : memberikan warna
kuning, oranye dan merah
Contoh : wortel, tomat, cabai, daun jati, daun jambu biji
Klorofil memberikan warna
hijau contoh : daun suji, katuk, dan
pandan
Kurkumin : memberikan warna
kuning. Contoh kunyit
Pengawet :
pengawet makanan alamin digunakan bahan dengan dosisi tinggi seperti pengasinan, pemanisan, pengasapan,
pangasaman, dsb.
Contoh pengawet buatan : asam benzoate, asam asetat, asam propionate,
asam sorbet
Pemanis :
aspartame, siklamat dan sakarin
Penyedap alami : bawang merah, bawang
putih, pandan wangi,
Penyedap
buatan : monosodium glutamate (MSG) /
vitsin, isoamil asetat, etil butirat
Nomor
49
·
Kompetensi yang di uji : Menjelaskan teknologi
reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism
disertai dengan contohnya
·
Indikator soal : peserta didik dapat menentukan contoh
rekayasa reproduksi untuk meningkatkan kualitas mahluk hidup
·
Soal :
Rekayasa reproduksi yang dilakukan manusia untuk mengubah urutan
informasi genetik di dalam kromosom organisme
adalah ….
A.
transgenik
B. kultur
jaringan
C.
inseminasi buatan
D. bayi
tabung
·
Kunci Jawaban : A
Pembahasan :
Kultur jaringan atau in vitro atau
mikropropagasi adalah cara menanam dan memelihara sel atau jaringan dari
tumbuhan atau hewan yang di sebut eksplan secara aseptik (suci hama ) pada suatu medium yang cocok dan dalam
keadaan steril
Inseminasi
buatan, adalah proses
memasukkan spermatozoid hewan jantan ke dalam tubuh hewan betina yang dilakukan
dengan bantuan alat tertentu (“alat suntik”). Oleh karena itu, inseminasi
buatan sering disebut dengan kawin suntik. Rekayasa reproduksi inseminasi
buatan sering dilakukan pada hewan
ternak seperti sapi dan lembu.
Bayi tabung dilakukan dengan cara mencampurkan spermatozoa
dan sel telur di luar tubuh
(invitro) sehingga terjadi pembuahan.
Sel telur yang telah mengalami pembuahan,
akan berkembang sampai pada fase
tertentu, selanjutnya di transplantasikan (dicangkokkan) ke dalam rahim
induknya atau induk pengganti, manakala induk aslinya tidak sanggup mengandung
anaknya.
Kloning berarti “menciptakan” suatu kelompok makhluk hidup yang memiliki materi
genetik persis sama dengan makhluk hidup lainnya, misalnya ketela pohon dan
tebu.
Rekayasa
genetika adalah mengubah
faktor keturunan (gen) untuk mendapatkan sifat baru. Pengubahan gen dapat
dilakukan melalui transfer inti, fusi sel, dan rekombinasi DNA.
Rekombinasi
DNA, Rekombinasi DNA
adalah pemutusan dan penyambungan DNA. DNA mengandung gen yang mengendalikan
sifat individu
Organisme transgenik adalah organisme yang telah diubah urutan
informasi genetik di dalam kromosomnya. Susunan materi genetik, diubah dengan
jalan menyisipkan gen baru yang unggul ke dalam kromosomnya
Nomor
50
·
Kompetensi yang di uji : Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh
kita
·
Indikator soal : disajikan data ciri-ciri pengaruh zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan
ciri yang di timbulkan oleh zat adiktif tertentu.
·
Soal :
Ciri-ciri korban ketergantungan narkotika:
1) merasa rileks
2) pupil mata menyempit
3) tekanan darah menurun
4) denyut urat nadi melambat
5) menimbulkan rasa gembira
berlebihan
Diantara ciri-ciri di atas, yang merupakan ciri pengguna heroin adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 2, 3, dan 4
C. 3, 4, dan 5
D. 4, 5, dan 1
·
Kunci Jawaban : B
Pembahasan :
Opium merupakan narkotika dari golongan opioida,
dikenal juga dengan sebutan candu, morfin, heroin, dan putau. Opium diambil
dari getah buah mentah Pavaper sommiverum
Heroin merupakan senyawa turunan (hasil sintesis)
dari morfin yang dikenal dengan sebutan putau atau kodein. Penggunaannya yang
menyalahi aturan dapat menimbulkan rasa
sering mengantuk, perasaan gembira berlebihan, banyak berbicara sendiri,
kecenderungan untuk melakukan kerusuhan, merasakan nafas berat dan lemah,
ukuran pupil mata mengecil, mual, susah buang air besar, dan sulit berpikir.
Jika pemakaian obat ini diputus, akan timbul hal-hal
berikut: sering menguap, kepala terasa berat, mata basah, hidung berair, hilang
nafsu makan, lekas lelah, badan menggigil, dan kejang-kejang. Jika pemakaiannya
melebihi dosis atau overdosis, akan menimbulkan hal-hal berikut: tertawa
tidak wajar, kulit lembap, napas pendek tersenggal-senggal, dan dapat
mengakibatkan kematian.
Efek yang dapat ditimbulkan karena pemakaian narkotika
antara lain sebagai berikut.
2.Sedatif atau menghilangkan rasa
nyeri.
3.Analgesik atau membius.
4.Depresan atau menenangkan.
5.Stimulan atau merangsang.
6.Euphoria atau menyenangkan.
7.Halusinogen atau menimbulkan
khayalan.
No comments:
Post a Comment