Kisi-Kisi UN IPA SMP TA 2013/2014

 on Wednesday, April 2, 2014  

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs

NO
SKL
INDIKATOR SKL
INDIKATOR SOAL
NO SOAL

1
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
1.Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
1. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan satuan dalam SI pada satuan-satuan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
1 – Paket 1
2. Peserta Didik dapat menentukan besaran-besaran pokok yang digunakan untuk menurunkan menjadi besaran turunan.
1 – Paket 2
3. Disajikan gambar, peserta didik mampu membaca skala alat ukur fisika yang digunakan di laboratorium.
1 – Paket 3
2
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dalam kehidupan sehari-hari.
1.   Peserta Didik dapat menjelskan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya, atau dapat menentukan sifat wujud zat berdasarkan tabel atau gambar.

2 – Paket 1

2.  Disajikan gambar atau pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh penerapan perubahan wujud sehari-hari.
2 – Paket 2
3.  Peserta didik dapat menentukan penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
2        – Paket 2


3       Menentukan konversi suhu pada termometer
1.    Peserta didik dapat menentukan nilai skala termometer Reamur, Fahrenheid dan Kelvin dengan cara membandingkan dengan termometer Cecius.   
3           Paket 1
2.    Peserta didik dapat menentukan konversi suhu konversi suhu pada termometer.
3        – Paket 2
3.       Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan nilai skala pada suatu termometer, dengan cara membandingkan dengan skala termometer lain yang diketahui besarnya..
3 – Paket 3


4. Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.

1.   Peserta didik dapat menentukan kenaikan suhu jika suatu zat mendapat kalor, variabel lain diketahui.
4     – Paket 1
2.  Melalui gambar grafik, peserta didik dapat menentukan besarnya kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain diketahui.
4 – Paket 2
3.  Peserta didik dapat jumlah kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu dan atau mengubah wujud zat baik melalui grafik atau tidak.
4 – Paket 3
3.











Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.






5. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.






1.   Melalui gambar, peserta didik dapat memberikan contoh sehari-hari penerapan hukum I  Newton, II atau hukum III Newton 
5 – Paket 1
2.     Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan contoh gerak lurus dalam kehidupan sehari-hari
5 – Paket 2
3. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat memberikan contoh penerapan hukum III Newton  sehari-hari.
5 – Paket 3
6. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi

1.     Peserta didik dapat menentukan energi kinetik benda yang bergerak,  jika massa dan kecepatan benda diketahui
6 – Paket 1
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya usaha, jika diketahui varial lain.
6 – Paket 2
3. Peserta didik dapat menentukan besarnya usaha yang dilakukan sebuah beberapa gaya yang bekerja suatu benda, jika variable lain diketahui.
6 – Paket 3


7. Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
1.  Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban menggunakan bidang miring.
7 – Paket 1
2.    Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gaya  minimal yang digunakan untuk mendorong benda menggunakan  bidang. miring.
7 – Paket 2
3. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban menggunakan bidang miring.
7 – Paket 3


8.  Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
1. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan  besarnya salah satu variabel pada hukum Pascal.
8        – Paket 1
2.Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan tekanan terbesar atau terkecil yang ditimbulkannya jika kedalaman zat cair berbeda.
8        – Paket 2



3.        Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel yang berlaku pada hokum (Hukum Archimides, Hukum Pascal, Hukum Utama Hidrostatika, Hukum Bejana Berhubungan)
1.    
8 – Paket 3
4.
Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
9.   Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
1.  Disajikan gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan cepat rambat, panjang, periode gelombang.
9 – Paket 1
2.  Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta  didik dapat menentukan salah satu variable, jika variable lain diketahui.
9 – Paket 2
3. Disajikan gambar gelombang longitudinal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi, cepat rambat  gelombang.
9 – Paket 3


10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

1.  Disajikan gambar, peserta didik mampu menjelaskankan alasan bandul mana yang ikut  berayun jika bandul yang lain diayunkan.
10 – Paket 1
2.   Peserta didik dapat menjelaskan penerapan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
10 – Paket 2
3.   Peserta didik mampu menunjukkan bukti bahwa bunyi merambat memerlukan zat antara.
10 – Paket 3


11. Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan  cermin/lensa atau penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
1.   Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa dapat  menentukan jarak fokus lensa jika jarak benda dan bayangan diketahui
11 – Paket 1



2.   Disajikan gambar benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan perbesaran dan sifat bayangan.
11 – Paket 2



3.   Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optik tertentu.
11 – Paket 3
5
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
12. Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
1. Siswa dapat menentukan arah perpindahan elektron dan atau jenis muatan   benda tertentu setelah digosok dengan benda/kain tertentu
12 – Paket 1



2.  Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroskop melalui gambar sebagai pilihan jawaban
12 – Paket 2



3. Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda bermuatan listrik jika jarak kedua  benda dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak semula dengan muatan tetap
12 – Paket 3


13. Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
1.   Disajikan rangkaian beberapa penghambat seri-paralel, yang diketahui  hambatan masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang,

13 – Paket 1







2.   Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamabatsecara paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
13 – Paket 2



3. Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara seri paralel yang  diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus yang mengalir  jika ggl dan hamabatan dalam   sumber tegangan diketahui.
13 – Paket 3


14. Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam`kehidupan sehari-hari.
1.   Siswa dapat menghitung besar energi listrik jika tegangan, kuat arus dan waktu diketahui
14 – Paket 1



2.   Siswa dapat menghitung besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
14 – Paket 2



3. Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut   
14 – Paket 3


15. Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
1.   Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara induksi , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15 – Paket 1



2.   Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara gosokan , siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15 – Paket 2





3. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara elektromagnet, siswa dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
15 – Paket 3


16.  Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
1.   Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda dengan  gerak sepeda, siswa dapat menjelaskan alasan makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu
16 – Paket 1


                                               
2.   Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl induksi
16 – Paket 2



3. Disajikan gambar skema trafo siswa dapat menentukan  salah satu variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui.
16 – Paket 3
6.
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
17. Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
1.   Siswa dapat menjelaskan atau memberikan contoh fenomena   alam yang disebabkan oleh peredaran bumi dan bulan terhadap matahari
17 – Paket 1



2.   Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh revolusi bumi
17 – Paket 2



3. Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang      disebabkan oleh rotasi bumi
17 – Paket 3
7
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
18. Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
1.   Disajikan beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa dan garam
18 – Paket 1



2.      Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok unsur, senyawa dan campuran

18 – Paket 2





3. Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran.
18 – Paket 3
8.
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya.
19. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
1.   Diberikan suatu data tentang sifat-sifat suatu zat, siswa dapat menentukan sifat tersebut tergolong sifat fisika atau kimia.
19 – Paket 1



2.   Disajikan informasi tentang karakteristik suatu zat, siswa dapat menentukan sifat zat tersebut (asam, basa ataukah garam).
19 – Paket 2



3.   Siswa dapat menentukan sifat fisika atau kimia dari percobaan sederhana/pengamatan
19 – Paket 3


20. Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
1.   Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat  menentukan kesimpulan dari percobaan tersebut
20 – Paket 1



2. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat  menentukan kesimpulan dari percobaan tersebut
20 – Paket 2



3. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat  mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan tersebut
20 – Paket 3


Kisi-Kisi UN IPA SMP TA 2013/2014 4.5 5 Hand Wednesday, April 2, 2014 KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 201 3 /201 4 ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs NO SKL INDIKA T...


No comments:

Post a Comment