PKn dan Pembahasan Kelas VII SMP TA 2015/2016

 on Tuesday, March 15, 2016  

PKn dan Pembahasan Kelas VII SMP TA 2015/2016
1.Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat terletak pada ...
c. sanksinya
Alasan:
-Sanksi Adat hanya menurut kebiasaan masyarakat yang melakukannya dan tidak tegas, sedangkan hukum adat yaitu sanksinya tegas, memaksa, dan mengikat.

2.Ada empat macam norma, kecuali ...
d. kepercayaan
Alasan:
-Karena dalam masyarakat hanya ada 4 macam norma yang berlaku yaitu norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan norma hukum.

3. Marlinda berusaha untuk hormat pada orang yang lebih tua. Perilaku Marlinda merupakan pelaksanaan dari norma ...
b. kesopanan
Alasan:
- Norma Kesopanan ialah norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Karena menunjukkan sebuah kepatuhan kepada kedua orang termasuk norma kesopanan. Norma kesopanan sering disebut sopan santun, atau tata krama dalam kehidupan masyarakat.

4.Dalam kehidupan bernegara, norma yang dianggap paling tegas adalah norma ...
d. hukum
Alasan:
-Karena Isinya mengikat setiap orang dan pelaksanaanya dapat dipertahankan dengan segala paksaan, selain itu sanksinya berupa ancaman hukuman, serta sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas.

5.Tujuan pokok dari hukum, adalah …
d. ketertiban
Alasan:
- Karena tujuan pokok dari hukum adalah terciptanya ketertiban dalam masyarakat. Ketertiban adalah tujuan pokok dari hukum. Ketertiban merupakan syarat pokok (fundamental) bagi adanya suatu masyarakat manusia di manapun juga. Kehidupan masyarakat yang menuntut cara berperilaku antara satu dengan yang lainnya menurut norma-norma aturan-aturan yang berlaku untuk mencapai suatu ketertiban. 




6.Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara dan waktu tertentu, adalah ...
d. Ius Constitutum
Alasan:
Karena, ius constitutum ialah hokum positif, hukum yang berlaku di suatu negara tertentu waktu tertentu.

7.Salah satu sumber hukum diantaranya adalah ...
b. undang – undang
Alasan:
Karena hukum biasanya dituangkan dalam bentuk peraturan yang tertulis, atau disebut juga perundang-undangan. Contohnya bahwa jika seseorang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan hukum akan mendapatkan sanksi yang sesuai dengan undang-undang berlaku. Sumber hukum antara lain peraturan perundang- undangan, yurisprudensi, kebiasaan, doktrin, dan agama.

8.Hukum yang dicita – citakan oleh bangsa Indonesia adalah ...
b. sistem hukum nasional
Alas an:
Karena sistem hukum nasional merupakan hukum yang mengatur bentuk dan susunan pemerintahan negara serta hubungan kekuasaan antara alat-alat perlengkapannya satu sama lain, dan hubungan antara Negara dan warga negaranya. 

9. Menyebrang jalan melalui zebra cross, sebaiknya dilakukan karena ...
c. sesuai dengan aturan yang berlaku
Alasan:
Karena sebuah aturan yang diberlakukan, wajib dipatuhi untuk tetap menjaga ketertiban. Dan juga apabila kita ingin bertindak sebaiknya dilandasi dengan aturan yang berlaku bukan karena ingin dipuji, takut ataupun terpaksa.

10. Penduduk adalah seseorang yang ...
d. Tinggal di suatu daerah tertentu
Alasan:
Karena penduduk adalah warga Negara dan orang asing yang bertempat tinggal di duatu daerah atau negara tertentu 
PKn dan Pembahasan Kelas VII SMP TA 2015/2016 4.5 5 han doko Tuesday, March 15, 2016 PKn dan Pembahasan Kelas VII SMP TA 2015/2016 1.Perbedaan antara Adat dan Hukum Adat terletak pada ... c. sanksinya Alasan: -Sanksi ...


No comments:

Post a Comment