Ringkasan TIK SMP Materi Sejarah Internet di Indonesia

 on Tuesday, September 23, 2014  

Internet di Indonesia
Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 oleh Dr. Joseph F.P Luhukay di Universitas Indonesia, berupa UINet. Jaringan itu dibangun selama empat tahun. Pada tahun yang sama, Luhukay juga mulai mengembangkan University Network (Uninet) di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional/Depdiknas). Jaringan ini adalah jaringan komputer dengan jangkauan lebih luas yang meliputi Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanudin, dan Ditjen Dikti.

Saat ini internet sudah mulai berkembang di Indonesia. Penduduk Indonesia sudah mulai menggunakan internet untuk memuaskan rasa keingintahuan dan untuk memperoleh informasi. Sampai tahun 2009, Indonesia menempati peringkat ke-5 untuk kategori jumlah pengguna internet di Asia. Akan tetapi, pengguna internet di Indonesia hanya 10 % dari keseluruhan jumlah penduduk. Hal ini menunjukkan bahwa internet masih kurang berkembang di Indonesia. Baru sebagian kecil penduduk Indonesia yang menggunakan internet untuk berkomunikasi dan mencari berbagai informasi.

Beberapa negara sudah membuat aturan yang berkaitan dengan hukum internet (cyberlaw), terutama yang berkaitan dengan keamanan dan pornografi. Indonesia baru mencoba menerapkan aturan perundangundangan, yaitu HAKI. Dengan adanya HAKI, hak cipta perorangan, sekelompok orang, atau lembaga dapat terlindungi.

Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana HAKI mencakup hak cipta, hak paten, dan hak merek supaya hasil karyanya tidak dibajak pihak lain.

Tanpa adanya HAKI, semua orang bisa dengan mudah mendownload file atau program yang diinginkan dari internet. Hal tersebut menyebabkan pembuatnya secara otomatis dirugikan. Oleh karena itu, terkadang kalian harus membayar saat men-download file atau program tertentu.

Sumber : BSE TIK Kelas 9




Sejarah Internet
Internet (Interconnected Network) berawal dari impian J.C.R. Licklider (1915-1990), seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology tentang sebuah galatic networks (Jaringan-jaringan antar planet) di awal tahun 1960-an. Ketika Licklider bekerja pada Advanced Research Project Agency (ARPA) di Pentagon, ia bertemu dengan Lawrence G. Robert (1964) yang mencoba mewujudkan impian tersebut. Namun, baru pada bulan Desember 1966 Robert serius mengembangkan internet.

Internet pertama kali dikembangkan dalam penelitian militer Amerika Serikat yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANet). Proyek ini menghubungkan pusat penelitian departemen pertahanan dengan pusat penelitian universitas-universitas di Amerika Serikat untuk menghadapi kemungkinan terjadinya serangan nuklir.

Jaringan internet dinilai efektif karena memiliki protokol dan sistem pencari rute-rute alternatif untuk menyebarkan data dan informasi sehingga kalau satu titik diserang, sistem jaringan tetap dapat berfungsi. Setelah sukses dalam proyek pertamanya, internet terus dikembangkan oleh berbagai pihak.

Berikut ini adalah beberapa pengembangan yang dilakukan:
1.      Packet Switching. Pada tahun 1968, ARPANet memulai penelitian yang menjadi permulaan packet switching yang membuat komunikasi antar jaringan bisa dilakukan. Jaringan inilah yang sekarang kalian kenal dengan nama internet.

2.      Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Pada akhir tahun 1970-an, Vinton G. Cerf dan Robert E. Kahn berhasil menyempurnakan packet switching menjadi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang sampai saat ini masih digunakan.

3.      Pembuatan sakelar jaringan. Sakelar jaringan yang pertama dan server jaringan pertama di wilayah pesisir timur Amerika Serikat dibuat pada tahun 1970 oleh Bolt, Beranek & Newman (BBN).

4.      Pembuatan e-mail. Pada tahun 1971, Ray Tomlinson membuat program e-mail yang kemudian menarik ilmuwan lain untuk mengembangkan internet.

Internet sudah menempuh perjalanan yang panjang, akan tetapi pada umumnya orang baru mulai melihat pada tahun 1970-an. Perkembangan teknologi Internet sempat surut, dan baru sekitar tahun 1990 Internet kembali berkembang. Pada tahun 1995, Internet menjadi lebih populer. Hal ini ditandai dengan bertambahnya domain komersial secara pesat dan munculnya jaringan world wide web (www).

Selain internet, terdapat pula intranet yang merupakan jaringan komputer dengan jangkauan yang lebih kecil. Intranet ini sebenarnya lahir pada saat yang bersamaan dengan teknologi internet, tetapi perkembangannya memang agak lambat. Teknologi intranet sifatnya lebih independen dan pada awalnya hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Hal yang mendorong penggunaan intranet adalah kebutuhan adanya penyebaran informasi yang lebih baik (di perusahaan). Selain itu, intranet juga membuat komunikasi dan rasa tanggung jawab antarpegawai semakin baik.

Sumber : BSE TIK Kelas 9
Ringkasan TIK SMP Materi Sejarah Internet di Indonesia 4.5 5 han doko Tuesday, September 23, 2014 Internet di Indonesia Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada tahun 1983 oleh Dr. Joseph F.P Luhukay di Universitas Indon...


No comments:

Post a Comment