KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO
|
SKL
|
INDIKATOR SKL
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan
alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan satuan dalam SI pada
satuan-satuan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1
– Paket 1
|
2. Peserta Didik dapat menentukan besaran-besaran
pokok yang digunakan untuk menurunkan menjadi besaran turunan.
|
1
– Paket 2
|
|||
3. Disajikan gambar, peserta didik mampu membaca skala alat ukur fisika
yang digunakan di laboratorium.
|
1
– Paket 3
|
|||
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta
kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1. Peserta Didik dapat menjelskan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya,
atau dapat menentukan sifat wujud zat berdasarkan tabel atau gambar.
|
2 – Paket 1
|
2. Disajikan
gambar atau pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan contoh penerapan
perubahan wujud sehari-hari.
|
2
– Paket 2
|
|||
3. Peserta
didik dapat menentukan penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2
– Paket 2
|
|||
|
|
3 Menentukan konversi suhu pada termometer
|
1.
Peserta didik dapat menentukan
nilai skala termometer Reamur, Fahrenheid dan Kelvin dengan cara
membandingkan dengan termometer Cecius.
|
3
Paket 1
|
2.
Peserta didik dapat menentukan
konversi suhu konversi suhu pada termometer.
|
3
– Paket 2
|
|||
3.
Disajikan gambar, peserta didik
dapat menentukan nilai skala pada suatu termometer, dengan cara membandingkan
dengan skala termometer lain yang diketahui besarnya..
|
3
– Paket 3
|
|||
|
|
4. Menentukan besaran
kalor dalam proses perubahan suhu
atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Peserta
didik dapat menentukan kenaikan suhu jika suatu zat mendapat kalor, variabel
lain diketahui.
|
4 –
Paket 1
|
2. Melalui gambar grafik, peserta didik dapat menentukan besarnya
kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain
diketahui.
|
4
– Paket 2
|
|||
3. Peserta
didik dapat jumlah kalor yang digunakan untuk menaikkan suhu dan atau
mengubah wujud zat baik melalui grafik atau tidak.
|
4
– Paket 3
|
|||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika
(gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
5. Menentukan jenis
gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Melalui gambar, peserta
didik dapat memberikan contoh sehari-hari penerapan hukum I Newton, II atau hukum III Newton
|
5
– Paket 1
|
2.
Disajikan gambar,
peserta didik dapat menunjukkan contoh gerak lurus dalam kehidupan
sehari-hari
|
5
– Paket 2
|
|||
3. Disajikan pernyataan,
peserta didik dapat memberikan contoh penerapan hukum III Newton sehari-hari.
|
5
– Paket 3
|
|||
6. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi
|
1.
Peserta didik dapat
menentukan energi kinetik benda yang bergerak, jika massa dan kecepatan benda diketahui
|
6
– Paket 1
|
||
2.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya
usaha, jika diketahui varial lain.
|
6
– Paket 2
|
|||
3. Peserta didik
dapat menentukan besarnya usaha yang dilakukan sebuah beberapa gaya yang bekerja
suatu benda, jika variable lain diketahui.
|
6
– Paket 3
|
|||
|
|
7. Menentukan penerapan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Disajikan gambar, peserta
didik dapat menentukan besar gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban
menggunakan bidang miring.
|
7
– Paket 1
|
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gaya minimal yang digunakan untuk mendorong benda
menggunakan bidang. miring.
|
7
– Paket 2
|
|||
3.
Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan besar
gaya yang diperlukan untuk mengangkat beban menggunakan bidang miring.
|
7
– Paket 3
|
|||
|
|
8.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
1. Disajikan
gambar, peserta didik dapat menentukan besarnya
salah satu variabel pada hukum Pascal.
|
8
– Paket 1
|
2.Disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan tekanan terbesar atau terkecil yang ditimbulkannya jika kedalaman
zat cair berbeda.
|
8
– Paket 2
|
|||
|
|
|
3.
Disajikan gambar,
peserta didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel yang berlaku pada hokum
(Hukum Archimides, Hukum Pascal, Hukum Utama Hidrostatika, Hukum Bejana
Berhubungan)
1.
|
8
– Paket 3
|
4.
|
Memahami konsep-konsep
dan
penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik
dalam produk teknologi sehari-hari.
|
9. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
1. Disajikan
gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik dapat
menentukan cepat rambat, panjang, periode gelombang.
|
9
– Paket 1
|
2. Disajikan
gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta didik dapat menentukan salah satu variable,
jika variable lain diketahui.
|
9
– Paket 2
|
|||
3.
Disajikan gambar gelombang longitudinal dengan data-datanya, peserta didik dapat menentukan frekuensi, cepat rambat gelombang.
|
9
– Paket 3
|
|||
|
|
10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Disajikan
gambar, peserta didik mampu menjelaskankan alasan bandul mana yang ikut berayun jika bandul yang lain diayunkan.
|
10
– Paket 1
|
2.
Peserta didik dapat menjelaskan
penerapan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
10
– Paket 2
|
|||
3.
Peserta didik mampu
menunjukkan bukti bahwa bunyi merambat memerlukan zat antara.
|
10
– Paket 3
|
|||
|
|
11.
Menentukan sifat
cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa
atau penerapan alat optik dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1. Disajikan gambar benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa
dapat menentukan jarak fokus lensa
jika jarak benda dan bayangan diketahui
|
11
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan gambar benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan
jarak bendanya diketahui, siswa dapat menentukan perbesaran dan sifat
bayangan.
|
11
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat optik tertentu.
|
11
– Paket 3
|
5
|
Memahami konsep
kelistrikan dan kemagnetan serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
12. Menjelaskan
gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
|
1. Siswa dapat menentukan arah perpindahan elektron dan atau jenis
muatan benda tertentu setelah digosok
dengan benda/kain tertentu
|
12
– Paket 1
|
|
|
|
2. Siswa
dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroskop melalui gambar
sebagai pilihan jawaban
|
12
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda
bermuatan listrik jika jarak kedua
benda dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak
semula dengan muatan tetap
|
12
– Paket 3
|
|
|
13.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Disajikan rangkaian beberapa penghambat seri-paralel, yang
diketahui hambatan masing-masing dan
kuat arus pada salah satu cabang,
|
13
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan gambar rangkaian beberapa penghamabatsecara paralel yang
diketahui hambatannya masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus pada
titik cabang atau pada salah satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber
tegangan diketahui.
|
13
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara seri
paralel yang diketahui hambatannya
masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus yang mengalir jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
|
13
– Paket 3
|
|
|
14.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam`kehidupan sehari-hari.
|
1. Siswa dapat menghitung besar energi listrik jika tegangan, kuat
arus dan waktu diketahui
|
14
– Paket 1
|
|
|
|
2. Siswa dapat menghitung besar energi listrik atau
jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika jumlah dan jenis alat serta
daya dan waktu pemakaiannya diketahui
|
14
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan
tegangannya, siswa dapat menentukan hambatan alat tersebut
|
14
– Paket 3
|
|
|
15.
Menjelaskan cara pembuatan magnet
dan kutub-kutub yang dihasilkan.
|
1. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara induksi , siswa
dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau
interaksi antar kutubnya
|
15
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara gosokan , siswa
dapat menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau
interaksi antar kutubnya
|
15
– Paket 2
|
|
|
|
3.
Disajikan gambar pembuatan magnet dengan cara elektromagnet, siswa dapat
menentukan kutub magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi
antar kutubnya
|
15
– Paket 3
|
|
|
16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator.
|
1. Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala
lampu sepeda dengan gerak sepeda,
siswa dapat menjelaskan alasan makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala
lampu
|
16
– Paket 1
|
|
|
|
2. Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang
mempengaruhi ggl induksi
|
16
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan gambar skema trafo siswa dapat
menentukan salah satu variabel pada
rumus trafo jika variabel lainnya diketahui.
|
16
– Paket 3
|
6.
|
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
|
17.
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan
suhu atau peredaran bumi-bulan
terhadap matahari.
|
1.
Siswa dapat menjelaskan atau memberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh peredaran bumi
dan bulan terhadap matahari
|
17
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh
revolusi bumi
|
17
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat mememberikan contoh
fenomena alam yang disebabkan oleh rotasi bumi
|
17
– Paket 3
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia
sehari-hari.
|
18. Mengidentifikasi atom,
ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Disajikan beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa
dan garam
|
18
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam
kelompok unsur, senyawa dan campuran
|
18
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat
mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok campuran.
|
18
– Paket 3
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya.
|
19. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
|
1.
Diberikan suatu data tentang sifat-sifat suatu zat, siswa dapat
menentukan sifat tersebut tergolong sifat fisika atau kimia.
|
19
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Disajikan informasi tentang
karakteristik suatu zat, siswa dapat menentukan sifat zat tersebut (asam,
basa ataukah garam).
|
19
– Paket 2
|
|
|
|
3.
Siswa dapat menentukan sifat fisika
atau kimia dari percobaan sederhana/pengamatan
|
19
– Paket 3
|
|
|
20.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
1. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat,
siswa dapat menentukan kesimpulan dari
percobaan tersebut
|
20
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan suatu
data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan
tersebut
|
20
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan suatu data
proses percobaan perubahan zat, siswa dapat
mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan tersebut
|
20
– Paket 3
|
No comments:
Post a Comment