24. Indikator SKL:
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup
Indikator Soal:
Peserta
didik dapat memberikan salah satu contoh ciri makhluk hidup
Butir Soal:
Aktivitas
mahluk hidup yang menunjukan ciri peka terhadap rangsang adalah ….
A.
tanaman pisang
menghasilkan tunas
B.
daun putri malu
menguncup bila disentuh
C.
tanaman yang diberi
pupuk akan tumbuh subur
D.
ujung akar tanaman
akan membelok mencari air
Kunci Jawaban:B
Pembahasan :
Tanaman
pisang menghasilkan tunas adalah ciri berkembang biak, daun putri malu
menguncup bila disentuh merupakan reaksi tumbuhan yang terkena rangsang,
tanaman yang diberi pupuk akan tumbuh subur merupakan ciri memerlukan makanan,
dan ujung akar tanaman akan membelok mencari air adalah ciri gerak tropisme
(hidrotropisme).
25. Indikator SKL:
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
Indikator Soal:
Disajikan
beberapa gambar hewan, peserta didik dapat menentukan kelompok hewan berdasar
ciri/kekerabatan yang dimiliki
Butir Soal:
Perhatikan
gambar berbagai hewan berikut!

1 2 3
4



Kelompopk
hewan yang termasuk reptilia adalah ….
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 4
D.
3 dan 4
Kunci Jawaban:B
Pembahasan :
Kelompok
reptilia meliputi beberapa ordo yaitu : Ophidia (Ular), crocodilian Crocodilian (buaya), chelonia Chelonia (kura-kura) dan lacertilian Lacertilian (cicak), sementara katak termasuk
kelas amphibi, dan kelinci termasuk mamalia.
26. Indikator SKL:
Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator Soal:
Disajikan
gambar jaring makanan, peserta didik dapat menentukan makhluk hidup yang
menduduki konsumen tertentu..
Butir Soal:
Perhatikan
gambar berikut!
Konsumen
puncak dalam ekosistem tersebut adalah
….
A.
ular harimau dan
burung hantu
B.
burung
hantu dan kelinci
C.
tikus
dan srigala
D.
harimau
dan srigala
Kunci Jawaban:A
Pembahasan:
Konsumen
tingkat I tikus, burung dan kelinci, sedangkan harimau dan srigala burung hantu merupakan konsumen
puncak karena tidak ada lagi konsumen pemangsanya.
27. Indikator SKL:
Menjelaskan
usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator Soal:
Disajikan
gambar kerusakan lingkungan, peserta didik dapat menjelaskan usaha untuk
mencegah kerusakan yang lebih parah.
Butir Soal:
Perhatikan
gambar berikut

Usaha
yang bisa dilakukan untuk mencegah kerusakan hutan yang lebih lanjut adalah
....
A.
Melakukan melakukan reboisasi
B.
Membuat membuat hutan
wisata
C.
Mengubah mengubah hutan menjadi pemukiman
D.
Melanjutkan melanjutkan eksploitasi
sumber daya hutan
Kunci
Jawaban :
A
Pembahasan
:
Hutan
yang sudah rusak atau gundul akibat penebangan sembarangan, maka usaha yang
dilakukan untuk mengembalikan adalah dengan melakukan penanaman kembali atau rebiosasireboisasi.
28. Indikator SKL :
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas
lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/ kasus
Indikator Soal:
Disajikan
data berupa gambar histogram/grafik tentang pertumbuhan penduduk, peserta didik
dapat memprediksi kualitas lingkungan dari pertumbuhan penduduk tersebut
Butir
Soal :
Perhatikan
grafik berikut!
Apabila
kecenderungan jumlah penduduk terus meningkat, kemungkinan dampaknya terhadap
kualitas lingkungan di wilayah tersebut adalah ….
A.
Meningkatnya meningkatnya daerah
resapan air
B.
Meningkatnya meningkatnya kebutuhan
air bersih
C.
Semakin semakin sempitnya
lahan pertanian
D.
Tingkat tingkat pencemaran
menurun
Kunci
Jawaban : B
Pembahasan :
Akibat
peningkatan penduduk yang tidak terkendali akan mengakibatkan dampak yang
kurang baik yaitu kebutuhan air bersih akan meningkat, lahan pertanian akan
akan semakin sempit karena di buat
pemukiman, dan meningkatnya pencemaran.
29. Indikator SKL :
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan
dengannya
Indikator Soal:
Disajikan
beberapa nama penyakit yang berhubungan dengan
sistem peredaran darah, peserta didik dapat
mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah
Butir
Soal: :
1.
anemia
2.
leukemia
3. varises
4.
hemofilia
5.
arteriosklerosis
6.
ambien
Penyakit
manakah yang
berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah? adalah ...
A.
1, 2
dan 4
B.
1, 3
dan 6
C.
2, 4
dan 5
D.
3, 5
dan 6
Kunci
Jawaban : D
Pembahasan :
Penyakit
yang berhubungan dengan system sistem peredaran
darah di bagi dua kelompok yaitu penyakit yang menyangkut sel darah seperti
anemia, haemofilia, leukemia. Penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah
seperti varises, ambeien, arteriosklerosis, atherosclerosis, dsb.
30. Indikator SKL :
Menjelaskan
sistem pencernaan dan enzim-enzim yang
berperan pada proses pencernaan
Indikator Soal:
Disajikan
gambar sistem pencernaan, peserta didik dapat menjelaskan proses yang
terjadi pada bagian yang ditunjuk.
Butir
Soal :
Perhatikan
gambar berikut

Berdasarkan
gambar, proses pencernaan makanan tyang terjadi pada organ X adalah ….
A.
Pengubahan pengubahan protein
menjadi pepton
B.
Pengubahan pengubahan amilum
menjadi glukosa
C.
Pengubahan pengubahan lemak
menjadi asam lemak
D.
Pengaktivan pengaktivan provitamin
menjadi vitamin
Kunci
Jawaban : A
Pembahasan
:
Proses
pencernaan makanan
di lambung dibantu oleh enzim, yaitu :
-
Pepsin pepsin mengubah
protein menjadi pepton
-
Rennin rennin mengendapkan
protein susu (casein)
-
Asam asam klorida
mengaktifkan pepsin dan membunuh kuman yang masuk.
Di usus
halus proses pencernaan makana n di bantu oleh
beberapa enzim seperti
-
Tripsin tripsin mengubah
pepton/protein menjadi asam amino
-
Amylase amilase
mengubah amilum menjadi glukosa
-
Lipase lipase mengubah
lemak menjadi asam lemak dan gliserol
No comments:
Post a Comment