KISI KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
MATA PELAJARAN IPS SMP
TA 2014/2015
IPS GEOGRAFI
NO
|
KEMAMPUAN YANG DI UJI
|
1
|
Mendiskripsikan
keanekaragaman bentuk muka bumi. Proses pembentukan dan dampaknya terhadap
kehidupan
|
|
Mendeskripsikan bentuk lipatan
dan pahatan
|
a)
Pelipatan. Puncak lipatan disebut antiklinal
dan lembah lipatan disebut sinklinal.
JENIS-JENIS
LIPATAN:
1.
Lipatan Tegak terjadi karena pengaruh tenaga
radial, kekuatan sama atau seimbang dengan tenaga tangensial.
2.
Lipatan Miring terjadi karena arah tenaga
horizontal tidak sama atau tenaga radial lebih kecil dari pada tenaga
tangensial.
3.
Lipatan Rebah terjadi karena tenaga horizontal
berasal dari satu arah.
4.
Lipatan Menggantung terjadi karena hanya
tenaga tangensial yang bekerja.
5.
Lipatan Berpindah lipatan yang terjadi karena
adanya tenaga tangensial yang bekerja.
6.
Lipatan Isokinal terjadi karena masuknya
lembah lipatan kedalam struktur puncak akibat tidak seimbangnya tenaga
tangensial dan radial.
b)
Patahan (fault) ada dua, yaitu horst bagian
antara dua patahan yang mengalami pengangkatan, sehingga lebih tinggi dari
daerah sekitarnya dan graben/slenk, suatu depresi yang terbentuk antara dua
patahan yang naik (horst)
JENIS-JENIS
PATAHAN
1. PATAHAN
SLENK / GRABEN / TANAH TURUN, yaitu bentuk patahan yang mengalami pemerosotan
ke bawah di antara dua bagian yang tinggi atau disebut juga lembahan patahan.
2. PATAHAN
HORST / TANAH NAIK, yaitu bentuk patahan yang mengalami kenaikan di antara
dua bagian yang rendah, atau disebut juga puncak patahan.
3. DEKSTRAL
terjadi jika kita berdiri potongan yang berada di depan kita bergeser ke
kanan.
4. SINITRAL,
jika kita berdiri di potongan sesar yang satu dan yang lain bergeser ke kiri.
5. BLOCK
MOUNTAIN adalah sebuah gunung yang terjadi oleh pecahan dan kumpulan dari
batuan-batuan besar yang berasal dari karang.
6. DOME
adalah elemen struktural Arsitektur ya yang mirip dengan rongga atas setengah
dari asphere. Kubah struktur yang terbuat dari berbagai bahan memiliki
panjang garis keturunan memperluas arsitektur menjadi prasejarah.
|
|
Mendeskripsikan proses
pelapukan dan erosi
|
|
|
a.
Pelapukan
Pelapukan
merupakan proses penghancuran massa batuan oleh media penghancurnya.
Berdasarkan prosesnya, Pelapukan dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis,
yaitu pelapukan mekanik (fisik), pelapukan kimiawi dan pelapukan organik.
1)
Pelapukan Mekanik (Fisik) ; merupakan
pelapukan yang berlangsung akibat aktivitas penyinaran matahari, perubahan
suhu yang tiba-tiba dan pembekuan air pada celah-celah batuan tanpa terjadi
perubahan unsur kimia pada batuan yang melapuk tersebut.
2)
Pelapukan Kimiawi ; adalah proses pengikisan
dan penghancuran batuan dengan mengubah susunan yang terlapukkan tersebut.
Pelapukan kimiawi ini terdiri atas dua macam proses pelapukan, yaitu proses
hidrolosis dan proses oksidasi.
3)
Pelapukan Organisme ; merupakan pelapukan
hasil pengerjaan makhluk hidup, seperti tumbuh-tumbuhan (lumut dan
paku-pakuan) dan aktivitas binatang (cacing tanah dan serangga).
b.
Erosi
Erosi
adalah pengikisan batuan atau tanah oleh massa zat yang bergerak, misalnya
air, angin, gelombang laut, atau gletser. Berdasarkan tenaga pengikisnya,
erosi dapat dibendakan menjadi beberapa macam yaitu:
1)
Ablasi, adalah erosi yang disebabkan oleh air
yang mengalir.
2)
Deflasi, adalah erosi yang disebabkan oleh
tenaga angin
3)
Abrasi, adalah erosi yang disebabkan oleh air
laut disebut juga erosi marin.
4)
Eksarasi, adalah erosi hasil pengerjaan es.
|
2
|
Membuat
sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas dan globe untuk
mendapatkan informasi keterangan
|
|
Menggunakan skala untuk
menghitung jarak dan luas suatu wilayah.
|
|
Menghitung jarak sebenarnya, bila di ketahui skla peta 1 : 3000000
dan jarak pada peta 3 cm
Memperbesar atau memperkecil peta
|
3
|
Mendeskripsikan
gejala gejala yang ada di geosfer dan dampaknya terhadapa kehidupan.
|
|
Menghitung temperature pada
ketinggian suatu tempat
|
|
Gradient geothermis : setiap
ketinggian naik 100 m, maka suhu akan turun 0,6 derajat celcius atau setiap ketinggian naik
1000 m, maka suhu akan turun 6 derajat celcius
|
4
|
Mengidentifikasi
upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam
pembangunan berkelanjutan
|
|
Mendeskripsikan karakteristik
piramida penduduk.
|
Piramida penduduk
1.
Piramida penduduk kerucut menggambarkan
komposisi penduduk dalam masa pertumbuhan atau masa berkembang. Piramida
penduduk demikian disebut piramida penduduk muda. Contohnya Indonesia dan
Negara Negara berkembang.
2.
Piramida penduduk stasioner (granat) dengan
tingkat pertumbuhan penduduk yang stabil. Hal ini disebabkan oleh tingkat
kelahiran dan kematian yang relative sama.contohnya amerika serikat dan
Negara Negara maju.
3.
Piramida penduduk tua (nisan) dengan tingkat
kematian yang rendah dan daripada tingkat kelahiran penduduk juga rendah.
Contohhnya Negara – Negara yang baru dilanda perang.
|
|
Mengidentifikasi factor
pendorong dan penghambat pertumbuhan penduduk.
|
|
Unsur yang mempengaruhi
pertumbuhan penduduk, antara lain factor demografi (kelahiran, kematian, dan
migrasi) dan factor nondemografi (kesehatan dan pendidikan). Kelahiran dan
kematian mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap pertumbuhan penduduk.
1.
Kelahiran (natalitas)
Factor
pendukung kelahiran (pro natalitas), antara lain
a.
anggapan bahwa anak laki – laki adalah penerus
keturunan
b.
kawin usia muda
c.
anggapan bahwa banyak anak rejeki
d.
adanya anggapan bahwa anak merupakan tumpuan
orang tua di hari tua
e.
anak merupakan sumber tenaga kerja untuk
membantu mencari nafkah
Faktor
penghambat kelahiran (antinatalitas), antara lain
a.
menunda usia kawin
b.
peraturan pembatasan usia perkawinan
c.
melaksanakan program KB
d.
perasaan malu jika punya anak banyak
2.
Kematian (mortalitas)
Factor penunjang kematian , antara lain
a.
adanya wabah penyakit
b.
adanya bencana alam
c.
adanya peperangan dan pertumpahan darah
d.
adanya peningkatan pencemaran lingkungan
Factor penghambat kematian antara lain
a.
ajaran yang melarang menusia saling membunuh
b.
adanya kemajuan iptek di bidang kedokteran
c.
adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya
hidup sehat
3.
Migrasi atau perpindahan penduduk
Migrasi atau mobilitas penduduk adalah perpindahan
penduduk dari suatu tempat ke tempat lain.
|
|
Menjelaskan usaha mengatasi
permasalahan kependudukan di Indonesia
|
|
|
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak
dari ledakan penduduk :
1. meningkatkan
jumlah tenaga medis dan tenaga penyuluh kesehatan ke pelosok daerah
2. memberikan
alat –alat kontrasepsi secara gratis
3. memberikan
penyuluhan kepada masyarakat tentang arti pentingnya keluarga kecil dan
sejahtera
4. menggalakkan
pelaksanaan program keluarga berencana (KB).
Masalah social yang muncul akibat kepadatan
penduduk, antara lain
1.
kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup
2.
timbulnya masalah yang berkaitan dengan
pendidikan, keamanan, dan kesehatan
3.
terjadinya kerawanan social
4.
lunturnya nilai – nilai social
Masalah yang timbul berhubungan dengan lingkungan
fisik akibat kepadatan penduduk
1.
semakin sempitnya lahan pertanin
2.
timbulnya banjir di musim penghujan
3.
kekeringan di musim kemarau
4.
kerusakan hutan
5.
pencemaran lingkungan
6.
munculnya pemukiman kumuh
|
5
|
Mengidentifikasi
region region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi
atas benua dan samudra, keterkaitan unsur unsur geografi dan penduduk, serta
ciri ciri Negara maju dan berkembang
|
|
Mengidentifikasi ciri Negara
Negara maju dan berkembang.
|
Indikator Negara maju dan berkembang
a.
Indikator Negara maju
1)
Aspek perekonomian
a)
Penduduk sebagian besar bermatapencaharian
dalam sector industri dan jasa
b)
Tingkat pendapatan nasional dan perkapita
tinggi
c)
Tingkat produktivitas tinggi
d)
Tingkat penganggurran rendah
e)
Ilmu pengetahan dan teknlogi berkembang pesat
f)
Tingkat pendidikan, ketrampilan dan
produktivitas sudah baik
2)
Aspek Sosial dan kependudukan
a)
Sebagian besar penduduk bertempat tinggal di
perkotaan
b)
Tingkat kelahiran rendah sehingga pertumbuhan
penduduk tinggi
c)
Angka kematian rendah
d)
Angka harapan hidup tinggi
e)
Tingkat buta huruf rendah
b.
Indikator Negara berkembang
1)
Aspek perekonomian
a)
Sebagian besar mata pencaharian penduduk pada
sector pertanian
b)
Banyak penduduk miskin, karena tingkat
pendapatan per kapita rendah
c)
Tingkat pengangguran tinggi karena sempitnya
kesempatan kerja di luar sector pertanian
d)
Volume perdagangan rendah
e)
Sedikit modal investasi
2)
Aspek social dan kependudukan
a)
Penyebaran penduduk antar wilayah tidak merata
b)
Tingkat kelahiran tinggi, yang menyebabkan
pertumbuhan penduduk tinggi
c)
Beban tanggungan keluarga tinggi
d)
Tingkat harapan hidup masih rendah
e)
Fasilitas social dan pendidikan belum mncukupi
kebutuhan sebagian besar masyarakat.
|
|
Mendeskripsikan karakteristik
bentang alam gurun dan sungai di benua Afrika.
|
|
1.
Terdapat gurun terluas di dunia yaitu gurun
sahara
2.
Benua terdapat sungai terpanjang di dunia,
yaitu sungai nil + 6.690 km
|
|
Mendeskripsikan karakteristik
keadaan penduduk Eropa
|
|
Sebagian
besar peduduknya berkulit putih, juga disebut
benua putih
Sebagian besar penduduk Eropa merupakan
bangsa-bangsa dari Ras Kaukasoid yang berkulit putih dan berambut
pirang. Hal ini menjadi ciri khas Benua Eropa dan membedakan dari benua lain.
Penduduk ini dapat dibedakan menjadi lima kelompok yaitu:
1. Suku
bangsa Nordik: bermata biru dan berambut sangat pirang. Mereka tinggal
diwilayah utara yaitu Jerman, Belanda, dan Semenanjung Skandinavia.
2. Suku
bangsa Alpina: bermata coklat dan berambut pirang. Mereka tinggal diwilayah
tengah, seperti Perancis, Swiss dan Belgia.
3. Suku
bangsa Mediteran : Bermata agak kecoklatan, dan berambut hitam bergelombang.
Mereka tinggal di italia, Yunani,dan Spanyol.
4. Suku
bangsa Slavia : Bermata Abu-abu Biru, rambut pirang keputih-putihan. mereka
tinggal di Bulgaria, Rusia, Slovakia, dan yugoslavia.
5. Suku
bangsa Dinara : Berambut Gelap, suku bangsa ini tinggal di Rumania.
|
|
Mendeskripsikan karakteristik
bentang alam Kutub Utara dan Kutub selatan
|
|
Karakteristik
benua antartika (kutub selatan)
1.
Merupakan benua yang selalu tertutup salju
(es) sepanjang tahun
2.
Benua yang tidak dihuni oleh manusia
3.
Benua yang tidak dimiliki oleh Negara manapun
4.
Benua yang terletak di ujung selatan bumi
5.
Hewan yang ada di kutub : penguin, anjing
laut, singa laut, ikan paus
|
|
Mengidentifikasikan kerja sama
ekonomi bangsa bangsa Asia Tenggara
|
|
Bentuk – bentuk kerjasama
negara – negara ASEAN antara lain sebagai berikut :
ü
Mendirikan pabrik pupuk urea – amoniak di
Malaysia
ü
Mendirikan parbik pupuk ASEAN di Idnonesia
ü
Mendirikan pabrik diesel dan vaksin hepatitis
B di Singapura
ü
Mendirikan pabrik tembaga di Filiphina
ü
Mendirikan pabrik abu soda di Thailand
ü
Mendirikan tempat promosi ASEAN untuk
investasi, perdagangan dan pariwisata di Tokyo Jepang
ü
Menyelenggarakan pertukaran kebudayaan
|
|
Mendeskripsikan bentang alam
puncak tertinggi dan sungai di benua Amerika
|
|
|
1.
Pegunungan
Pegunungan
muda yang merupakan bagian dari pegunungan sirkum pasifi, deretan pegunungan
ini diantaranya pegunungan rocky, sierra madre, kaskade, kalderas de los
andes.
2.
Terdapat air terjun yang terkenal di dunia,
air terjun Niagara
3.
Terdapat lembah amazon, lembah dengan hutan
tropika terluas di dunia
4.
Sungai missisipi, merupakan suangai terpanjang
di amerika
|
IPS
SOSIOLOGI
NO
|
KEMAMPUAN YANG DI UJI
|
6.
|
Memahami
proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian manusia
|
|
Menjelaskan status social dan
media sosialisasi dalam interaksi sosial
|
|
Agen sosialisasi
|
7.
|
Memahami
pranata dan penyimpangan sosial
|
|
Mengidentifikasi jenis pranata
sosial dalam kehidupan masyarakat.
|
|
A.
Jenis
– jenis pranata sosial yang utama dalam masyarakat
Berdasarkan fungsinya bagi keteraturan sosial,
pranata sosial yang utama dalam masyarakat antara lain sebagai berikut :
1.
Pranata
keluarga
2.
Pranata
Ekonomi
3.
Pranata
Politik
4.
Pranata
Pendidikan
5.
Pranta
Agama
a.
Ciri
– ciri pranata keluarga
1)
Keluarga
adalah unit sosial yang disatukan oleh ikatan perkawinan, darah atau adopsi
2)
Anggota
keluarga hidup bersama di bawah satu atap yang merupakan rumah tangga atau
household
3)
Keluarga
merupakan satuan sosial yang berinteraksi dan berkomunikasi sehingga
menciptakan peranan sosial bagi suami, istri, ayah, ibu, putra dan seterusnya
4)
Keluarga
adalah pemelihara sautu kebudayaan bersama, bahkan sautu keluarga dapat
memiliki kebudayaan sendiri sehingga menjadi suatu ciri khas yang dapat
membedakannya dari keluarga lain.
b.
Fungsi
Pranata keluarga
Pada dasarnya
pranta keluarga memiliki fungsi – fungsi berikut ini.
1)
Untuk
melanjutkan keturunan (fungsi reproduksi)
2)
Penangung
jawab dalam hal pemeliharaan dan pengasuhan anak serta penanaman nilai dan
norma sosial (fungsi sosialisasi)
3)
Perawatan
bagi anggota yang sakit atau mengalami musibah (fungsi proteksi)
4)
Pemenuhan
kebutuhan pangan, sandang, dan beberapa kebutuhan material yang lain (fungsi
ekonomi)
5)
Mengawasi
anggota supaya tidak berperilaku menyimpang (fungsi kontrol)
6)
Memberikan
kasih sayang (fungsi afeksi)
a.
Pengertian
pranata ekonomi
Pranata ekonomi dikelompokkan menjadi
tiga kegiatan pokok dalam bidang ekonomi, yaitu :
1)
Kegiatan
produksi
Kegiatan produksi dalam pranata ekonomi
antara lain mengatur cara – cara menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan
oleh para warga masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya.
Cara – cara
menghasilkan barang dan jasa dalam kegiatan produksi antara lain seabgai
berikut :
a) Berburu dan meramu (mengumpulkan makanan)
b)
Bercocok
tanam di ladang
c)
Bercocok
tanam di sawah
d)
Beternak
dan menangkap ikan
e)
Berjualan
/ berdagang
f)
Membuat
barang industri
2)
Kegiatan
distribusi
Kegaitan distribusi adalah sautu kegiatan
ekonomi yang berperan dalam menghubungkan kepentingan produsen dengan
konsumen, baik untuk produksi primer, setengah jadi, maupun produk jadi.
3)
Kegiatan
konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan
masyarakat dalam memakai, memanfaatkan atau menggunakan barang dan berbagai
jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan demi kelangsungan hidupnya.
b.
Fungsi
Pranata ekonomi
Fungsi atau peranan pranata
ekonomi antara lain :
1)
Memberi
pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
2)
memberi
pedoman untuk melakukan pertuakran barang / barter
3)
memberi
pedoman tentang harga jaul beli barang
4)
memberi
pedoman untuk mengguakan tenaga kerja
5)
memberi
pedoman tentang cara pengupahan
6)
memberi
pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja
7)
mengatur
perilaku manusia dalam memanfatkan sumber saya alam.
a.
Fungsi
Pranata politik
Sebagai wujud
nyata dalam penyelenggaraan negara,pranata politik mempunyai peranan berikut
ini :
-
Melembagakan
norma melalui undang – undang yang disampaikan oleh badan legeslatif
-
Melaksanakan
undang – undang yang telah disetujui
-
Menyelesaikan
konflik yang terjadi di antara para warga masyarakat sehubungan dengan
kepentingan tertentu dari warga masyrakat yang bersangkutan
-
Menyelenggarakan
pelayanan seperti perawatan kesehatan,pendidikan, kesejahteraan dan
sebagainya
-
Melindungi
para warga masayrakat atau warga negara dari serangan bagnsa lain
-
Memelihara
kesiapsiagaan atau kewaspadaan dalam mengahdapi bahaya.
a.
Fungsi
Pranata pendidikan
Menurut P.B Horton dan C.l hunt pranata
pendidikan memiliki beberapa peranan / fungsi antara lain :
1)
Membantu
kerpibadian
2)
Memperkaya
kehidupan menjadilebih berguna
3)
Melestarikan
kebudayaan
4)
Meningkatkan
kemampuan menyesuaiakan diri
5)
Meragnsang
partisipasi demokratis
6)
Menciptakan
rasa cinta tanh air
7)
Membantu
orang untuk mencari nafkah hidup
8)
Menjunjung
integrasi antara ras yang berbeda
9)
Membantu
mengemabgnkan potensi untuk kepentingan pribadi maupun pengemabgnan
masyarakat.
a.
Ciri
– ciri pranata agama
1)
Kepercayaan
2)
Simbol
agama
3)
Praktik
agama
4)
Umat
agama
5)
Pengalaman
aagama
b.
Fungsi
Pranata kelaurga
Secara umum agama berfungsi untuk
mengatur perilaku manusia seabgai makhluk ciptaan Tuhan dalam mencapai
kebahagiaan hakiki dunia dan akhirat.
1)
memberikan
pedoman bagi umat untuk berhubungan dengan Tuhannya
2)
Memberikan
dasar bagi perilaku manusia yang ajeg dalam masyarakatnya
3)
Menyatukan
nilai dan etika sebgai prinsip dan pedoman dalam mengambil kebijaksanaan
sosial
4)
Memberikan
bantuan terhadap pencarian identitas moral
5)
Memberikan
penafsiran untuk menjelaskan keadaan lingkungan alam maupun sosial
6)
Menignkatkankadar
keramahan bergaul dan solidaritas kelompok
|
8.
|
Mendeskripsikan
perubahan sosial budaya dan tipe tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi
perubahan. Serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat
penyimpangan sosial dalam masyarakat dan upaya pencegahannya
|
|
Mengidentifikasi bentuk perubahan sosial dan contohnya
dalam kehidupan masyarakat
|
BENTUK PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
1.
Perubahan
lambat dan cepat
-
Perubahan
lambat (evolusi); Perubahan social budaya suatu masyarakat yang membutuhkan
waktu lama dan berlangsung lambat. Contoh program kb
-
Perubahan
cepat (revolusi); perubahan social budaya suatu masyarakat yang terjadi
secara mendasar, meliputi inti dari tatanan dan fungsi kemasyarakatan dalam waktu relative
pendek. Contoh : revolusi industry, revolusi kemerdekaan.
2.
Perubahan
kecil dan besar
-
Perubahan
kecil; perubahan yang tidak membawa pengaruh berarti dalam kehidupan
masyarakat. Contoh model rumah
-
Perubahan
besar; perubahan yang membawa penaruh yang besar dalam khidupan masyarakat.
Contoh : perubahan presiden.
3.
Perubahan
direncanakan dan tidak direncanakan
-
Perubahan
yang direncanakan disebut juga pembangunan; perubahan yang memerlukan
perencanaan terlebih dahulu. Contoh : pembangunan nasional Indonesia.
-
Perubahan
yang tidak direncanakan; perubahan yang berlangsung di luar perkiraan dan
menimbulkan akibat yang tidak dikehendaki oleh masyarakat. Contoh bencana
alam
|
|
Contoh perilaku masyarakat yang positif dan negative
akibat perubahan sosial dan budaya
|
|
|
DAMPAK
PERUBAHAN SOCIAL BUDAYA
Dampak Negatif Modernisasi
1.
sikap materialistic : orang lebih mengejar
kekayaan materi dibanding dengan kualitas diri
2.
sikap individualistic: memperjuangkan kepentingan
dirinya sendiri dibanding menolong orang lain
3.
sikap konsumerisme: sikap hidup yang boros /
konsumtif
4.
kesenjangan social ekonomi : timbulnya pelapisan
social yang kuat ant yang kaya dengan yang miskin
5.
pencemaran / kerusakan lingkungan alam
6.
kriminalitas
7.
kenakalan remaja
Dampak Negatif Globalisasi
1.
Unsur-unsur budaya asing yang masuk Indonesia
terutama teknologi komunikasi berakibat pada munculnya perilaku kekerasan di
masyarakat, semakin berkembangnya gaya hidup free sex, semakin maraknya
pornoaksi.
Dampak positif Globalisasi
1.
cepat masuknya budaya asing yang memperkaya
budaya Indonesia
2.
Perubahan pola pikir tradisional menjadi pola
piker rasional, sistematis, analitis, logis
3.
Munculnya sikap lebih menghargai waktu, mau
bekerja keras
4.
Munculnya pola pembagian kerja antara pria dan
perempuan berdasarkan kemampuan, semakin menipis perilaku diskriminasi
terhadap perempuan
5.
Berkembangnya ilmu pengetahuan
6.
Berkembangnya cara berpikir kritis,
|
IPS SEJARAH
NO
|
KEMAMPUAN YANG DI UJI
|
9.
|
Memahami
lingkungan kehidupan manusia.
-Kehidupan
manusia pra aksara di Indonesia.
|
|
Mengidentifikasi peninggalan
manusia purba masa perundagian pertukangan.
|
|
Masa perundagian, dimana masa manusia purba telah pandai membuat
perkakas – perkakas yang berasal dari logam. Peninggalannya berupa artefak
antara lain :
a.
Nekara ; semacam tambur besar dari perunggu,
sebagai alat untuk upacara mendatangkan hujan.
b.
Moko ; semacam nekara ukuran lebih kecil,
sebagai maskawin atau alat pusaka.
c.
Kapak perunggu ; sering disebut kapak sepatu
atau kapak corong.
d.
Bejana perunggu ; bentuk mirip gitas spanyol
e.
Arca perunggu
f.
Perhiasan
|
10.
|
Memahami
perkembangan masyarakat sejak mas Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa :
-
Perkembangan Hindu-Budha
-
Perkembangan Islam
-
Perkembangan masyarakat dan pemerintah masa kolonial eropa.
|
|
Menjelaskan hasil sastra pada
zaman kerajaan Majapahit.
|
Kerajaan majapahit didirikan oleh raden wijaya
tahun 1293. atas nasihat arya wiraraja. Majapahit mencapai puncak kejayaan
pada masa raja Hayam wuruk (1350 – 1389) Sumpah palapa gajah Mada benar –
benar terwujud, wilayahnya sampai diluar Nusantara. Kerajaan Majapahit
dikenal sebagai Negara Nasional Indonesia II.
Hasil- hasil karya sastra yang terkenal antara lain : Kitab Negarakertagama yang disusun empu
prapanca, Kitab sutasoma arjunawiwaha disusun empu tantular.
|
|
Menjelaskan perkembangan
pemerintahan Demak
|
|
Kerajaan
Demak terletak di daerah pantai utara Jawa Tengah antara kota Semarang dengan
Surabaya. Kerajaan Demak memiliki daerah pantai yang strategis dalam dunia
perdagangan di Pulau Jawa dan beberapa pulau di sekitarnya. Pendiri kerajaan
Demak adalah Raden Patah yang dibantu oleh para wali. Kerajaan demak
merupakan kerajaan Islam pertama di
Jawa dan rajanya yang pertama adalah Raden Patah. Demak dapat berkembang maju
disebabkan oleh faktor – faktor sebagai berikut :
a.
Letak
strategis (di daerah pantai) sehingga mudah berhubungan dengan dunia luar
b.
Menguasai
beberapa pelabuhan, yaitu Jepara, tuban, gresik dan lain – lain
c.
Ada
sungai sebgai penghubung dengan daerah pedalaman (asal abrang dagangan)
d.
Runtuhnya
kerajaan Majapahit yang merupakan pusat agama Hindu dan Budha .
Demak
mempunyai peranan sebagai pusat penyebaran agama Islam . Sebagai
penyebarannya adalah para wali dan sebagai tempat ibadah didirikan masjid
demak. Demak maju dalam perdagangan karena berhubungan dengan malaka, tapi
setelah malaka jatuh ke tangan portugis perdagangan demak mundur sehingga
pati unus menyerang portugis tetapi gagal.
|
|
Mengidentifikasi perlawanan
Sultan Ageng Tirtayasa dan Imam Bonjol terhadap kolonial Belanda
|
|
|
Sultan Ageng Tirtayasa
(Banten, 1631 – 1683) adalah putra
Sultan Abdul Ma'ali Ahmad dan Ratu Martakusuma yang menjadi Sultan Banten periode 1640-1650. Sultan ageng
tirtayasa merupakan musuh VOC yang tangguh. Sultan ageng tirtayasa mengangkat
putranya yang bergelar sultan haji (1682 – 1687) sebagai raja banten. Sultan
ageng bersifat keras terhadap VOC sedang sultan haji lemah dan tunduk pada
VOC. Maka ketika sultan haji menjalin hubungan dengan VOC, sultan ageng
tirtayasa menentang dan langsung menurunkan sultan haji dari tahtanya. Namun,
sultan haji menolak untuk turun dari tahta kerajaan. Sultan haji meminta
bantuan pada VOC. Sultan ageng menyerbu istana sultan haji, namun mengalami
kegagalan karena persenjataan sultan haji lebih lengkap yang dibantu VOC.
Tahun 1683 sultan ageng ditangkap, dan sultan haji kembali menduduki banten.
Perjuangan dilanjutkan oleh ratu bagus boang dan kyai tapa.
Imam bonjol (perang paderi)
Perang paderi merupakan perang antara kaum paderi/kaum putih/golongan
agama melawan kaum hitam/kaum adat dan belanda di minagkabau Sumatra barat
yang dipimpin oleh imam bonjol.
|
11.
|
Memahami
proses kebangkitan nasional
-
Imperialisme bangsa Barat di Indonesia
-
Kesadaran Nasional dan Pergerakan Nasional
|
|
Mendeskripsikan kebijakan
pemerintah kolonial Belanda masa
Daendells
|
Cara
pemerintah Belanda (Daendels = 1808 – 1811)
1)
membangun ruas jalan raya Anyer – Panarukan
dikenal
dengan sebutan jalan raya poros (grote postwea), panjang + 1100 km,
dilaksanakan dengan kerja rodi (kerja paksa tanpa diupah)
2)
membangun armada militer yang kuat
a)
Membentuk tentara dari orang – orang
Indonesia
b)
Membangun pabrik senjata di semarang dan
surabaya
c)
Mendirikan sekolah militer di batavia
d)
Membangun benteng – benteng
3)
memperbaiki struktur pemerintahan
membagi
pulau Jawa menjadi 9 karisidenan
4)
Melaksanakan Verplichte Leveranties
Verplichte
leveranties yaitu kewajiban menjual hasil bumi hanya kepada pemerintah
belanda.
|
|
Menjelaskan sebab-sebab
lahirnya pergerakkan nasional Indonesia
|
|
|
Factor yang menyebabkan lahirnya nasionalisme di Indonesia
a.
Sejarah masa lampau yang gemilang
b.
Penderitaan rakyat akibat penjajahan
c.
Pengaruh perkembangan pendidikan barat di
Indonesia
d.
Pengaruh perkembangan pendidikan islam di
Indonesia
e.
Pengaruh perkembangan pendidikan kebangsaan di
Indonesia
f.
Dominasi ekonomi kaum cina di Indonesia
g.
Peranan bahasa melayu
h.
Istilah Indonesia sebagai identitas nasional
|
12.
|
Memahami
usaha persiapan kemerdekaan.
-
Peristiwa proklamasi dan terbentukanya Republik Indonesia
-
Proses persiapan kemerdakaan RI
|
|
Mendeskripsikan peristiwa
Rengas Dengklok
|
Peristiwa
Rengasdengklok
Seiring
dengan menyerahnya jepang kepada sekutu, para pemuda dipimpin chaerul saleh melakukan pertemuan di
gedung lembaga bakteriologi di jalan peganggsaan timur No 17 jakarta.
pertemuan yang berlangsung pada tanggal 15 Agustus 1945 pukul 20.00 WIB ini
menghasilkan keputusan sebagai berikut :
a.
Mendesak
Soekarno – Hatta untuk memproklamasikankemerdekaan pada hari itu juga
b.
menunjuk
Wikana, Darwis dan Subadio untuk menemui Soekarno – Hatta dan menyampaikan
keputusan rapat dengan catatan, kemerdekaan tidak diproklamasikan melalui
PPKI
c.
membagi
tugas kepada para mahasiswa, pelajr dan pemuda di seluruh jakarta untuk
merebut kekuasaan dari tangan jepang
sesuai keputusan rapat, Wikana dan kawan – kawan
menemui soekarno di kediamannya.
pada pertemuan tersebut Wikana menyampaikan keputusan rapat yang menentukan,
bahwa kemerdekaan harus segera di proklamasikan oleh soekarno pada tanggal 16
Agustus 1945. pada saat itu soekarno dengan serta merta menjawab ”Saya tidak
dapat melepaskan tanggung jawab saya sebagai ketua PPKI. karena itu saya kan
tanyakan kepada wakil – wakil PPKI besok.
para pemuda tidak putus asa atas penolakanm itu.
mereka lantas melaksanakan pertemuan kembali di asrama baperpi di jalan
cikini No.71 jakarta. rapat tersebut dilangsungkan pukul 24.00 WIB. di akhir
rapat diputuskan bahwa mereka harus membawa soekarno – hatta ke
rengasdengklok. tujuannya adalah untuk menjauhkan kedua tokoh perjuangan
tersebut dari tekanan dan pengaruh jepang.
sesuai rencana, pada tanggal 16 agustus 1945
pukul 04.00 WIB soekarno dan hatta di bawa para pemuda ke rengasdengklok
dipimpin syodanco singgih. turut serta dalam rombongan adalah ibu fatmawati
dan guntur soekarno putra (putranya yang masih bayi). kepada soekarno – hatta
para pemuda menyampaikan alasan bahwa semangat rakyat akan kemerdekaan yang
begitu meluap dapat mengancam soekarno – hatta apabila berada di jakarta.
setelah melaluio pedebatan, kedua tokoh tersebut menerima alsan yang
dikemukakan para pemuda.
supaya keberangkatan mereka tidak dicurigai
jepang, soekarno – hatta dan para pengawalnya mengenakan pakaian seragam peta
dengan megnendarai kendaraan militer menuju rumah jiu kie song di rengas
dengklok dengan mobil yang berbeda.
rengas dengklok adalah kota kecamatan yang terletak di sebelah utara
karawang. daerah rengasdengklok ini kebetulan sudah dikuasai oleh pasukan
peta di bawah pimpinan shudanco singgih, sehingga keamanan di rengasdengklok
lebih terjamin.
di rengasdengklok soekarno – hatta tetap belum
bersedia menyatakan kemerdekaan indonesia hari itu juga. menyikapi situasi
seperti itu, syodanco singgih berusaha melakukan pembicaraan kembali dengan
soekarno. dalam suasana tegang, akhirnya soekarno menyetujui kesediaannya
bila sudah berada kembali di jakarta. yusuf
kunto yang berperan sebagai penghubung, siang itu kembali ke jakarta
untuk mengetahui perkembangan situasi. ternyata situasi di jakarta sedang
menghangat. rencananya hari itu tanggal 16 agustus 1945 PPKI akan bersidang,
tetapi ternyata soekarno – hatta selaku ketua dan wakil ketua PPKI tiada ada
di tempat. hal itu menimbulkan kepanikan. ahmad soebarjo berusaha mencari dan kebetulan bertemu yusuf kunto.
dari yusuf kunto, ahmad soebarjo mengetahui keberadaan rombongan soekarno –
hatta. ahmad soebarjo bersama
yusuf kunto sebagai wakil pemuda dan sudiro selaku sekretaris pribadinya
pergi ke rengasdengklok untuk menjemput soekarno – hatt beserta rombongannya.
rombongan tiba di rengasdengklok pada pukul
17.30 WIB. dalam pertemuan dengan para pemuda di rengasdengklok, ahmad soebarjo memberi jaminan dengan
taruhan nyawanya bahwa proklamasi kemerdekaan akan dilaksanakan pada tanggal
17 agustus 1945 sebelum pukul 12.00 WIB. dengan jaminan ahmad soebarjo itu
para pemuda menyetujui sehingga soekarno – hatta beserta rombongan kembali ke
jakarta.
|
|
Mengidentifikasikan konflik
Indonesia-NICA (Heroik Surabaya-Bandung Lautan Api)
|
|
|
a.
Peristiwa heroic di Surabaya ; peristiwa
tewasnya brigjen malaby membuat pihak inggris marah. Dan mengeluarkan
ultimatum. Tanggal 10 nopember 1945, bung tomo, sungkono dan gubernur surya
bersiap-siap menghadapi gempuran sekutu.bung tomo memberikan semangat arek –
arek suroboyo dengan pekikan Allahu
Akbar! Allahu Akbar! Allahu Akbar! Pertempuran Surabaya pecah pada 10
nopember 1945. Ribuan orang telah menjadi korban. Untuk memperingati
kepahlawanan rakyat Surabaya, 10 nopember sebagai hari pahlawan.
b.
Bandung lautan api
Sekutu yang baru datang meminta paksa semua senjata
yang diperoleh dari tentara jepang. Selain itu sekutut menuntut agar kota
bandung bagian utara dikosongkan selambat – lambatnya 29 november 1945.
Sekutu mengeluarkan ultimatum kedua pada 23 maret 1946 supaya kota bandung
dikosongkan paling lambat pukul 24.00. setelah dipertimbangkan, sebelum
meninggalkan kota bandung, para pejuang melancarkan serangan kearah kedudukan
sekutu. Selain itu mereka membumihanguskan kota bandung bagian selatan.
Jadilah bandung seperti lautan api.
|
13.
|
Kondisi
perkembangan Negara Dunia
-
Perang dunia II dan Pendudukan Jepang
|
|
Menjelaskan sebab sebab
terjadinya Perang Dunia II
|
|
SEBAB UMUM TERJADINYA PERANG DUNIA II
1.
Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB)
dalam menciptakan perdamaian dunia.
2.
Negara - negara maju saling berlomba
memperkuat militer dan persenjataannya.
3.
Adanya politik aliansi (mencari kawan
persekutuan).
4.
Adanya pertentangan-pertentangan
akibat ekspansi.
5.
Adanya pertentangan faham demokrasi,
fasisme dan komunisme.
6.
Adanya politik balas dendam
(“Revanche Idea”) Jerman terhadap Perancis, karena Jerman merasa dihina
dengan Perjanjian Versailles.
SEBAB KHUSUS TERJADINYA PERANG DUNIA II
1.
Di Eropa, sebab khusus terjadinya
Perang Dunia II adalah serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada tanggal 1
September 1939. Pada tanggal 3 September 1939 negara-negara pendukung LBB
terutama Inggris dan Perancis mengumumkan perang kepada Jerman, kemudian
diikuti sekutu-sekutunya.
2.
Perang Dunia di Pasifik disebabkan
oleh serbuan Jepang terhadap Pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl
Harbour, Hawai (7 Desember 1941).
|
14.
|
Memahami
usaha mempertahankan kemerdekaan.
-
Usaha mempertahankan kemerdekaan
-
Peristiwa politik ekonomi pasca kemerdekaan
|
|
Mengidentifikasi diplomasi RI
– Belanda dalam KMB
|
KMB berlangsung
23 agts – 2 nop 1949, di denhaag belanda. KMB dipimpin oleh Perdana
mentri belanda : Dr. Willem Dress, delegasi Indonesia diketuai : mohammad
Hatta, delegasi belanda diketuai : van marseven
Delegasi BFO diketuai : sultan hamid II dan UNCI
diwakili Chritchley
Hasil : Bld menyerahkan kadaulatan RI pd akhir 1949,
masalah irian barat diselesaikan 1 th sth pengakuan kedaulatan, dibentuk uni
ind-bld, ris menanggung utang bld sejak tahun 1942, pasukan belanda akan
dipulangkan, dan bekas anggota KNIL diperbolehkan menjadi APRIS
|
|
Menjelaskan pelaksanaan
Demokrasi Terpimpin di bidang Politik
|
|
|
|
15
|
Memahami
usaha mempertahankan kemerdekaan.
-
Perjuangan memerbut Irian Barat.
-
Pemberontakan dan konflik di RI
|
|
Mengidentifikasi peran PBB
terhadap Indonesia dalam pengembalian Irian Barat
|
Yaitu sekjen PBB
U Thant mengutus diplomat Amerika Ellsworth Bunker untuk menengahi
perselisihan Indonesia - Belanda. Bunker
mengajukan usul yang dikenal sebagai Rencana Bunker. Isi usulannya
antara lain sebagai berikut :
·
Belanda harus menyerahkan irian barat kepada
Indonesia melalui suatu badan
pemerintahan PBB (UNTEA).
·
Sesudah sekian tahun, rakyat irian barat harus
diberi kesempatan untuk menentukan pendapat, apakah tetap dalam Ri atau
memisahkan diri
Sehingga pada tanggal 15 Agustus 1962
ditandatangani persetujuan New York oleh menteri Luar Negeri Subandrio (Wakil
RI) dan Van Royen serta Schmurman (wakil dari Belanda). Pokok – pokok
persetujuan new york diantaranya sebagai berikut :
Pada tanggal 1 Mei 1963 UNTEA menyerahkan kekuasaan irian Barat kepada pemerintah Indonesia.
Dan menjadi provinsi ke 26 dan kemudian diubah menjadi irian jaya.
Sebagai wujud
pelaksanaan persetujuan New York, maka pada tahun 1969 diselenggarakan
penentuan pendapat rakyat. Pepera diselenggarakan dalam tiga tahap.
Pelaksanaan pepera
disaksikan oleh utusan dari PBB, Belanda, dan Australia dengan opsi bersatu dengan RI atau membentu Negara
sendiri. Hasil pepera di bawa ke New York untuk disampaikan dalam sidang
umum PBB oleh duta besar Ortis Sanz. Pada tanggal 19 November 1969, sidang Umum PBB menerima dan menyetujui hasil –
hasil pepera. Sejak saat itulah, secara dejure irian jaya sah menjadi bagian
dari wilayah RI.
|
|
Mengidentifikasi pemberontakan
DI/TII , PKI Madiun
|
|
|
DI/TII JAWA BARAT : S.M KARTOSUWIRTO
DI/TII JAWA TENGAH : AMIR FATAH
DI/TII SULAWESI SELATAN : KAHAR MUZAKAR
DI/TII KALIMANTAN SELATAN : IBNU HAJAR
DI/TII ACEH : TENGKU DAUD
BEUREUH
PKI MADIUN 1948 : berawal dari hasil perundingan renville, cabinet
amir syarifudin di jatuhkan, kemudian mendirikan FDR dan bergabung dengan PKI
pimpinan muso. Selanjutnya muso dan amir memproklamasikan berdirinya Negara
republic soviet Indonesia dengan muso sebagai kepala Negara, amir syarifudin
sebagai kepala pemerintahan dan joko suyono sebagai panglima angkatan perang.
|
16.
|
Memahami
perubahan pemerintah dan kerjasama internasional.
-
Berakhirnya Orde Baru dan lahirnya Reformasi
-
Perkembangan lembaga nasional
|
|
Menjelaskan pelaksanaan pemilu
di Indonesia tahun 2009
|
|
|
Menjelaskan pelaksanaan
Konferensi Asia Afrika di Bandung.
|
|
|
A. Konferensi
Asia Afrika dan peran Indonesia
1. Awal penyelenggaraan
KAA
Sebelum dilaksanakan Konfresi asia – Afrika I, telah diadakan
konferensi pendahuluan. Prakarsa KAA I, yakni perdana menteri Ali
sastroamijoyo dari Indonesia. Ide itu kemudian didukung oleh India, Birma, Sri Lanka dan Pakistan.
Kelima negera tersebut kemudian mengadakan konferensi pendahuluan di Kolombo
sebagai persiapan diadakannya KAA I.
a. Konferensi
Kolombo
Konferensi
kolombo dilaksanakan di Kolombo, Srilanka pada tanggal 28 april - 2 Mei 1954. tujuan utama dilaksanakannya
konferensi Kolombo adalah membahas masalah Vietnam sebagai persiapan
menghadapi Konferensi Jenewa pada tahun itu juga. Akan tetapi, pembicaraan
kemudian berkembang setelah Indonesia melontarkan gagasan perlunya
diadakannya KAA. Usul itu diterima semua peserta konferensi walaupun masih
dalam suasana keraguan
Pada akhir konferensi diputuskan hal – hal sebagai berikut
-
Indocina harus dimerdekakan dari penjajahan
Perancis
-
Menuntut kemerdekaaan bagi Tunisia dan Maroko
-
Menyetujui diadakannya KAA dan meugaskan Indonesia
menyelidiki kemungkinan menadakan konferensi semacam itu
Konfernsi
kolombo ini juga dikenal sebagai Konferensi Pancanegara I, karena konferensi
ini dihadiri oleh lima negara pelopor yang masing – masing diwakili oleh
perdana menterinya. Kelima perdana menteri itu adalah :
1) Perdana
Menteri indonesia, Mr. Ali Sastroamijoyo
2) Perdana
menteri India, Jawaharal Nehru
3) Perdana
Menteri Birma, U Nu
4) Perdana
Menteri Sri Lanka, Sir John Kotelawala
5) Perdana
Menteri Pakistan, Muhammad Ali
b. Konferensi
bogor
Sebagai
persiapan sebelum pelaksanaan KAA I, pada tanggal 28 – 31 Desember 1954
diadakan konferensi Bogor. Konferensi ini bertempat di Bogor, Indonesia.
Konferensi Bogor juga dikenal sebagai Konferensi Pancanegara II karena
dihadiri oleh lima negara anggota konferensi Kolombo.
Konferensi Bogor memutuskan beberapa hal yang berakitan dengan
pelaksanaan KAA I.
Keputusan dalam Konferensi Bogor, antara lain sebagai berikut :
-
KAA I diadakan di Bandung pada 18 – 24 April 1955
-
Menetapkan 30 negara yang diundang sebagai peserta
KAA I
-
Menetapkan kelima negara perserta Konferensi Bogor
sebagai negara sponsor
-
Menetapkan empat tujuan pokok KAAI, yaitu :
a) memajukan
kerja sama antara bangsa – bangsa Asia – Afrika demi kepentingan bersama
b) meninjau
masalah – masalah sosial, ekonomi, dan kebudayaan
c) memecahkan
masalah kedaulatan nasional, realisasi dan kolonialiseme
d) memperkuat
kedudukan dan peranan Asia – Afrika dalam usaha perdamaian dunia
2. Pelaksanaan
Konferensi Asia – Afrika I
Setelah
konferensi pendahuluan sebagai persiapan dipandang cukup maka dilaksanakan
Konferensi asia – Afrika I diselenggarakan di Gedung Merdeka, Bandung pada
tanggal 18 – 24 April 1955. Konferensi dihadiri oleh 29 negara asia - Afrika dari 30 negara yang
diundang yang terdiri dari 5 negara pengundang (Indonesia, India, Srilanka,
Birma dan Pakistan) dan 24 negara yang diundang. Dari 29 negara tersebut 23
dari benua Asia dan 6 dari negara
benua Eropa. Negara yang berhalangan hadir yaitu Federasi Afrika Tengah
(Rhodesia dan Nyasa) yang tengah dilanda pergolakan politik berupa
penentangan penduduk asli kulit hitam kepada dominasi kulit putih.
3. Arti Penting
Konferensi Asia – Afrika
Konferensi
Asia Afrika membawa arti penting bagi dunia. Arti penting KAA tersebut adalah
sebagai berikut :
a. membangkitkan
rasa setia kawan dan solidaritas bangsa asia Afrika
b. sebagai
penengah blok Barat dan blok Timur
c. Pendorong
perjuangan kemerdekaan bagi bangsa asia Afrika khsuusnya dan dunia pada
umumnya
d. Bagi indonesia
merupakan wahana untuk mencari dukungan masalah irian barat dan menunjukkan
pada dunia bahwa indonesia ikut memelihara perdamaian dunia
e. Mengilhami
berdirinya gerkan nonblok (GNB)
|
IPS EKONOMI
NO
|
KEMAMPUAN YANG DI UJI
|
17.
|
Mengidentifikasi
tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai
kegiatan sehari hari
|
|
Menjelaskan melalui ilustrasi
cerita tentang salah satu motif ekonomi yang dilakukan manusia
|
|
Motif ekonomi ialah dorongan atau hasrat yang
menimbulkan keinginan manusia melakukan tindakan ekonomi. Contoh: membuat
batu bata, membuat kerajinan rotan
Motif ekonomi pada dasarnya dibagi menjadi 4 macam:
1. Motif
untuk memperoleh kesejahteraan
Segala tindakan yang
dilakukan karena dorongan memperoleh keuntungan.
Contoh: mengikuti pendidikan
guna kenaikan jabatan. Memperbesar jaringan perusahaan
2. Motif
untuk mendapatkan penghargaan dari sesama manusia
Contoh: Tradisi di kampung
orang akan disegani dan terpandang apabila mempunyai banyak sawah dan rumah
besar. Lain lagi apabila di kota, seorang akan dihormati apabila mempunyai
sedan mewah, villa atau jabatan tinggi di perusahaan
3. Motif
untuk memperoleh kekuasaan
Segala tindakan untuk
memperoleh kekuasaan.
Contoh: Untuk menjadi lurah
saja dilakukan dengan segala cara, baik dana maupun kekerasan. Dalam
perdagangan sebuah perusahaan mengambil tindakan monopoli bahan maupun produk
untuk dapat menguasai pasar.
4. Motif
sosial (keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan sesama manusia)
Segala tindakan untuk dapat
membantu sesama manusia.
Contoh: Seorang tidak
segan-segan mengeluarkan harta, tenaga maupun pikiraan untuk kepentingan
social atau membantu kawan yang kesusahan.
|
18.
|
Mendeskripsikan
kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi , produksi dan
distribusi barang
|
|
Menjelaskan contoh factor
produksi asli dan factor produksi turunan
|
|
Factor produsi asli : alam dan tenaga kerja
Factor produksi turunan : modal dan kewirausahaan
|
19.
|
Mendeskripsikan
peran badan usaha , termasuk koperasi sebagai tempat berlangsungnya proses
produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
|
Menyebutkan macam macam badan
usaha berdasarkan tanggung jawabnya atau hukumnya.
|
|
ciri dan sifat perusahaan perseorangan :
- relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan
- tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi - tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi - seluruh keuntungan dinikmati sendiri - sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri - keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar - jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup - sewaktu-waktu dapat dipindah tangankan
ciri dan sifat firma :
- Apabila terdapat hutang tak terbayar, maka setiap
pemilik wajib melunasi dengan harta pribadi.
- Setiap anggota firma memiliki hak untuk menjadi pemimpin - Seorang anggota tidak berhak memasukkan anggota baru tanpa seizin anggota yang lainnya. - keanggotaan firma melekat dan berlaku seumur hidup - seorang anggota mempunyai hak untuk membubarkan firma - pendiriannya tidak memelukan akte pendirian - mudah memperoleh kredit usaha
ciri dan sifat cv :
- sulit untuk menarik modal yang telah disetor
- modal besar karena didirikan banyak pihak - mudah mendapatkan kridit pinjaman - ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang pasif tinggal menunggu keuntungan - relatif mudah untuk didirikan - kelangsungan hidup perusahaan cv tidak menentu
ciri dan sifat pt :
- kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta
pribadi
- modal dan ukuran perusahaan besar - kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham - dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham - kepemilikan mudah berpindah tangan - mudah mencari tenaga kerja untuk karyawan / pegawai - keuntungan dibagikan kepada pemilik modal / saham dalam bentuk dividen - kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saham - sulit untuk membubarkan pt - pajak berganda pada pajak penghasilan / pph dan pajak deviden |
20.
|
Mengidentifikasi
bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
|
|
Menyebutkan syarat syarat
tebentukanya pasar dan fungsi pasar bagi kegiatan Ekonomi Masyarakat
|
|
Syarat Pasar :
1.
Ada Penjual dan Pembeli
2.
Adanya barang dan jasayag diperjualbelikan
3.
Adanya interaksi antara penjual dan pembeli
(transaksi jual beli)
4.
Adanya media atau tempat untuk interaksi
Fungsi Pasar :
1.
Fungsi Distribusi ; Dalam fungsi distribusi,
pasar berperan memperlancar penyaluran barang dan jasa dari produsen ke
konsumen.
2.
Fungsi Pembentukan Harga ; Dalam fungsi
pembentukan harga, pasar berperan mewujudkan kesepakatan harga antara penjual
dan pembeli.
3.
Fungsi Promosi ; Dalam fungsi promosi, pasar
berperan membangkitkan minat konsumen untuk membeli barang/jasa tertentu.
|
21.
|
Mendeskripsikan
pelaku pleaku ekonomi dalam system perekonomian Indonesia
|
|
Menyebutkan ciri ciri utama
perekonomian Indonesia serta kebaikan dan kelemahan yang ada.
|
Ekonomi kerakyatan sebagai system perekonomian
Indonesia memiliki cirri positif sebagai berikut.
a.
Perekonomian Disusun sebagai usaha bersama
berdasarkan atas asas kekeluargaan (pasal 33 UUD 1945)
b.
Cabang – cabang produksi yang penting bagi
Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara (Pasal 33
UUD 1945)
c.
Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung
di dalamnya dikuasi oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar – besar bagi
kemakmuran rakyat (pasal 33 UUD 1945)
d.
Sumber – sumber kekayaan dan keuangan Negara
digunakan dengan permufakatan lembaga – lembaga perwakilan rakyat, serta
pengawasan terhadap kebijakannya ada pada lembag a- lembaga perwakilan rakyat
pula (Pasal 23 UUD 1945)
e.
Warga Negara memiliki kebebasan dalam memilih
pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak atas pekerjaan dan penghidupan
yang layak (Pasal 27 UUD 1945)
f.
Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya
tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masayrakat (Pasal 33 penjuelasan
UUD 1945)
g.
Potensi, inisiatif dan daya kreasi setiap
warga Negara diperkembangkan sepenuhnya dalam batas – batas yang tidak
merugikan kepentingan umum (Pasal 33 penjelasan UUD 1945)
h.
Fakir miskin dan anak – anak yang terlantar
dipelihara oleh Negara (pasal 34 UUD 1945)
Hal – hal yang harus dihindari oleh system
ekonomi kerakyatan
a.
Sistem free fight liberalism (system
persaingan bebas yang saling menghancurkan) yang menumbuhkan eksploitasi
terhadap manusia dan bangsa lain.
b.
Sistem etatisme yang mana Negara beserta
aparatur ekonomi Negara bersifat dominant serta mendesak dan mematikan
potensi dan daya kreasi unit – unit ekonomi di luar sector Negara.
c.
Pemustan kekuatan ekonomi pada satu kelompok
dalam bentuk monopoli yang merugikan masyarakat.
|
|
Membedakan contoh pajak Negara
dan pajak daerah
|
|
|
Sering disebut juga Pajak pusat yaitu pajak yang
dipungut oleh Pemerintah Pusat yang terdiri dari:
1. Pajak Penghasilan ; Diatur dalam UU No. 7 Tahun
1983 tentang Pajak Penghasilan yang diubah terakhir kali dengan UU Nomor 36
Tahun 2008
2. Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak
Penjualan atas Barang Mewah ;Diatur dalam UU No. 8 Tahun 1983 tentang
Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang diubah
terakhir kali dengan UU No. 42 Tahun 2009
3. Bea Materai ;UU No. 13 Tahun
1985 tentang Bea Materai
Sesuai UU 28/2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi
Daerah, berikut jenis-jenis Pajak Daerah:
A. Pajak
Provinsi terdiri dari:
1. Pajak
Kendaraan Bermotor;
2. Bea
Balik Nama Kendaraan Bermotor;
3. Pajak
Bahan Bakar Kendaraan Bermotor;
4. Pajak
Air Permukaan; dan
5. Pajak
Rokok.
B. Jenis
Pajak Kabupaten/Kota terdiri atas:
1. Pajak
Hotel;
2. Pajak
Restoran;
3. Pajak
Hiburan;
4. Pajak
Reklame;
5. Pajak
Penerangan Jalan;
6. Pajak
Mineral Bukan Logam dan Batuan;
7. Pajak
Parkir;
8. Pajak
Air Tanah;
9. Pajak
Sarang Burung Walet;
10. Pajak
Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan; dan
11. Bea
Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.
|
22.
|
Mendeskripsikan
permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
|
|
Menyebutkan melalui gambar dan
kurva permintaan dan kurva penawaran
|
|
kUrva permintaan : garis yang bergerak dari kiri atas ke kanan bawah
kurva penawaran : garis yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas
|
23.
|
Memahami
lembaga Keuangan dan Perdagangan
|
|
Menjelaskan jenis jenis uang
dan nilai uang yang ada
|
Jenis uang : uang
kartal (uang yg dapat digunakan sbg alat pembayaran yang sah. Terdiri dari uang kertas dan uang logam. Uang giral
(uang yg ada dibank yg dpt
digunakan sewaktu – watu),
antara lain, cek, bilyet giro, TT, ATM, kartu kredit
Nilai Uang :
-
Nilai
Nominal : nilai yg tertera pd uang
-
Nilai
intrinsik : biaya untuk mencetaknya
-
Nilai
internal : nilai riil uang itu sendiri
-
Nilai eksternal : nilai uang jika ditukar dg mata
uang asing.Kurs jual :
kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing.Kurs
beli : kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank membeli mata uang asing
|
|
Menjelaskan nilai kurs valuta
asing serta praktek jual/beli valuta asing
|
|
Kurs jual : nilai tukar rupiah thd mata uang asing
Kurs beli : nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah
Kurs jual dan kurs beli dilihat dari pihak bank yang melakukan
transaksi jual dan beli.
Missal : saya punya uang Rp 1.000.000, bila ingin ditukar dg mata
uang asing, maka dikenakan kurs jual, begitu pula sebaliknya.
|
|
Menjelaskan jenis dan fungsi
perbankan di Indonesia
|
|
Jenis bank :
Bank ;
banknya para bank, berfungsi sebagai pengawas dan Pembina bagi jenis bank
lainnya.
Bank umum ; bank
yang melakukan kegiatan usahanya juga menyediakan jasa lalu pembayaran.
Bank Perkreditan rakyat
; bank yang melakukan kegiatan usahanya yang dalam kegiatannya tidak
memberikan jasa lalu lintas pembayaran.
|
|
Menjelaskan jenis dan manfaat
lembaga keuangan bukan bank bagi peningkatan kesejahteran masyarakat
|
|
|
LKBB :
1.
Asuransi : perusahaan yang menghimpun dana
dengan menjanjikan sejumlah uang ganti rugi kepada perorangan atau badan
usaha apabila terjadi suatu peristiwa yang menimpa orang atau badan yang
membayar iuran asuransi.
2.
Pegadaian : usaha yang memberikan pinjaman
kepada nasabah dengan jaminan barang bergerak
3.
Lembaga dana pension : lembaga yang mengelola
program pension dengan tujuan untuk memberikan kesejahteraan kepada karyawan
perusahaan terutama yang telah pension.
4.
Lembaga pembiayaan : badan usaha yang
melakukan pembiayaan dalam bentuk penyediaan dana atau barang modal
5.
Koperasi simpan pinjam ;
|
24.
|
Mendeskripsikan
perdagangan internasional dam da,paknya terhadap perekonomian Indonesia
|
|
Menyebutkan manfaat dan
komoditas perdagangan antar negara (perdangangan internasional)
|
Manfaat perdagangan inernasional
1.
Kebutuhan setiap Negara dapat terpenuhi
2.
Spesialisasi produksi
3.
Penemuan teknologi baru
4.
Lahirnya tenaga – tenaga ahli
5.
Sumber penerimaan devisa Negara
6.
Terciptanya persahabatan antar Negara
|
|
Menjelaskan pengertian dan
fungsi devisa
|
|
Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan
sebagai alat pembayaran internasional.
Devisa terdiri atas valuta asing, yaitu mata
uang yang dapat diterima oleh hampir semua negara di dunia (seperti US Dollar
($), Yen Jepang, Euro, Poundsterling Inggris), emas, surat berharga
yang berlaku untuk pembayaran internasional, dan lainnya.
1. Devisa
umum, yaitu devisa yang diperoleh dari hasil ekspor, penjualan jasa dan bunga
modal.
2. Devisa
kredit, yaitu devisa yang diperoleh dari hasil pinjaman kredit luar negeri.
|
|
Menyebutkan sumber dan tujuan
menggunakan devisa
|
|
Sumber Devisa Negara diperoleh dari :
Pada dasarnya devisa dapat berfungsi
sebagai :
|
|
Menyebutkan dampak perdagangan
internasional terhadap perkembangan perekonomian Indonesia
|
|
|
A.
Dampak
kerja sama ekonomi regional dan internasional
terhadap perekonomian indonesia
1.
Dampak
positif
a.
Negara
dapat memenuhi kebutuhan yang tidak bisa diproduksi dalam negeri
b.
Memperluas
pasar bagiproduk dalam negeri
c.
Memperluas
lapangan kerja
d.
Terjadinya
alih teknologi
e.
Menghasilkan
devisa
f.
Menambah
pendapatan negara
g.
Menghilangkan
hamabtan perdagangan antar negara
h.
Masuknya
modal asing ke dalam negeri
i.
Mempecepat
pertumbuhan ekonomi
j.
Meningkatkan
kesejahteraan dan kemakmuran masayrakat
2.
Dampak
negatif
a.
Ketergantungan
terhadapa asing
b.
Pasar
dalam negeri dikuasaiproduk asing
c.
Perusahaan
dalam negeri yang tidak mampu bersaing akan bangkrut
d.
Penggunaan
teknologi tinggi dapat menciptakan pengangguran
e.
Meningkatkan
pengangguran
f.
Banyak
TKI Ilegal
|
25.
|
Mendeskripsikan
kerjasama antar Negara di bidang ekonomi
|
|
Mengidentifikasi bentuk bentuk
dan badan badan ekonomi antar negara
|
|
|
No comments:
Post a Comment