Paket 1 Soal Biologi SMP UN 2013/2014 dan Pembahasannya

 on Saturday, April 12, 2014  

24.   Indikator  SKL:
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

Indikator Soal:
Peserta didik dapat memberikan salah satu contoh ciri makhluk hidup

Butir Soal:
Aktivitas mahluk hidup yang menunjukan ciri peka terhadap rangsang adalah ….
A.    tanaman pisang menghasilkan tunas
B.     daun putri malu menguncup bila disentuh
C.     tanaman yang diberi pupuk akan tumbuh subur
D.    ujung akar tanaman akan membelok mencari air
 
Kunci Jawaban:B
Pembahasan :
Tanaman pisang menghasilkan tunas adalah ciri berkembang biak, daun putri malu menguncup bila disentuh merupakan reaksi tumbuhan yang terkena rangsang, tanaman yang diberi pupuk akan tumbuh subur merupakan ciri memerlukan makanan, dan ujung akar tanaman akan membelok mencari air adalah ciri gerak tropisme (hidrotropisme).


25.   Indikator  SKL:
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya

Indikator Soal:
Disajikan beberapa gambar hewan, peserta didik dapat menentukan kelompok hewan berdasar ciri/kekerabatan  yang dimiliki

Butir Soal:
Perhatikan gambar berbagai hewan berikut!

                 1                           2                                 3                              4

                                                                 






Kelompopk hewan yang termasuk reptilia adalah ….
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 4
D.    3 dan 4

Kunci Jawaban:B
Pembahasan :
Kelompok reptilia meliputi beberapa ordo yaitu : Ophidia (Ular), crocodilian Crocodilian (buaya), chelonia Chelonia (kura-kura)  dan lacertilian Lacertilian (cicak), sementara katak termasuk kelas amphibi, dan kelinci termasuk mamalia.

26.   Indikator  SKL:
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem

Indikator Soal:
Disajikan gambar jaring makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang menduduki konsumen tertentu..

Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut!
Konsumen puncak  dalam ekosistem tersebut adalah ….
A.    ular harimau dan burung hantu
B.     burung hantu dan kelinci
C.     tikus dan srigala
D.    harimau dan srigala

Kunci Jawaban:A
Pembahasan:
Konsumen tingkat I tikus, burung dan kelinci, sedangkan harimau dan srigala burung hantu merupakan konsumen puncak karena tidak ada lagi konsumen pemangsanya.

27.   Indikator  SKL:
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.


Indikator Soal:
Disajikan gambar kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Butir Soal:
Perhatikan gambar berikut








Usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan hutan yang lebih lanjut adalah ....
A.    Melakukan melakukan reboisasi
B.     Membuat membuat hutan wisata
C.     Mengubah mengubah hutan  menjadi pemukiman
D.    Melanjutkan melanjutkan eksploitasi sumber daya hutan

Kunci Jawaban  :  A
Pembahasan       :
Hutan yang sudah rusak atau gundul akibat penebangan sembarangan, maka usaha yang dilakukan untuk mengembalikan adalah dengan melakukan penanaman kembali atau rebiosasireboisasi.

28.   Indikator  SKL    :
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus

Indikator Soal:
Disajikan data berupa gambar histogram/grafik tentang pertumbuhan penduduk, peserta didik dapat memprediksi kualitas lingkungan dari pertumbuhan penduduk tersebut

Butir Soal                       :
Perhatikan grafik berikut!
Apabila kecenderungan jumlah penduduk terus meningkat, kemungkinan dampaknya terhadap kualitas lingkungan di wilayah tersebut adalah ….
A.    Meningkatnya meningkatnya daerah resapan air
B.     Meningkatnya meningkatnya kebutuhan air bersih
C.     Semakin semakin sempitnya lahan pertanian
D.    Tingkat tingkat pencemaran menurun

Kunci Jawaban  : B
Pembahasan       :
Akibat peningkatan penduduk yang tidak terkendali akan mengakibatkan dampak yang kurang baik yaitu kebutuhan air bersih akan meningkat, lahan pertanian akan akan semakin sempit karena di  buat pemukiman, dan meningkatnya pencemaran.

29.   Indikator  SKL :
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya

Indikator Soal:
Disajikan beberapa nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah, peserta didik dapat mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah

Butir Soal:                      :
36. Perhatikan nama-nama penyakit berikut :
1. anemia                  
2. leukemia
3. varises 
4. hemofilia                     
5. arteriosklerosis
6. ambien

Penyakit manakah  yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah? adalah ...
A.  1, 2 dan 4
B.  1, 3 dan 6                   
C.  2, 4 dan 5                   
D.  3, 5 dan 6                   

Kunci Jawaban  : D
Pembahasan       :
Penyakit yang berhubungan dengan system sistem peredaran darah di bagi dua kelompok yaitu penyakit yang menyangkut sel darah seperti anemia, haemofilia, leukemia. Penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah seperti varises, ambeien, arteriosklerosis, atherosclerosis, dsb.  

30.   Indikator  SKL :
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan

Indikator Soal:
Disajikan gambar sistem pencernaan, peserta didik dapat menjelaskan proses yang terjadi pada bagian yang ditunjuk.

Butir Soal                       :
Perhatikan gambar berikut










Berdasarkan gambar, proses pencernaan makanan tyang terjadi pada organ X adalah ….
A.    Pengubahan pengubahan protein menjadi pepton
B.     Pengubahan pengubahan amilum menjadi glukosa
C.     Pengubahan pengubahan lemak menjadi asam lemak
D.    Pengaktivan pengaktivan provitamin menjadi vitamin

Kunci Jawaban  : A
Pembahasan       :
Proses pencernaan makanan di lambung dibantu oleh enzim, yaitu :
-          Pepsin pepsin mengubah protein menjadi pepton
-          Rennin  rennin  mengendapkan protein susu (casein)
-          Asam asam klorida mengaktifkan pepsin dan membunuh kuman yang masuk.
Di usus halus proses pencernaan makana n di bantu oleh beberapa enzim seperti
-          Tripsin tripsin mengubah pepton/protein menjadi asam amino
-          Amylase amilase mengubah amilum menjadi glukosa

-          Lipase lipase mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol
Paket 1 Soal Biologi SMP UN 2013/2014 dan Pembahasannya 4.5 5 han doko Saturday, April 12, 2014 24.   Indikator  SKL: Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup Indikator Soal: Peserta didik dapat memberi kan salah satu contoh ci...


No comments:

Post a Comment