Latihan Biologi SMP TA 2013/2014

 on Wednesday, April 9, 2014  

22.  Indikator SKL:
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

Indikator Soal:
Disajikan gambar yang menunjukkan ciri makhluk hidup, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis ciri makhluk hidup tersebut.

Butir Soal:
Perhatikan gambar  tumbuhan berikut!

Butiran air pada tepi daun seperti ditunjuk pada gambar menunjukkan bahwa makhluk memiliki ciri melakukan ... .
A.      gutasi
B.       transpirasi
C.       ekskresi
D.      adaptasi

Kunci: C
Pembahasan:

Proses keluarnya uap air dari tepi daun dalam bentuk titik-titik air disebut gutasi, peristiwa ini berlangsung akibat dari junlah air tanah cukup banyak sedangkan kelembaban udara tinggi, sehingga laju penguapan rendah. Akibat dari kondisi tersebut air yang telah diserap tumbuhan tidak dapat keluar melalui penguapan/transpirasi. Peristiwa ini umumnya terjadi pada malam hari atau pagi hari disaat udara lingkungan kelembabannya tinggi. Air yang keluar melalui peristiwa gutasi ini tidak hanya berupa air saja, melainkan air beserta zat-zat yang terlarut didalamnya yaitu berupa garam mineral, dan juga berupa vitamin, gula, asam amino, dan enzim yang merupakan zat hasil sisa persitiwa metabolisma. Proses keluarnya zat sisa metabolisme tubuh makhluk hidup disebut ekskresi. Ekskresi adalah salah satu ciri dari makhluk hidup.
Latihan Biologi SMP TA 2013/2014 4.5 5 Hand Wednesday, April 9, 2014 22.   Indikator SKL: Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup. Indikator Soal: Disajikan gambar yang menunjukkan ciri makhluk hidup...


No comments:

Post a Comment