Soal dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 TA 2013/2014 (4)

 on Wednesday, April 2, 2014  

       4. Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan
Indikator Soal:  Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menentukan keistimewaan tokoh tersebut.

Soal                 :




  Bacalah kutipan biografi tokoh berikut! 

Mohammad Mahfud tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum UII pertama yang meraih gelar doktor pada tahun 1993. Dia meloncat mendahului mantan dosen dan senior-seniornya di UII. Didukung oleh karya tulisnya yang sangat banyak, baik dalam bentuk buku, jurnal, maupun makalah ilmiah, dari Lektor Madya, Mahfud melompat lagi, langsung menjadi Guru Besar. Jika dihitung dari awal menjadi dosen sampai meraih gelar guru besar, Mahfud hanya membutuhkan waktu 12 tahun. Dengan rentang waktu tersebut, Mahfud memegang rekor tercepat dalam sejarah pencapaian gelar Guru Besar. Padahal, umumnya seseorang bisa merengkuh gelar Guru Besar minimal membutuhkan waktu 20 tahun sejak awal kariernya.


Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah ...
A.    Mohammad Mahfud meraih gelar doktor 1993.
B.     Mohammad Mahfud menjadi dosen tetap Fakultas Hukum UII.
C.     Meraih gelar Guru Besar sebagai rekor tercepat dalam sejarah.
D.    Karya tulisnya sangat banyak, baik dalam bentuk buku maupun cd.

Kunci              : C

Pembahasan  : Keistimewaan seseorang merupakan sesuatu yang khas dan  tidak semua orang memilikinya.  Dalam hal ini, beliau meraih gelar Guru Besar sebagai rekor tercepat dalam sejarah.
Soal dan Pembahasan UN Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 TA 2013/2014 (4) 4.5 5 han doko Wednesday, April 2, 2014        4.  Indikator UN: Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan Indikator Soal :  Disajikan kutipan biografi tokoh, siswa dapat menent...


No comments:

Post a Comment