Materi Matematika Kelas 7 SMP "Menguji Kesejajaran Garis" TA 2013/2014

 on Friday, February 14, 2014  

Jika ada dua garis yang berbeda dalam satu bidang maka dua garis tersebut akan berpotongan atau sejajar, tetapi tidak keduanya. Pada gambar berikut, garis aberpotongan dengan garis b, sedangkan garis c sejajar dengan garis d.
Kedudukan Dua Garis
Pada pembahasan ini akan dibahas bagaimana cara mengetahui dua garis berpotongan ataukah sejajar. Untuk mengetahuinya, yang kita butuhkan adalah dua penggaris. Berikut ini langkah-langkah dalam menguji kesejajaran garis.
  1. Letakkan penggaris pertama sehingga berimpit dengan garis k, dan letakkan penggaris kedua pada ujung penggaris pertama sehingga kedua penggaris ini saling tegak lurus.
  2. Geserlah penggaris pertama menurut penggaris kedua sehingga sampai menyentuh garis l. Karena garis pertama berimpit dengan garis kedua, maka kita dapat mengatakan bahwa garis k sejajar dengan garis l. Bagaimana dengan garis m?
  3. Geserlah lagi penggaris pertama sampai menyentuh garis m. Karena penggaris pertama tidak berimpit dengan garis m, maka garis k tidak sejajar dengan garis m. Atau dengan kata lain, garis k dan garis m akan berpotongan jika kedua garis tersebut diperpanjang.
Untuk lebih memahami dalam menentukan kesejajaran antara dua garis, perhatikan ilustrasi berikut.

Menguji Kesejajaran
Semoga bermanfaat,
Materi Matematika Kelas 7 SMP "Menguji Kesejajaran Garis" TA 2013/2014 4.5 5 han doko Friday, February 14, 2014 Jika ada dua garis yang berbeda dalam satu bidang maka dua garis tersebut akan berpotongan atau sejajar, tetapi tidak keduanya. Pada gambar...


No comments:

Post a Comment