1.
Memanjangkan bacaan huruf hijaiyah yang berharokat
fathah jika bertemu dengan alif ( ا ),huruf hijaiyah
berharokat kasroh jika bertemu dengan ya mati (
يْ ) dan huruf hijaiyah berharokat dommah bertemu
wau mati ( وْ ) disebut…
A.
Mad Far’i C.
Mad Thabi’i
B.
Mad wajib Muttasil D.
Mad Jaiz Munfasil
2.
Apabila ada ha’ dhamir (ﮫ) bertemu dengan hamzah dalam
kalimat terpisah disebut…
A.
Mad ‘arid lissukun C.
Mad silah tawilah
B.
Mad jaiz munfasil D.
Mad silah qasirah
3. Makna waqaf dalam kaitannya dengan membaca Al-Qur’an adalah…
A.
berhenti C.
lebih baik berhenti
B.
langsung D.
lebih baik langsung
4. Jika waqaf pada kalimat yang berakhiran ta’marbutoh ( ﺓ ), maka cara
membacanya dengan……
A.
Memberi harakat sukun pada ta’ marbutoh
B.
Mengubah ta’ merbutoh menjadi ha
C.
Mengubah huruf terakhir tampa diganti
D.
Mengubah huruf ta’ menjadi ta’ merbutoh
5. Perhatikan penggalan ayat al-qur’an yang mengandung hukum bacaan mad di bawah
ini.
1)
.4ÓyÕÒ9$#ur
2)
öpk÷]s?xsù@ͬ!$¡¡9$#$¨Br&ur
3)
3yygsùx~w!$|Ê8yy`urur
4)
4Óo_øîr'sùxWxͬ!%tæ8yy`urur
Pada nomor berapakah yang mengandung hukum bacaan mad wajib muttasil…
A.
2 dan 4 C. 2 dan 3
B.
1 dan 3 D. 3 dan 4
6. Perhatikan ayat dibawah ini !
Kata yang bergaris bawah pada ayat diatas
adalah contoh hukum bacaan ….
A.
Mad badal C. Mad tamkin
B.
Mad harfi
mukhaffaf D. Mad ‘iwad
7.
ÇÌÈ
|
Perhatikan ayat berikut ini !
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ
هَذَا الْبَيْتِ
|
Lafaz yang bergaris bawah adalah contoh bacaan ….
A.
Mad wajib muttasil C. Mad farqi
B.
Mad badal D. Mad layyin
8. Perhatikan Q.S At-Takassur :7 berikut ini !
Lafas yang bergaris bawah pada ayat diatas adalah contoh bacaan mad …….
A. Mad tamkin C. Mad ‘arid lis-sukun
B.
Mad ‘iwad D. Mad bada
9. Perhatikan QS. Al-Baqarah:2
Kata yang bergaris bawah pada ayat diatas
maksud nya adalah…..
A.
Harus
berhenti tidak boleh terus
B.
Lebih
utama berhenti pada salah satu tanda
C.
Boleh
berhenti, boleh terus
D.
Boleh
berhenti, boleh terus, tetapi lebih baik terus
10. Perhatikan tabel dibawah ini !
Tanda waqaf
|
|
1. w
2. l
3. &F4
4. L
|
a. Tidak boleh berhenti
b. Berhenti sejenak tanpa bernafas
c. Boleh dihentikan,boleh juga bersambung
d. Harus
dihentikan
|
Pasangan yang sesuai adalah…
A.
1a-2c-3b-4d C. 1c-2a-3d-4b
B.
1d-2a-3b-4c D. 1b-2c-3a-4d
11.
Perhatikan tanda waqaf pada ayat berikut !
Apakah makna tanda waqaf pada ayat tersebut diatas ?
A. Boleh berhenti, boleh tidak
B.
Boleh berhenti namun meneruskan bacaan lebih utama
C.
Tidak boleh berhenti
D.
Berhenti lebih baik
12.
Meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah mengutus
manusia pilihan untuk menyampaikan wahyu pada umatnya.adalah pengertian ……
A.
Iman kepada Allah
B.
Iman kepada Rosul
C.
Iman kepada Malaikat
D.
Iman kepada Kitab
13. Perhatikan tabel dibawah ini !
No.
|
Sifat Wajib
|
No.
|
Sifat Mustahil
|
1
|
Fathanah
|
A
|
Kazib
|
2
|
Sidiq
|
B
|
Baladah
|
3
|
Amanah
|
C
|
Kitman
|
4
|
Tabligh
|
D
|
Khianat
|
Pasangan yang
berlawanan dari sifat wajib dan sifat mustahil bagi rasul yang benar dari tabel
di atas ditunjukkan pada nomor…
A.
2-A,3-D,1-B,4-C C.
2-C,3-D,4-A,1-B
B.
2-A,3-C,4-D,1-A D.
2-D,3-A,4-B,1-C
14.
Orang yang memiliki keteguhan hati dan sabar dalam
menghadapi cobaan dan tantangan yang sangat berat adalah pengertian dari……
A.
Ulul albab C.
Ulul azmi
B.
Ulul amri D.
Ulul ilmi
15.
Perhatikan pernyataan perilaku manusia di bawah ini :
1)
Selalu berkata jujur
2)
Mempelajari sejarah hidup para rosul
3)
Menyampaikan amanah
4)
Hafal semua nama-nama rosul
Perilaku yang mencerminkan sifat rosul adalah…….
A. 1 dan 2 C.
1dan 3
B.
2dan 3 D.
2 dan 4
16.
Perhatikan ilustrasi di bawah ini !
Nabi Muhammad SAW tak
kenal putus asa menyampaikan ajaran islam. Saat berdakwah dilempar
batu,dilampar kotoran bahkan hendak dibunuh,ia akan diberi jabatan penting dan
harta yang melimpah asalkan mau meninggalkan dakwah islam . Semua itu tidak
membuat rosul mundurmenyampaikan ajaran islam.
Sikap nabi Muhammad
tersebut mencerminkan sifat wajib bagi rosul yaitu…
A.
Tabligh C.
sidiq
B.
Fathanah D.
Amanah
17.
Berikut ini yang bukan merupakan tugas para
rosul adalah….
A. Mengajarkan
tentang tauhid
B. Memaksa
umatnya untuk mengikuti ajarannya
C. Membawa
kabar gembira dan peringatan
D. Membimbing
umatnya ke jalan yang benar
18.
Rasul menyampaikan setiap wahyu
yang diterima kepada umatnya tanpa ditambah maupun dikurangi dan mustahil
para Rasul menyembunyikan wahyu yang diterimanya, hal
ini sesuai dengan sifat mustahil bagi Rasul yaitu…….
A.
Kidzib C. Kitman
B.
Khianat D. Baladah
19.
Sifat-sifat kemanusiaan yang terdapat pada manusia secara
umum ,sifat tersebut tidak mengurangi dan merendahkan dirinya sebagai Rasul
utusan Allah SWT. Yang merupakan contoh sifat jaiz dibawah ini adalah….
A.
Dusta C. Gembira
B.
Khianat D. Cerdas
20.
Perhatikan nama-nama
Nabi dan Rasul di bawah ini !
1.Adam as 6. Zakaria
as
2. Idris as 7. Yunus
as
3.Ibrahim as 8. Muhammad
Saw
4. Luth as 9. Nuh as
5. Isa as 10. Musa
as
Nabi yang mendapat gelar ulul
azmi adalah…
A.
4,5,8,9,10 C. 1,2,3,4,5
B.
3,5,8,9,10 D. 1,2,3,8,9
21. Perbedaan antara nabi dan rasul adalah…
A. Nabi tidak harus laki-laki,Sedang Rasul harus laki
B. Rasul harus
dari orang arab,sedang nabi boleh dari non arab
C. Rasul diangkat dari orang muslim,Nabi dari orang kaya
D.
Rasul wajib menyampaikan wahyu,sedangkan nabi tidak
22. Perhatikan tabel berikut ini !
Nama Rasul
|
Mukjizat
|
1.Nabi Muhammad saw
2. Nabi Ibrahim as
3. Nabi Nuh as
4. Nabi Musa as
|
a.AlQur’an
b. Membuat perahu
c. Tidak mempan dibakar
d. Tongkat bisa menjadi ular
|
Pasangan yang sesuai antara rasul dan mukjizatnya adalah…
A.
1-d,2-c,3-b,4-d C. 1-a,2-b,3-c,4-d
B.
1-c,2-b,3-a,4-d D. 1-a,2-c,3-b,4-d
23.
Perhatikan ayat dibawah ini Q.S Al-Ahzab :21
Arti
kata yang bergaris bawah adalah…….
A.
Suri teladan yang baik C. Hari kiamat
B.
Mengingat Allah D. Mengharapkan rahmat
24.
Hikmah beriman kepada Nabi dan Rasul adalah….
A.
Hidup menjadi tidak terarah
B.
Menjadi malas bekerja
C.
Menuruti hawa nafsu
D. Meningkatkan amal shaleh
25.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut !
1)
Mentaati atau melaksanakan apa yang
diperintahkan rasul.
2)
Menjadikan manusia selalu berhasil dalam
usahanya.
3) Tidak
membedakan antara rasul yang satu dengan rasul yang lainnya.
4) Terbentuknya
suatu pribadi yang kuat dan tangguh dimana saja dia berada.
Dari
pernyataan-pernyataan di atas
perilaku yang mencerminkan
beriman kepada rasul terdapat pada nomor ....
A. 1 dan 2 C.
2 dan 3
B. 1dan 3 D. 2 dan 4
26. Pada
waktu jam istirahat, Dihya dan Azmi langsung berlari menuju kantin sekolah dan
memesan makanan dan minuman, karena mereka sangat lapar mereka sampai lupa
membaca doa lebih dahulu. Ketika makanan hampir habis meraka baru ingat lupa
berdoa sebelum makan.
Dari
peristiwa di atas, sikap yang harus dilakukan Dihya dan Azmi adalah membaca ….
A.
Subhanallah.
B.
Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin
C. Bismillaahi
awwalahu wa aakhirohu
D. A’uudzu
billaahi minasy-syaithoonirrojiim
27.
Perhatikan
daftar pernyataan berikut !
1.
Mencuci tangan
2.
Berdoa agar makanan membawa berkah
3.
Makan tidak terburu-buru
4.
Menggunakan tangan kanan
5.
Memcuci alat makan sendiri
Pernyataan yang merupakan adab pada saat makan adalah………
A. 1,2,3 C.
2,3,5
B.
2,3,4 D.
3,4,5
28.
Dibawah ini merupakan tata cara minum yang dibenarkan
yaitu….
A.
Gelas diambil menggunakan tangan kiri
B.
Dilakukan sambil berdiri
C.
Minuman di gelas sebaiknya tidak dihabiskan
D. Tidak bersendawa atau bernafas didalam gelas
29.
Perhatikan hal berikut !
1.
Makan dan minum sambil duduk
2.
Makan dan minum tidak berlebihan
3.
Makan sambil ngobrol dan tertawa
4.
Tidak menyisakan makanan
Sikap yang benar yang harus kita lakukan ketika makan adalah…….
A. 1 dan 2 C.
2 dan 3
B.
1 dan 3 D.
2 dan 4
30.
Pada saat menghadiri sebuah jamuan selamatan
aqiqah,Hanif sudah terlanjur mengambil
makanan kedalam piringnya.setelah dirasakan ternyata makanan itu terlalu
asin.Tata krama yang harus dilakukannya adalah…..
A.
Dimakan sedikit saja agar kelihatan pantas
B.
Tidak usah dimakan,ganti mengambil yang lain
C.
Tetap di makan tanpa mencela makanan itu
D. Dihabiskan sambil mengatakan makanannya terlalu asin
31.
Perasaan sakit
hati dan ingin membalas perlakuan buruk orang lain dengan perlakuan buruk yang
setimpal disebut dengan sifat…..
A.
Dendam C. Egois
B.
Munafik D. Pemarah
32.
Dampak buruk dari sifat
dendam diantaranya .…
A.
Membuat kepercayaan orang lain hilang
B. Membuat masa depan menjadi tidak menentu
C. Menghambat cita-cita
D. Membuat permusuhan menjadi berkepanjangan
33.
Perhatikan daftar berikut !
1) Apabila berkata dia dusta
2) Apabila berjanji dia menepati
3) Apabila berkata jujur
4) Apabila berjanji dia ingkar
5) Apabiladiberi amanah dia berkhianat
Yang merupakan ciri-ciri orang munafik ditunjukkan pada nomor…
A.
1,2,3 C. 1,3,5
B.
1,4,5 D. 1,2,5
34.
Perhatikan pernyataan-pernyataan dibawah ini !
1) Dikucilkan orang karena selalu mengecewakan
2) Tidak dipercaya orang lain
3) Rasa marah dan benci
4) Menimbulkan permusuhan
Contoh akibat perilaku tercela dari sifat dendam ditunjukkan pada nomor …….
A.
1 dan 2 C. 2 dan 3
B.
1 dan 3 D. 3 dan 4
35.
Perhatikan firman Allah di bawah ini!
¨bÎ)
tûüÉ)Ïÿ»oYçRùQ$#
Îû
Ï8ö¤$!$#
È@xÿóF{$#
z`ÏB
Í$¨Z9$#
`s9ur
yÅgrB
öNßgs9
#·ÅÁtR
ÇÊÍÎÈ
Kesimpulan yang dapat diambil dari QS.
An-Nisa’ ayat 145 di atas
adalah ….
A.
Allah SWT
mengancam orang munafik dengan siksa neraka yang paling bawah.
B.
Sifat dendam
adalah suatu perbuatan yang sangat dibenci oleh semua orang .
C.
Munafik
adalah perbuatan tercela dan tidak disukai setiap orang.
D.
Allah Swt sangat benci kepada orang memiliki
dendam kesumat.
36.
Dari bentuk kaki hewan di atas, jenis
hewan yang diharamkan adalah hewan memiliki bentuk kaki pada nomor ….
A. 1 dan 3 C. 2 dan 3
B. 1 dan 4 D. 2 dan 5
37. Semua
hewan yang ada di bumi halal dimakan,kecuali Allah telah menetapkan beberapa
yang diharamkan. Hal
ini disebabkan……
A. Lezat rasanya C. Sulit memperolehnya
B. Binatang langka D. Mendatangkan
mudharat
38.
Perhatikan daftar berikut !
1
2
3
4
5
6
|
Sapi
Harimau
Kerbau
Kucing
Burung Elang
Kambing
|
Yang merupakan hewan yang halal dimakan adalah..
A.
1,2,4 C. 1,3,6
B. 1,2,5 D. 2,4,5
39. Dalam hukum
islam semua bangkai adalah haram dimakan
dagingnya, kecuali ....
A. Ikan dan belalang C.
Kerbau dan sapi
B. Kambing dan ayam D.
Anjing dan babi
40. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. Selalu
waspada terhadap makanan yang bersumber
dari binatang yang haram
2.
Semua jenis binatang yang haram dimakan
3.
Selektif dalam memilih makanan yang akan di
konsumsi
4.
Semua jenis hewan yang hidup didua alam dimakan
5.
Mencari informasi tentang makanan yang
bersumber dari binatang yang diharamkan.
Langkah-langkah
menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan adalah…
A. 1,3,5 C.
1,3,4
B. 1,2,3 D.
1,4,5
41. Kautsar dan Anisa menemukan ayam yang mati terjepit
pintu.Hukum daging ayam tersebut
adalah…..
A. Halal C.
Mubah
B. Haram D.
Makruh
42. Allah mengharamkan bangkai bagi manusia.Dibawah ini
hikmah di balik larangan tersebut, kecuali….
A. Agar manusia menyayangi binatang piaraanya
B. Manusia dapat memperlakukan binatang dengan sekehendak
hati
C. Bangkai adalah kotor menurut fitrah yang sehat
D. Tidak dapat dijamin keamanannya
43. Sebagian ulama
mengharamkan binatang ampibi (hidup didua alam), seperti ; buaya,katak,bekicot
dll,keharaman binatang tersebut karena….
A. Kotor dan menjijikkan
B. Hidup di air dan didarat
C. Disuruh membunuhnya
D. Di haramkan oleh ulama
44. Hewan yang diharamkan karena kita dilarang untuk
membunuhnya adalah…..
A. Burung hantu, semut, burung hud- hud, tawon
B. Katak, keong, bekicot,kepiting
C. Sapi, kambing, kelinci, domba
D. Ulat, cacing, laba-laba, nyamuk
45. Hewan yang dihalalkan berdasarkan nash AlQur’an
dibawah ini adalah….
A. Kucing, burung elang, ular
B. Tikus, anjing galak, ular,binatang bertanduk
C. Sapi, kambing, domba, lembu
D. Anjing, binatang buas bertaring, babi, himar
46. Dinasti Abbasiyah mengalami puncak kejayaan pada masa
pemerintahan khalifah….
A. Abdullah Al-Makmun C.
Al-Makmun
B. Abu Ja’far D.
Harun Ar-rasyid
47. Peran
aktif yang telah dilakukan oleh Khalifah Harun Ar-Rasyid dan putranya Al-Makmun pada masa pemerintahannya
dalam memajukan dan mengem bangkan
ilmu pengetahuan diantaraya adalah ….
A.
Mendirikanlah lembaga Al-Himah sebagai pusat
budaya dan belajar para siswa.
B.
Mendirikanlah Baitul Himah sebagai pusat
kebudayaan dan laboratorium serta ilmu pengetahuan.
C.
Mendirikan pusat-pusat lembaga pendidikan
yang disediakan untuk seluruh pelajar di dunia.
D.
A. Imam Syafi’I C.
Imam Ghazali
B. Abu Hasan Al-Asy’ari D.
Imam Maliki
49. Seorang cendekiawan muslim yang dikenal dengan bapak
kedokteran dunia adalah…….
A. Ibnu Sina C.
Ibnu Rusyd
B. Al Kindi D.
Al Ghazali
50. Seorang cendekiawan
muslim yang dikenal sebagai pencipta alat teropong bintang yang pertama
adalah ...
A. Al-Batani C. Jabir al Batani
B.
Al-Kindi D. Abu Mansur
48. Ilmuan muslim yang terkenal dalam bidang ilmu tauhid adalah…..Mewajibkan seluruh rakyatnya untuk belajar ditempat yang telah disediakan oleh pemerintah.
No comments:
Post a Comment