PAKET III
SOAL
PENGAYAAN UJIAN NASIONAL
MATA
PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN 2013/2014
1.
Indikator UN : Mengidentifikasi isi dan bagian suatu paragraf
Soal :
Bacalah
paragraf berikut!
Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung
Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. Target ini diharapkan
terpenuhi melalui kerja sama menyeluruh pengampu kepentingan. Tujuan ini bisa
tercapai jika masing-masing mau bekerja sama. Namun peningkatan kunjungan
wisatawan tidak boleh mengganggu tujuan utama daerah konservasi. Wisatawan
selama ini didominasi pelancong manca negara.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A.
target jumlah wisatawan
B.
jumlah kunjungan wisatawan
C.
peningkatan kunjungan wisatawan
D.
dominan
pelancong manca negara
Kunci : A
Pembahasan :
Gagasan utama/gagasan
pokok/ide pokok merupakan pernyataan yang menjadi inti pembahasan. Gagasan
utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Letaknya biasa terdapat pada awal atau akhir
paragraf. Kalimat utama tersebut
bersifat umum dengan ditandai kata yang merujuknya.
Kata kunci: Jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung
Puting ditargetkan 15 ribu orang per tahun mulai 2015. (jumlah kunjungan
wisatawan). Target ini …. (kalimat kedua)
1.
Indikator UN: Menentukan persamaan isi
berita
Indikator Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa dapat menentukan persamaan
isi berita tersebut.
Soal :
Bacalah
kutipan teks berita berikut!
Teks
Berita I
|
Teks
Berita II
|
Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk
dalam tahap mengkhawatirkan. Diperkirakan pencemaran udara itu akan semakin
parah karena jumlah kendaraan terus bertambah. Saat ini Badan Pengendali
lingkungan hidup (BPLH) kota Bekasi sedang memeriksa tingkat pencemaran.
Beberapa di antaranya berada di Jalan Raya Ahmad, Jalan Cut Mutiah, dan Jalan
Siliwangi.
|
Sejumlah warga Desa Krebet Sengrong, Bulu Lawang, Malang mengeluhkan pencemaran udara
akibat sisa pembakaran pabrik gula di wilayah itu. Pencemaran udara itu
sampai tingkat yang mengkhawatirkan. Akibat pencemaran udara tersebut,
sejumlah warga terpaksa menggunakan masker pada pagi hari. Selain udara di
pagi hari, air warga juga kadang tercemar. Hal itu terjadi setiap kali musim giling tebu yang dilakukan pabrik gula.
|
Persamaan isi kedua kutipan teks
berita tersebut adalah ….
A.
proses pencemaran udara
B.
tempat pencemaran udara
C.
tingkat pencemaran udara
D.
penyebab pencemaran udara
Kunci : C
Pembahasan :
Informasi adalah keterangan,
pemberitahuan, kabar, atau berita. Untuk mencari kesamaan isi beberapa berita,
kita harus menentukan informasi pokok dari setiap teks berita tersebut.
Kata-kata yang dirujuk:
Teks I: Tingkat pencemaran udara di kota Bekasi sudah masuk
dalam tahap mengkhawatirkan.
Teks II: Pencemaran udara itu sampai tingkat yang
mengkhawatirkan.
2.
Indikator UN: Menentukan perbedaan penyajian
berita
Indikator
Soal: Disajikan dua kutipan teks berita, siswa
dapat menentukan perbedaan penyajian berita tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
Tiga pekerja pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi,
Jepang resah. Sistem pendinginnya tercemar radiasi dosis tinggi. Mereka
menjadi korban saat berusaha memulihkan daya listrik reaktor nomor tiga. Dua
dari mereka harus dirawat di dua rumah sakit. Demikian informasi dari Badan
Keselamatan Nuklir Jepang, Kamis (24/3)
|
Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi
mengandung radioaktif. Bahan kadarnya melebihi batas aman bagi bayi.
Pemerintah Tokyo menegaskan bayi tidak diperkenankan minum dari air kran.
Sebagaimana warta AFP pada Rabu (23/3), pemerintah menyarankan untuk
menghindari penggunaan air kran dalam membuat minuman bagi bayi.
|
Perbedaan penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah …
|
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
A.
|
diawali dengan unsur berita bagaimana
|
diawali dengan unsur berita mengapa
|
B.
|
diawali dengan unsur berita siapa
|
diawali dengan unsur berita bagaimana
|
C.
|
diawali dengan unsur berita siapa
|
diawali dengan unsur berita apa
|
D.
|
diawali dengan unsur berita di mana
|
diawali dengan unsur berita kapan
|
Kunci : C
Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W
+ 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when
(kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Ada juga dalam bahasa
Indonesia dikenal singkatan ASDAMBA (A=apa, S=siapa, D=di mana,
A=apabila/kapan, M=mengapa, dan Ba=bagaimana). Selain itu, terdapat istilah
ADIKSIMBA (A=apa, Di=di mana, K=kapan, Si=siapa, M=mengapa, Ba=bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus
mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya, seorang penulis
berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak
lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I:
Siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? Tiga pekerja
pembangkit listrik Fuku Shima Daiichi, Jepang resah.
Teks berita II: Peristiwa apa? Air kran di pipa air ibu kota Jepang itu terdeteksi mengandung
radioaktif.
3.
Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks
biografi/iklan
Indikator Soal: Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan
keistimewaan tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah
kutipan biografi
tokoh berikut!
Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada 2 Mei
1882. Beliau terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Saat
genap berusia 40 tahun ia berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara.
Perjalanan hidupnya diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan
bangsanya. Selain ulet di bidang wartawan, ia juga aktif pada organisasi sosial
dan politik. Pada 25 Desember 1912 bersama Douwes Dekker, ia mendirikan
Indiche Partij dan mendaftarkannya kepada pemerintah kolonial Belanda untuk
memperoleh status badan hukum. Pendirian organisasi tersebut dihalang-halangi
oleh pemerintah Belanda.
|
Keistimewaan
tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
A.
Ki Hajar Dewantara
mendirikan Indische Party.
B.
Ki Hajar Dewantara terlahir dari keturunan raden mas.
C.
Ki Hajar Dewantara seorang wartawan dan tokoh politik.
D. Ki Hajar Dewantara pada usia 40 tahun mengganti namanya.
Kunci : C
Pembahasan : Keistimewaan seorang tokoh dapat dilihat
dari tidak semua orang dapat memilikinya.
Dalam hal ini, Ki Hajar Dewantara menjadi wartawan dan tokoh politik.
4.
Indikator
UN:
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator
Soal:
Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan
hal yang dapat diteladani pada tokoh tersebut.
Soal :
Bacalah kutipan biografi berikut!
Seto Mulyadi atau biasa dikenal sebagai Kak Seto
lahir di Klaten, 28 Agustus 1951. Kak Seto adalah psikolog anak dan pembawa
acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Ia juga
menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Berawal dari kematian
adiknya saat berumur tiga tahun akibat penyakit campak membuat Seto mulai
menekuni dunia anak. Berbagai pengalaman pernah dirasakan yaitu menjadi
pengaduk semen, tukang batu, dan tukang parkir pada saat mulai di Jakarta.
|
Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….
A. penyayang terhadap sesama
B. bekerja keras dalam kehidupannya
C. siap prihatin dalam membawakan acara
D. menjadi ketua Komite Perlindungan An
Kunci : B
Pembahasan : Di antara empat pilihan, hanya pilihan (B)
yang merupakan sifat teladan dan patut dicontoh.
No comments:
Post a Comment