KISI-KISI SOAL UJIAN KENAIKAN KELAS
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
MATA PELAJARAN : PKn ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
KURIKULUM ACUAN : KTSP JUMLAH SOAL : 50 (LIMA PULUH)
KELAS : VII ( Tujuh ) BENTUK SOAl : PILIHAN GANDA
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO
SOAL
|
1
|
Menampilkan
sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
|
Menguraikan hakikat hukum dan kelembagaan HAM
|
Deskripsi tentang HAM
|
Peserta
didik dapat menjelaskan Pengertian Hak Asasi Manusia
|
1
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan 3 macam HAM dalam bidang politik
|
2
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan hak-hak dasar manusia, peserta
didik dapat menunjukan 3 Macam HAM di
bidang sosial budaya
|
3
|
|
|
|
Sejarah
perjuangan HAM
|
Peserta
didik dapat menunjukkan revolusi yang mengawali perlindungan HAM di dunia
|
4
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan pengakuan HAM menurut Piagam PBB tahun 1948
|
5
|
|
|
|
Dasar
hukum penegakkan HAM di Indonesia
|
Peserta
didik dapat menunjukkan dasar hukum tentang
penegakan HAM di Indonesia
|
6
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menjelaskan yang diatur dalam UU No. 26
Tahun
2000
|
7
|
|
|
|
Lembaga
perlindungan HAM
|
Disajikan
pernyataan, Peserta
didik dapat mengidentifikasi 2 lembaga perlindungan HAM
|
8
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan, peserta
didik dapat menunjukan 2 tujuan Komnas HAM
|
9
|
|
|
|
Perundang-undangan
HAM nasional
|
Disajikan pernyataan, Peserta didik dapat menunjukan perundang-undangan
yang mengatur tentang HAM di Indonesia
|
10
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan,
Peserta
didik dapat menjelaskan Latar belakang lahirnya peraturan perundangan tentang HAM
|
11
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar, Peserta
didik dapat menunjukkan pasal dalam UUD 1945 tentang Perlidungan HAM
|
12
|
|
|
Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan
HAM
|
Kasus Pelanggaran HAM
|
Peserta didik
dapat
menjelaskan pengertian pelanggaran HAM
|
13
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi Kasus pelanggaran HAM berat
yang pernah terjadi di Indonesia
|
14
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan Pelanggaran HAM di lingkungan
keluarga
|
15
|
|
|
|
|
Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukan
Pelanggaran HAM di lingkungan masyarakat
|
16
|
|
|
|
Penegakkan HAM
|
Peserta
didik dapat menunjukkan kewenangan Pengadilan Hak Azasi Manusia
|
17
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menunjukan penegakkan HAM di Indonesia
|
18
|
|
|
Menghargai upaya perlindungan HAM
|
Peranan lembaga perlindungan HAM
|
Peserta
didik dapat menunjukkan tujuan dibentuknya KOMNAS HAM
|
19
|
|
|
|
|
Disajikan 4 kolom , Peserta didik dapat menunjukkan
2 kolom yang berisi penegak hukum di negara RI
|
20
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan, Peserta didik dapat menentukan 3 fungsi Komnas HAM
|
21
|
|
|
Menghargai
upaya penegakkan HAM
|
Sikap
positif terhadap upaya penegakkan HAM
|
Disajikan
pernyataan , peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap
penegakan HAM
|
22
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunjukkan bentuk
partisipasi masyarakat dalam upaya penegakan HAM
|
23
|
|
|
|
|
Peserta didik
dapat menunjukkan contoh wujud partisipasi penegakkan HAM di lingkungan
masyarakat
|
24
|
|
|
|
|
Perserta didik dapat
menunjukkan contoh perilaku positif terhadap penegakkan HAM di lingkungan
Sekolah
|
25
|
2
|
Menampilkan
perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Pengertian
mengeluarkan pendapat
|
Peserta didik dapat
menjelaskan Pengertian kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum
|
26
|
|
|
|
|
Disajikan 4 gambar peserta
didik dapat menunjukkan gambar mengemukakan pendapat secara tulisan.
|
27
|
|
|
|
Perundang-undangan
yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
|
Disajikan
4 gambar, siswa dapat memilih 2 gambar
yang sesuai dengan UUD 1945 pasal 28
|
28
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan latar belakang dikeluarkannya peraturan
perundang-undangan tentang menyampaikan pendapat
|
29
|
|
|
|
|
Disajikan gambar demontrasi,
peserta didik dapat menunjukkan Undang-Undang yang mengatur kegiatan gambar
tersebut.
|
30
|
|
|
|
Bentuk-bentuk
menyampaikan pendapat dimuka umum
|
Disajikan gambar demo
anarkhis, peserta didik dapat mengidentifikasi akibat perilaku pada gambar
tersebut.
|
31
|
|
|
|
|
Disajikan gambar kampanye,
peserta didik dapat menunjukkan bentuk menyampaikan pendapat sesuai gambar
tersebut
|
32
|
|
|
|
|
Disajikan tabel, peserta
didik dapat menunjukkan bentuk-bentuk mengemukakan pendapat dimuka umum
|
33
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunjukkan 2 cara mengemukakan pendapat secara baik dan
benar
|
34
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan salah satu
azas menyampaikan pendapat
|
35
|
|
|
|
Akibat
pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat mengidentifikasi 3 akibat pembatasan kebebasan
mengemukakan pendapat
|
36
|
|
|
|
Konsekuensi
kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas
|
Disajikan
gambar demo anrkhis, peserta didik dapat menunjukkan
akibat dari kegiatan gambar tersebut
|
37
|
|
|
|
|
Disajikan
ilustrasi kasus mengemukakan pendapat secara anarkis, peserta didik dapat
menentukan cara untuk menyikapinya
|
38
|
|
|
Menguraikan
pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Kebebasan yang
bertanggung jawab
|
Peserta
didik dapat menjelaskan alasan mengemukakan pendapat harus dilandasi
kebebasan yang bertanggung jawab
|
39
|
|
|
|
Tempat
untuk menyampaikan pendapat di muka umum
|
Disajikan
gambar, peserta didik dapat menentukan tempat yang di larang dalam menyampaikan pendapat di muka
umum
|
40
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat
menjelaskan alasan mengapa fasiliitas umum dilarang untuk demontrasi
|
41
|
|
|
|
Tata
cara mengemukakan pendapat
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunjukan 2 cara mengemukakan pendapat secara
bebas dan bertanggung jawab
|
42
|
|
|
|
|
Disajikan Gambar, peserta
didik dapat menentukan aparatur negara yang bertugas
untuk melakukan pengamanan saat menyampaikan pendapat di muka
umum
|
43
|
|
|
|
|
Disajikan
pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi hari-hari yang dilarang untuk menyampaikan pendapat
dimuka umum
|
44
|
|
|
|
|
Peserta didik dapat
menjelaskan kewajiban yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat di muka umum
|
45
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat menunjukkan kewajiban pemerintah terhadap kelompok yang mengemukakan pendapat dimuka
umum
|
46
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan
sekolah secara bertanggungjawab
|
47
|
|
|
Mengaktualisasikan
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Sikap positif
mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
|
Disajikan
pernyataan peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap penggunaan
hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
|
48
|
|
|
|
|
Peserta
didik dapat memberikan contoh sikap positif dalam mengemukakan pendapat
sesuai dengan bahasa dan budaya Indonesia
|
49
|
|
|
|
|
Disajikan
gambar musyawarah, peserta didik dapat
menentukan nilai karakter dari gambar tersebut.
|
50
|
No comments:
Post a Comment