PKn dan Pembahasan UN Kelas 9 SMP TA 2015/2016

 on Saturday, March 19, 2016  

1. Pengertian upaya pembelaan negara, adalah ...
D. sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. 
 Karena sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Atas penjelasan diatas jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

2. Berikut ini merupakan alasan tentang pentingnya upaya pembelaan negara dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia, kecuali ...
D. merupakan kegiatan untuk memperoleh kehormatan dari negara. 
 Alasan-alasan pentingnya usaha pembelaan negara tersebut dapat dihubungkan dengan pertama, teori fungsi negara, kedua, unsur-unsur negara, ketiga, aspek sejarah perjuangan bangsa (merupakan panggilan sejarah), dan keempat, peraturan perundang-undangan tentang kewajiban membela negara. Setiap alasan berkaitan satu sama lain, kecuali option D.

3. Fungsi negara yang terutama berkaitan langsung untuk mewujudkan tujuan NKRI ”melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”, adalah ...
A. pertahanan. 
 Karena fungsi pertahanan dimaksudkan untuk menjaga dan mempertahankan negara dari segala kemungkinan serangan dari luar sehingga dapat melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Jadi, pilihan A merupakan jawaban yang paling tepat.

4. Berikut ini merupakan dasar hukum kewajiban membela negara bagi setiap warga negara, kecuali ...
D. UU RI No. 20 Tahun 2003.
 Karena pilihan A, B dan C yaitu UU RI Nomor 3 tahun 2002, Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 dan Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 merupakan dasar hukum kewajiban membela negara bagi setiap warga Negara maka karena itu pilihan yang tepat adalah D.

5. Berikut ini, merupakan ancaman terhadap kehidupan bangsa dan negara yang pelakunya bukan negara (ancaman bersifat non tradisional), kecuali ...
A. agresi militer
 Karena jawaban B, C, dan D merupakan ancaman yang bersifat non tradisional, maka jawaban A yang tepat. 
6. Bentuk penyelenggaraan keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara bagi para siswa terutama melalui ...
A. Pendidikan Kewarganegaraan.
 Karena Pendidikan Kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Atas dasar itulah siswa yang mengikuti mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dapat dikatakan telah ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

7. Para Nelayan dan Petani dengan menyediakan pangan nasional, para medis menjaga kesehatan masyarakat, Tim SAR dan PMI melakukan kegiatan dalam menanggulangi bencana alam dan kemanusiaan, yang mereka lakukan merupakan upaya pembelaan negara melalui ...
D. Pengabdian sesuai dengan profesi 
 Karena yang dimaksud pengabdian sesuai dengan profesi adalah pengabdian warga negara yang mempunyai profesi tertentu untuk kepentingan pertahanan negara termasuk dalam menanggulangi atau memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencana alam, atau bencana lainnya. Jadi, pilihan D merupakan yang paling tepat.

8. Berikut ini merupakan perbuatan yang nyata dapat dilakukan para siswa dalam upaya pembelaan negara di lingkungan masing–masing,kecuali..
C. membela teman satu sekolah yang diserang oleh sekolah lain dengan cara ikut perkelaian sebagai wujud kesetiakawanan.
 Karena pilihan A, B dan D merupakan perbuatan yang nyata dapat dilakukan para siswa dalam upaya pembelaan negara di lingkungan masing–masing, sehingga jawaban yang tepat adalah pilihan C.

9. Cinta bangsa (nasionalisme) yang merupakan perwujudan upaya pembelaan negara antara lain contohnya ...
A. Mengutamakan penggunaan barang–barang produk dalam negeri karena dapat mengge-rakan roda perekonomian 
 Karena jika kita menggunakan produk-produk dalam negeri, kita dapat menghindari terjadinya kemerosotan ekonomi. Jadi, jawaban yang paling benar adalah pilihan A. 

10. Organisasi keselamatan masyarakat yang berfungsi untuk menanggulangi bencana perang, bencana alam dan memperkecil akibat malapetaka yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta adalah ...
A. Linmas
 Linmas (Perlindungan Masyarakat) merupakan organisasi perlindungan masyarakat secara suka-rela, yang berfungsi menanggulangi akibat bencana perang, bencana alam atau bencana lainnya maupun memperkecil akibat malapetaka yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta benda. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.
PKn dan Pembahasan UN Kelas 9 SMP TA 2015/2016 4.5 5 han doko Saturday, March 19, 2016 1. Pengertian upaya pembelaan negara, adalah ... D. sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancas...


No comments:

Post a Comment